Cara dan Niat Shalat Subuh Dengan Qunut Sendiri dan Makmum

Shalat Subuh Dengan Qunut – Sebelum membahas secara lengkap tentang Tata Cara dan Niat Shalat Subuh Dengan Qunut, ada baiknya jika kalian memahami terlebih dahulu tentang Apa Itu Shalat Subuh secara lebih dalam di Ajaran islam karena tentunya tidak semua Pembaca Muslim telah mengetahui secara lebih dalam tentang Shalat Subuh ini. Dan langsung saja untuk Pengertian Shalat Subuh ini adalah termasuk kedalam Shalat Wajib Lima Waktu yang wajib dan harus dilakukan oleh Setiap Muslim – Muslimah di setiap harinya, hal ini dikarenakan Hukum Mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu adalah Fardhu Ain, yakni wajib dikerjakan bagi Setiap Umat Muslim.

Hal tersebut berlaku juga untuk Shalat Subuh karena Shalat Subuh termasuk Shalat Wajib 5 Waktu, untuk itu jika terdapat Seorang Muslim – Muslimah yg tidak mengerjakan Shalat Wajib Subuh ini maka ia akan mendapatkan Dosa Besar. Tetapi akan mendapatkan Pahala dan Keutamaan Shalat Subuh banyak bagi setiap Muslim yg selalu mengerjakan Shalat Wajib Subuh dan Shalat Wajib lainnya di Setiap Hari. Dan salah satu Keistimewaan Shalat Subuh bisa kalian lihat didalam Al Qur’an Surat Al-Isra Ayat 78 berbunyi : ” Dirikanlah Shalat dari setelah Matahari tergelincir sampai Gelap Malam dan kerjakan pula Sholat Subuh. Sesungguhnya Sholat itu disaksikan oleh Malaikat (QS. Al-Isra, Ayat : 78) ”.

Kemudian Shalat Wajib Subuh ini dilakukan dengan Jumlah Rakaat Shalat Subuh sebanyak 2 Rakaat dan dapat dikerjakan Secara Sendirian maupun Secara Berjamaah. Adapun untuk Waktu Mengerjakan Shalat Subuh dilakukan di Waktu Fajar menjelang Matahari Terbit, dan Waktu Awal Shalat Subuh ini ditandai dengan munculnya Cahaya Putih yang melintang di Ufuk Timur (Fajar Shaddiq) dan berakhir ketika Matahari Terbit. Untuk itu bisa dikatakan bahwa Waktu Menunaikan Shalat Subuh ini sangatlah pendek sehingga alangkah baiknya jika kalian selalu memasang Alarm di Handphone agar dapat bangun di Waktu Fajar dan mengerjakan Shalat Wajib Subuh baik secara Sendirian maupun Berjamaah di Masjid.

Selain itu perlu diketahui juga bahwa selain dapat dikerjakan secara Sendirian dan Berjamaah, Shalat Subuh ini juga dapat dikerjakan disertai Bacaan Doa Qunut dan dikerjakan tanpa disertai Bacaan Doa Qunut. Biasanya Masyarakat Muslim di Indonesia yg mengikuti Madzhab Imam Syafi’i maka mereka akan mengerjakan Shalat Subuh ini disertai dengan Bacaan Doa Qunut yg dibacakan disaat Gerakan Shalat i’tidal (setelah Gerakan Shalat Ruku dan sebelum Gerakan Shalat Sujud Pertama) di Rakaat Kedua Shalat Subuh. Oleh karena itu dikesempatan ini Penulis akan memberikan ulasan tentang Bacaan Niat dan Tata Cara Shalat Subuh dengan Qunut karena diluar sana tentu banyak Masyarakat Muslim yg membutuhkan informasi ini.

Bacaan Niat Shalat Subuh Sendiri dan Berjamaah Lengkap

tata cara dan niat shalat subuh dengan qunut lengkap

Dibawah ini telah Penulis berikan Bacaan Niat Mengerjakan Shalat Subuh Dengan Qunut Secara Berjamaah maupun Secara Sendirian, tetapi perlu ditekankan disini bahwa tidak ada perbedaan antara Niat Menunaikan Shalat Subuh Dengan Qunut dengan Bacaan Niat Melakukan Shalat Subuh Tanpa Qunut karena perbedaan nya terletak saat membaca Qunut atau tidak membaca Qunut di Gerakan Sholat I’tidal Rakaat Kedua. Langsung saja untuk Lafadz Niat Shalat Subuh Berjamaah dan Sendirian bisa kalian lihat dibawah ini :

bacaan niat shalat subuh sendirian dan berjamaah lengkap

Cara Mengerjakan Shalat Subuh Dengan Qunut

Kemudian didalam Tata Cara Mengerjakan Shalat Subuh Dengan Qunut ini sangatlah mudah karena masih seperti mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu lainnya yakni yang diawali dengan membaca Niat Shalat Subuh dan diakhiri dengan Salam di Rakaat Kedua Shalat Subuh. Hanya saja harus kalian ingat Pembaca Muslim – Muslimah bahwa didalam Tata Cara Shalat Subuh Dengan Qunut baik Secara Sendirian maupun Secara Berjamaah itu harus membaca Doa Qunut disaat Gerakan Shalat I’tidal (Sesudah Gerakan Shalat Ruku dan Sebelum Gerakan Shalat Sujud Pertama) di Rakaat Kedua Shalat Subuh.

Adapun Langkah – Langkah Mengerjakan Shalat Subuh Dengan Qunut antara lain membaca Niat Shalat Subuh didalam hati ataupun didalam Mulut dan diteruskan dg Takbiratul Ikhram (Allahu Akbar), diteruskan membaca Doa Iftitah, diteruskan dg membaca Suratan Al Fatihah dan Suratan Al Qur’an di Rakaat Pertama. Lalu diteruskan Gerakan Shalat Ruku dan membaca doa ruku, diteruskan Gerakan Shalat I’tidal dan membaca doa i’tidal, diteruskan Gerakan Shalat Sujud Pertama dan membaca Doa Sujud, diteruskan Gerakan Duduk Diantara 2 Sujud dan membaca doanya, diteruskan dengan Gerakan Shalat Sujud Kedua dan membaca doanya, serta dilanjutkan dengan Berdiri Kembali untuk mengerjakan Shalat Subuh Rakaat Kedua.

Ketika Berdiri Kembali di Rakaat Kedua Shalat Subuh maka langsung dilanjutkan membaca Suratan Al Fatihah dan Suratan Al Qur’an Pendek maupun Panjang di Rakaat Kedua. Diteruskan Gerakan Shalat Ruku dan membaca doanya, diteruskan Gerakan Shalat I’tidal dan membaca doanya beserta membaca DOA QUNUT. Setelah selesai membaca Doa Qunut maka dilanjutkan Gerakan Shalat Sujud Pertama dan membaca Doa Sujud, diteruskan Gerakan Duduk Diantara 2 Sujud dan membaca doanya, diteruskan dengan Gerakan Shalat Sujud Kedua dan membaca doanya, dilanjutkan Gerakan Tahiyat Akhir dan membaca Doa Tahiyat Akhir, dan setelah selesai membaca Doa Tahiyat Akhir maka diteruskan dengan Gerakan Salam di Rakaat Kedua.

Dzikir Setelah Shalat Subuh Dengan Qunut

wirid dan dzikir setelah shalat subuh dengan qunut

Bacaan Dzikir Pendek Sesudah Mengerjakan Sholat Subuh diatas bisa kalian bacakan dan amalkan sebanyak keikhlasan hati kalian, karena perlu kalian ketahui bahwa membaca Dzikir (Berzikir) setelah mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu itu sudah dianjurkan sekali untuk dilakukan oleh Umat Muslim. Dan dalam hal ini bisa kalian lihat Firman Allah Subhanahu wa ta’ala didalam Al Qur’an Surat Al-Ahzab Ayat 41 dan 42 berbunyi : ” Hai orang2 yg beriman, Berdzikirlah dg menyebut nama Allah, Berdzikir sebanyak2 nya. Dan bertasbihlah kepada nya di Waktu Pagi dan Petang (QS. Al-Ahzab, Ayat : 41 dan 42) ”.

Doa Setelah Shalat Subuh Dengan Qunut

doa setelah mengerjakan shalat subuh lengkap

Bacaan Doa Setelah Sholat Subuh diatas merupakan doa untuk memohon dimudahkan segala sesuatu dan memohon diberikan ilmu yang bermanfaat serta rezeki yang baik kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Dan tentunya kalian boleh membaca Bacaan Doa Sesudah Sholat Subuh yang lainnya, sesuai dengan Hajat dan Kebutuhan kalian karena salah satu waktu yang baik untuk memanjatkan doa ialah ketika kelar menunaikan Shalat, baik itu Shalat Wajib ataupun Shalat Sunah.

Dan dalam hal ini bisa kalian lihat Firman Allah Subhanahu wa ta’ala didalam Al Qur’an Surat Al-Baqarah, Ayat 186 berbunyi : ” Dan apabila hamba2ku bertanya kepada-mu tentang Aku, maka jawab-lah bahwasa-nya Aku adalah Dekat. Aku mengabulkan Permohonan Orang yg berdoa apabila dia memohon kepada Aku. Maka hendak lah mereka itu memenuhi segala perintah-ku dan hendak lah mereka beriman kepada Ku, supaya mereka selalu berada dlm kebenaran (QS. Al-Baqarah, Ayat : 186) ”.

Keutamaan Shalat Subuh Dengan Qunut

Sedangkan sebagai tambahan saja bahwa didalam Keutamaan Mengerjakan Shalat Subuh sangatlah banyak karena selain akan mendapatkan Pahala yang banyak dan terhindar dari Dosa Besar, ternyata Shalat Subuh termasuk salah satu Penyebab Masuk Surga dan terhindar dari Neraka. Hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Barangsiapa yg menunaikan Sholat Bardain (yakni Sholat Subuh dan Sholat Ashar) maka ia akan masuk Surga (HR. Bukhari No. 574 dan Muslim No. 635) ”.

Dan Hadits Shahih lainnya bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Tidak-lah akan masuk kedalam Neraka bagi orang yg menunaikan Shalat Sebelum Terbitnya Matahari (Yakni Sholat Subuh) dan Shalat Sebelum Matahari Tenggelam Yakni Sholat Ashar (HR. Muslim, No. 634) ”. Selain itu Hadits Shahih Bukhari dan Muslim yang lain bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Dan Para Malaikat Malam dan Malaikat Siang berkumpul pada Sholat Subuh (Hadits Riwayat Bukhari, No. 137 dan Muslim No. 632) ”.

Demikianlah pembahasan secara lebih detail tentang Tata Cara dan Niat Shalat Subuh Dengan Qunut dan mungkin jika kalian ingin mengetahui Tata Cara dan Niat Shalat Isya Secara Berjamaah bisa kalian liat sendiri ditautan tersebut karena disitu telah dijelaskan pula secara lebih detail tentang Shalat Wajib Isya di Malam Hari. Kemudian bisa disimpulkan secara lebih sederhana bahwa TIDAK ADA PERBEDAAN yg banyak antara Shalat Subuh Dengan Qunut maupun Shalat Subuh Tanpa Qunut karena Perbedaannya terletak didalam membaca Doa Qunut di Saat Gerakan Shalat I’tidal di Rakaat Kedua Shalat Subuh Dengan Qunut, tetapi tidak ada Doa Qunut (tidak membaca Qunut) didalam Shalat Subuh Tanpa Qunut.

Incoming search terms:

  • cara sholat subuh sendiri
  • tata cara sholat subuh
  • cara sholat subuh
  • tata cara sholat subuh sendiri
  • Doa sholat subuh sendrian
  • sholat subuh sendiri tanpa qunut
  • cara melakukan sholat subuh sendirian
  • cara cara dan langkah langian sholat subuh
  • tuntunan shalat subuh lengkap
  • langkah langkah sholat subuh
Cara dan Niat Shalat Subuh Dengan Qunut Sendiri dan Makmum | materiislam | 4.5