5 Rukun Islam Dengan Penjelasannya dan Dalilnya Lengkap

5 Rukun Islam dan Penjelasannya – Untuk Pengertian Rukun Islam yang mesti kalian ketahui adalah Lima Pilar – Pilar Dasar didalam Islam yang berguna sebagai Pondasi yang wajib bagi Setiap Muslim – Muslimah karena Lima Rukun Islam ini merupakan Dasar dari Kehidupan Seorang Muslim. Ambil contoh jika ada sebuah Rumah dimana Pondasi Rumahnya Kurang Bagus, Rapuh dan Tidak Kuat maka Bangunan Rumah tersebut akan mudah Rusak dan Roboh jika terkena Angin maupun Gempa.

Begitu juga dengan Seorang Mukmin, jika mereka tidak mempunyai Pondasi Hidup yg kuat dalam menjalani Kehidupan di Bumi ini maka mereka akan gampang terbawa untuk melakukan segala Sesuatu Hal Yang Dilarang Oleh Allah SWT yang tentunya sangat merugikan diri mereka sendiri, tetapi jika seorang Muslim – Muslimah mempunyai Suatu Pondasi yg kuat maka ia dengan Teguh akan selalu meninggalkan apa – apa yg dilarang untuk dilakukan dan selalu mengerjakan apa yang sudah diperintahkan oleh Allah SWT.

Terdapat Hadits Shahih tentang 5 Rukun Islam, yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. Dari Abu Abdirrahman ‘ Abdullah bin Umar Bin Al Khathab Ra, bahwa Aku mendengar Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda: ” Islam itu dibangun di Atas Lima yakni Persaksian Bahwa tidak ada Tuhan yg Berhak disembah dg Benar Kecuali Allah SWT dan Muhammad adalah Utusan Allah, Mengerjakan Sholat, Menunaikan Zakat, Berangkat Haji dan Puasa di Bulan Ramadhan (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ”.

Urutan 5 Rukun Islam dan Penjelasannya Lengkap

5 rukun islam dan penjelasan secara lengkap

Kemudian Urutan 5 Rukun Islam Yang Benar antara lain membaca Kalimat Syahadat, Mengerjakan Sholat Fardhu, Menunaikan Zakat, Berpuasa di Bulan Ramadhan dan Berangkat Haji ke Mekkah. Lalu untuk Penjelasan 5 Rukun Islam dan Dalilnya secara lengkap bisa kalian lihat dibawah ini :

1. Mengucapkan Kalimat Syahadat

Urutan Rukun Islam Yang Pertama adalah dengan membaca Kalimat Syahadat yang merupakan ibadah yang menjadi pagar permulaan seseorang masuk Islam dan menunaikan ibadah yang lainnya karena salah satu syarat menjadi seorang Muslim (Masuk Agama Islam) adalah dengan membaca Kalimat Syahadat. dan Arti Dari Kalimat Syahadat ini adalah menyatakan bahwa Tiada Tuhan selain Allah Subhanahu wa ta’ala dan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam itu utusan Allah.

Mayoritas Masyarakat Indonesia masuk Islam secara turun temurun, ketika Bayi Baru Lahir yang dibacakan kalimat-kallimat Adzan dan Iqamat oleh Orang Tuanya karena didalam Kalimat Arab Adzan terdapat kalimat Syahadat yang bahkan diulang sebanyak dua kali. Selain itu masih banyak Orang yang menjadi Seorang Muslim dengan proses yang panjang, atau bukan dari lahir maupun berasal dari keluarga muslim, namun karena mendapatkan pencerahan oleh Allah SWT untuk memeluk Agama Islam dan Orang yang digambarkan pada kondisi tersebut dinamakan Mualaf yakni Orang yang baru masuk Islam setelah mendapat pencerahan.

Keduanya memang tidak ada salahnya, yang terpenting adalah bagaimana memiliki pemahaman terhadap Kalimat Syahadat dan Mengaplikasikannya dalam kehidupan kita sehari – hari karena setelah kita mengucapkan Kalimat Syahadat, maka kita telah menjadi seorang Muslim-Muslmah yang bertuhankan Allah SWT dan mengimani bahwa Nabi Muhammad SAW itu utusan Allah SWT sehingga dengan begitu segala aturan dan ketentuan yang ada dalam Islam menjadi hal-hal yang harus dipatuhi oleh kita semua sebagai seorang Muslim.

2. Mengerjakan Sholat Fardhu

Urutan Rukun Islam Yang Ke Dua adalah mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu disetiap hari dan Ibadah Rukun Islam Kedua ini memiliki banyak sekali manfaatnya, baik dari segi Kesehatan, Sosial dan Spiritual. Adapun untuk Tata cara dan Ketentuan Sholat merupakan amanah dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW untuk umatnya agar dilaksanakan, dan pelaksanaan tersebut tentu memiliki makna tersendiri dalam tiap tiap gerakan sholatnya, sebagai contoh di Gerakan Sholat Takbirotul Ihrom dengan mengangkat kedua telapak tangan menggambarkan bahwa sebagai seorang hamba perlu untuk berserah diri dan tawakal.

Lalu di Gerakan Sholat Ruku’ dengan menundukkan Tubuh bermakna merendahkan diri dan mengakui Keagungan Allah SWT, didalam Gerakan Sholat Sujud dengan merendahkan seluruh tubuh bermakna menundukkan diri sepenuhnya kepada Allah SWT sebagai dzat yang mengurusi seluruh alam. Firman Allah SWT didalam Al Qur’an Surat Ta Ha Ayat 14 yang berbunyi: ” Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan yg Hak selain Aku. Maka sembahlah Aku dan kerjakanlah Sholat untuk mengingat Aku (QS. Ta Ha, Ayat : 14) ”.

3. Berpuasa di Bulan Ramadhan

Urutan Rukun Islam Yang Ke Tiga adalah Berpuasa di Bulan Ramadhan (Kalender Hijriyah) dan Penjelasan Rukun Islam Ke 3 ini adalah Berpuasa dengan Menahan Lapar, Menahan Haus, Menahan Hawa Nafsu dan tidak melakukan Hal – Hal Yang Bisa Membatalkan Puasa Ramadhan yang dimulai Waktu Imsak sampai Masuknya Waktu Sholat Maghrib. Perlu kalian ketahui bahwa Ibadah Rukun Islam Ketiga ini bisa membantu Seorang Hamba dekat dengan Allah SWT. Mengapa begitu ?, karena Allah SWT juga telah memerintahkan kita sebagai Orang Yang Beriman untuk Berpuasa.

Hal tersebut seperti dijelaskan didalam Al Qur’an Surat Al Baqarah Ayat 183 yang berbunyi : ” Hai Orang-Orang Yg Beriman, Diwajibkan atas km untuk Berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas Orang-Orang sebelum km supaya km bertakwa (QS. Al-Baqarah, Ayat : 183) ”. Selain itu Manfaat Berpuasa juga cukup banyak yang bisa didapatkan oleh kailan yg berpuasa, seperti bisa untuk melatih Kesabaran, Merasa Empati kepada saudara muslim yang kelaparan, membantu mendapatkan pikiran yang lebih jernih, menghindari kerakusan, terhindar dari berbagai penyakit yang ditimbulkan karena banyak makan.

4. Menunaikan Zakat

Urutan Rukun Islam Yang Ke Empat adalah Berzakat dan Penjelasan Rukun Islam Berzakat ini adalah suatu Ibadah yang telah diwajibkan bagi tiap tiap Muslim karena berguna untuk menyucikan diri dan dapat mensucikan harta yang dimilikinya. Dalam Zakat hakikatnya akan mendapatkan Manfaat secara Jasmani seperti dapat menyehatkan pikiran dan bisa menjadi pribadi yang peduli terhadap Sesama Muslim, selain itu akan mendapatkan pahala dan keutamaan yang berlipat bagi mereka yang menunaikan Zakat.

Kemudian untuk Dalil Rukun Islam Yang Keempat ini sudah ada didalam Al Qur’an, seperti didalam Surat Al Baqarah Ayat 43 yang berbunyi : ” Dan kerjakanlah Sholat, Tunaikanlah Zakat dan Rukulah beserta Orang-Orang Yg Ruku (QS. Al-Baqarah, Ayat : 43) ”. Lalu didalam Surat Al-Baqarah Ayat 110 berbunyi: ” Dan kerjakanlah Sholat dan Tunaikanlah Zakat. Dan kebaikan apa saja yg km usahakan bagi diri Kamu, tentu Kamu akan mendapatkan Pahala-nya disisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat Apa2 yg km lakukan (QS. Al-Baqarah, Ayat : 110) ”.

5. Haji

Sedangkan untuk Urutan Rukun Islam Yang Kelima adalah Berangkat Haji dan Ibadah Rukun Islam Yang Terakhir ini benar – benar perlu dipersiapkan secara matang, baik dari segi Materi maupun Non-Materi dan yang paling utama adalah dipersiapkan Kondisi Fisiknya karena tidak jarang para Jamaah Haji yang kondisinya tidak Bagus banyak yang Sakit ketika sudah sampai di Arab Saudi. Selain itu Tata Cara Berhaji juga perlu dipahami supaya tidak mendapatkan kesia-siaan dalam melakukan Ibadah Haji, seperti salah satu contohnya dengan mengenakan pakaian ihrom dengan syarat tidak berjahit dan berhias.

Adapun didalam Dalil dan Perintah Rukun Islam Haji ini, telah dijelaskan didalam Al Qur’an Surat Ali Imran Ayat 97 yg berbunyi: ” Padanya terdapat Tanda-Tanda yg Nyata, diantaranya Makam Ibrahim. Barangsiapa yg memasukinya (Baitullah itu) menjadi Aman-lah dia, mengerjakan Haji adalah Kewajiban Manusia terhadap Allah, yakni bagi Orang yg sanggup mengadakan perjalanan ke-Baitullah. Barangsiapa mengingkari (Kewajiban Haji), maka sesungguh-nya Allah Maha Kaya (tak membutuhkan sesuatu) dari Semesta Alam (QS. Ali Imran, Ayat : 97) ”.

Demikianlah pembahasan mengenai 5 Rukun Islam dan Penjelasannya lengkap, semoga ulasan ini bisa bermanfaat dan berguna bagi kalian para Pembaca Muslim di Indonesia karena tidak bisa dipungkiri bahwa Masyarakat Indonesia Mayoritas beragama Islam sehingga saya selaku Penulis sangat yakin bahwa ulasan mengenai Rukun Islam dan Penjelasan Rukun Islam Lengkap ini sangatlah berguna dan banyak dicari oleh kalangan Muslim – Muslimah di Indonesia.

loading...

loading...