Tata Cara, Doa dan Niat Sholat Taubat Menurut Hadits

Tata Cara dan Niat Sholat Taubat – Setiap Seorang Muslim sudah pasti pernah melakukan Kesalahan dan mempunyai Dosa baik itu Dosa Besar maupun Dosa Kecil dikarenakan Kesalahan dan Perbuatan yang pernah mereka perbuat, baik itu Kesalahan yang dilakukan secara sengaja maupun tidak disengaja. Oleh karena itu kita sebagai Seorang Muslim – Muslimah telah diperintahkan untuk selalu memohon dan meminta Ampunan (Bertaubat) kepada Allah Subhanahu wa ta’ala atas semua Dosa – Dosa dan Kesalahan yang pernah kita perbuat tersebut, karena hanya kepada Allah SWT lah kita memohon ampunan dan memohon pertolongan.

Perintah Bertaubat kepada Allah SWT bisa kalian lihat di Al Qur’an, seperti pd Surat At Tahrim Ayat 8 berbunyi : ” Hai Orang2 yg beriman, Bertaubatlah kalian kepada Allah dg Taubat yang semurni – murninya (Taubat Nasuha), mudah – mudahan Tuhan-mu akan menghapus kesalahan2 mu dan memasuk-kan km kedalam Surga yg mengalir dibawahnya Sungai-Sungai (QS. At-Tahrim, Ayat 8) ”. Lalu dlm Surat An Nisa Ayat 110 berbunyi : ” Dan barangsiapa yg melakukan Kejahatan dan menganiaya dirinya. Kemudian dia memohon Ampun kepada Allah, niscaya dia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (QS. An-Nisa, Ayat : 110) ”.

Dengan melihat Kedua Surat didalam Al Qur’an tersebut maka bisa disimpulkan bahwa kita sebagai Seorang Mukmin Yang Beriman sudah diperintahkan untuk selalu Bertaubat dan Memohon Ampunan kepada Allah SWT ketika kita melakukan suatu Kesalahan dan Perbuatan Dosa, baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Adapun untuk Cara Bertaubat dan Meminta Ampunan kepada Allah SWT bisa kalian lakukan dengan menunaikan Sholat Wajib dan Berdoa Memohon Ampunan Setelah Menunaikan Sholat Wajib Lima Waktu di Setiap Hari karena salah satu Keutamaan Sholat Wajib adalah dapat meleburkan dan menghapus dosa – dosa.

Selain itu kalian bisa menambahkan dengan menunaikan Sholat Sunnah sebagai Ibadah Tambahan bagi Kalian untuk Memohon dan Meminta Ampunan Kepada Allah SWT, dan Sholat Sunnah yg dapat dikerjakan oleh Setiap Muslim – Muslimah dengan tujuan untuk meminta Ampunan kepada Allah adalah Sholat Sunnah Taubat Dua Raka’at. Terdapat Hadits Shahih Riwayat Tirmidzi dan Abu Daud, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Tidak-lah Seorang Hamba berbuat Dosa kemudian Dia Berwudhu dg baik, lalu berdiri untuk menunaikan Sholat Dua Raka’at, lalu Meminta Ampunan kepada Allah, kecuali Allah akan mengampuni-nya (HR. Tirmidzi dan Abu Daud) ”.

tata cara dan niat sholat taubat menurut hadits lengkap

Sekali lagi untuk Pengertian Sholat Taubat ini ialah Sholat Sunnah yg dikerjakan dg tujuan untuk Memohon Ampunan kepada Allah SWT dan dilakukan dg Minimal Raka’at sebanyak 2 Raka’at dan secara Maksimal dilakukan sebanyak 12 Raka’at. Adapun Waktu Sholat Taubat ini bisa dilakukan kapan saja karena bisa dilakukan di Pagi Hari dan Malam Hari, asalkan jgn dikerjakan di Waktu Dilarang Mengerjakan Sholat Sunnah. Dan dibawah ini telah saya tuliskan pula ulasan secara lebih detail tentang Tata Cara Sholat Sunnah Taubat, Bacaan Niat Sholat Sunnah Taubat dan lain – lain karena Shalat Taubat merupakan salah satu Sholat Sunnah yang sering dilakukan oleh Masyarakat Muslim di Indonesia.

Bacaan Niat Sholat Taubat dan Terjemahannya

bacaan niat sholat sunnah taubat dan terjemahannya

Diatas adalah Bacaan Niat Mengerjakan Sholat Taubat yang telah dibuat dengan Terjemahannya secara lengkap karena didalam Niat Sholat Taubat tersebut terdapat Bahasa Arab, dalam Terjemahan Bahasa Latin dan sudah di Artian dalam Bahasa Indonesia sehingga semakin memudahkan kalian dalam membaca dan menghafalkannya. Kemudian Bacaan Niat Sholat Taubat ini bisa kalian bacakan saat akan Menunaikan Sholat Sunnah Taubat, baik dibaca secara lirih di Mulut maupun di bacakan didalam hati saja karena dlm membaca dan mempunyai Niat Sholat Taubat merupakan salah satu termasuk kedlm Syarat Sah Mengerjakan Shalat Taubat.

Tata Cara Sholat Taubat Yang Baik dan Benar

Setelah kalian hafal Bacaan Niat Menunaikan Sholat Taubat, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian Para Pembaca Muslim untuk lebih memahami tentang Tata Cara Mengerjakan Sholat Taubat Dua Raka’at. Dan langsung saja bahwa didalam Tata Cara Sholat Taubat Dua Raka’at ini masih sama seperti mengerjakan Sholat Sunnah Dua Raka’at lainnya karena diawali dengan membaca Niat Sholat dan Gerakan Sholat Takbiratul Ikhram sampai Gerakan Sholat Salam di Raka’at Terakhir (Raka’at Kedua) Sholat Sunnah Taubat. Adapun untuk Langkah – Langkah Mengerjakan Sholat Taubat Dua Raka’at secara lengkap-nya sebagai berikut :

Tata Cara Shalat Taubat pada Raka’at Pertama diawali dengan membaca Niat Sholat Taubat baik dibacakan didalam Hati maupun dibacakan secara Lirih, lalu diteruskan dg Gerakan Sholat Takbiratul Ikhram (Allahu Akbar) dan dilanjutkan dg membaca Doa Iftitah. Setelah membaca Doa Iftitah maka diteruskan dg membaca Surat Al Fatihah dan membaca Suratan Al Qur’an baik Suratan Pendek maupun Suratan Panjang. Setelah selesai membaca Suratan maka diteruskan dg Gerakan Sholat Ruku, dilanjut Gerakan I’tidal, diteruskan dg Gerakan Sholat Sujud Pertama, Gerakan Sholat Duduk di Antara Dua Sujud, Gerakan Sholat Sujud Kedua dan dilanjutkan dg Berdiri lagi untuk mengerjakan Shalat Taubat di Raka’at Kedua.

Lalu Saat Berdiri kembali Pada Raka’at Kedua Sholat Sunnah Taubat maka kalian tidak boleh membaca Bacaan Doa Iftitah lagi, melainkan kalian langsung membaca Surat Al Fatihah dan teruskan dengan membaca Suratan Al Qur’an baik Suratan Pendek maupun Suratan Panjang di Raka’at Kedua Sholat Taubat. Setelah selesai membaca Suratan maka diteruskan dg Gerakan Sholat Ruku, dilanjutkan dg Gerakan Sholat I’tidal, diteruskan dg Gerakan Sujud Pertama, Gerakan Duduk di Antara Dua Sujud, Gerakan Sujud Kedua dan dilanjutkan dg Gerakan Sholat Tahiyat Akhir dan membaca Doa Tahiyat Akhir, setelah selesai membaca Doa Tahiyat Akhir maka dilanjutkan dg melakukan Gerakan Sholat Salam (Kanan Kiri) di Raka’at Kedua, dg begitu Sholat Taubat kalian sdh selesai.

Bacaan Dzikir Setelah Sholat Taubat Lengkap

bacaan dzikir dalam sholat taubat

Bacaan Dzikir Pendek diatas bisa kalian lakukan dan amalkan ketika kalian sudah selesai mengerjakan Sholat Sunnah Taubat, dan perlu ditekankan disini bahwa setelah kalian selesai mengerjakan Sholat baik itu Sholat Wajib Lima Waktu dan Sholat Sunnah sangat dianjurkan sekali untuk memperbanyak membaca Dzikir, dan Dzikir Pendek diatas bisa kalian Amalkan ketika kalian selesai menunaikan Sholat Sunnah Taubat. Dan sangat dianjurkan juga bagi kalian untuk memperbanyak membaca Dzikir Istighfar setelah Sholat Sunnah Taubat karena Dzikir Istighfar mempunyai maksud dan artian untuk memohon dan meminta Ampunan kepada Allah SWT.

Doa Setelah Sholat Taubat dan Terjemahannya

bacaan doa setelah mengerjakan sholat taubat lengkap

Setelah kalian selesai membaca Bacaan Dzikir yang dibacakan sebanyak keikhlasan hati kalian, maka bisa diteruskan dengan membaca Doa Setelah Mengerjakan Sholat Taubat. Dan Bacaan Doa Sesudah Sholat Sunnah Taubat diatas bisa kalian Amalkan dan Bacakan karena Kedua Doa tersebut diambil dari Al Qur’an yakni didalam Surat Ali-Imran Ayat 147 dan Surat Al-A’raf Ayat 23.

Dan isi kandungan doa diatas adalah untuk memohon dan meminta Ampunan (Bertaubat) kepada Allah SWT. Namun jika kalian ingin membaca Doa Memohon Ampunan (Bertaubat) yg lain, seperti membaca doa dg Bahasa Indonesia maka itu sudah tentu dibolehkan karena sekali lagi harus diingat bahwa Allah SWT itu Maha Mendengar, Maha Mengetahui, Maha Mengampuni dan Maha Penyayang.

Jumlah Raka’at Sholat Taubat Yang Benar

Kemudian sebagai tambahan informasi saja bahwa Sholat Sunnah Taubat ini bisa dikerjakan dengan Jumlah Minimal Raka’at sebanyak 2 Raka’at dan Jumlah Maksimal bisa dikerjakan sebanyak 12 Raka’at sehingga kalian sebagai Umat Mukmin bisa bebas mengerjakan Sholat Sunnah Taubat ini karena kalian boleh melakukan Sholat Sunnah Taubat dengan Dua Raka’at, Empat Raka’at maupun Enam Raka’at sampai dua belas raka’at.

Namun yang perlu kalian perhatikan disini bahwa Sholat Sunnah Taubat ini dikerjakan dengan masing – masing 2 Raka’at dg 1 Salam sehingga jika kalian ingin menunaikan Sholat Sunnah Taubat sebanyak Empat Raka’at maka dilakukan sebanyak Dua Kali, dan jika ingin mengerjakan Sholat Sunnah ini sebanyak Enam Raka’at maka dilakukan sebanyak Tiga Kali, begitu pula jika ingin menunaikan Sholat Sunnah Taubat Dua Raka’at maka dilakukan hanya sekali saja.

Waktu Terbaik Sholat Taubat Menurut Hadits

Untuk Waktu Mengerjakan Sholat Sunnah Taubat ini sebenarnya dapat dilakukan dan dikerjakan kapan saja disetiap hari, dapat dikerjakan di Waktu Pagi Hari, Siang Hari dan Malam Hari karena yang paling penting tidak dikerjakan ketika memasuki Waktu Dilarang Untuk Mengerjakan Sholat Sunnah. Namun perlu diberitahukan kepada kalian sebagai Umat Mukmin bahwa Waktu Terbaik Mengerjakan Sholat Sunnah Taubat dan Sholat Sunnah lainnya adalah dilakukan di Waktu Malam Hari setelah Kalian Mengerjakan Sholat Wajib Isya.

Keutamaan Malam Hari telah dijelaskan didalam Sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi : ” Di Setiap Malam Allah Subhanahu wa ta’ala akan turun ke Langit Dunia sampai tersisa Waktu Sepertiga Malam yg Terakhir. Allah Subhanahu wa ta’ala pun berkata, ” Adakah hamba Ku yg meminta sehingga pasti Aku akan berikan apa yang Dia minta ?, Adakah hamba Ku yg Berdoa sehingga pasti Aku akan Kabulkan Doanya ?. Adakah Hamba ku yang Memohon Ampunan sehingga Aku akan Ampuni Dosanya (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ”.

Manfaat dan Keutamaan Sholat Taubat Lengkap

Sedangkan untuk pembahasan tentang Keutamaan Mengerjakan Sholat Taubat tentunya sangatlah banyak dan paling utama adalah dikerjakan sebagai sarana untuk memohon dan meminta Ampunan (Bertaubat) kepada Allah SWT atas semua Dosa – Dosa (Kesalahan) yang telah diperbuat. Selain itu Keutamaan Sholat Sunnah Taubat lainnya adalah akan mendapatkan Pahala Sholat Sunnah yang banyak karena sekali lagi Shalat Taubat ini telah di Sunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dikerjakan oleh setiap Muslim – Muslimah sebagai suatu Ibadah Tambahan selain mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu.

Demikianlah pembahasan mengenai Tata Cara dan Niat Sholat Taubat yang telah ditulis secara lebih dalam, lebih lengkap dan lebih detail. Hal tersebut dikarenakan Sholat Taubat merupakan salah satu Sholat Sunnah yang sering dilakukan oleh Masyarakat Muslim di Indonesia selain Niat Sholat Sunnah Dhuha, Sholat Sunnah Istikharah, Sholat Sunnah Hajat dan Sholat Sunnah Tahajud sehingga dengan adanya ulasan Sholat Sunnah Taubat secara lebih detail ini, semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadikan suatu Ilmu Bermanfaat bagi kalian Para Pembaca Muslim di Indonesia.

Incoming search terms:

  • niat sholat taubat
  • sholat taubat nasuha tdk baca doa iftitah
  • tidak hafal doa shalat taubat
Tata Cara, Doa dan Niat Sholat Taubat Menurut Hadits | materiislam | 4.5