Tata Cara, Doa dan Niat Sholat Istikharah Yang Benar

Tata Cara dan Niat Sholat Istikharah – Kasih sayang Allah begitu tercurah pada hambanya dalam hal apapun baik yg besar maupun yg kecil, seperti contohnya ketika kita sebagai Hambanya sedang merasa kebingungan dan saat merasa Ragu – Ragu dlm melakukan atau memilih sesuatu hal maka kita bisa kembali lagi kepada Allah untuk meminta Petunjuknya, yakni dg cara melakukan Sholat Sunnah Tahajud dan Sholat Sunnah Istikharah. Untuk Pengertian Sholat Istikharah ini sendiri ialah Sholat Sunnah yg bisa dikerjakan oleh setiap Muslim saat ingin meminta Petunjuk dari Allah ketika kalian sedang dilanda kebingungan, dilanda keragu – raguan dalam memilih dan mengambil sebuah keputusan.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala Berfirman didalam Surat Al Baqarah Ayat 216 yang berbunyi : ” Diwajibkan atas km berperang, pdhal berperang itu adalah sesuatu yg km benci. Boleh jd km membenci sesuatu, pdhal ia amat baik bagi km, dan boleh jadi pula km menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagi mu. Allah mengetahui, sedang km tidak mengetahui (QS. Al Baqarah Ayat : 216) ”. Lalu didalam Hadits Shahih Riwayat Bukhari telah menerangkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yg berbunyi : ” Jika salah seorang diantara kalian berniat dlm suatu urusan (Perkara), maka kerjakanlah Sholat Sunnah 2 Raka’at, lalu berdoalah (Hadits Riwayat Bukhari) ”.

Dengan melihat Surat Al Baqarah Ayat 216 dan Hadits Riwayat Bukhari diatas maka bisa disimpulkan bahwa jika kita sebagai seorang Muslim-Muslimah sedang mengalami suatu Urusan atau Perkara tertentu tetapi kita ragu – ragu ataupun tidak yakin bahwa pilihan yang akan kita ambil itu baik dan benar untuk diri kita, maka jalan terbaik memang kembali dan meminta petunjuk kepada Allah SWT, yakni dengan cara melakukan Sholat Sunnah Istikharah. Namun yang mesti ditekankan disini bahwa Hukum Menunaikan Sholat Istikharah ini adalah Sunnah bukanlah wajib sehingga tidak apa – apa dan tidak berdosa jika kalian tidak mengerjakan Sholat Sunnah Istikharah ini.

Setelah kalian sedikit memahami tentang Sholat Sunnah Istikharah maka dibawah ini telah saya tuliskan secara lebih detail lagi mengenai Tata Cara Mengerjakan Sholat Istikharah dan Bacaan Niat Mengerjakan Sholat Istikharah karena saya pribadi sebagai penulis sangat meyakini bahwa diluar sana masih banyak Muslim – Muslimah yang membutuhkan informasi mengenai Tata Cara dan Niat Shalat Istikharah karena diluar sana masih banyak Masyarakat Muslim yang ingin menunaikan dan mengerjakan Sholat Sunnah Istikharah untuk meminta Petunjuk dari Allah SWT agar bisa memutuskan pilihan yang baik dan benar.

tata cara dan niat sholat istikharah lengkap

Bacaan Niat Sholat Istikharah dan Terjemahan Lengkap

niat sholat istikharah dan terjemahan lengkap

Bacaan Niat Sholat Istikharah dan Terjemahan Arab, Latin, Indonesia diatas bisa dibacakan didalam Hati maupun dibacakan secara lirih di mulut karena membaca atau mempunyai Niat Sholat merupakan salah satu Syarat Sah Mengerjakan Sholat. Dan semoga Bacaan Niat Melaksanakan Sholat Istikharah Dua Raka’at diatas bisa dengan mudah dibacakan dan dihafalkan oleh kalian para Pembaca Muslim yang ingin mengerjakan Sholat Sunnah Istikharah ini.

Tata Cara Sholat Istikharah Dua Raka’at Lengkap

Setelah kalian mengetahui Lafadz Niat Sholat Sunnah Istikharah untuk meminta Petunjuk Kepada Allah SWT, sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk mengetahui Tata Cara Sholat Sunnah Istikharah secara step by step. Namun sebelumnya mesti kalian ketahui bahwa dalam mengerjakan Sholat Sunnah Istikharah ini dikerjakan dengan Jumlah Raka’at Shalat Istikharah minimal sebanyak 2 Raka’at dan maksimal sebanyak 12 Raka’at, hanya saja disetiap 2 Raka’at terdapat 1 salam didalamnya sehingga ketika kalian akan mengerjakan Sholat Sunnah Istikharah dengan 4 Raka’at maka dilakukan sebanyak 2 kali.

Kemudian didalam Tata Cara Mengerjakan Sholat Istikharah masih sama seperti mengerjakan Sholat Sunnah Dua Raka’at yang lain yakni diawali dg membaca Niat Sholat Istikharah dan diakhiri dengan Gerakan Sholat Salam. Adapun Langkah – Langkah Sholat Istikharah di Raka’at Pertama : diawali dg membaca Niat Sholat Istikharah, dilanjutkan dg Takbiratul Ikhram yg dibarengi dg ucapan Takbir (Allahu Akbar). Setelah itu dilanjut dg membaca Doa Iftitah, membaca Surat Al Fatihah dan membaca Suratan Al Qur’an Pendek ataupun Suratan Panjang, setelah selesai membaca Suratan Al Qur’an maka dilanjut dengan Gerakan Sholat Ruku, Itidal, Sujud Pertama, Duduk diantara 2 Sujud, Sujud Kedua dan berdiri kembali untuk mengerjakan Shalat Istikharah Raka’at Kedua.

Lalu saat kalian Berdiri didalam Raka’at Kedua Shalat Istikharah maka langsung membaca Bacaan Surat Al Fatihah dan Suratan Al Qur’an Pendek ataupun Suratan Panjang di Raka’at Kedua. Setelah selesai membaca Suratan Al Qur’an maka diteruskan dengan melakukan Gerakan Sholat Ruku dan membaca Doa Ruku, dilanjut Gerakan Sholat I’tidal dengan membaca Doa I’tidal, dilanjut dg Gerakan Sholat Sujud Pertama dan membaca Doa Sujud Pertama, dilanjut dg Gerakan Sholat Duduk diantara 2 Sujud dan membaca Doanya, dilanjut dg Gerakan Sholat Sujud Kedua dan membaca Doa Sujud Kedua, dilanjut melakukan Gerakan Sholat Tahiyat Akhir dg membaca Doa Tahiyat Akhir, dan setelah selesai membaca Doa Tahiyat Akhir di Raka’at Kedua maka dilanjut dengan Gerakan Sholat Salam.

Setelah kalian melakukan Gerakan Sholat Salam di Raka’at Kedua Sholat Sunnah Istikharah maka selesai lah Sholat Sunnah Istikharah yang dikerjakan oleh kalian. Namun yang mesti diberitahukan kepada kalian bahwa dalam membaca Suratan Al Qur’an di Raka’at Pertama maka dianjurkan untuk membaca Suratan Al Kafirun setelah membaca Surat Al Fatihah, dan di Raka’at Kedua Sholat Istikharah di anjurkan untuk membaca Surat Al Ikhlas setelah membaca Surat Al Fatihah.

Bacaan Doa Setelah Sholat Istikharah Lengkap

Setelah kalian selesai mengerjakan Sholat Sunnah Istikharah maka sangat ditekankan untuk tetap Duduk secara Khusyu dan dibarengi dengan membaca Dzikir dan Doa Sesudah Sholat Istikharah. Dibawah ini merupakan Bacaan Dzikir Pendek yang bisa kalian bacakan setelah selesai mengerjakan Sholat Sunnah Istikharah dan dibacakan sebanyak – banyak sesuai dengan keikhlasan dan kerelaan hati kalian.

dzikir setelah menunaikan sholat istikharah

Setelah kalian selesai Bacaan Dzikir – Dzikir diatas maka bisa diteruskan dengan membaca Doa Setelah Shalat Istikharah yang telah saya buatkan kepada kalian dibawah ini :

doa selepas sholat istikharah bahasa arab doa sholat istikharah bahasa latin doa sesudah melaksanakan sholat istikharah lengkap

Sebagai informasi saja bahwa jika kalian merasa kesulitan dalam membaca atau menghafalkan Doa Sholat Istikharah diatas karena Bahasa Arabnya kepanjangan, maka kalian bisa memanjatkan Doa Setelah Menunaikan Sholat Istikharah memakai Bahasa Indonesia sesuai dengan Hajat kalian sendiri karena Allah SWT itu Maha Mendengar, Maha Melihat dan Maha Besar sehingga akan tetap mengetahui dan mengerti doa dari para hamba – hambanya.

Waktu Mengerjakan Sholat Istikharah

Kemudian didalam Waktu Melaksanakan Sholat Istikharah ini bisa dilakukan kapan saja, bisa dikerjakan di Siang Hari maupun di Malam Hari sesuai dengan keikhlasan dan keridhoan kalian dalam mengerjakannya. Hanya saja sangat dianjurkan bahwa ketika mengerjakan Sholat Sunnah Istikharah ini dilakukan di Malam Hari setelah selesai mengerjakan Sholat Isya karena biasanya di malam hari suasanya lebih tenang, dan sangat baik sekali jika kalian mengerjakan Sholat Sunnah Istikharah di Sepertiga Malam Terakhir.

Hadits Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Tuhan kita, Allah SWT turun disetiap Malam ke Langit Dunia sampai tersisa sepertiga Malam Terakhir, lalu Allah SWT berkata bahwa : ‘ Siapa yg berdoa kepadaku, aku akan memperkenankan doanya. Siapa yg meminta kpd ku, pasti akan kuberi. Dan siapa yg meminta ampunan kepada ku, pasti akan aku ampuni (HR. Bukhari dan Muslim) ”. Dengan melihat Hadits Shahih diatas maka bisa disimpulkan bahwa Waktu Sholat Istikharah terbaik adalah dikerjakan di malam hari, tepatnya di sepertiga Malam terakhir.

Demikianlah ulasan mengenai Tata Cara dan Niat Sholat Istikharah yang bisa saya tuliskan disini dan semoga saja apa ulasan ini bisa bermanfaat dan berguna bagi kalian yang ingin mengerjakan Sholat Sunnah Istikharah. Adapun sebagai tambahan informasi saja bahwa didalam mengerjakan Sholat Sunnah Istikharah dianjurkan dilakukan tidak cukup sekali saja, tetapi dicoba dilakukan sampai kalian mendapatkan petunjuk dari Allah SWT, dan bisa ditambahkan dengan mengerjakan Sholat Sunnah Dhuha di Pagi Hari karena jika kita memohon kepada Allah SWT dengan sungguh2 maka InsaAllah akan diberikan Petunjuk oleh Allah SWT atas apa yang dibutuhkan oleh kalian.

Incoming search terms:

  • sholat istikhoro membaca ayah itidal
  • tata cara sholat istikhoroh
Tata Cara, Doa dan Niat Sholat Istikharah Yang Benar | materiislam | 4.5