Tata Cara dan Niat Sholat Tahajud Sesuai Sunnah Lengkap

Cara dan Niat Sholat Tahajud – Sholat sebagai salah satu aktivitas yang rutin dilakukan dan memiliki banyak keutamaan baik itu Sholat Fardhu dan Sholat Sunnah, seperti halnya Sholat Sunnah Tahajud yang dapat dilakukan dimalam hari. Sholat Sunnah yang sering disebut sebagai Sholat Sepertiga Malam ini memiliki banyak fadhilahnya, namun banyak pula yang melewatkan malam tanpa menunaikannya karena selain melancarkan rizqi dan menjaga kesehatan, Shalat Tahajud dapat menjadi media untuk memanjatkan doa agar ditinggikan derajat terpuji di hadapan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Adapun didalam Hukum Mengerjakan Sholat Tahajud ini sudah tentu Sunnah, yakni akan mendapatkan Pahala dan memperoleh Keutamaan Sholat Tahajud bagi tiap tiap Muslim yang mengerjakannya, tetapi tidak apa – apa dan tidak akan mendapatkan Dosa bagi mereka yang meninggalkan Shalat Tahajud. Hanya saja sangat disayangkan jika kalian sebagai seorang Muslim tidak mengerjakan Shalat Tahajud ini karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah memerintahkan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam dan kepada semua Muslim untuk mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud di Malam Hari.

Perintah Allah Subhanahu Wa Ta’ala ini telah dijelaskan didalam Al Qur’an Surat Al Isra Ayat 79 yang berbunyi, ” Dan pada sebagian Malam Hari bersembayang (Sholat) Tahajud lah km sebagai suatu Ibadah tambahan bagi kamu, mudah – mudahan Tuhan kamu mengangkat km ke tempat yang terpuji (QS. Al Isra Ayat : 79) ”. Melihat Perintah Allah Subhanahu Wa Ta’ala didalam Surat Al Isra Ayat 79 tersebut maka sudah bisa disimpulkan bahwa walaupun Hukum Sholat Tahajud itu Sunnah, tetapi sudah diperintahkan untuk dikerjakan bagi kamu seorang Muslim karena selain akan mendapatkan Pahala yang banyak, Sholat Sunnah Tahajud ini bisa mengangkat kamu ketempat terpuji di sisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Oleh karena itu sudah sangat bijak sekali bagi kalian Pembaca Muslim dan Muslimah untuk mulai belajar dan memahami akan Syarat dan Ketentuan Sholat Tahajud, karena salah satu Syarat Sholat Tahajud yang mesti kalian ketahui adalah Sholat Sunnah Tahajud dikerjakan dan dilakukan di Malam Hari setelah usai menunaikan Sholat Wajib Isya dan berakhir sampai masuk Waktu Sholat Wajib Subuh. Lalu Ketentuan Mengerjakan Sholat Tahajud lainnya yang mesti kalian lakukan adalah harus tidur terlebih dahulu sebelum mengerjakan Sholat Tahajud, walaupun tidur tersebut hanya sebentar saja karena jika Sholat Sunnah Malam dilakukan setelah sholat isya tanpa tidur sebelumnya maka itu tidak termasuk Sholat Tahajud melainkan Sholat Sunnah biasa.

Bacaan Niat Sholat Tahajud dan Terjemahan Arab Latin

tata cara dan niat sholat tahajud lengkap

Sebelum kalian membaca Lafadz Niat Mengerjakan Sholat Tahajud maka ada baiknya bagi kalian untuk mengetahui bahwa Jumlah Raka’at Sholat Tahajud dikerjakan Minimal sebanyak 2 Raka’at dan sebanyak – banyaknya tidak terbatas. Hanya saja Sholat Sunnah Tahajud ini dikerjakan tiap tiap 2 Raka’at sehingga disetiap 2 Raka’at Shalat Tahajud terdapat 1 Salam pada Raka’at Kedua dan jika melakukan Shalat Tahajud 4 Raka’at maka terdapat 2 Salam didalamnya. Dibawah ini telah saya buatkan Niat Sholat Tahajud Dua Raka’at dan Terjemahan Lengkap :

niat sholat tahajud dan terjemahan lengkap

Panduan Tata Cara Sholat Tahajud Lengkap

Setelah kalian mengetahui Niat Sholat Tahajud maka sekarang tiba saat nya bagi kalian untuk memahami tentang Tata Cara Mengerjakan Sholat Tahajud yang baik dan benar karena sekali lagi Sholat Sunnah Tahajud mempunyai syarat dan ketentuan yang harus dilakukan agar Shalat Tahajud kalian dapat sah. Dan Syarat Mengerjakan Sholat Tahajud yang harus anda lakukan adalah mengerjakan Shalat Tahajud dimalam hari selepas Sholat Isya sampai sebelum masuk Waktu Sholat Subuh dan dilakukan setelah anda tidur terlebih dahulu, walaupun tidurnya hanya sebentar.

Kemudian didalam Tata Cara Menunaikan Sholat Tahajud Dua Raka’at ini sangatlah mudah dan gampang karena langkah – langkah nya masih sama seperti mengerjakan Sholat Fardhu Subuh Dua Raka’at dan Sholat Sunnah Dua Raka’at yang lain, seperti diawali dengan membaca Niat Sholat Tahajud dilanjutkan dengan Gerakan Sholat Takbiratul Ikhram dan diteruskan dengan membaca Doa Iftitah, Suratan Al Fatihah dan Suratan Panjang atau Pendek di Raka’at Pertama. Selepas itu dilanjutkan dengan melakukan Gerakan Sholat Ruku, Gerakan I’tidal, Gerakan Sujud Pertama, Gerakan Duduk diantara 2 Sujud, Gerakan Sujud Kedua dan kembali berdiri.

Kembali berdiri disini untuk mengerjakan Shalat Tahajud Pada Raka’at Kedua dan di Raka’at Kedua ini langsung membaca Suratan Al Fatihah dan Suratan Panjang atau Pendek, serta diteruskan melakukan Gerakan – Gerakan Sholat seperti pada Raka’at Pertama dengan Doa Gerakan Sholat yang sama juga. Hanya saja pada Raka’at Kedua ini setelah melakukan Gerakan Sholat Sujud Kedua, diteruskan dengan melakukan Gerakan Sholat Tahiyat Akhir dan dilanjutkan dengan melakukan Salam. Setelah Gerakan Sholat Salam di Raka’at Kedua Sholat Tahajud ini maka kalian sudah selesai mengerjakan Sholat Tahajud Dua Raka’at.

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap

Setelah kalian selesai mengerjakan Sholat Sunnah Malam Tahajud Dua Raka’at, maka sangat dianjurkan dan disunnahkan untuk membaca Doa Sesudah Sholat Tahajud karena salah satu waktu mustajab untuk memanjatkan doa ialah setelah selesai menunaikan Sholat Fardhu dan Sholat Sunnah Malam seperti Sholat Sunnah Tahajud ini. Untuk Doa Sholat Tahajud bisa kalian bacakan seperti dibawah ini :

lafadz doa setelah sholat tahajud bahasa arab

bacaan doa sesudah sholat tahajud latin

Adapun jika Doa Selepas Sholat Tahajud diatas terlalu panjang dan susah untuk dihafalkan, maka kalian bisa menggantinya dengan memanjatkan doa – doa yang lain seperti doa diberikan kemudahan, doa memohon ampunan, doa agar dimudahkan rezeki, doa agar cepat menikah dan doa – doa yang lain baik menggunakan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Arab karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala itu Maha Mendengar dan Maha Melihat sehingga Allah SWT pasti bisa mendengarkan doa – doa setiap hambanya.

Waktu Sholat Tahajud Yang Paling Baik

Perlu diketahui bahwa Waktu Mengerjakan Sholat Tahajud yaitu antara sholat isya’ hingga sholat subuh sehingga dengan begitu waktu semalaman adalah waktu yang dapat digunakan secara leluasa untuk melakukan shalat tahajud. Namun perlu diketahui juga bahwa malam hari yang panjang tersebut dibagi menjadi 3 bagian berikut :

Sepertiga Malam Pertama yaitu waktu antara jam 19.00 hingga 22.00. Waktu ini disebut waktu yang utama untuk menunaikan shalat tahajud, tentunya dengan ketentuan telah menunaikan sholat isya dan tidur walau hanya sebentar.

Sepertiga Malam Kedua yaitu waktu antara 22.00 hingga 01.00. Waktu ini disebut sebagai waktu menunaikan sholat tahajud yang lebih utama dibandingkan yang pertama.

Sepertiga Malam Terakhir yaitu waktu antara 01.00 hingga masuknya waktu sholat subuh dan berkumandangnya adzan. Waktu Sepertiga Terakhir ini adalah waktu yang paling utama untuk sholat tahajud karena pada waktu tersebut Allah menurunkan rahmat dengan mengabulkan setiap doa yang dipanjatkan kepada Nya.

Kemudian sebagai tambahan informasi bahwa Keutamaan Sholat Tahajud antara lain akan mendapatkan Pahala Sholat Sunnah yg banyak karena Sholat Tahajud merupakan Sholat Sunnah yg diperintahkan oleh Allah untuk dikerjakan. Dan terdapat Hadist Shahih berbunyi, ” Perintah Allah turun ke langit dunia di waktu tinggal sepertiga yg akhir dari waktu malam, lalu berseru : Adakah orang-orang yg memohon , pasti akan Kukabulkan, adakah orang yg meminta, pasti akan Kuberi dan adakah yg mengharap ampunan, pasti akan Kuampuni baginya. Sampai tiba waktu subuh ”.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara, Doa dan Niat Sholat Tahajud yang telah dijelaskan secara lebih lengkap, semoga pembahasan mengenai Sholat Sunnah Malam Tahajud ini berguna dan bermanfaat bagi kalian para Masyarakat Muslim Indonesia karena saya pribadi sebagai penulis laman blog Materi Islam ini sangat yakin bahwa diluar sana masih ada Muslim dan Muslimah yang belum terlalu memahami tentang Sholat Sunnah Tahajud, Sholat Sunnah Dhuha dan Sholat Sunnah Hajat sehingga dengan adanya artikel ini maka diharapkan mereka dapat belajar dan memahami tentang Sholat Sunnah Tahajud yang baik dan benar untuk diamalkan sendiri dirumah.

Incoming search terms:

  • niat dan tata cara sholat tahajud yg benar
Tata Cara dan Niat Sholat Tahajud Sesuai Sunnah Lengkap | materiislam | 4.5