Bacaan Doa Ketika Ulang Tahun Dalam Islam

Doa Ketika Ulang Tahun – Ulang tahun merupakan hari dimana seseorang dilahirkan atau sebagai penanda dari hari dimulainya kehidupan diluar rahim. Pada beberapa tradisi, memperingati ulang tahun umumnya dirayakan dengan mengadakan sebuah pesta ulang tahun bersama dengan keluarga atau teman. Dan umumnya orang yang berulang tahun akan mendapatkan sebuah hadiah dari orang-orang yang merayakan ulang tahun dan seseorang yang sedang berulang tahun biasanya akan diperlakukan secara istimewa dibandingkan dengan hari-hari yang lainnya.

Didalam agama Islam sendiri, merayakan ulang tahun dianggap sebagai salah satu perbuatan dosa. Karena ada yang beranggapan sebagai salah satu inovasi dalam beragama ataupun beribadah. Meskipun ada beberapa ulama yang menyatakan pendapat jika merayakan ulang tahun itu masih diperbolehkan didalam agama Islam. Hukum merayakan ulang tahun dalam Islam sendiri memang tidak ada, karena tidak adanya syariat ataupun ajaran untuk mengingat hari kelahiran.

Akan tetapi, akan jauh lebih baik apabila kita sebagai umat Islam merayakan ulang tahun dengan cara yang telah diajarkan dalam Islam. Seperti contohnya pada saat Rasulullah SAW berulang tahun atau mengisi kegiatan pada saat hari lahirnya dengan cara berpuasa.

Sebuah hadits dari Abu Qotadah Al Anshori r.a. Rasulullah SAW pernah ditanya mengenai Puasa Sunnah Senin, kemudian Rasulullah SAW menjawab :”Hari tersebut merupakan hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku.” (HR. Muslim)

Jadi untuk anda-anda yang merupakan umat Islam, alangkah lebih baiknya apabila merayakan hari ulang tahun itu dengan cara melakukan berbagai macam kegiatan yang berhubungan dengan agama Islam. Seperti contohnya tadi berpuasa atau bisa juga dengan melakukan sedekah kepada orang-orang yang tidak mampu, dan yang paling utama ialah kita harus bersyukur kepada Allah SWT karena masih tetap diberi umur panjang dengan cara memanjatkan doa.

Adapun untuk anda yang ingin memanjatkan doa ketika ulang tahun akan tetapi anda masih belum mengetahui doa apa yang sebaiknya dibacakan, maka ada baiknya apabila anda melihat terlebih dahulu beberapa bacaan doa ulang tahun yang pada kesempatan ini akan kami berikan. Siapa tahu saja dari beberapa doa ulang tahun yang akan kami berikan hari ini dapat bermanfaat untuk anda.

Doa Ketika Ulang Tahun Dalam Islam

Doa Ketika Ulang Tahun Dalam Islam

Doa ulang tahun yang pertama yang dapat dipanjatkan ialah doa memohon umur panjang dan keberkahan. Doa ini merupakan salah satu doa yang sudah umum dipanjatkan pada saat ulang tahun dan memiliki umur panjang pastinya menjadi salah satu hal yang diinginkan setiap orang. Oleh karena itu, doa ulang tahun yang pertama yang dapat dipanjatkan ialah doa mohon umur panjang dan keberkahan seperti bacaan doa dibawah ini.

 

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allahumma thawal’umurana washah ajsadana wanawir qulubana watsabit imanana wa ahsan u’malana wawasi’ arzaqana wa ilalkhoiri qarabna wa’anisy syahri ab’idna waqdhi khawaijana fid daini wad dunnya wal akhirat innaka ‘ala kuli syai’in qadir.

Artinya: Ya Allah panjangkanlah umur kami, sehatkanlah badan kami, terangilah hati kami, kuatkanlah hati kami, baikkanlah amal kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami dengan kebaikan dan jauhkanlah kami dengan kejahatan. Kabulkanlah semua kebutuhan kami dalam agama di dunia ataupun di akhirat. Sesungguhnya hanya Engkaulah Yang Maha Kuasa atas segala-galanya.

 

Doa pada saat ulang tahun yang kedua ialah doa memohon keselamatan dan kesejahteraan. Setiap orang pastiya ingin selalu dilindungi dari berbagai macam mara bahaya dan diberikan kesejahteraan dalam rezekinya. Oleh karena itu, doa ketika ulang tahun yang selanjutnya dapat dipanjatkan ialah doa memohon keselamatan dan kesejahteraan kepada Allah SWT yang bunyinya adalah sebagai berikut.

 

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allahumma innaa nas-aluka salaamatan fiddiini wa’aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barakatan firrizqi wa taubatan qiblal mauti wa rahmatan ‘indal mauti wa maghfiratan ba’dal maut.

Artinya: Ya Allah, kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan pada tubuh dan tambahan ilmu, dan keberkahan rezeki, serta taubat sebelum meninggal dan rahmat di waktu meninggal dan ampunan setelah meninggal.

 

Doa selanjutnya yang dapat dipanjatkan pada saat ulang tahun ialah doa memohon rezeki yang halal. Sudah bukan rahasia umum lagi apabila seseorang itu menginginkan rezeki yang melimpah, akan tetapi sumber rezeki itu sendiri terdapat banyak jenisnya. Seperti contohnya rezeki yang halal dan yang tidak halal. Sumber rezeki yang halal pastinya akan lebih memberikan berkah bagi orang-orang yang menikmati rezeki tersebut dan sumber rezeki yang tidak halal dapat menimbulkan efek-efek yang tidak baik dan pastinya rezeki tersebut tidak akan bertahan lama.

Adapun untuk bacaan doa memohon rezeki yang halal itu sendiri adalah sebagai berikut.

 

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Alloohumma innii as-aluka an tarzuqonii rizqon halaalan waasi’an thoyyiban min ghoiri ta’abin wa laa masyaqqotin wa laa dhoirin innaka ‘alaa kulli syai-in qodiir.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar melimpahkan rezeki kepadaku berupa rezeki yang halal, luas dan tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesunggunya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.

 

Demikian itu beberapa Bacaan Doa Ketika Ulang Tahun Dalam Islam yang sekiranya kami dapat berikan kepada anda pada kesempatan hari ini, mudah-mudahan saja dari apa yang baru kami sampaikan diatas tadi itu dapat memberikan banyak manfaat kepada anda-anda sekalian. Dan sebagai salah satu bacaan doa tambahan yang bisa dipanjatkan pada saat ulang tahun itu sendiri ialah Doa Selamat Dunia dan Akhirat, doa ini merupakan doa yang bertujuan agar kita selalu diberi perlindungan Allah SWT baik di dunia ataupun di akhirat.

Dan doa tersebut juga bisa selalu dipanjatkan setiap setelah selesai sholat fardhu atau sholat lima waktu, bukan hanya pada saat ulang tahun saja. Dan sebelum memanjatkan doa tersebut juga alangkah baiknya apabila didahulukan dengan membaca Dzikir Setelah Sholat, hal tersebut bertujuan agar kita lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

loading...