Tata Cara dan Bacaan Sujud Sahwi Latin Beserta Artinya

Bacaan Sujud Sahwi – Pengertian Sujud Sahwi merupakan bagian dari ibadah dalam agama Islam yang dikerjakan pada saat Sholat. Sujud sahwi ialah dua sujud yang dikerjakan seseorang yang melakukan sebuah kesalahan didalam sholat dikarenakan oleh lupa atau “shaw”. Apabila seorang muslim lupa akan jumlah rakaat yang sudah dikerjakan pada saat mengerjakan sholat, maka dapat melakukan sujud sahwi sebanyak dua kali sebelum ataupun sesudah salam.

Sebab sujud sahwi secara umum ada tiga hal, yaitu menambahkan sesuatu atau az-ziyaadah, menghilangkan sesuatu atau an-naqsh dan yang ketiga adalah merasa ragu-ragu akan jumlah sholat yang sudah dikerjakan atau asy-syak pada saat mengerjakan sholat. Sehingga bagi anda yang melakukan salah satu dari ketiga hal tersebut, maka anda dapat melakukan sujud sahwi sebanyak 2 kali sebelum atau sesudah sholat dalam sholat. Apabila anda melakukan salah satu dari ketiga hal tersebut dan tidak melakukan sujud sahwi, maka sholat yang dikerjakan dianggap tidak sah.

Sebuah hadist dari Ibnu Mas’ud r.a. mengatakan “Pada suatu ketika Rasulullah SAW mengerjakan sholat dzuhur sebanyak lima rakaat. Lantas Beliau ditanya, “Apakah jumlah rakaat ini ditambah?” Rasulullah SAW pun menjawab :”Mengapa demikian?” Sahabat yang menjadi makmum mengatakan :” Anda telah mengerjakan sholat dzuhur sebanyak lima rakaat.” Setelah itu Rasulullah pun mengerjakan sujud sebanyak dua kali setelah mengerjakan salam.” (HR. Bukhari)

Adapun untuk anda yang sekarang ini masih belum mengetahui bagaimana bacaan sujud sahwi itu sendiri, maka sekarang ini anda sedang berada pada tempat yang tepat. Karena hari ini kami akan memberikan pembahasan tentang bacaan sujud sahwi kepada anda. Dimana kami akan memberikan bacaan sujud tersebut menggunakan bahasa arab, latin beserta artinya, sehingga anda bukan saja akan dapat mengetahui bagaimana bacaan sujud tersebut tapi anda juga akan mengetahui maknanya.

Tata Cara dan Bacaan Sujud Sahwi

Bacaan Sujud Sahwi Latin Beserta Artinya

 

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَبِحَمْدِكَ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى

“Subhaanaka alloohumma robbanaa wa bihamdika alloohummaghfirlii”

Artinya: Mahasuci Engkau, ya Allah Tuhan kami dan segala puji bagiMu. Ya Allah ampunilah aku

 

Bacaan Sujud Sahwi secara umum sama dengan bacaan sujud pada sholat umumnya, akan tetapi terdapat beberapa bacaan sujud yang dapat digunakan juga yang diantaranya ialah sebagai berikut.

 

سُبْحَانَ مَنْ لَا يَنَامُ وَلَا يَسْهُو

Subhaana man laa yanaamu wa laa yas-huu

Artinya: Maha Suci Dzat yang tidak mungkin tidur dan lupa

 

Selain bacaan sujud diatas, anda juga dapat membaca juga bacaan doa sujud sahwi seperti dibawah ini.

 

سُبْحَانَ رَبِّىَ الْأَعْلَى

Subhaana robbiyal ‘a’la

Artinya: Mahasuci Tuhanku yang Maha Tinggi

 

Tata Cara Sujud Sahwi Secara Lengkap

Sujud Sahwi sendiri dapat dikerjakan sebelum ataupun sesudah salam sebanyak dua kali dengan membaca bacaan sujud sahwi seperti yang ada diatas.

Sujud sahwi dikerjakan sebelum salam apabila terjadi dua hal berikut ini.

  • Terjadi pengurangan didalam sholat, seperti contohnya lupa mengerjakan tasyahud awal.
  • Merasa ragu dengan jumlah rakaat yang sudah dikerjakan dan tidak dapat memutuskan berapa jumlah rakaat yang sudah dikerjakan.

Sujud Sahwi dikerjakan sesudah atau setelah salam apabila terjadi hal sebagai berikut.

  • Menambahkan sesuatu dalam sholat seperti contohnya menambah jumlah rakaat kemudian lupa menyempurnakan sholatnya pada saat sudah melakukan salam dan baru mengingatnya setelah melakukan salam. Maka dilakukanlah sujud sahwi sebanyak dua kali setelah salam untuk menyempurnakan sholatnya.

Demikan itu sedikit pembahasan tentang Tata Cara dan Bacaan Sujud Sahwi yang sekiranya kami dapat berikan kepada anda pada kesempatan hari ini, kami berharap apa yang baru saja kami berikan diatas tadi itu dapat memberikan banyak manfaat bagi anda. Adapun untuk anda yang merasa ingin mengetahui kembali beberapa pembahasan lainnya yang masih berhubungan dengan tentang agama Islam, maka kami tidak ada salahnya apabila anda mencoba untuk melihat Tata Cara Sujud Syukur.

Barang kali saja masih ada diantara anda-anda sekalian yang belum mengetahui bagaimana cara sujud syukur. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi anda untuk kembali melihat pembahasan yang sudah pernah kami berikan sebelumnya. Sedangkan untuk anda yang sekiranya merasa sudah mengetahui akan pembahasan tersebut, maka anda masih dapat melihat-lihat kembali beberapa pembahasan lainnya lagi. Mungkin saja salah satu diantaranya ada yang sesuai.

loading...