Bacaan Doa Iftitah Pendek Dalam Sholat Menurut Hadits

Bacaan Doa Iftitah Pendek – Tentunya kalian sebagai Pembaca Muslim dan Muslimah di Laman Materi Islam ini telah cukup mengetahui tentang Apa itu Bacaan Doa Iftitah Dalam Sholat, karena memang tidak bisa dipungkiri bahwa Bacaan Doa Iftitah ini termasuk kedalam bacaan doa yang dapat dibacakan didalam Sholat, baik itu Sholat Wajib Lima maupun Sholat Sunnah. Namun mungkin perlu disampaikan sekali lagi bahwa Pengertian Doa Iftitah Dalam Sholat ini adalah salah satu bacaan doa yg dapat dibacakan didalam Sholat, setelah Gerakan Shalat Takbiratul Ikhram dan sebelum membaca Suratan Al Fatihah di setiap Rakaat Pertama Dalam Shalat.

Bacaan Doa Iftitah Dalam Sholat ini dapat dibacakan karena status Hukum Membaca Doa Iftitah Dalam Sholat adalah Sunnah dan lebih tepatnya adalah Sunnah Haiat, yakni Amalan – Amalan Sunnah saat mengerjakan Sholat, jika ditinggalkan atau tidak dilakukan baik secara sengaja maupun tidak disengaja maka Shalatnya tidak Batal dan tidak perlu melakukan Sujud Sahwi. Untuk itu kalian (Umat Muslim) bisa saja tidak mengamalkan Bacaan Doa Iftitah Saat Mengerjakan Sholat karena Doa Iftitah Dalam Sholat itu Sunnah, bukan termasuk ke dalam Rukun – Rukun Dalam Sholat sehingga tidak berdosa dan Sholat -nya tidak Batal jika kalian tidak membaca Doa Iftitah.

Hanya saja perlu kalian ketahui sebagai Pembaca Muslim – Muslimah bahwa didalam Keutamaan Membaca Doa Iftitah Dalam Sholat itu sangatlah banyak, dan salah satu Keutamaan Membaca Iftitah Saat Mengerjakan Sholat adalah akan mendapatkan Pahala Sunnah. Selain itu membaca Doa Iftitah Dalam Sholat telah dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam dan Beliau (Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam) juga membaca Bacaan Doa Iftitah Saat Mengerjakan Sholat Fardhu (Shalat Wajib Lima Waktu). Dan dalam hal ini bisa kalian lihat didalam salah satu Hadits Shahih riwayat Abu Hurairah yang mengatakan bahwa :

Biasanya Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam setelah bertakbir ketika Sholat (Takbiratul Ikhram), Beliau diam sejenak sebelum membaca Ayat (Surat Al Fatihah). Maka Aku pun bertanya kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam, wahai Rasul, kutebus Engkau dengan Ayah dan Ibu Ku, Aku melihat Engkau berdiam diantara Takbir dan Bacaan Ayat (Surat Al Fatihah). Apa yang Engkau bacakan ketika itu ?, Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam menyebutkan Doa Iftitah (Muttafaqun Alaih) ”. Selain itu Imam An Nawawi dlm Kitab Al Adzkar berkata bahwa : ” Ketahuilah bahwa semua doa – doa ini (Doa Iftitah) hukumnya Sunnah didalam Sholat Wajib maupun Sholat Sunnah (Al Adzkar, 1/107) ”.

Kumpulan Doa Iftitah Pendek Dalam Sholat Menurut Hadits

kumpulan bacaan doa iftitah pendek dalam sholat

Setelah kalian cukup mengetahui dan memahami tentang Bacaan Doa Iftitah Saat Sholat maka sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk mengetahui bahwa Bacaan Doa Iftitah Pendek Saat Sholat itu ada karena didalam Macam – Macam Doa Iftitah itu sangat banyak, ada Bacaan Doa Iftitah Yang Panjang dan ada juga Bacaan Doa Iftitah Yang Pendek Saat Mengerjakan Sholat. Keduanya boleh dan disunnahkan untuk dibacakan oleh kalian Umat Muslim ketika mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu maupun Sholat Sunnah. Oleh karena itu langsung saja kalian lihat Kumpulan Bacaan Doa Iftitah Saat Mengerjakan Sholat Yang Pendek Menurut Hadits Shahih yang telah dibuat dibawah ini :

1. Bacaan Doa Iftitah Pendek Dalam Sholat

doa iftitah pendek dalam sholat yang pertama

Bacaan Doa Iftitah Pendek Dalam Sholat diatas bisa kalian bacakan dan amalkan. Terdapat Hadits Shaih dari Sahabat Anas bin Malik RA bahwa ketika ada Seorang Muslim Laki – Laki membaca Doa Iftitah tersebut, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Aku Melihat Dua Belas Malaikat bersegera menuju kepadanya. Mereka saling berlomba untuk mengakat

2. Bacaan Doa Iftitah Yang Pendek Dalam Sholat

doa iftitah dalam sholat yang pendek kedua

Lalu Bacaan Iftitah Pendek didalam Sholat diatas juga bisa dibacakan dan diamalkan oleh kalian ketika mengerjakan Sholat Wajib. Bisa kalian lihat Hadits Shahih dari Ibnu Umar RA berkata bahwa ‘ Ketika kami Shalat bersama Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam, ada Pria Muslim membaca Doa Iftitah seperti diatas. Lalu Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Aku heran, dibuka kan bagi nya Pintu – Pintu Langit ”.

3. Bacaan Doa Iftitah Dalam Sholat Yang Pendek

doa iftitah pendek saat mengerjakan sholat

Bacaan Doa Iftitah Pendek Saat Menunaikan Sholat diatas juga bisa menjadi pilihan untuk dibacakan oleh kalian. Dan dalam hal ini bisa kalian lihat Hadits Shahih dari Aisyah, Anas bin Malik dan Jabir RA bahwa : ” Umar bin Khattab pernah Menjahrkan Doa Iftitah in ketika Shalat (HR. Muslim) ”.

Itulah Bacaan Doa Iftitah Pendek Dalam Sholat yang bisa kalian pilih untuk dibacakan dan diamalkan ketika kalian sedang mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu maupun Sholat Sunnah disetiap harinya, karena sekali lagi Hukum Membaca Doa Iftitah Saat Sholat itu Sunnah, bukanlah termasuk kedalam Rukun dan Syarat Sah Sholat Wajib sehingga jika kalian mengamalkan (membaca) Doa Iftitah Dalam Sholat maka akan mendapatkan Pahala Sunnah yg banyak, tetapi Sholatnya masih tetap sah jika tidak membaca Doa Iftitah.

Mungkin seperti saja penjelasan tentang Bacaan Doa Iftitah Yang Pendek Dalam Sholat dan semoga ulasan ini bisa berguna bagi kalian Para Pembaca Muslim – Muslimah karena tidak bisa dipungkiri bahwa kebanyakan Masyarakat Muslim di Indonesia belum banyak yang mengetahui dan memahami, bahwa Macam – Macam Bacaan Doa Iftitah itu banyak sehingga dengan adanya ulasan ini maka diharapkan bisa memberikan suatu ilmu baru kepada kalian Para Pembaca Muslim. Dan sebelum mengakhiri tulisan ini, Penulis memohon maaf kepada kalian Para Pembaca jika terdapat kata – kata dan tulisan yang salah di Artikel ini.

Incoming search terms:

  • doa iftitah pendek
  • ada tidak doa ibtitah bacaan pendek
  • doa ifti
  • doa iftitah yang paling pendek
  • doa iftitah yang pendek
  • doa iftitah yg pendek
Bacaan Doa Iftitah Pendek Dalam Sholat Menurut Hadits | materiislam | 4.5