Tata Cara dan Niat Sholat Maghrib Sendiri dan Berjamaah

Cara dan Niat Sholat Maghrib – Setelah membahas secara lebih dalam tentang Niat Wudhu Sebelum Sholat maka tiba saatnya sekarang bagi kalian seorang Muslim untuk mengetahui tentang Sholat Maghrib didalam Ajaran Islam secara lebih dalam karena Sholat Maghrib ini merupakan termasuk kedalam Sholat Fardhu 5 Waktu yang harus dilakukan dan dikerjakan oleh semua umat Muslim disetiap harinya, karena untuk Hukum Sholat Maghrib dan Sholat Fardhu Lima Waktu yang lainnya adalah Fardhu Ain.

Adapun untuk Pengertian Hukum Fardhu Ain didalam Sholat Fardhu ini adalah hukum didalam Agama Islam untuk sebuah Ibadah yang wajib dilakukan oleh Seluruh Umat Muslim yang sudah memenuhi Syarat – Syarat dalam mengerjakan Ibadah Sholat, karena jika seorang Muslim tidak mengerjakan Sholat yang mempunyai Hukum Fardhu Ain maka ia akan mendapatkan dosa. Tetapi akan mendapatkan Pahala dan Keutamaan Ibadah Sholat yang banyak bagi setiap Muslim yang mengerjakan Sholat Fardhu 5 Waktu disetiap harinya.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala sudah memerintahkan Sholat bagi Orang – Orang yang beriman, seperti yang telah dituliskan didalam Kitab Suci Al Qur’an dan salah satunya terdapat didalam Surat An Nisa Ayat 103 yang berbunyi, ” Maka apabila km sudah menyelesaikan Sholat mu, ingatlah Allah di waktu Berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila km sudah merasa aman, maka kerjakan lah Sholat itu sebagaimana biasa. Sesungguhnya Sholat itu adalah Fardhu yang telah ditentukan waktunya bagi orang – orang yg beriman (QS. An Nisa, Ayat : 103) ”.

Tata Cara dan Niat Sholat Maghrib Sendiri dan Berjamaah

cara dan niat sholat maghrib sendiri dan berjamaah

Oleh karena itu dengan melihat fakta bahwa Sholat Maghrib merupakan termasuk kedalam Sholat Fardhu Lima Waktu dan Hukum Mengerjakan Sholat Maghrib wajib dikerjakan oleh tiap tiap orang yang beriman (Seorang Muslim) maka sudah sangat bijak sekali bagi kita sebagai seorang Muslim untuk mengetahui dan memahami tentang Tata Cara dan Niat Mengerjakan Sholat Maghrib secara lebih detail karena Sholat Maghrib ini bisa dikerjakan secara Sendirian maupun Secara Berjamaah (Ada Imam dan Makmum Sholat).

Niat Sholat Maghrib Sendiri dan Makmum

Dibawah ini telah saya buatkan Lafadz Niat Sholat Maghrib Secara Sendirian dan Secara Berjamaah Secara Lengkap karena telah dibuat dengan Bahasa Arab, Terjemahan Latin dan Bahasa Indonesia yang bisa kalian baca, pahami dan hafalkan sendiri.

Lafadz Niat Shalat Maghrib Sendiri

lafadz niat shalat maghrib sendirian

Lafal Niat Sholat Maghrib Sebagai Imam

bacaan niat shalat maghrib sebagai imam lengkap

Bacaan Niat Sholat Maghrib Sebagai Makmum

lafal niat sholat maghrib sebagai makmum

Bacaan Niat Menunaikan Sholat Maghrib Secara Sendirian dan Secara Makmum tersebut dibacakan sesuai dengan keadaan kalian apakah akan menjadi Imam Sholat maupun Makmum Sholat ketika akan mengerjakan Sholat Fardhu Maghrib karena yang mesti kalian ketahui bahwa mengerjakan Sholat Fardhu secara Berjamaah akan mendapatkan Pahala dan Keutamaan yang lebih banyak, jika dibandingkan dengan mengerjakan Sholat Fardhu Secara Sendirian.

Tata Cara Sholat Maghrib Secara Lengkap

Untuk Tata Cara Mengerjakan Sholat Maghrib sangatlah mudah dan gampang dikerjakan seperti mengerjakan Sholat Fardhu yang lain pada umumnya yang dikerjakan dengan diawali membaca Niat Sholat Maghrib, dilanjutkan dengan Takbiratul Ikhram (Allahu Akbar), membaca Doa Iftitah, Surat Al Fatihah dan Suratan Pendek di Raka’at Pertama, yang dilanjutkan dengan Gerakan Ruku, Gerakan I’tidal, Gerakan Sujud, Gerakan Duduk diantara Dua Sujud, Gerakan Sujud Kedua dan kembali berdiri untuk mengerjakan Sholat Maghrib Raka’at Kedua.

Adapun Tata Cara Sholat Maghrib di Raka’at Kedua dan Raka’at Ketiga ini mempunyai Doa dan Gerakan Sholat yang sama dengan Raka’at Pertama, hanya saja didalam Raka’at Kedua terdapat Tahiyat Awal dan Tahiyat Akhir di Raka’at Ketiga yang diakhiri dengan Gerakan Salam pada Raka’at Ketiga (Raka’at Terakhir). Hanya saja jika kita mengerjakan Sholat Maghrib Secara Berjamaah bertindak sebagai Imam Sholat maka Bacaan Al Fatihah dan Suratan Pendek di Raka’at Pertama dan Raka’at Kedua di Sunnahkan untuk menyaringkan suaranya (Keraskan) agar Makmum Sholat bisa mendengarkan bacaan Imam Sholat.

Perlu kalian tau bahwa didalam Sholat Maghrib ini dikerjakan sebanyak 3 Raka’at dan Waktu Mengerjakan Sholat Maghrib dilakukan diwaktu Senja yang ditandai dengan terbenamnya Matahari dan diakhiri dengan masuknya Waktu Sholat Isya. Untuk Waktu Sholat Maghrib bisa dikatakan sangatlah pendek karena jarak Matahari terbenam sampai masuk Waktu Sholat Isya hanya sekitar 1 jam saja sehingga sangat disarankan jika kalian sudah masuk Waktu Sholat Maghrib maka langsung dan bergegas untuk mengerjakan Sholat Maghrib baik sendirian maupun Berjamaah.

Keistimewaan dan Keutamaan Sholat Maghrib 

Kemudian sebagai tambahan informasi saja kepada kalian bahwa Keutamaan Sholat Maghrib yang bisa kalian dapatkan sebagai seorang Muslim yang mengerjakannya antara lain akan mendapatkan Pahala banyak yang dapat mengantarkan kita ke Surga dan akan mendapatkan Keberkahan dari Allah karena Sholat Maghrib merupakan salah satu Sholat Fardhu dan kita sebagai seorang Muslim sudah diperintahkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala untuk senantiasa mengerjakan Sholat Fardhu Lima Waktu disetiap harinya.

Keutamaan Mengerjakan Sholat Maghrib yang lainnya adalah bisa sebagai Benteng dan Perisai seorang Muslim dalam mencegah perbuatan – perbuatan mungkar dan keji yang dapat merugikan seorang Muslim, Sholat Fardhu Maghrib dapat menghapus dosa – dosa kecil dan mendapatkan Ampunan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala karena sekali lagi Sholat Fardhu sudah diperintahkan langsung dari Allah SWT untuk dikerjakan dan Keistimewaan Sholat Maghrib selanjutnya ialah sebagai pembeda antara orang beriman dengan orang kafir dan dapat menyelamatkan kita dari Siksa Api Neraka.

Demikianlah pembahasan tentang Bacaan Niat Sholat Fardhu Maghrib yang telah ditulis secara lebih dalam dan detail, semoga pembahasan tentang Sholat Maghrib ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian pembaca Muslim yang ada di Indonesia karena saya sendiri selaku penulis sangat meyakini bahwa diluar sana masih ada Masyarakat Muslim Indonesia yang belum memahami secara lebih dalam tentang Sholat Maghrib sehingga dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu mereka untuk lebih memahami tentang Sholat Maghrib.

Incoming search terms:

  • niat solat magrib sendiri
  • cara cara sholat mahgrib berjamaah
  • doa sholat magrib
  • niat sholat maghrib sendiri
  • niat sholat maghrib jika dilakukan sendiri
  • doa sholat magrib sendiri
  • doa sholat magr
  • cara sholat maghrib makmum
  • tatacara sholat magrib
  • cara mengerjakan sholat maghrib
Tata Cara dan Niat Sholat Maghrib Sendiri dan Berjamaah | materiislam | 4.5