Bacaan Doa Iftitah NU dan Muhammadiyah Dalam Sholat

Bacaan Doa Iftitah – Pengertian Doa Iftitah atau Doa Istiftah didalam Ajaran Agama Islam adalah salah satu Doa yang bisa dibacakan ketika Sholat baik itu Sholat Fardhu Lima Waktu maupun Sholat Sunnah, dan Doa Iftitah Dalam Sholat ini dibacakan setelah kalian melakukan Gerakan Sholat Takbiratul Ikhram (Allahu Akbar) dan sebelum membaca Suratan Al Fatihah pada Raka’at Pertama didalam Sholat sehingga urutannya adalah melakukan Takbiratul Ikhram, membaca Doa Iftitah, baru membaca Suratan Al Fatihah dan Suratan Pendek.

Kemudian untuk Hukum Membaca Doa Iftitah Dalam Sholat di Ajaran Islam menurut para ulama ialah Sunnah Haiat yakni Sunnah didalam Sholat jika ditinggalkan baik sengaja ataupun tidak maka tidak akan mendapatkan dosa, tidak merusak atau tidak membatalkan Sholatnya dan tidak disunnahkan untuk melakukan Sujud Sahwi. Hanya saja Doa Iftitah ini dianjurkan untuk dibacakan oleh kalian saat melakukan Sholat supaya menambah banyak Pahala, dan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam pun membaca Doa Iftitah ketika beliau melakukan Sholat.

Berikut Hadist dari Abu Hurairah Ra mengatakan bahwa, ” Biasanya Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam sesudah bertakbir (Takbiratul Ikhram) ketika Sholat, beliau diam sejenak sebelum membaca Ayat. Maka saya pun bertanya kepada beliau, Wahai Rasulullah, kutebus Engkau dengan Ayah dan Ibu ku, saya melihatmu berdiam diantara Takbir (Takbiratul Ikhram) dan Bacaan Ayat. Apa yang Engkau baca ketika itu adalah …. (Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam menyebutkan Doa Iftitah)” (Muttafaqun ‘ Alaih).

Bacaan Doa Iftitah Dalam Sholat Sesuai Sunnah Lengkap

bacaan doa iftitah dan terjemahan lengkap

Oleh karena itu melihat Dalil Hadist dan Pendapat Jumhur Ulama yang mengatakan bahwa Hukum Doa Iftitah dalam Sholat itu Sunnah dan dapat menambahkan Pahala kalian ketika menunaikan Sholat, baik itu Sholat Fardhu Lima Waktu dan Sholat Sunnah. Maka sudah sangat baik sekali bagi kalian seorang Muslim untuk selalu membaca Doa Iftitah disetiap Sholat kalian. Untuk itu dibawah ini sudah saya buatkan Kumpulan Lafadz Doa Iftitah dan Terjemahan Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Bahasa Indonesia yang bisa kalian hafalkan dan baca disaat Sholat.

Lafadz Doa Iftitah Yang Pendek

lafadz doa iftitah pendek dalam sholat

Bacaan Doa Iftitah Pendek Dalam Sholat diatas bisa kalian bacakan karena Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam pernah bersabda ketika ada seorang Muslim Laki – Laki membaca Doa Iftitah tersebut, yang diriwayatkan oleh Anas Bin Malik Ra berbunyi : ” Aku melihat 12 Malaikat bersegera menuju kepadanya, mereka (Malaikat) saling berlomba untuk mengangkat Doa itu kepada Allah Ta’alaa ”.

doa iftitah pendek menurut hadist muslim

Bacaan Doa Istiftah Pendek diatas juga bisa dipilih kalian untuk dibaca dalam Sholat karena diriwayatkan oleh Ibnu Umar Ra berkata, ” Ketika kami melakukan Sholat bersama Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, ada seorang Laki – Laki berdoa istiftah (seperti diatas). Lalu Nabi Muhammad SAW bersabda, ” Aku heran karena dibukakan baginya Pintu – Pintu Langit ”. Maka Ibnu Umar pun berkata bahwa aku tidak pernah meninggalkan doa istiftah ini sejak Nabi Muhammad SAW berkata demikian.

Bacaan Doa Iftitah Versi Nahdlatul Ulama

lafal doa iftitah versi NU dalam sholat

Bacaan Doa Iftitah Versi NU (Nahdlatul Ulama) diatas bisa kalian pilih dan bacakan ketika kalian akan mengerjakan Sholat baik itu Sholat Sunnah maupun Sholat Wajib Lima Waktu karena kebanyakan dari Masyarakat Muslim Nahdlatul Ulama Indonesia membaca Doa Iftitah tersebut ketika Sholat.

Bacaan Doa Iftitah Versi Muhammadiyah

lafadz doa iftitah versi muhammadiyah

Bacaan Doa Iftitah Versi Muhammadiyah diatas bisa kalian pilih dan bacakan ketika kalian akan mengerjakan Sholat baik itu Sholat Wajib ataupun Sholat Sunnah disetiap harinya karena kebanyakan dari Masyarakat Muslim Muhammadiyah Indonesia membaca Doa Iftitah tersebut ketika Sholat.

Itulah Bacaan Doa Iftitah Menurut Hadist Shahih yang pernah dibaca oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam ketika beliau sholat dan kalian sebagai seorang Muslim bisa memilih mana yang akan dibacakan oleh kalian ketika akan Sholat, karena sekali lagi Doa Iftitah merupakan Perkara Sunnah didalam Sholat sehingga akan mendapatkan Pahala Sunnah jika dibacakan, tetapi tidak akan membatalkan Sholat jika tidak dibacakan.

Kemudian sebagai tambahan saja bahwa Keutamaan Membaca Doa Iftitah selain akan mendapatkan Pahala Sunnah adalah dapat membuka pintu – pintu langit dan Malaikat berlomba mengangkat doa itu kepada Allah SWT. Diriwayatkan oleh Anas bin Malik Ra bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda ketika ada seorang Muslim Pria membaca Doa Iftitah yang berbunyi, ” Aku melihat 12 Malaikat bersegera menuju kepadanya, mereka saling berlomba untuk mengangkat Doa itu (Doa Iftitah) kepada Allah SWT ”.

Demikianlah pembahasan mengenai Bacaan Doa Iftitah Yang Benar Sesuai Sunnah Dalam Sholat, semoga pembahasan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian pembaca Muslim yang ada di Indonesia karena sudah tugas kita sesama Muslim untuk memberikan informasi dan ilmu yang bermanfaat. Oleh karena itu jika menurut anda artikel ini bermanfaat maka jangan ragu untuk meng Share artikel ini kepada teman – teman Muslim kalian karena tentunya masih ada beberapa teman – teman kita yang belum terlalu memahami tentang Doa Iftitah Dalam Sholat secara lebih detail.

Incoming search terms:

  • doa iftitah nahdlatul ulama
  • Doa iftitah n
  • doa if
  • bolehkah mencampur bacaan sholat
  • bolehkah bacaan sholat campur antara muhamadiyah dan nu
  • bacaan sholat nu dan muhammadiyah
  • bacaan sholat nahdatul ulama
  • bacaan sholat muhammadiyah
  • bacaan sholat bebas memilih antara muhammadiyah dengan nu
  • bacaan niat shalat muhammadiyah
Bacaan Doa Iftitah NU dan Muhammadiyah Dalam Sholat | materiislam | 4.5