Tata Cara dan Niat Sholat Isya Sendiri dan Berjamaah Lengkap

Cara dan Niat Sholat Isya – Pembahasan mengenai Sholat Isya didalam Ajaran Islam adalah salah satu Sholat Fardhu Lima Waktu yang wajib dikerjakan oleh semua Muslim dan Muslimah karena didalam Hukum Mengerjakan Sholat Fardhu Lima Waktu yang meliputi Sholat Fardhu Subuh, Sholat Fardhu Dhuhur, Sholat Fardhu Ashar, Sholat Fardhu Maghrib dan Sholat Fardhu Isya adalah Fardhu Ain, yakni suatu ibadah yang wajib dikerjakan oleh setiap Muslim karena jika tidak dikerjakan maka kalian akan mendapatkan Dosa karena meninggalkannya.

Tetapi akan memperoleh Pahala dan Keutamaan Sholat Isya yang banyak bagi mereka setiap Muslim yang mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu termasuk Sholat Isya baik itu secara sendiri maupun secara berjamaah. Oleh karena itu sangat ditekankan bagi kalian setiap Muslim dan Muslimah yang ada di Indonesia untuk selalu mengerjakan Sholat Fardhu 5 Waktu karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala sendiri telah memerintahkan bagi orang – orang yg beriman untuk mengerjakan Sholat dan dalam hal ini telah diterangkan Kitab Suci Al Qur’an.

Seperti contohnya terdapat didalam Al Qur’an Surat Ibrahim Ayat 31 yang berbunyi, ” Katakanlah kepada hamba2ku yg sudah beriman : Hendak-lah mereka mengerjakan Sholat, menafkahkan sebagian Rezeki yg telah kami berikan kepada mereka secara sembunyi maupun secara terang-terangan sebelum datangnya hari Kiamat, yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan persahabatan (QS. Surat Ibrahim Ayat : 31) ”. Dan didalam Al Qur’an Surat An Nur Ayat 56 yg berbunyi, ” Dan dirikan-lah Sembayang, tunaikanlah Zakat dan taatlah kepada Rosul agar kamu diberikan Rahmat (QS. An Nur Ayat : 56) ”.

Tentunya masih banyak lagi Surat Surat didalam Al Qur’an yang memerintahkan kita sebagai Orang Yang Beriman untuk mengerjakan Sholat Lima Waktu disetiap harinya, oleh karena itu dikesempatan ini saya selaku pengurus laman materi islam akan memberikan ulasan tentang Sholat Fardhu Isya secara lebih detail dan lengkap karena saya pribadi sebagai penulis sangat yakin bahwa diluar sana masih ada Masyarakat Muslim Indonesia yang belum begitu memahami dan mengetahui tentang Tata Cara dan Niat Mengerjakan Sholat Isya yang merupakan termasuk kedalam Sholat Fardhu Lima Waktu.

Bacaan Niat Sholat Isya Sendiri dan Makmum Secara Lengkap

cara dan niat sholat isya secara sendiri dan makmum

Dibawah ini telah saya buatkan Lafadz Niat Menunaikan Sholat Isya baik secara sendirian maupun secara berjamaah karena didalam menunaikan Sholat Isya bisa dikerjakan secara sendiri maupun berjamaah (ada imam sholat dan makmum sholat).

Lafadz Niat Sholat Isya Sendirian

lafadz niat sholat isya sendirian lengkap

Lafal Niat Sholat Isya Sebagai Imam

niat sholat isya sebagai imam secara makmum

Bacaan Niat Sholat Isya Sebagai Makmum

niat sholat isya secara berjamaah sebagai makmum

Bacaan Niat Sholat Isya dan Terjemahan lengkap diatas bisa kalian bacakan baik didalam hati maupun diucapkan secara lirih ketika kalian akan mengerjakan Sholat Isya secara sendirian maupun secara Makmum karena membaca dan mempunyai niat untuk mengerjakan Sholat merupakan termasuk kedalam Rukun dan Syarat Sah Sholat Fardhu.

Tata Cara Sholat Isya Sendiri dan Makmum

Untuk Tata Cara Mengerjakan Sholat Isya ini sangatlah mudah karena masih seperti mengerjakan Sholat Fardhu Lima Waktu lainnya, yang diawali dengan membaca Niat Sholat Isya dan diakhiri dengan Salam di Raka’at Terakhir. Hanya saja Sholat Isya ini boleh dikerjakan di waktu hilangnya Cahaya Syafaq Merah di langit barat dan berakhir sampai terbitnya Fajar Shaddiq di Pagi Hari, atau jika disimpulkan secara lebih sederhana bahwa Waktu Sholat Isya dikerjakan di Malam hari setelah habisnya Waktu Sholat Maghrib dan berakhir sebelum masuk Waktu Sholat Subuh.

Lalu Sholat Isya dikerjakan dengan Jumlah Raka’at sebanyak 4 Raka’at dengan Langkah – Langkah nya sebagai berikut : Raka’at Pertama diawali dengan membaca Niat Sholat dan diteruskan dengan Gerakan Sholat Takbiratul Ikhram (Allohu Akbar) yang dilanjut dengan membaca Doa Iftitah, Doa Surat Al Fatihah dan Suratan. Setelah selesai dilanjutkan dengan melakukan Gerakan Sholat Ruku, Gerakan I’tidal, Gerakan Sujud Pertama, Gerakan Sholat Duduk diantara Dua Sujud, Gerakan Sholat Sujud dan kembali lagi berdiri untuk Raka’at Kedua.

Kemudian didalam Cara Menunaikan Sholat Isya baik secara Sendiri dan Berjamaah di Raka’at Kedua, Ketiga dan Keempat masih sama seperti Langkah – Langkah Sholat Isya di Raka’at Pertama baik Gerakan Sholat dan Doa – Doanya, hanya saja didalam Raka’at Kedua, Ketiga dan Keempat tidak ada Gerakan Sholat Takbiratul Ikhram dan sudah tidak membaca Doa Ifitah karena langsung membaca Doa Suratan Al Fatihah dan Suratan Pendek yang diteruskan dengan Gerakan – Gerakan Sholat seperti Raka’at Pertama.

Yang mesti kalian ketahui bahwa didalam Sholat Isya Pada Raka’at Kedua dan Raka’at Keempat terdapat Gerakan Tahiyat Awal setelah Gerakan Sholat Sujud Kedua pada Raka’at Kedua dan Tahiyat Akhir setelah Gerakan Sujud Kedua pada Raka’at Keempat yang diteruskan dengan Gerakan Salam. Lalu ketika kalian bertindak sebagai Imam Sholat Isya maka di Raka’at Pertama dan Kedua, dalam membaca Surat Al Fatihah dan Suratan Pendek disunnahkan menyaringkan (mengeraskan) suaranya agar Makmum Sholat bisa mendengarkan Bacaan Surat Al Fatihah dan Suratan Pendek tersebut.

Keistimewaan dan Keutamaan Sholat Isya

Keutamaan – Keutamaan Sholat Isya antara lain akan mendapatkan Pahala yang banyak, Sabda Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam yang berbunyi : ” Seandainya Manusia tahu akan Pahala dlm Adzan dan Shaf Pertama, lalu mereka tidak mendapatkanya selain dengan mengundi maka mereka akan saling mengundi. Seandainya mereka mengetahui Pahala Menuju Sholat datang lebih awal, tentu mereka akan berlomba – lomba mendapatkannya. Dan seandainya mereka mengetahui Pahala dlm Sholat Isya dan Sholat Subuh, tentu mereka akan mendatangi (mengerjakan) Sholat Subuh dan Sholat Isya walaupun harus dengan merangkak (Hadist Riwayat Bukhari) ”.

Sedangkan Keistimewaan Mengerjakan Sholat Isya yang lainnya adalah terhindar dari golongan Orang Munafik, telah dijelaskan didalam Hadist Riwayat Bukhari bahwa Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang berbunyi : ” Tidak ada Sholat yang lebih berat bagi orang – orang Munafik selain dari Sholat Isya dn Sholat Subuh. Seandainya mereka mengetahui keutamaan dari Sholat Isya dan Sholat Subuh tersebut, tentu mereka akan mengerjakannya walaupun sambil Merangkak (Hadist Riwayat Bukhri No 657) ”.

Keutamaan Mengerjakan Sholat Isya lainnya yang termasuk kedalam Sholat Fardhu Lima Waktu adalah dapat menghapus dosa – dosa. Dari Abu Hurairah Ra berkata bahwa Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam bersabda ” Tahukah kalian, seandainya terdapat sebuah Sungai didekat Pintu salah seorang diantara kalian, lalu dia Mandi dari Air Sungai tersebut setiap Hari sebanyak 5 kali, maka apakah akan tersisa Kotorannya walau sedikit ? ”. Para Sahabat lalu menjawab, ” Tak akan tersisa Kotorannya sedikit Pun ”. Lalu Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam berkata lagi ” Maka begitulah Perumpamaan Sholat Lima Waktu, dengannya Allah akan mengapuskan dosa (HR. Bukhari dan Muslim) ”.

Demikinlah pembahasan tentang Tata Cara dan Niat Sholat Isya yang telah ditulis secara lebih detail dan bagi kalian Pembaca Muslim Indonesia jika ingin mengetahui tentang Cara dan Niat Sholat Wudhu maka bisa kalian baca dan pahami sendiri karena telah saya tulis secara detail dan lengkap pula di laman materi islam ini. Akhir kata semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian, paling tidak dengan adanya pembahasan ini diharapkan kalian sebagai seorang Muslim bisa lebih memahami tentang Sholat Isya sebagai salah Sholat Fardhu Lima Waktu yang wajib dikerjakan disetiap harinya.

Incoming search terms:

  • niat sholat isya sendiri
  • niat sholat isya
  • niat sholat isya berjamaah
  • cara sholat isya
  • doa sholat isya sendiri
  • tata cara sholat isya
  • niat solat isya sendiri
  • doa niat sholat isya sendiri
  • niat sholat isya sendirian
  • cara shalat isya
Tata Cara dan Niat Sholat Isya Sendiri dan Berjamaah Lengkap | materiislam | 4.5