Tata Cara dan Niat Sholat Ashar Sendiri dan Berjamaah

Cara dan Niat Sholat Ashar – Setelah dikesempatan sebelumnya telah saya bahas secara lebih detail tentang Sholat Isya maka untuk sekarang ini akan saya ulas secara lebih detail juga pembahasan mengenai Sholat Ashar didalam Ajaran Islam, dan yang mesti kalian ketahui bahwa Sholat Ashar juga termasuk kedalam Sholat Fardhu Lima Waktu dan Sholat Fardhu Lima Waktu itu wajib dikerjakan bagi tiap tiap Muslim disetiap harinya karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala sendiri telah memerintahkan Seorang Yang Beriman (Umat Muslim) untuk menunaikan Sholat.

Hal ini seperti diterangkan didalam Al Qur’an Surat Hud Ayat 114 yang berbunyi, ” Dan dirikanlah Sholat itu pada kedua tepi Siang (Pagi dan Petang) dan pada bahagian permulaan daripada Malam. Sesungguh-nya perbuatan2 yg baik tersebut bisa menghapuskan dosa, perbuatan2 yg buruk. Itulah peringatan bagi orang2 yg ingat (QS. HUD, Ayat : 114) ”. Lalu didalam Surat An Nur Ayat 56 berbunyi, ” Dan dirikanlah Sholat, Tunaikanlah Zakat, dan Taat-lah kepada Rosul, supaya km diberi Rahmat (QS. An Nur, Ayat : 56) ”.

Kembali lagi kepada Sholat Ashar bahwa Sholat Fardhu Ashar ini dapat dikerjakan baik secara Sendirian dan secara berjamaah (terdapat Imam Sholat dan Makmum Sholat), hanya saja Keutamaan Sholat Fardhu Berjamaah lebih banyak jika dilakukan Secara Sendirian karena menurut Hadist Shahih Riwayat Bukhari, Muslim dan Tirmidzi menerangkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda yang berbunyi, ” Sholat dengan Berjamaah itu 27 kali lebih baik daripada Sholat secara sendirian (Hadist Shahih Riwayat Malik, Bukhari, Muslim dan Tirmidzi) ”.

Kemudian Keutamaan Sholat Fardhu secara Berjamaah yang lainnya diterangkan oleh Abu Hurairah ra bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda berbunyi, ” Sholatnya seorang Laki – Laki dengan Berjamaah itu melebihi Sholat Secara Sendirian di Rumah ataupun di Pasar sebanyak 25 kali, yang demikian dikarenakan bila dia berwudhu dg sempurna, lalu pergi ke Masjid dg tiada tujuan lain selain untuk mengerjakan Sholat Secara Berjamaah semata – mata, maka tiadalah dia melangkah kecuali diangkat kedudukan-nya satu derajat dan akan dihapuskan satu dosanya ”.

Bacaan Niat Sholat Ashar Sendiri dan Berjamaah

cara dan niat sholat ashar sendirian dan makmum

Dibawah ini telah saya buatkan Bacaan Niat Mengerjakan Sholat Ashar Secara Sendirian maupun Secara Berjamaah karena dalam membaca dan mempunyai Niat Sholat merupakan salah satu termasuk kedalam Rukun dan Syarat Sah Sholat Fardhu, maka diharapkan kalian sebagai seorang Muslim untuk memahami Niat Menunaikan Sholat Ashar yang telah dituliskan secara lengkap dengan terjemahannya dibawah ini :

Lafadz Niat Sholat Ashar Sendirian

lafadz niat sholat ashar secara sendiri lengkap

Lafal Niat Sholat Ashar Sebagai Imam

lafal niat sholat ashar sebagai imam lengkap

Lafal Niat Sholat Ashar Sebagai Makmum

niat mengerjakan sholat ashar sebagai makmum

Tata Cara Sholat Ashar Yang Baik dan Benar

Kemudian didalam Cara Mengerjakan Sholat Ashar ini dikerjakan dengan Jumlah Raka’at sebanyak Empat Raka’at sama seperti mengerjakan Sholat Fardhu Dhuhur dan Sholat Fardhu Isya, hanya saja didalam Sholat Fardhu Ashar dikerjakan di Sore Hari ketika Panjang Bayang – Bayang suatu Benda melebihi panjang Benda itu sendiri dan Waktu Sholat Ashar berakhir ketika Masuk Waktu Sholat Maghrib yakni saat terbenamnya Matahari sehingga bisa disimpulkan secara sederhana bahwa waktu sholat ashar dimulai pada jam 03 sore.

Adapun Langkah – Langkah Sholat Ashar Empat Raka’at ini diawali dengan membaca Niat Sholat Fardhu Ashar yang dilanjutkan dengan melakukan Gerakan Sholat Takbiratul Ikhram (Allahu Akbar) dan meletakan kedua tangan didepan Dada dengan dilanjut membaca Doa Iftitah, membaca Suratan Al Fatihah dan Suratan – Suratan Pendek atau Panjang di Raka’at Pertama. Lalu setelah selesai membaca Surat Al Fatihah dan Suratan maka diteruskan dengan melakukan Gerakan Sholat Ruku, I’tidal, Sujud Pertama, Duduk diantara Dua Sujud, Sujud Kedua dan berdiri kembali untuk mengerjakan Sholat Ashar Raka’at Kedua.

Untuk Tata Cara Sholat Wajib Ashar di Raka’at Kedua, Raka’at Ketiga dan Raka’at Keempat masih seperti pada Raka’at Pertama baik Gerakan Sholat dan Doa Gerakan Sholatnya, hanya saja didalam Raka’at Kedua sampai Keempat sudah tidak perlu melakukan Gerakan Sholat Takbiratul Ikhram dan membaca Doa Iftitah karena ketika kalian berdiri maka langsung membaca Surat Al Fatihah. Lalu yang mesti kalian ketahui juga bahwa didalam Sholat Ashar Pada Raka’at Kedua terdapat Gerakan Sholat Tahiyat Awal setelah Gerakan Sholat Sujud Kedua, dan terdapat Gerakan Sholat Tahiyat Akhir yang dilanjutkan dengan Salam di Raka’at Keempat Sholat Ashar.

Keutamaan Sholat Ashar Sesuai Sabda Nabi

Sedangkan didalam Keutamaan – Keutamaan Mengerjakan Sholat Ashar menurut Sabda Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam adalah akan memperoleh pahala 2 kali lipat dan tidak akan masuk kedalam Neraka. Dari Abu Bashrah Ra mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yang berbunyi, ” Sesungguhnya Sholat Ashar pernah diwajibkan kepada Umat sebelum kalian, namun mereka menyia – nyiakan-nya. Barangsiapa yg menjaga Sholat Ashar maka bagi-nya pahala 2 kali lipat. Dan tak ada lagi Sholat sesudahnya sampai terbitnya Syahid yaitu Bintang ”.

Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam juga bersabda mengenai Keistimewaan Mengerjakan Sholat Ashar yang berbunyi, ” Tidak akan masuk kedalam Neraka seorang pun yang mengerjakan Sholat sebelum Matahari Terbit yakni Sholat Subuh, dan Sebelum Matahari Terbenam yakni Sholat Ashar ”. Dan Allah Ta’ala berfirman didalam Al Qur’an Surat Al Baqarah Ayat 238 yang berbunyi, ” Periharalah semua Sholat mu dan periharalah Sholat Wusthaa (Sholat Ashar). Berdirilah untuk Allah dalam Sholatmu dengan Khusyu (QS. Al Baqarah Ayat : 238) ”.

Demikianlah pembahasan mengenai Tata Cara dan Niat Sholat Wajib Ashar yang telah ditulis secara lebih detail dan lengkap, semoga saja pembahasan tentang salah satu Sholat Fardhu ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian semua para pembaca Muslim yang ada di Indonesia. Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat maka tolong dibantu men Share kan artikel ini ke teman – teman Muslim kalian karena sudah tugas kita sebagai sesama Muslim untuk selalu memberikan ilmu – ilmu yang bermanfaaat.

Incoming search terms:

  • tata cara sholat dzuhur berjamaah
  • cara sholat dzuhur berjamaah
  • tata cara shalat ashar berjamaah
  • cara sholat dzuhur dan ashar berjamaah
  • bacaan sholat ashar
  • tatacara shalat ashat
  • cara sholat ashar berjamaah
  • Bacaan sholat asha
  • cara shalat ashar berjamaah
  • bacaan sholat ashar sendiri
Tata Cara dan Niat Sholat Ashar Sendiri dan Berjamaah | materiislam | 4.5