Bacaan Doa Menjinakkan Binatang di Ajaran Islam

Doa Menjinakkan Binatang – Binatang atau Hewan adalah salah satu makhluk hidup yang mengkonsumsi bahan organik, dapat bergerak, menghirup oksigen, serta berproduksi secara seksual. Terdapat lebih dari 1,5 juta spesies binatang yang saat ini masih hidup dan dapat dideskripsikan, akan tetapi diperkirakan terdapat lebih dari 7 juta spesies binatang secara keseluruhan. Binatang atau hewan memiliki cara interaksi atau berkomunikasi yang cukup rumit antara satu dan yang lainnya dan membentuk sebuah jaringan makanan yang juga rumit.

Secara bahasa, kata “Binatang” berasal dari bahasa melayu asli. Sedangkan “Hewan” berasal dari kata “Haiwan” dalam Bahasa Arab yang memiliki makna binatang. Adapun untuk kata “Satwa” merupakan berasal dari bahasa Sanskerta yang memiliki makna “Makhluk”. Sedangkan dalam bahasa Inggris, kata “hewan” adalah “animal” yang berasal dari bahasa Latin yaitu “animalis” yang memiliki makna “memiliki napas”.

Dalam agama Islam, kedudukan hewan lebih rendah dari pada manusia dan hal tersebut telah diterangkan didalam Al Qur’an. Akan tetapi, didalam Al Qur’an juga diterangkan apabila setiap umat Muslim diperintahkan untuk memperlakukan binatang dengan penuh belas kasih serta tidak menganiaya. Binatang dan makhluk-makhluk yang lainnya dipercaya senantiasa memuji Allah SWT, meskipun hal tersebut tidak dapat terlihat seperti tidakan atau bentuk ibadah yang dilakukan oleh manusia.

Doa Menjinakkan Binatang

Etika Terhadap Hewan Dalam Islam

Islam mengajarkan binatang sebagai makhluk yang tetap harus dihargai. Oleh karena itu didalam agama Islam juga terdapat beberapa etika terhadap hewan yang harus diterapkan setiap manusia yang diantaranya adalah sebagai berikut.

– Memberikan makan dan minum, apabila hewan tersebut merasa haus dan lapar. Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ath Thabrani dan Al Hakim, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:”Sayangilah siapa saja yg ada di bumi, niscaya kalian akan disayangi siapa saja yang ada di langit.” Selain itu terdapat pula sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Ibnu Majah sebagai berikut.”Terhadap yg mempunyai hati yg basah terdapat pahala.”
– Menyayangi dan berbelas kasih, “Rasulullah melihat orang – orang menjadikan seekor burung sebagai sasaran anak panah, kemudian Beliau bersabda:”Allah melaknat siapa saja yg menjadikan sesuatu yg bernyawa sebagai sasaran.” (Hadist riwayat Abu Daud sanad Shahih)
– Apabila ingin membunuh atau menyembelih, maka dilakukan dengan cara yang baik. Rasulullah SAW bersabda:”Sesungguhnya Allah mewajibkan berbuat baik kpd segala hal. Oleh sebab itu, jika kalian membunuh, maka bunuhlah dengan baik. Jika kalian menyembelih, maka sembelihlah dgn baik. Hendaklah salah seorang dan kalian menenangkan hewan yg akan disembelih dan menajamkan pisaunya.” (HR. At Tirmidzi, An Nasai, Abu Daud dan Ahmad)
– Tidak menyiksa, Rasulullah SAW bersabda:”Seorang wanita masuk kedalam neraka karena seekor kucing. Ia menahannya hingga mati. Ia masuk neraka karenanya, karena ia tidak memberinya makan sebab ia menahannya dan tidak membiarkannya memakan serangga-serangga tanah.” (HR. Al Bukhari)
– Diperbolehkan membunuh hewan yang berbahaya, seperti contohnya adalah serigala, anjing penggigit, ular, tikus dan beberapa hewan lainnya sebagaimana sabda Rasulullah SAW sebagai berikut:”Ada lima hewan yang membahayakan dan boleh dibunuh ditempat halal dan haram, yaitu ular, burung gagak berwarna belang-belang, anjing yang suka menggigit, tikus dan burung rajawali.” (HR. Muslim)
– Terlalu sibuk dengan binatang sehingga lupa akan ibadah terhadap Allah SWT, sebagaimana diterangkan dalam Al Qur’an yang artinya:”Hai orang-orang yg beriman, janganlah harta-harta kalian dan anak-anak kalian melalaikan kalian dalam mengingat Allah.” (QS. Al Munafiqun ayat 9)

Bacaan Doa Menjinakkan Binatang

Adapun pada kesempatan ini, kami ingin memberikan bacaan doa menundukkan binatang. Karena sifat binatang atau hewan ini yang rumit, sehingga manusia juga akan sedikit kesulitan untuk menjinakkan. Barang kali saja ada diantara anda yang saat ini memelihara hewan atau binatang dan kebetulan binatang yang anda miliki ini masih belum jinak. Maka dari itu, tidak ada salahnya apabila anda mencoba untuk mengamalkan bacaan doa yang akan kami berikan hari ini.

Siapa tahu saja setelah anda mengamalkan baacan doa menjinakkan binatang yang akan kami berikan hari ini, binatang yang anda miliki dapat jinak. Adapun untuk anda yang sudah ingin mengetahui bagaimana bacaan doa menundukkan binatang secara lengkpa, maka anda bisa langsung melihatnya secara lengkap dibawah ini.

أَفَغَيْرَ دِينِ ٱللَّهِ يَبْغُونَ وَلَهُۥٓ أَسْلَمَ مَن فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ طَوْعًا وَكَرْهًا وَإِلَيْهِ يُرْجَعُونَ

A fa gaira dīnillāhi yabgụna wa lahū aslama man fis-samāwāti wal-arḍi ṭau’aw wa kar-haw wa ilaihi yurja’ụn

Artinya: Maka apakah mereka mencari agama yang lain dari agama Allah, padahal kepada-Nya-lah menyerahkan diri segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan suka maupun terpaksa dan hanya kepada Allahlah mereka dikembalikan.

Demikian itu pembahasan tentang Doa Menjinakkan Binatang Di Ajaran Islam yang sekiranya dapat kami berikan, semoga saja dari apa yang baru saja kami berikan diatas tadi dapat menambah pengetahuan anda seputar agama Islam. Adapun untuk anda yang sekiranya merasa masih ingin mengetahui kembali beberapa hal yang berhubungan dengan agama Islam, maka anda masih dapat kembali melihat Doa Ulang Tahun yang beberapa waktu lalu baru saja kami berikan. Mungkin saja ada diantara anda yang sedang mencari bacaan doa tersebut.

Maka dari itu tidak ada salahnya apabila anda kembali melihat pembahasan yang sudah pernah kami berikan sebelumnya, siapa tahu saja pembahasan yang sebelumnya pernah kami berikan tersebut dapat membantu anda. Adapun untuk anda yang merasa kurang tertarik dengan pembahasan tersebut, maka anda masih dapat melihat-lihat kembali beberapa pembahasan lainnya yang sebelumnya juga sudah pernah kami berikan. Mungkin saja salah satu diantara pembahasan tersebut akan ada yang sesuai dengan pembahasan yang anda cari.

loading...