Pengertian, Contoh dan Cara Membaca Idgham Bilaghunnah

Cara Membaca Idgham Bilaghunnah – Pembahasan mengenai Idgham Bilaghunnah merupakan salah satu Bacaan Tajwid dalam membaca Al Qur’an karena perlu kalian ketahui sebagai Pembaca Muslim bahwa didalam tata cara membaca Al Qur’an sebagai Kitab Suci Agama Islam itu harus benar – benar dipahami Tajwidnya. Namun sebelum membahas secara lebih dalam mengenai Bacaan Tajwid Idgham Bilaghunnah ini, ada baiknya jika kalian terlebih dahulu mengetahui tentang Kitab Suci Al Qur’an secara lebih sederhana karena Kitab Suci Al Qur’an merupakan Kitab (Firman dan Wahyu) Allah Subhanahu wa ta’ala yang terakhir.

Dan Kitab Suci Al Qur’an ini diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam melalui Malaikat Jibril sebagai Petunjuk dan Pedoman bagi Semua Manusia di Masa Nabi Muhammad SAW dan dimasa setelah Nabi Muhammad SAW Wafat sampai datangnya Hari Kiamat Kelak. Hal tersebut dikarenakan Kitab Suci Al Qur’an merupakan Firman dan Wahyu Allah SWT yg terakhir diturunkan, setelah Kitab Suci Taurat, Kitab Suci Zabur dan Kitab Suci Injil diturunkan, sehingga tidak ada lagi Kitab Suci yang diturunkan oleh Allah SWT untuk Umat Manusia sesudah Kitab Suci Al Qur’an diturunkan.

Kemudian untuk Perintah Membaca Al Qur’an bagi setiap Orang – Orang Yg Beriman (Umat Muslim) telah diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW, dalam hal ini bisa kalian lihat contohnya di Hadits Shahih dari Sahabat Abu Umamah Al Bahili RA bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Bacalah oleh kalian Al-Qur’an karna Al-Qur’an akan datang di Hari Kiamat kelak sebagai pemberi Syafaat bagi Orang2 yg rajin membacanya (HR. Muslim, NO. 804) ”. Dengan melihat Hadits Shahih tersebut maka ada baiknya jika kalian terlebih dahulu memahami tentang Bacaan Tajwid Al Qur’an seperti salah satunya Bacaan Tajwid Idgham Bilaghunnah.

cara membaca hukum Idgham Bilaghunnah yang baik dan benar

Hal tersebut dikarenakan dengan memahami Bacaan Tajwid Al Qur’an seperti Bacaan Tajwid Idgham Bilaghunnah dan Bacaan Tajwid Al Qur’an yang lainnya, maka kalian sebagai Umat Muslim bisa dengan mudah membaca Ayat – Ayat Suci Al Qur’an dengan baik dan benar karena didalam membaca Al Qur’an secara baik dan benar menurut tajwidnya itu hukumnya Fardhu Ain sehingga kalian tidak boleh membaca Ayat – Ayat Al Qur’an secara sembarangan tanpa mengetahui Hukum Tajwid didalam Al Qur’an.

Apa Itu dan Pengertian Idgham Bilaghunnah

Kemudian didalam Pengertian Hukum Idgham Bilaghunnah ini adalah salah satu Hukum Tajwid Al Qur’an ketika Nun Sukun atau Nun Mati (نْ) dan Tanwin (AN, IN & UN) bertemu dengan Huruf – Huruf Idgham Bilaghunnah (LAM & RO) maka dibaca dengan suara yg TIDAK BERDENGUNG.

Hal tersebut dikarenakan Definisi dari Pengertian Bacaan Tajwid Idgham Bilaghunnah yang terdiri dari 3 Suku Kata yakni IDGHAM artinya meleburkan (menggabungkan) 1 Huruf Hijaiyah dg Huruf Hijaiyah sesudahnya (di Tasydid-kan), BILA yg artinya dengan Tidak (Tanpa) dan GHUNNAH artinya Berdengung sehingga arti dari Idgham Bilaghunnah sekali lagi adalah ketika menggabungkan Huruf Hijaiyah Nun Sukun dan Tanwin dengan Macam Huruf Tajwid Idgham Bilaghunnah maka harus dibaca Tidak Berdengung (Tidak Mendengung).

Macam Huruf – Huruf Idgham Bilaghunnah

macam huruf idgham bilaghunnah

Untuk Macam Huruf – Huruf Hukum Idgham Bilaghunnah hanya mempunyai Dua Macam Huruf Hijaiyah yakni LAM dan RO (RA), bisa kalian lihat contoh gambar diatas untuk memahami Huruf Hijaiyah Idgham Bilaghunnah dalam Bahasa Arabnya.

Cara Membaca Idgham Bilaghunnah Yang Benar

Kemudian sekali lagi perlu ditekankan disini bahwa didalam Cara Membaca Hukum Idgham Bilaghunnah ini ialah dengan Tidak Mendengung, dan kapan kita akan menemukan Bacaan Tajwid Idgham Bilaghunnah ini ketika membaca Al Qur’an ?. Maka jawabanya ialah ketika kalian menemukan Huruf Hijaiyah Nun Mati (Nun Sukun) atau Tanwin (AN, IN & UN) bertemu dengan salah satu Huruf Hijaiyah Idgham Bilaghunnah yakni LAM maupun RO.

Oleh sebab itu bisa disimpulkan bahwa Hukum Idgham Bilaghunnah yg dibaca Tidak Mendengung ini merupakan kebalikan dari Bacaan Tajwid Hukum Idgham Bighunnah karena didalam Bacaan Tajwid Idgham Bighunnah ini harus dibaca secara Mendengung, yakni jika Huruf Hijaiyah Nun Mati atau Tanwin bertemu dengan salah satu Huruf – Huruf Idgham Bighunnah. Untuk lebih jelasnya ada baiknya jika kalian melihat beberapa Contoh Bacaan Idgham Bilaghunnah dibawah ini :

Kumpulan Contoh Hukum Idgham Bilaghunnah

Dibawah ini telah Penulis berikan Kumpulan Bacaan Tajwid Idgham Bilaghunnah, agar kalian sebagai Pembaca Muslim bisa lebih mudah dalam memahami dan mengetahui Bacaan Tajwid Idgham Bilaghunnah ini.

1. Contoh Idgham Bilaghunnah Secara Umum

contoh bacaan Idgham Bilaghunnah

Contoh Bacaan Idgham Bilaghunnah diatas tidak boleh dibaca Mendengung karena Huruf Nun Mati (نْ) bertemu dengan salah satu Huruf Idgham Bilaghunnah yakni LAM, sehingga gambar diatas dibacanya seperti ini : ” ILLAM TAF’AL ”.

contoh bacaan tajwid idgham bilaghunnah

Lalu didalam Gambar diatas juga termasuk kedalam Bacaan Hukum Idgham Bilaghunnah dan tidak boleh dibaca secara Mendengung karena Huruf Nun Mati (نْ) bertemu dengan salah satu Huruf Idgham Bilaghunnah yakni Huruf RA (RO), sehingga pada gambar diatas dibaca seperti ini : ” MIRROBBIKA ”.

2. Contoh Idgham Bilaghunnah di Al-Qur’an

contoh hukum Idgham Bilaghunnah dalam al qur'an

Contoh Bacaan Tajwid Idgham Bilaghunnah didalam Al Qur’an diatas, ada di Surat Al-Qari’ah Ayat 7 dan didalam Surat Al Qur’an Al-Qari’ah Ayat 7 tersebut terdapat Bacaan Idgham Bilaghunnah yakni ketika Huruf Hijaiyah Tanwin (IN) bertemu dengan Huruf Idgham Bilaghunnah yakni RA (RO) sehingga dibaca TIDAK MENDENGUNG seperti kata berwarna Merah diatas.

contoh Idgham Bilaghunnah dalam al qur'an

Lalu pada Contoh Hukum Tajwid Idgham Bilaghunnah diatas terdapat didalam Al Qur’an Surat Al-Humazah Ayat 1. Didalam Surat Al Qur’an Al-Humazah Ayat 1 diatas terdapat Dua Bacaan Idgham Bilaghunnah yakni ketika Huruf Tanwin UN bertemu dg Huruf Idgham Bilaghunnah LAM dan yg kedua ketika Huruf Tanwin IN bertemu dg Huruf Idgham Bilaghunnah LAM sehingga dibaca TIDAK MENDENGUNG seperti kata yg berwarna Merah diatas.

Demikianlah pembahasan mengenai salah satu Ilmu Tajwid Al Qur’an yakni Hukum Idgham Bilaghunnah yang dibaca Tidak Mendengung, dan semoga apa yang dituliskan oleh Penulis Materi Islam tentang Bacaan Tajwid Idgham Bilaghunnah ini berguna dan bermanfaat bagi kalian Para Pembaca Muslim di Laman Materi Islam ini. Hal tersebut dikarenakan Penulis sekali lagi sangat meyakini bahwa diluar sana masih cukup banyak Para Pembaca Muslim – Muslimah di Indonesia yang belum begitu memahami tentang Bacaan Tajwid didalam Al Qur’an seperti Bacaan Tajwid Idgham Bilaghunnah, Bacaan Idgham Bighunnah, Bacaan Idzhar Halqi dan Bacaan Idzhar Syafawi sehingga dg adanya ulasan ini maka diharapkan bisa berguna dan bermanfaat bagi yg membutuhkan.

Incoming search terms:

  • contoh idgham bilaghunnah
  • cara membaca bigunnah
  • contoh idgham bila ghunnah
  • contoh bacaan idghom bila ghunnah
  • cRa membaca idgam bilagunnah
  • contoh bacaan idgham bilaghunnah dalam al quran
  • surat yang terdapat idgam bilaghunnah
  • contoh idgam
  • contoh ayat idgham bilaghunnah
  • Contoh idghom bila
Pengertian, Contoh dan Cara Membaca Idgham Bilaghunnah | materiislam | 4.5