Tulisan Bacaan Dua Kalimat Syahadat dan Artinya Lengkap

Bacaan Dua Kalimat Syahadat – Perlu kalian ketahui sebelumnya sebagai Para Pembaca Muslim Muslimah Online di Laman Website Materi Islam, bahwa Bacaan 2 Kalimat Syahadat ini merupakan termasuk kedalam Lima Rukun Islam di Ajaran Islam dan untuk Kalimat Syahadat ini menempati urutan nomor Pertama di Rukun Islam tersebut, karena Macam – Macam Rukun Islam sendiri meliputi Dua Kalimat Syahadat, Mengerjakan Sholat Wajib, Berpuasa di Bulan Ramadhan, Berzakat dan Haji.

Oleh sebab itu sudah sangat bijak sekali bagi kalian Umat Muslim, untuk mengetahui dan mengerti tentang Arti Dua Kalimat Syahadat secara lebih dalam karena tidak bisa dipungkiri bahwa 2 Kalimat Syahadat ini sangatlah penting bagi Seorang Muslim, selain itu sebagai Penulis sangat meyakini bahwa diluar sana tentunya masih banyak Masyarakat Muslim yg belum begitu mengetahui akan Kandungan Dua Kalimat Syahadat ini, sehingga apa yg Penulis tuliskan dibawah ini semoga bermanfaat bagi kalian semua.

kalimat bacaan dua kalimat syahadat lengkap

A. Pengertian Bacaan Dua Kalimat Syahadat

Kalimat syahadat ini berasal dari bahasa arab yakni Syahida, dan Pengertian Kalimat Syahadat menurut Bahasa mempunyai suatu makna :

1. Menyampaikan berita yg pasti

2. Menampakkan sesuatu yg tidak diketahui oleh orang lain

3. Menjelaskan

Sedangkan Pengertian Kalimat Syahadat menurut Istilah adalah menyampaikan sebuah pernyataan kepercayaan dan pengakuan atas Keesaan Tuhan yakni Allah Subhanahu wa ta’ala dan pengakuan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam itu sebagai Rasul Allah SWT.

B. Lafadz Bacaan Dua Kalimat Syahadat Lengkap

Perlu kalian ketahui sebagai Para Pembaca Muslim bahwa Kalimat Syahadat terdiri dari 2 Kalimat yang antara lain Kalimat Syahadat At Tauhid dan Kalimat Syahadat Ar Rasul. Bisa kalian lihat Tulisan Bacaan Dua Kalimat Syahadat dan Terjemahan Arab Indonesia nya dibawah ini :

1. Bacaan Kalimat Syahadat At Tauhid

bacaan syahadat at tauhid dan terjemahan lengkap

2. Bacaan Kalimat Syahadat Ar Rasul

bacaan syahadat ar rasul dan terjemahan lengkap

Lafal Bacaan Dua Kalimat Syahadat dan Terjemahan Arab Indonesia tersebut biasanya dibacakan secara langsung dan digabungkan, yakni seperti ini : ” Asyhadu an laa ilaaha illallāh Wa Asyhadu Anna Muhammad Rasuulullāh ” .

C. Makna Bacaan Dua Kalimat Syahadat

Kemudian untuk Makna dan Arti Bacaan Dua Kalimat Syahadat ini tentunya ada 2 macam yakni Pengakuan Ketauhidan dan Pengakuan Kerasulan.

1. Pengakuan Ketahuhidan

Makna Bacaan Kalimat Syahadat ini ialah Seorang Muslim – Muslimah (Beragama Islam) harus mempercayai dan mengakui bahwa Allah Subhanahu wa ta’ala itu sebagai satu – satunya Tuhan dan tiada Tuhan selain Allah Subhanahu wa ta’ala yang patut disembah. Oleh karena itu jika Seorang Muslim – Muslimah telah mengikrarkan Kalimat Syahadat At Tauhid ini, maka Seorang Muslim tersebut telah memantapkan diri bahwa hanya kepada Allah SWT lah kita menyembah dan meminta.

2. Pengakuan Kerasulan

Lalu Arti Bacaan Kalimat Syahadat ini adalah bahwa kita sebagai Seorang Muslim – Muslimah harus mempercayai dan mengakui bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam itu Utusan dan Rasul Allah SWT, selain itu kita juga harus mempercayai bahwa tidak ada lagi Nabi dan Rasul setelah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam, sehingga dengan itu maka kita sebagai Seorang Muslim harus memantapkan diri untuk meyakini Ajaran Allah yg telah disampaikan melalui Nabi Muhammad SAW.

D. Kandungan Bacaan Dua Kalimat Syahadat

Adapun didalam Kandungan Bacaan Kalimat Syahadat sendiri terbagi menjadi 4 macam yakni Ikrar, Berjanji, Bersaksi dan Syarat. Untuk penjelasan mengenai Kandungan Kalimat Syahadat ini bisa kalian lihat dibawah ini :

1. Ikrar

Dengan mengucapkan Kalimat Syahadat maka Seorang Muslim – Muslimah telah menyatakan dan menyakini, sehingga ia telah mempunyai suatu kewajiban untuk selalu menegakkan dan memperjuangkan apa yg telah dia Ikrarkan.

2. Berjanji

Dengan mengucapkan Kalimat Syahadat maka Seorang Muslim – Muslimah telah berjanji untuk selalu taat didalam segala keadaan terhadap semua Perintah – Perintah Allah SWT dan segala pesan yg telah disampaikan oleh Allah SWT melalui Nabi Muhammad SAW.

3. Persaksian

Dengan mengucapkan Kalimat Syahadat maka Seorang Muslim – Muslimah telah bersaksi atas pernyataan ikrar, sumpah dan janji yang telah ia ucapkan. Dalam hal ini kesaksian terhadap Keesaan Allah SWT dan kesaksian terhadap Kerasulan Nabi Muhammad SAW.

4. Syarat Syahadat

Perlu kalian ketahui bahwa didalam syarat masuk islam atau syarat menjadi seorang muslim – muslimah ialah dengan mengucapkan Dua Kalimat Syahadat, sehingga jika Seseorang ingin menjadi Seorang Mukmin (Beragama Islam) maka harus mengucapkan Dua Kalimat Syahadat.

E. Pentingnya Syahadat Bagi Muslim – Muslimah

Kemudian pentingnya Dua Kalimat Syahadat ini bagi seorang Muslim – Muslimah itu sangatlah penting dan maknanya tersebut antara lain :

1. Sebagai Syarat Masuk Islam

2. Sebagai Pembeda dari Umat Lain

3. Intisari Ajaran Islam

4. Hakikah Dakwah Para Rasul

5. Dasar – Dasar Perubahan

6. Mendapatkan Ganjaran (Pahala) Besar.

Demikianlah pembahasan tentang Lafadz Bacaan Dua Kalimat Syahadat secara lebih lengkap dan detail yang bisa Penulis berikan kepada kalian Para Pembaca Online di Situs Website Materi Islam ini. Semoga saja apa yang telah Penulis tuliskan dan jelaskan ini bisa bermanfaat bagi kalian Para Pembaca Online Muslim di Indonesia, karena sekali lagi sebagai Penulis sangat meyakini bahwa diluar sana tentunya masih banyak Masyarakat Muslim di Indonesia yang belum begitu memahami akan Bacaan Dua Kalimat Syahadat.

Oleh karena itu dengan adanya ulasan ini maka diharapkan bisa berguna dan bermanfaat bagi mereka (Umat Muslim) yang membutuhkannya karena perlu kalian ingat bahwa Bacaan Dua Kalimat Syahadat ini termasuk kedalam Lima Rukun Islam didalam Ajaran islam dan sebagai salah satu Syarat Masuk Islam sehingga alangkah bijak sekali bagi kalian Umat Muslim untuk mengetahui dan mengkaji secara lebih dalam mengenai Arti Bacaan Dua Kaliamat Syahadat ini.

Incoming search terms:

  • bacaan syahadat lengkap
  • tulisan dua kalimat syahadat
  • bacaan dua kalimat sahadat
  • bacaan dua kalimat shahadat terjemaah nya
  • bacaan dua kalimat syahadat arab
  • urutan arti da ri dua kalimat shadat yg benar adalah
  • bacaan sahada
  • bacaan sahadat lengkap
  • bacaan syahadat
  • bacaan syahadat dan artinya
Tulisan Bacaan Dua Kalimat Syahadat dan Artinya Lengkap | materiislam | 4.5