Pengertian, Contoh dan Cara Membaca Hukum Ghunnah

Cara Membaca Hukum Ghunnah – Pembahasan mengenai Apa Yang Dimaksud Hukum Ghunnah didalam ilmu Tajwid Al Qur’an dan penjelasan secara lengkapnya memang sangatlah perlu untuk dipahami dan dipelajari, hal ini dikarenakan Ilmu Tajwid Ghunnah ini cukup banyak keluar di Ayat – Ayat Al Qur’an sehingga jika kalian sebagai Seorang Mukmin telah memahami dan mengerti akan Cara Membaca Hukum Ghunnah ini maka Insa Allah kalian akan lebih bisa dan akan lebih mudah dalam membaca Ayat – Ayat Al Qur’an secara baik dan benar, jika terdapat Tajwid Ghunnah didalamnya.

Perlu kalian ketahui juga bahwa Keutamaan Membaca Al Qur’an Secara Baik dan Lancar itu akan mendapatkan Pahala yang banyak, dalam hal ini bisa kalian baca di Hadits Shahih bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda berbunyi : ” Orang yg mahir dalam membaca Al Qur’an Kelak akan memperoleh tempat di Surga bersama dengan para utusan yg mulia lagi baik. Sedangkan Orang yg membaca Al Qur’an dan masih terbata – bata, merasa berat dan susah, maka ia akan mendapatkan 2 pahala ”. Selain itu terdapat Hadits Shahih lainnya bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda :

” Perumpamaan orang yg membaca Al Qur’an sedang dia hafal dengan-nya bersama para Malaikat yg suci dan mulia, sedangkan perumpamaan orang yg membaca Al Qur’an sedang dia senantiasa melakukan-nya meskipun hal itu sulit bagi-nya, maka baginya itu 2 pahala ”. Oleh karena itu dengan melihat Hadits Shahih ini, maka alangkah baiknya bagi kalian Umat Mukmin untuk mau mempelajari dan belajar Ilmu Tajwid Al Qur’an, termasuk Ilmu Tajwid Ghunnah ini, tujuannya jelas agar kalian bisa membaca Al Qur’an secara Baik dan Benar karena Keutamaan Membaca Al Qur’an secara benar akan mendapatkan Pahala banyak.

cara membaca hukum ghunnah

Pengertian Hukum Ghunnah dalam Al Qur’an

Langsung saja didalam Pengertian Ghunnah menurut Bahasa adalah Mendengung (Dengung) dan Pengertian Ghunnah menurut Istilah ialah bacaan ilmu tajwid yang harus dibaca Mendengung (Suara Nyaring) yang keluar dari Lubang Hitung, dengan tak memakai Lidah ketika mengucapkannya. Bisa kalian coba terapkan sendiri, bahwa Bacaan Ghunnah yang Mendengung ini dipraktekan oleh kalian dengan menutup Lubang Hitung maka dipastikan Suara Mendengung Ghunnah yang dikeluarkan oleh kalian tidak akan Nyaring (Jelas).

Cara Membaca Hukum Ghunnah Yang Benar

Sekali lagi didalam Cara Membaca Ghunnah didalam Al Qur’an Yang Benar ialah dibaca secara Mendengung (Suara Nyaring), dan Bacaan Tajwid Ghunnah yang Mendengung ini dibacakan ketika kalian menemukan Huruf Hijaiyah NUN Bertasydid dan MIEM Bertasydid didalam Ayat – Ayat Al Qur’an. Oleh karena itu jika kalian saat membaca Al Qur’an bertemu dengan NUN Tasydid dan MIEM Tasydid maka harus dibaca Mendengung, mungkin ada baiknya jika kalian melihat Huruf Nun dan Miem yang bertasydid dibawah ini :

huruf hukum ghunnah

Kumpulan Contoh Hukum Ghunnah Lengkap

Setelah kalian cukup memahami tentang Pengertian Bacaan Ghunnah dan Cara Membaca Ghunnah, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk memahami Contoh Bacaan Ghunnah baik secara sederhana maupun Contoh Bacaan Ghunnah di dalam Ayat Ayat Al Qur’an yang telah Penulis berikan kepada kalian di bawah ini :

1. Contoh Hukum Ghunnah Secara Sederhana

contoh hukum ghunnah yang baik dan benar

2. Contoh Hukum Ghunnah didalam Al Qur’an

contoh bacaan ghunnah didalam al qur'an

Contoh Bacaan Ghunnah didalam Al Qur’an diatas terdapat didalam Surat Yasin Ayat 77 serta Surat Yasin Ayat 82, yang ditandai dengan Warna Merah yakni INNAA dan INNAMAA, dan tentunya masih banyak sekali Contoh Hukum Tajwid Ghunnah didalam Ayat – Ayat Al Qur’an. Yang terpenting sekali lagi jika terdapat Huruf Hijaiyah NUN Bertasydid dan MIEM Bertasydid didalam Ayat Al Qur’an, maka harus dibaca Mendengung karena itu termasuk kedalam Bacaan Hukum Ghunnah.

Mungkin hanya seperti itu saja pembahasan mengenai Pengertian, Contoh dan Cara Membaca Hukum Ghunnah didalam Al Qur’an yang baik dan benar. Semoga saja apa yang telah dituliskan oleh Penulis Materi Islam ini bisa bermanfaat dan berguna bagi kalian Para Pengunjung di Laman Materi Islam ini, karena sebagai Penulis sangat meyakini bahwa diluar sana masih banyak Masyarakat Muslim di Indonesia yang belum begitu memahami dan belum begitu mengerti akan Bacaan Tajwid Al Qur’an seperti Bacaan Tajwid Ghunnah, Bacaan Tajwid Ikhfa Syafawi, Bacaan Tajwid Idzhar Syafawi, Bacaan Tajwid Iqlab, Bacaan Mad Wajib Muttashil dan Bacaan Tajwid Al Qur’an yang lainnya.

loading...

loading...