Lafadz Bacaan Adzan Untuk Bayi Baru Lahir Lengkap

Bacaan Adzan Untuk Bayi – Pengertian Adzan sendiri adalah seruan atau panggilan beribadah kepada umat Islam agar mengerjakan sholat fardhu atau sholat lima waktu. Selain berfungsi sebagai penada masuknya waktu sholat fardhu, adzan juga digunakan sebagai salah satu hal yang dikumandangkan pada saat bayi baru lahir. Salah satu tradisi yang biasanya dilakukan umat Islam untuk bayi yang baru lahir ialah mengumandangkan Adzan pada telinga kanan dan Iqamah pada telinga kiri.

Tradisi tersebut memiliki tujuan supaya yang didengarkan pertama kali oleh sang bayi adalah kalimat tauhid. Selain itu, kebiasaan tersebut juga dapat menjaga sang bayi dari berbagai macam pengaruh ataupun godaan setan. Meskipun tidak semua umat Islam sendiri melakukan hal ini dengan alasan tidak adanya hadist yang shahih mengenai perintah untuk mengumandangkan bacaan adzan untuk bayi baru lahir. Lantas apa Hukum Adzan untuk bayi baru lahir itu sendiri.

Beberapa mazhab seperti mazhab Hanafi dan Syafi’i menegaskan jika membacakan adzan untuk bayi hukumnya adalah sunnah. Hal tersebut dijelaskan oleh Syekh Ibnu Abidin yang mengatakan “Pembahasan tentang tempat-tempat yg disunnahkan untuk mengumandangkan adzan selain (tujuan) sholat, maka disunnahkan untuk mengadzani telinga bayi” (Muhammad Amin Ibnu Abidin, Raddul Muhtar Ala Ad-Durril Mukhtar, juz 1, 415)

Selain itu, Imam Nawawi yang merupakan salah satu icon ulama mazhab Syafi’i juga pernah menuliskan dalam sebuah kitab fiqih sebagai berikut “Disunnahkan untuk mengumandangkan adzan pada telinga bayi baru lahir, baik itu laki-laki atau perempuan dan adzan itu menggunakan bacaan adzan sholat. Disunnahkan untuk mengadzani telinga bayi sebelah kanan dan mengiqamati telinga sebelah kiri sebagaimana iqamah pada sholat.” (Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Majmu, Juz 8, 442)

Bacaan Adzan Untuk Bayi Baru Lahir

Bacaan adzan untuk bayi yang dikumandangkan sama persis dengan bacaan adzan yang dikumandangkan untuk menandakan masuknya waktu sholat, sehingga untuk anda yang sudah mengetahui bagaimana bacaan adzan secara umum, anda dapat mengumandangkan bacaan adzan tersebut kepada bayi yang baru lahir. Sedangkan untuk anda yang merasa belum mengetahui bagaimana lafadz adzan secara umum, maka anda dapat melihatnya secara lengkap dibawah ini.

Bacaan Adzan Untuk Bayi

Sedangkan untuk bacaan iqamah juga sama dengan bacaan iqamah yang diserukan untuk menandakan akan dikerjakannya sholat lima waktu secara berjamaah. Untuk iqamah sendiri dikumandangkan di telinga sebelah kiri sang bayi, sedangkan untuk lafadz adzan dibacanakn pada telinga sebelah kanan. Bagi anda yang sekiranya masih belum mengetahui bagaimana lafadz iqamah itu sendiri, maka anda dapat melihat bacaan iqamah secara lengkap dibawah ini.

Bacaan Iqamah Untuk Bayi

Kami rasa cukup sekian dulu untuk pembahasan tentang Lafadz Bacaan Adzan Untuk Bayi Baru Lahir yang sekiranya dapat diberikan pada kesempatan ini, kami berharap apa yang baru saja kami berikan diatas tadi dapat menambah pengetahuan anda seputar agama Islam. Adapun untuk anda yang merasa ingin mengetahui kembali beberapa pembahasan lainnya, maka kami coba sarankan kepada anda untuk kembali membaca juga Doa Sebelum Tidur yang beberapa waktu lalu telah kami bahas.

Siapa tahu saja diantara anda ada yang sedang mencari bacaan doa tersebut, maka dari itu tidak ada salahnya bagi anda untuk coba kembali melihat pembahasan yang sudah pernah kami berikan sebelumnya. Sedangkan untuk anda yang sekiranya merasa sudah mengetahui akan pembahasan tersebut, maka ada baiknya jika anda menunggu update pembahasan terbaru yang akan terus kami berikan untuk setiap harinya. Barang kali saja salah satu diantara pembahasan yang akan kami berikan ada yang sesuai dengan pembahasan yang sedang anda cari.

loading...