Bacaan Doa dan Amalan Malam Nisfu Sya’ban Sesuai Hadits

Amalan Malam Nisfu Sya’ban  Sebelum membahas secara lebih detail mengenai Bacaan Doa dan Amalan Nisfu Sya’ban, maka ada baiknya jika kalian sebagai Pembaca Muslim – Muslimah di Indonesia untuk mengetahui terlebih dahulu tentang Apa Itu Malam Nisfu Sya’ban. Dan langsung saja didalam Pengertian Malam Nisfu Sya’ban dalam Ajaran Islam adalah salah satu Malam yang terjadi di Pertengahan Bulan Sya’ban dan Bulan Sya’ban sendiri merupakan salah satu Bulan yang ada didalam Kalender Hijriyah (Kalender Islam), yang terletak di antara Bulan Rajab dan Bulan Ramadhan karena Bulan Sya’ban dalam Kalender Hijriyah terjadi sesudah Bulan Rajab dan sebelum Bulan Ramadhan.

Kemudian Bulan Sya’ban termasuk juga kedalam salah satu Bulan Yg Mulia, selain Bulan Suci Ramadhan didalam Ajaran Islam karena di Bulan Sya’ban ini berbagai Amalan Ibadah Manusia akan dinaikkan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Terdapat Hadits dari Usamah bin Zaid bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Bulan Sya’ban adalah Bulan diantara Bulan Rajab dan Bulan Ramadhan, dimana di Bulan ini Manusia lalai. Bulan Sya’ban ialah Bulan dinaikkan-nya berbagai Amalan kpd Allah, Rabb Semesta Alam. Oleh sebab itu, Aku amatlah Suka untuk Berpuasa saat Amalanku di naikkan (HR. An-Nasa’i, NO. 2359) ”.

Selain itu apakah Malam Nisfu Sya’ban (Malam Pertengahan Bulan Sya’ban) juga istimewa dan mulia ?, sebagian Jumhur Ulama berpendapat bahwa Malam Nisfu Sya’ban itu merupakan malam pengampunan dosa. Mereka berpendapat demikian karena melihat Hadits dari Mu’adz bin Jabal Ra bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Allah akan mendatangi seluruh Makhluk nya di Malam Nisfu Sya’ban. Allah pun akan mengampuni Seluruh Makhluk kecuali orang yg musyrik dan orang yg bermusuhan ”. Selain itu Hadits dari Aisyah Ra mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Sesungguhnya Allah turun ke Langit dunia di Malam Nisfu Sya’ban, lalu Allah mengampuni lebih dari Jumlah Bulu Domba bani Kalb ”.

Bacaan Doa dan Amalan Malam Nisfu Sya’ban Menurut Hadits

amalan malam nisfu sya'ban di bulan sya'ban lengkap

Dengan melihat Hadits – Hadits diatas maka bisa disimpulkan bahwa Keutamaan Bulan Sya’ban dan Keutamaan Malam Nisfu Sya’ban (Malam Pertengahan Bulan Sya’ban) sangat mulia sehingga sudah sangat baik dan tepat jika kita Sebagai Seorang Muslim – Muslimah Yang Beriman untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT di Bulan Sya’ban dan di Malam Nisfu Sya’ban. Oleh karena itu dibawah ini Penulis telah berikan informasi tentang amalan – amalan malam nisfu sya’ban menurut hadits yang bisa kalian praktekan sendiri dirumah.

Melakukan Shalat Wajib Secara Berjamaah

Langsung saja untuk Amalan di Bulan Sya’ban dan Malam Nisfu Sya’ban yang bisa kalian lakukan adalah mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu Secara Berjamaah karena menunaikan Shalat Wajib Secara Berjamaah itu lebih baik daripada secara sendirian, walaupun boleh dikerjakan secara sendirian tetapi sangat baik sekali jika kalian Seorang Muslim – Muslimah mengerjakan Shalat Wajib Secara Berjamaah. Terdapat Hadits Shahih dari Ibnu Umar bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yg berbunyi : ” Shalat Secara Berjamaah itu lebih utama 27 Derajat dibandingkan Shalat Secara Sendirian (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ”.

Perbanyak Mengerjakan Shalat Sunnah

Lalu Amalan Malam Nisfu Sya’ban Yang Kedua yang bisa kalian kerjakan adalah memperbanyak mengerjakan Shalat – Shalat Sunnah seperti Shalat Sunnah Dhuha Shalat Sunnah Tahajud, Shalat Sunnah Hajat, Shalat Sunnah Taubat, Shalat Sunnah Istikharah di saat Bulan Sya’ban dan Malam Nisfu Sya’ban. Hal tersebut dikarenakan Shalat Sunnah itu sebagai Tambahan Ibadah Bagi Setiap Muslim – Muslimah untuk menutupi kekurangan Shalat Wajib Lima Waktu dan akan mendapatkan Pahala Shalat Sunnah yg banyak karena kalian telah menghidupkan Sunnah – Sunnah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam.

Perbanyak Membaca Al Qur’an

Untuk Amalan Malam Nisfu Sya’ban dan Malam – Malam Lainnya di Bulan Sya’ban Yang Ketiga adalah memperbanyak membaca Ayat Suci Al-Qur’an karena Pahala membaca Al Qur’an itu sangatlah banyak. Dalam hal ini bisa kalian lihat Hadits Shahih dari Abdulllah bin Mas’ud RA bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Siapa yg membaca Satu Huruf Al Qur’an maka baginya 1 kebaikan dg bacaan tersebut, 1 kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisal-nya dan Aku tidak mengatakan الم itu satu hurut, akan tetapi Alif Satu Huruf, Laam Satu Huruf dan Miim Satu Huruf (Hadits Riwayat Tirmidzi) ”.

Membaca Dzikir di Malam Nisfu Sya’ban

Kemudian untuk Amalan Malan Nisfu Sya’ban Yang Keempat yang bisa kalian lakukan adalah memperbanyak Dzikir dengan maksud untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta’ala karena dengan Berdzikir maka kita akan selalu dekat dan berada di lindungan Allah SWT. Dibawah ini Bacaan Dzikir Malam Nisfu Sya’ban yang bisa kalian amalkan dan bacakan.

bacaan dzikir malam nisfu sya'ban lengkap

Bacaan Dzikir Pendek ini bisa kalian amalkan ketika selesai mengerjakan Shalat Wajib maupun Shalat Sunnah di Malam Nisfu Sya’ban dan Malam – Malam Bulan Sya’ban lainnya karena untuk memperbanyak berdzikir mengingat Allah SWT sudah di anjurkan bagi Setiap Umat Muslim. Firman Allah SWT didalam Al Qur’an Surat Al Ahzab Ayat 41 dan 42 berbunyi : ” Hai Orang2 yg beriman, Berdzikir-lah dg menyebut nama Allah, Berdzikir yg sebanyak – banyaknya. Dan Bertasbih-lah kepada-nya diwaktu pagi dan petang (QS. Al-Ahzab, Ayat : 41 dan 42) ”.

Memperbanyak Membaca Doa Malam Nisfu Sya’ban

Untuk Amalan Ibadah Malam Nisfu Sya’ban Yang Kelima adalah memperbanyak membaca doa dengan tujuan memohon dan meminta ampunan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala atas Dosa – Dosa (Kesalahan) yang pernah kalian Perbuat, baik Kesalahan yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Karena sudah ada Hadits yang menjelaskan bahwa Malam Nisfu Sya’ban adalah Malam Pengampunan, bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari Mu’adz bin Jabal Ra bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda ” Allah akan mendatangi seluruh Makhluk nya di Malam Nisfu Sya’ban. Allah pun akan mengampuni Seluruh Makhluk kecuali orang yg musyrik dan orang yg bermusuhan ”.

Selain itu Amalan Bulan Sya’ban lainnya yang bisa kalian lakukan adalah memperbanyak melakukan Puasa Sunnah karena dahulu Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam banyak melakukan Puasa Sunnah di Bulan Sya’ban. Dan penjelasan ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari Usamah bin Zaid bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Bulan Sya’ban adalah Bulan diantara Bulan Rajab dan Bulan Ramadhan, dimana di Bulan ini Manusia lalai. Bulan Sya’ban ialah Bulan dinaikkan-nya berbagai Amalan kpd Allah, Rabb Semesta Alam. Oleh sebab itu, Aku amatlah Suka untuk Berpuasa saat Amalanku di naikkan (HR. An-Nasa’i, NO. 2359) ”.

Demikianlah pembahasan tentang Amalan – Amalan Malam Nisfu Sya’ban yang bisa kalian amalkan ketika bertemu dengan Malam Nisfu Sya’ban dan semoga saja pembahasan kali bisa bisa berguna bagi kalian Para Pembaca Muslim yang ada di Indonesia karena tidak bisa dipungkiri bahwa diluar sana tentu masih ada beberapa Masyarakat Muslim yang belum begitu mengetahui atau belum memahami tentang Malam Nisfu Sya’ban ini. Untuk itu sekali lagi semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian Para Pembaca Muslim dan jika kalian ingin mengetahui informasi mengenai Bacaan Doa Iftitah dalam Shalat, baik itu Shalat Wajib Lima Waktu dah Shalat Sunnah maka bisa kalian lihat secara langsung ditautan tersebut karena informasinya sudah dijelaskan secara lebih detail dan lengkap.

Bacaan Doa dan Amalan Malam Nisfu Sya’ban Sesuai Hadits | materiislam | 4.5