Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Bagi Imam dan Makmum

Bacaan Doa Qunut – Sebelum membahas terlebih dalam tentang Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Pendek dan Panjang, ada baiknya bagi kalian Umat Muslim yang ada di Indonesia untuk memahami terlebih dahulu tentang Apa Itu Doa Qunut dan Hukum Membaca Doa Qunut Saat Sholat Wajib Subuh. Dan langsung saja bahwa Pengertian Doa Qunut Sholat Subuh didalam Ajaran Islam adalah bacaan doa untuk meminta mendatangkan kebaikan dan menolak bahaya kepada Allah Subhanahu wa ta’ala yang dibacakan disaat Gerakan Shalat I’tidal (Sesudah Gerakan Shalat Ruku dan Sebelum Gerakan Shalat Sujud Pertama) di Rakaat Kedua Shalat Wajib Subuh.

Kemudian didalam Hukum Membaca Doa Qunut Sholat Subuh itu terdapat perbedaan pendapat karena menurut Mazhab Syafi’i dan Mazhab Maliki berpendapat bahwa Hukum Doa Qunut didalam Sholat Subuh itu Sunnah Muakkad (Sunnah Ab’adl) yakni perkara Sunnah didalam Shalat yang ditekankan untuk dilakukan dan jika Doa Qunut Saat Mengerjakan Sholat Subuh ini tidak dibacakan maka kalian (Umat Muslim) disunnahkan melakukan SUJUD SAHWI sebagai pengganti Doa Qunut tersebut. Tetapi menurut Mazhab Hanifi dan Mazhab Hambali berpendapat bahwa tidak ada Doa Qunut didalam Sholat Subuh, namun jika Kaum Muslimin tertimpa Musibah (Bencana) baru boleh membaca Doa Qunut saat Sholat Subuh.

Adapun Mazhab Syafi’i dan Mazhab Maliki yang berpendapat bahwa Hukum Membaca Doa Qunut Dalam Sholat Subuh itu Sunnah Ab’adl itu berdasarkan Hadits Shahih dari Anas bin Malik yang berbunyi : ” Sesungguhnya Anas bin Malik ditanya Sahabat kepadanya : ‘ Apakah Nabi AS membaca Doa Qunut di Shalat Subuh ? ‘, maka Anas menjawab : ‘ Ya ‘. Lalu Sahabat bertanya lagi kepadanya : ‘ Apakah Sebelum Ruku ataupun Sesudah Ruku ? ‘, Anas Menjawabnya : ‘ Sesudah Ruku ‘. Dan sebagaimana Hadits Diriwayatkan Ahmad bahwa Anas Berkata : ‘ Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam tidak pernah berhenti mengerjakan (membaca) doa qunut disaat Sholat Subuh sampai Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam meninggal dunia ”.

Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Bagi Imam dan Makmum

bacaan doa qunut sholat subuh dan terjemahan lengkap

Terdapat fakta bahwa didalam Mayoritas Masyarakat di Indonesia ada yang mengikuti Pendapat Mazhab Syafi’i dan Mazhab Maliki (Membaca Doa Qunut didalam Shalat Subuh) disetiap harinya dan ada pula yang mengikuti Pendapat Mazhab Hambali dan Mazhab Hanafi (Tidak Membaca Doa Qunut disaat Shalat Subuh), tetapi membacanya ketika terdapat Kaum Muslimah yang terkena Musibah ataupun Bencana. Namun terlepas dari itu semua, disini Penulis akan memberikan ulasan tentang Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh dan Terjemahan Arab, Latin dan Indonesia lengkap karena Penulis sangat meyakini bahwa diluar sana masih banyak Masyarakat Muslim yang membutuhkan informasi mengenai Doa Qunut Dalam Sholat Subuh.

Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Bahasa Arab

doa qunut dalam sholat subuh bahasa arab

Doa Qunut Saat Sholat Subuh dan Terjemahan Latin

doa qunut saat sholat subuh terjemahan latin

Doa Qunut Dalam Sholat Subuh dan Artian Indonesia

terjemahan doa qunut sholat subuh bahasa indonesia

Itulah Bacaan Doa Qunut yang bisa dibacakan ketika kalian mengerjakan Sholat Wajib Subuh Dua Rakaat Secara Sendirian ataupun Secara Berjamaah (Sebagai Imam Sholat maupun Makmum Sholat Subuh). Dan perlu diingatkan sekali lagi bahwa Doa Qunut ini dibacakan didalam Gerakan Sholat I’itidal (Setelah Gerakan Shalat Ruku dan Sebelum Gerakan Shalat Sujud Pertama) di Rakaat Kedua Shalat Subuh Dua Rakaat. Selain itu perlu kalian ketahui juga bahwa Seorang Makmum perlu mengangkat Tangan dan Mengamini ketika Seorang Imam Sholat sedang membaca Qunut Sholat Subuh.

Dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari Abu Hurairah Ra berbunyi : ” Sesungguhnya Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam jika selesai mengangkat kepala -nya dari Ruku disaat Sholat Subuh pada Rakaat Kedua, diangkat kedua tangan Beliau dan Berdoa dengan Doa Qunut. Selain itu Syaikh Ibnu Utsaimin berkata bahwa : ” Seandainya Imam membaca Doa Qunut Subuh, maka Makmum Sholat hendaklah mengikuti Imam dlm Qunut itu. Dan Makmum hendak nya mengamininya sebagaimana Imam Ahmad Rahimahullah mempunyai perkataan dlm masalah ini, hal tersebut dilakukan supaya untuk menyatukan Kaum Muslimin ”.

Kemudian didalam Keutamaan Doa Qunut selain akan mendapatkan Pahala adalah akan diberikan Petunjuk oleh Allah Subhanahu wa ta’ala karena arti Kalimat ‘ Allahummahdinii fii man hadaiit ‘ ialah memohon diberikan Petunjuk dari Allah Subhanahu wa ta’ala. Selain itu Keutamaan Membaca Doa Qunut Shalat Subuh ialah akan mendapatkan Perlindungan dari Allah Subhanahu wa ta’ala agar selamat dari Musibah, Bencana dan Mara Bahaya lainnya. Malahan kalian sebagai Seorang Muslim bisa membacakan Doa Qunut khusus bagi Umat Muslimin yang sedang mengalami Bencana dan Musibah yakni dengan membaca Doa Qunut Nazilah.

Mungkin seperti saja pembahasan tentang Pengertian, Hukum dan Doa Qunut Sholat Subuh. Semoga saja ulasan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi Setiap Muslim – Muslimah yang membacanya karena sekali lagi Penulis sangat yakin bahwa diluar sana masih banyak Pembaca Muslim – Muslimah yang belum begitu memahami tentang Bacaan Doa Qunut Subuh. Oleh karena itu dengan adanya ulasan ini semoga bisa memudahkan dan berguna bagi mereka semua yang membutuhkannya, selain itu jika kalian ingin memahami tentang Cara Mengerjakan Shalat Subuh Dengan Qunut maka bisa langsung saja menuju tautan tersebut karena didalamnya telah dijelaskan secara lebih detail dan dalam tentang Sholat Subuh Dengan Qunut dalam Ajaran Islam.

Incoming search terms:

  • doa qunut untuk imam dan makmum
  • doa qunut untuk imam
  • pengganti qunut sholat subuh
  • doa qunut iman dan makmum
  • doa kunut utuk solat mammum
  • perbedaan doa qunut untuk imam
  • bacaan qunut untuk imam solat subuh
  • bacaan mamun shalat subuh pada doa qunut
  • bacaan doa setelah qunut untuk imam com
  • bacaan doa khunut makmum
Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Bagi Imam dan Makmum | materiislam | 4.5