Cara dan Niat Shalat Jum’at Sebagai Imam dan Makmum

Niat Shalat Jum’at – Pengertian tentang Shalat Jum’at didalam Ajaran Islam adalah salah satu Ibadah Shalat yang wajib dikerjakan bagi setiap Muslim Laki – Laki secara Berjamaah atau bersama – sama disetiap hari Jum’at sebagai pengganti Shalat Fardhu Dhuhur sehingga waktu mengerjakan shalat jum’at ini tentunya hanya dilakukan di Hari Jum’at, di waktu siang karena sekali lagi Shalat Jumat dikerjakan sebagai pengganti Shalat Fardhu Dhuhur.

Untuk Hukum Mengerjakan Shalat Jum’at ini adalah Wajib dikerjakan bagi Golongan – Golongan yang diwajibkan untuk mengerjakan Shalat Jum’at karena telah diperintahkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala untuk dikerjakan bagi orang beriman, dan hal tersebut telah dijelaskan didalam Kitab Suci Al Qur’an Surat Al Jumu’ah Ayat 9 yang berbunyi ” Hai orang-orang yg beriman, apabila diseru untuk mengerjakan Sholat Jum’at maka bersegeralah km kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah Jual Beli karena yg demikian itu lebih baik bagi km jika km mengetahui (QS. Al Jumuah, Ayat : 9) ”.

Adapun didalam golongan – golongan yang diwajibkan untuk mengerjakan Shalat Jum’at yang mesti kalian ketahui antara lain Seorang Muslim, Muslim Laki – Laki yang sudah Baligh dan Berakal, Orang yang Merdeka, Bukan Musafir (Orang Yang Menetap) dan Orang yang tidak mempunyai Uzur (Halangan) apapun. Oleh karena itu jika kalian sebagai seorang Muslim yang merasa masuk kedalam Kategori Golongan Diwajibkan Mengerjakan Sholat Jum’at tersebut maka kerjakanlah, karena sekali lagi Hukum Sholat Jum’at adalah wajib dikerjakan sehingga akan mendapatkan pahala yang banyak bagi kalian yang mengerjakan Shalat Jum’at, tetapi akan mendapatkan dosa besar pula bagi kalian yang telah diwajibkan tidak mengerjakan Shalat Jum’at ini.

Bacaan Lafadz Niat Shalat Jum’at Secara Berjamaah

cara dan niat shalat jumat lengkap

Dibawah ini telah saya berikan Lafadz Niat Shalat Jum’at Sebagai Imam Shalat dan Makmum Shalat secara lebih lengkap karena memang Shalat Jum’at itu dikerjakan secara berjamaah dan membaca niat sholat jumat merupakan salah satu syarat sah mengerjakan shalat jum’at ini.

Niat Shalat Jum’at Sebagai Imam

niat shalat jum'at sebagai imam shalat

Niat Shalat Jum’at Sebagai Makmum

niat sholat jum'at sebagai makmum shalat

Bacaan Niat Mengerjakan Shalat Jum’at Sebagai Imam dan Makmum Shalat diatas bisa kalian bacakan sesuai dengan status kalian apakah mau menjadi Imam Shalat Jum’at ataupun sebagai Makmum Shalat Jum’at, tetapi yang pasti kalian sebagai seorang Muslim bisa membaca Niat Sholat Jum’at tersebut didalam Hati maupun diucapkan secara lirih dimulut karena yang paling penting kalian mempunyai niat didalam hati untuk mengerjakan shalat jum’at karena Allah Ta’ala.

Tata Cara Shalat Jum’at Berjamaah Lengkap

Adapun setelah kalian membaca Lafal Niat Shalat Jum’at sebagai Imam dan Makmum diatas maka sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk mengetahui Tata Cara Mengerjakan Shalat Jum’at ini. Dan langsung saja bahwa Tata Cara Sholat Jum’at sangatlah mudah karena dikerjakan seperti mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu pada umumnya, yang diawali dengan membaca Niat Shalat, Takbiratul Ikhram, membaca Surat ¬†Al Fatihah, membaca Suratan, melakukan Gerakan Ruku, Itidal, Sujud sampai Salam di Akhir Raka’at Shalat Jum’at.

Hanya saja didalam Shalat Jum’at ini dikerjakan sebanyak 2 Raka’at dengan 1 Salam dan dilakukan di Waktu Shalat Dhuhur pada hari Jum’at secara Berjamaah dengan Minimal 40 Jamaah Muslim menurut Mazhab Syafi’i. Selain itu didalam Shalat Jum’at ini terdapat Dua Khutbah yang harus dilakukan sebelum mengerjakan Shalat Jum’at karena Dua Khutbah ini merupakan salah satu Rukun Shalat Jum’at yang harus ada didalam Shalat Jum’at. Dari Ibnu Umar radhiallahu’anhu berkata bahwa ” Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam berkhutbah 2 khutbah di Hari Jum’at dg berdiri, kemudian duduk dan berdiri, sebagaimana apa yg km lakukan sekarang (HR. Bukhari) ”.

Sunah – Sunah Shalat Jum’at Yg Dianjurkan

Untuk Perkara Sunnah – Sunnah yang dianjurkan oleh setiap Muslim sebelum melakukan Shalat Jum’at antara lain Mandi dengan mencuci kepada dan anggota badan yang lainnya, Bersikat Gigi, Memakai Pakaian terbaik, Memotong Kuku Tangan dan Kaki, Memangkas Kumis, Memperbanyak membaca Dzikir seperti Dzikir Shalawat Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, Melakukan Shalat Sunnah Dua Raka’at Sebelum dan Sesudah Shalat Jum’at, memperbanyak bersedekah dan berangkat lebih awal ke Masjid agar bisa datang sebelum Khotib naik ke Mimbar dan mengucapkan salam sebelum Ber’Khutbah.

Kemudian sebagai tambahan bahwa didalam Keutamaan Shalat Jum’at ini sangatlah banyak dan salah satunya ialah akan mendapatkan Pahala yang besar bagi mereka yang mengerjakan Shalat Jum’at di hari Jum’at ini. Hal ini pun seperti diterangkan didalam Hadist Riwayat Tirmidzi bahwa Nabi Muhammad¬†shallallahu alaihi wasallam bersabda, ” Barangsiapa yg mandi dihari Jum’at dg mencuci kepala dan anggota badan yg lainnya, lalu dia pergi di awal waktu dan mendapati Khutbah Pertama Shalat Jum’at, dan dia mendekat pada Imam, mendengarkan Khutbah dan diam maka setiap langkah kakinya akan terhitung seperti Puasa dan Sholat Setahun (Hadist Riwayat Tirmidzi nomor 496) ”.

Itulah pembahasan dari saya mengenai Tata Cara dan Niat Shalat Jum’at yang dibahas secara lebih lengkap dan semoga saja ulasan tentang Shalat Jum’at ini bisa berguna dan bermanfaat bagi setiap Muslim yang telah diwajibkan untuk mengerjakan Shalat Jum’at karena saya selaku penulis sangat yakin bahwa diluar sana masih banyak seorang Muslim yang belum mengetahui ataupun lupa tentang Lafadz Niat Shalat Jum’at Secara Berjamaah sehingga dengan adanya ulasan ini semoga bisa bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan.

loading...

loading...