Kumpulan Bacaan Sholawat Nabi dan Terjemahan Arab Latin

Bacaan Sholawat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam – Sebelumnya telah Penulis bahas tentang Sholawat Nariyah didalam Ajaran Islam yang bisa kalian pahami dan amalkan sendiri dirumah sebagai Seorang Muslim – Muslimah karena Penulis sudah menjelaskan secara lebih rasional dan detail tentang Sholawat Nariyah tersebut. Setelah itu dikesempatan ini Penulis secara bergantian akan memberikan ulasan mengenai Bacaan Shalawat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam yang ditulis secara lebih dalam dan detail pula sehingga Artikel ini bisa digunakan sebagai Referensi belajar kalian (Umat Mukmin) untuk lebih memahami tentang Sholawat Nabi Muhammad SAW.

Hal tersebut dikarenakan Penulis sangat meyakini bahwa diluar sana, masih cukup banyak Masyarakat Muslim di Indonesia yang belum memahami secara lebih dalam tentang Sholawat Nabi Muhammad SAW ini. Dan langsung saja didalam Pengertian Sholawat Nabi Muhammad SAW di Ajaran Islam adalah pujian dan doa yang dibacakan dan ditujukan kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam sebagai bukti rasa hormat dan cinta Kita sebagai Umatnya (Umat Mukmin) kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam, karena dengan cara tersebut semoga kita nantinya bisa mendapatkan Syafa’at Beliau yang dapat menyelamatkan kita di Hari Kiamat Kelak.

Oleh karena itu sudah sangat baik sekali bagi Setiap Muslim – Muslimah untuk selalu membaca Sholawat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam disetiap harinya, baik dibacakan setelah mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu maupun dibacakan setelah membaca Dzikir Setelah Sholat, karena Keutamaan Membaca Sholawat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam sangatlah banyak, dan salah satu Keutamaan Sholawat Nabi bisa kalian lihat didalam Sabda Nabi Muhammad SAW berbunyi : ” Kalau seseorang bersholawat kepada ku, Malaikat jg akan mendoakan keselamatan yg sama baginya. Untuk itu Bersholawatlah, mesti sedikit atau banyak (HR. Ibnu Majah dan Tahbrani) ”.

bacaan sholawat nabi muhammad saw dan terjemahan lengkap

Hukum Membaca Sholawat Nabi Muhammad SAW

Kemudian Hukum Bersholawat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam itu Sunnah Muakkad, dan tidak dilarang. Malahan perlu kalian tahu bahwa didalam membaca Sholawat Nabi Muhammad SAW ini sudah dianjurkan untuk diamalkan oleh Baginda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam dan telah diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala untuk dilakukan (Diamalkan) bagi Setiap Muslim – Muslimah. Firman Allah SWT didalam Al Qur’an Surat Al Ahzab Ayat 56 berbunyi : ” Sesungguhnya Allah dan Malaikat2 nya Bersholawat untuk Nabi. Hai Orang2 yg beriman, bersholawat-lah km untuk Nabi dan ucapkan-lah salam penghormatan kepada-nya (QS. Al-Ahzab, Ayat : 56) ”.

Dalil Membaca Bacaan Sholawat Nabi Muhammad SAW dan Hadits Shahih dari Abu Hurairah bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda berbunyi : ” Janganlah kalian menjadikan Rumah2 kalian kuburan, dan jangan-lah kalian menjadikan kuburan ku sebagai tempat perayaan, bershalawat-lah pada ku karna sesungguhnya ucapan Shalawat kalian akan sampai kepada ku dimanapun kalian berada (HR. Abu Daud, No. 2044) ”. Selain itu terdapat Hadits Shahih lainnya bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda yang berbunyi : ” Orang pelit itu ialah orang yg ketika disebut namaku dia enggan bersholawat (HR. Tirmidzi, No. 3546) ”.

Oleh karena itu dengan melihat Firman Allah Subhanahu wa ta’ala dan Sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam diatas, maka sudah bisa disimpulkan bahwa Hukum Bersholawat Nabi Muhammad SAW itu dibolehkan dan tidak dilarang. Malahan Jumhur Ulama (Mayoritas Ulama) berpendapat bahwa membaca Sholawat Nabi itu termasuk Amalan Sunnah Muakkad, yakni Amalan Ibadah Sunnah yang sangat dianjurkan sekali untuk diamalkan oleh Setiap Muslim – Muslimah. Untuk itu dibawah ini telah Penulis buatkan Kumpulan Bacaan Sholawat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam dan Terjemahannya Lengkap.

Bacaan Sholawat Nabi Muhammad SAW Yang Pendek

lafadz shalawat nabi sesuai hadits

Bacaan Shalawat Nabi Yang Pendek diatas bisa kalian amalkan dan bacakan disetiap harinya, dan terdapat hadits shahih dari Zaid bin Abdullah bahwa ” sebenarnya mereka telah dianjurkan untuk membaca shalawat dengan bacaan berikut (seperti diatas) ”.

bacaan sholawat nabi pendek sesuai hadits

Bacaan Sholawat Nabi Pendek diatas juga bisa kalian amalkan dan bacakan disetiap harinya, dan sangat baik sekali jika kalian membaca Shalawat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam Yang Pendek tersebut ketika kalian selesai mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu maupun Sholat Sunnah, yang dibarengi dengan membaca Dzikir – Dzikir Setelah Sholat.

Bacaan Sholawat Nabi Muhammad SAW Yang Panjang

bacaan shalawat nabi muhammad saw lengkap

Bacaan Sholawat Nabi Menurut Sunnah diatas juga bisa kalian bacakan dan amalkan setiap harinya karena terdapat Hadits Shahih dari Ka’ab bin Ujroh bercerita bahwa : ” Wahai Rasulullah, kami telah mengetahui bagaimana cara mengirim salam kepada mu. Lalu bagaimana cara kami bershalawat kepada mu ?. Lalu Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Ucapkanlah (bacaan shalawat seperti diatas) ”.

lafal sholawat nabi dan terjemahan lengkapLalu Bacaan Sholawat Nabi Muhammad SAW Sesuai Hadits Shahih Riwayat Bukhari diatas bisa kalian pilih dan bisa kalian amalkan disetiap waktu, dan sangat baik sekali jika kalian Sebagai Umat Muslim membaca Bacaan Sholawat Nabi Sesuai Sunnah tersebut (Baik Sholawat Pendek maupun Sholawat Nabi Panjang) ketika selesai mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu dan dibarengi membaca Dzikir Setelah Sholat.

Rahasia dan Keutamaan Membaca Sholawat Nabi

Setelah kalian sudah mengetahui Macam – Macam Sholawat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk mengetahui tentang Keutamaan dan Keistimewaan Membaca Sholawat Nabi Muhammad SAW sesuai Hadits – Hadits Shahih seperti dibawah ini :

Untuk Keistimewaan Sholawat Nabi Muhammad SAW Pertama ialah akan mendapatkan Pahala yang banyak, karena kalian sebagai Seorang Muslim – Muslimah telah mengamalkan Amalan Ibadah Sunnah. Dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari Abu Hurairah, bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Barangsiapa yg Bershalawat kepada ku 1 kali, maka Allah akan membalas pahalanya sebanyak 10 kali ”.

Rahasia Membaca Sholawat Nabi Muhammad SAW Yang Kedua, selain akan mendapatkan Pahala yang banyak adalah akan digugurkan dosa – dosanya dan akan ditinggikan (diangkat) derajatnya oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Dan dalam hal ini bisa kalian lihat Hadits Shahih dari Anas bin Malik RA bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Barangsiapa yg membaca Sholawat kepada ku 1 kali, maka Allah akan membalasnya 10 kali, dan digugurkan dosanya sebanyak 10 kali, dan ditinggikan derajatnya sebanyak 10 kali di Surga kelak ”.

Lalu Keutamaan Bersholawat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam Menurut Hadits Shahih Yang Ketiga adalah akan mendapatkan Syafa’at dari Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam di hari kiamat kelak. Dan dalam hal ini sekali lagi, bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih Riwayat Abdullah bin Amr bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Barangsiapa membaca Shalawat kepada ku dan meminta supaya mendapatkan wasilah dari ku, maka ia berhak memperoleh syafa’at ku dihari kiamat kelak ”.

Demikianlah pembahasan tentang Macam Macam Bacaan Sholawat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam dan Terjemahan Arab Latin yang telah dijelaskan secara lebih detail dan lengkap kepada kalian Para Pembaca Muslim yang ada di Indonesia. Dan Penulis sangat berharap bahwa ulasan tentang Sholawat Nabi Sesuai Sunnah ini, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi kalian Para Pembaca Muslim karena Penulis sekali lagi sangat yakin bahwa diluar sana masih cukup banyak Masyarakat Muslim yang belum begitu memahami tentang Bacaan Sholawat Nabi Muhammad SAW Yang Benar Menurut Sunnah. Dan sebagai tambahan informasi saja, jika kalian ingin mengetahui tentang Dzikir Pendek Setelah Sholat Wajib maka kalian bisa menuju ke tautan tersebut, karena disitu telah dibahas secara lebih lengkap pula pembahasan mengenai Bacaan Dzikir Setelah Sholat Wajib.

Incoming search terms:

  • macam macam sholawat nabi yang pendek
  • bacaan shalawat nabi muhammad saw yang pendek
  • bacaan latin shalawat nabi muhammad saw
  • kumpulan bacaan sholawat
  • bacaan sholawat nabi terpendek
  • contoh bacakan solawat nabi
  • bacaan solawat pendek com
  • tulisan shalawat terjemah ke indo
  • bacaan sholawat dan singkat
  • bacaan sholawat
Kumpulan Bacaan Sholawat Nabi dan Terjemahan Arab Latin | materiislam | 4.5