Tata Cara dan Niat Wudhu Yang Baik dan Benar Lengkap

Cara dan Niat Wudhu Pengertian tentang Wudhu didalam Ajaran Islam adalah syarat sah sholat, baik sholat wajib lima waktu maupun sholat sunnah dan Wudhu sendiri banyak dijelaskan dalam beberapa versi. Namun inti dari berwudhu adalah menyucikan diri atau badan dari hadast kecil (kotoran) sebelum menunaikan sholat. Wudhu sendiri dilakukan dengan membasuh bagian-bagian badan yang dianggap paling sering terkena kotor atau najis dengan menggunakan air dan setidaknya ada 7 bagian tubuh yang harus disucikan antara lain seperti mulut, hidung, wajah, tangan sampai sebatas siku, rambut, telinga dan kaki.

Untuk Hukum Berwudhu Sebelum Sholat adalah wajib dilakukan oleh setiap Muslim dan Hukum Wudhu yang wajib tersebut juga telah dijelaskan didalam Al Qur’an Surat Al Ma’idah Ayat 6 yang berbunyi, ” Hai Orang – Orang yg beriman, apabila km akan mengerjakan Sholat maka Cucilah Muka – Muka kalian dan Tangan – Tangan kalian sampai ke siku, usaplah kepala mu dan cucilah Kaki – Kaki mu sampai Kedua Mata Kaki (QS. Al Maidah Ayat : 6) ”. Adapun Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam juga bersabda bahwa, ” Tidak akan diterima Sholat seorang Muslim diantara kalian jika dia berhadats hingga dia berwudhu (Hadist Riwayat Bukhari 135 dan Muslim 225) ”.

Melihat Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala didalam Al Qur’an Surat Al Maidah Ayat 6 tentang perintah Wudhu sebelum Sholat dan Sabda Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam tentang Wudhu diatas, maka sudah sangat bijak sekali bagi kalian seorang Muslim untuk belajar dan memahami tentang Tata Cara Mengerjakan Wudhu yang baik dan benar karena Wudhu merupakan salah satu dari Syarat Sah nya Sholat baik itu Sholat Wajib 5 Waktu maupun Sholat Sunnah didalam Ajaran Islam. Dan dibawah ini telah saya buatkan Tata Cara dan Niat Berwudhu secara lebih detail yang bisa kalian pahami karena saya sangat yakin bahwa diluar sana masih banyak Masyarakat Muslim Indonesia yang membutuhkan informasi tentang Wudhu ini.

Bacaan Niat Wudhu Dan Terjemahan Arab Indonesia

Dibawah ini telah saya buatkan Lafadz Niat Wudhu dan Terjemahan Bahasa Arab, Latin dan Artian dalam Bahasa Indonesia secara lebih lengkap, dan semoga saja Niat Sebelum Wudhu ini bisa membantu dan memudahkan kalian dalam mengahafalkan Niat Wudhu Sebelum Sholat ini dengan baik dan benar.

lafadz niat wudhu dan terjamahan lengkap

Bacaan Doa Berwudhu diatas bisa kalian baca baik didalam hati maupun dibaca secara lirih di Mulut karena didalam niat melakukan wudhu yang paling inti ada didalam hati kalian sendiri, dan doa wudhu ini dilakukan untuk membantu memantapkan hati kalian bahwa akan melakukan Wudhu Sebelum Sholat karena Allah Taa’a. Adapun yang mesti kalian ketahui lagi sebelum melakukan wudhu, bahwa menurut Ustadz Khalid Basalamah bahwa sebelum melakukan Wudhu jangan sampai lupa didahului dengan membaca Basmallah (Bismillah Hirrahman Nirrahim).

Tata Cara Wudhu Yang Baik dan Benar

Setelah kalian mengetahui Bacaan Niat Berwudhu, maka tiba saatnya bagi kalian untuk mengetahui Tata Cara Berwudhu yang baik dan benar yang telah saya tuliskan dengan melihat Tutorial Wudhu dari Ustadz Khalid Basalamah di Youtube. Langsung saja setelah membaca Niat Melakukan Wudhu dan membaca Basmallah, kalian bisa melakukan Langkah Wudhu yang pertama yakni membersihkan Mulut dengan cara berkumur-kumur sebanyak tiga kali seperti yang terlihat di gambar di bawah ini.

langkah pertama berwudhu, membersihkan mulut

Cara Wudhu yang kedua setelah tiga kali berkumur adalah dengan mencuci hidung tiga kali. Biasanya langkah wudhu kedua ini dilakukan hampir bersamaan dengan langkah pertama dalam membersihkan mulut dg berkumur kumur.

cara berwudhu yang kedua membersihkan hidung

Kemudian Cara Berwudhu yang ketiga setelah membersihkan Mulut dan Hidung adalah dengan membasuh seluruh wajah dengan kedua tangan, mengenai rambut kepala, kening, pelipis dan dagu. Lakukan semuanya sebanyak tiga kali.

cara wudhu yang ketiga, mengusap wajah

Langkah yang keempat setelah membasuh Muka (Wajah) anda adalah dengan membasuh kedua tangan bergantian sampai ke siku sebanyak tiga kali juga.

cara wudhu keempat mengusap tangan hingga siku

Langkah Wudhu Kelima adalah dengan membasuh rambut dari arah depan ke belakang dengan jari-jari tangan yang sudah dibasahi oleh air sebanyak tiga kali.

cara wudhu kelima, mengusap rambut

Langkah Berwudhu yang keenam adalah dengan menyapu (membersihkan) kedua telinga sebanyak 3 kali meliputi daun telinga sampai ke bagian belakang telinga Anda. Usahakan air sampai terasa menyentuh kulit telinga agar kotoran yang ada didalam Telinga bisa hilang.

cara berwudhu keenam membersihkan telinga

Dan langkah wudhu yang ketujuh atau yang terakhir adalah dengan membasuh kedua kaki secara bergantian sebanyak tiga kali hingga ke Mata Kaki, diikuti dengan membasuh (mempersihkan) sela-sela jari kaki, punggung kaki dan telapak kaki.

niat wudhu dalam islam

Setelah kalian selesai melakukan 7 Langkah Dalam Berwudhu seperti diatas, maka bisa kalian lanjutkan dengan membaca Doa Setelah Berwudhu yang sudah saya buatkan untuk anda dibawah ini. Dan jika Bacaan Doa Sesudah Wudhu tersebut menurut kalian susah untuk dihafalkan maka kalian bisa menggantinya dengan membaca Dua Kalimat Syahadat.

Bacaan Doa Setelah Wudhu Lengkap

doa setelah wudhu dalam islam

Setelah kalian selesai melakukan Ketujuh Langkah Dalam Wudhu dan selesai membaca Doa Setelah Wudhu, maka sangat dianjurkan bagi kalian untuk segera melaksanakan sholat agar tidak terkena hadast atau najis lagi karena jika kalian terkena Hadast maka diwajibkan untuk melakukan Wudhu kembali. Adapun untuk Poin penting dari Wudhu Sebelum Sholat ini adalah Ketujuh Langkah Wudhu itu harus dilakukan secara berurutan dan tidak boleh terlewat satu langkah pun karena jika seperti itu maka wudhu dan sholat Anda tidak sah.

Dan sebagai tambahan saja bahwa Hadats dan Perkara yang dapat membatalkan wudhu kalian yg sudah sah seperti : Buang Air Kecil, Air Besar, Kentut, Keluar Madzi (cairan dari kemaluan), Keluar Air Mani, Keluar Darah Haid atau Darah Nifas, Melakukan jima’ (senggama) atau masturbasi, Menyentuh lawan jenis yang bukan muhrimnya, Menyentuh alat kelamin tanpa alas, Hilangnya kesadaran seseorang yang telah berwudhu karena mabuk (meminum minuman keras atau beralkohol) atau sakit mendadak, Tertidur pulas baik dalam posisi rebah maupun duduk sehingga kehilangan kesadarannya, Muntah disengaja maupun tidak disengaja dan Keluar darah dari tubuh baik sedikit ataupun banyak.

Demikianlah penjelasan tentang Cara dan Niat Wudhu Sebelum Sholat yang dapat kami berikan kepada kalian Pembaca Muslim di Indonesia, Mudah bukan?. Dan untuk melengkapi langkah selanjutnya maka kalian bisa membaca penjelasan tentang Cara dan Niat Sholat 5 Waktu secara sendirian maupun secara berjamaah karena telah dibahas dan ditulis secara lengkap dan detail juga. Semoga artikel tentang Berwudhu Sebelum Sholat ini bermanfaat dan berguna bagi kawan pembaca dan membantu Anda menjadi Muslim yang taat beribadah, Aminnn…

Incoming search terms:

  • cara melakukan niat wudhu
  • cara niat w
  • cara wudhu yg inti
  • Niat berwuduk
  • niat wudhu yg baik
  • Tata cara dan niat wud
  • urutan berwudhu yang benar
Tata Cara dan Niat Wudhu Yang Baik dan Benar Lengkap | materiislam | 4.5