Bacaan Doa Ruku dan Doa Itidal Dalam Sholat Yang Shahih

Bacaan Doa Ruku dan I’tidal– Sholat Fardhu Lima Waktu merupakan salah satu Ibadah yang wajib dilakukan bagi kita sebagai seorang Muslim dan Muslimah disetiap harinya karena kita sebagai seorang hamba telah diperintahkan secara langsung oleh Allah SWT untuk selalu mendirikan Sholat. Dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Al Qur’an Surat Ta Ha ayat 14 yang berbunyi, ” Sesungguh-nya aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan yg Hak selain Aku. Maka sembah-lah aku dan dirikan-lah Sholat untuk mengingat aku (QS. Ta Ha, Ayat : 14) ”.

Tentunya masih banyak Surat – Surat didalam Al Qur’an yang menerangkan bahwa Allah SWT telah memerintahkan orang – orang yang beriman untuk selalu mengerjakan dan mendirikan Sholat disetiap harinya. Oleh karena itu kalian sebagai seorang Muslim yang beriman jangan sampai melalaikan Sholat Lima Waktu karena akan mendapatkan Dosa besar bagi mereka yang meninggalkan Sholat, dan akan memperoleh Pahala dan Keutamaan Sholat yang banyak bagi mereka yang mengerjakannya.

Kemudian didalam Sholat Fardhu Lima Waktu terdapat Rukun – Rukun Sholat Fardhu yang wajib kalian tahu dan kerjakan yang antara lain Berdiri bagi mereka yang mampu, Takbiratul Ikhram, membaca Surat Al Fatihah disetiap Raka’at, melakukan Gerakan Sholat Ruku, Gerakan I’tidal setelah Ruku, melakukan Sujud Pertama dengan Anggota Tubuh, melakukan Gerakan Sholat Duduk diantara Dua Sujud, Melakukan Sujud Kedua, Melakukan Tasyahud dan Duduk Tasyahud Akhir, Membaca Sholawat Nabi Muhammad SAW setelah Tasyahud Akhir, Salam, Tuma’ninah (Tenang) dalam melakukan semua amalan sholat dan Tertib.

Oleh karena itu dikesempatan kali ini saya akan memberikan ulasan tentang Bacaan Doa Gerakan Sholat Ruku dan Bacaan Doa Gerakan Sholat I’tidal. Kedua Gerakan Sholat tersebut termasuk kedalam Rukun Sholat yang wajib dilakukan oleh setiap Muslim ketika menunaikan Sholat, dan jika Gerakan Sholat Ruku maupun Gerakan I’tidal tidak dilakukan baik secara sengaja maupun secara tidak sengaja maka Sholat nya dipastikan tidak sah dan batal.

doa ruku dan doa i'tidal dalam sholat lengkap

Bacaan Doa Ruku Dalam Sholat Yang Shahih

Pengertian Gerakan Ruku Dalam Sholat Wajib dan Sholat Sunnah adalah Gerakan Membungkuk dengan Tangan ditekankan di Lutut sehingga Punggung dan Kepala sama rata, yang diikuti dengan membaca bacaan dzikir. Gerakan Ruku ini dilakukan setelah kalian selesai membaca Suratan Al Fatihah dan Suratan Pendek atau Panjang di tiap tiap Raka’at Sholat, dan Lafadz Doa Ruku Dalam Sholat Sesuai Sunnah bisa kalian lihat dibawah ini :

bacaan doa ruku dalam sholat yang baik dan benar

Bacaan Doa Ruku dan Terjemahan Arab, Latin dan Indonesia Lengkap diatas menurut Jumhur Ulama dapat dibaca sebanyak minimal Satu Kali dan paling baik dibaca sebanyak Tiga Kali sebagai perlindungan bagi Makmum Sholat agar tidak terlalu memberatkan, tetapi Doa Ruku tersebut boleh dibacakan lebih dari Tiga Kali.

Bacaan Doa I’tidal Dalam Sholat Yang Benar

Pengertian Gerakan Sholat I’tidal Dalam Sholat Wajib dan Sholat Sunnah adalah Gerakan dalam Sholat dengan berdiri lurus yang dibarengi dengan membaca Doa Dzikir, dan Gerakan Sholat I’tidal ini dilakukan setelah kalian melakukan Gerakan Ruku Dalam Sholat. Untuk Lafadz Doa I’tidal Yang Baik dan Benar bisa kalian lihat dibawah ini :

lafadz doa i'tidal dalam sholat dan terjemahannya

Bacaan Doa I’tidal dan Terjemahan Arab, Latin dan Bahasa Indonesia diatas dibacakan bebarengan ketika kalian sedang melakukan Gerakan Sholat I’tidal (Berdiri Lurus).Untuk Lafadz Doa I’tidal dalam Sholat ini bisa dibacakan sebanyak Sekali, Tiga Kali dan lebih dari Tiga Kali, hanya saja paling baik dibacakan sebanyak Tiga Kali.

Keutamaan Gerakan Ruku dan I’tidal

Kemudian setelah kalian mengetahui dan membaca Bacaan Doa Ruku dan I’tidal Dalam Sholat, sebagai tambahan informasi maka kalian perlu mengetahui tentang Keutamaan Gerakan Sholat Ruku dan I’tidal Untuk Kesehatan Manusia karena menurut Dr Zakir Naik dalam Buku Al Qur’an vs Sains Modern menjelaskan bahwa tidak ada Senam yang lebih baik dari Gerakan – Gerakan didalam Sholat.

Adapun untuk Keutamaan Gerakan Sholat Ruku Bagi Kesehatan Manusia antara lain dapat menyeimbangkan Aliran Darah dari Jantung ke Otak karena seperti diketahui bahwa Posisi Gerakan Ruku, Tubuh membungkuk ke Depan dan menempatkan Kedua Tangannya di Lutut sehingga Gerakan tersebut dapat mendorong Aliran Darah Manusia menjadi lebih lancar.

Selain itu Manfaat Gerakan Ruku Bagi Kesehatan Manusia bisa berguna untuk menjaga Sirkulasi Darah ke Otak Besar, menjaga Keseimbangan Tulang Keras dan Tulang Rawan, Menjaga Fungsi Otot Rangka, Menjaga Fungsi Otot Polos, Menjaga Fungsi Otot Dalam (Jantung), Memelihara Syaraf Tulang Sentral Menjaga Fungsi Syaraf Pusat dan Syaraf Tepi.

Sedangkan untuk Keutamaan Gerakan I’tidal Untuk Kesehatan Manusia antara lain membantu melancarkan Aliran Darah ke Seluruh Tubuh karena Gerakan I’tidal dilakukan setelah Gerakan Ruku dimana Otak akan kembali ada di Bagian Atas dan dapat mengembalikan Darah ke Arah Bawah yang dapat mengalirkan darah dengan lancar keseluruh tubuh. Keutamaan Gerakan Sholat I’tidal Untuk Kesehatan yang lainnya adalah dapat melatih sistem pencernaan dengan baik sehingga Organ – Organ Pencernaan didalam Perut Manusia akan mengalami Pelonggoran dan Pemijatan secara bergantian.

Demikianlah pembahasan mengenai Bacaan Doa Ruku dan Doa I’tidal Dalam Sholat yang dibahas secara lebih detail karena dibahas dengan Keutamaannya. Semoga saja ulasan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian para Pembaca Muslim di Indonesia, dan jika menurut kalian Artikel ini bermanfaat maka tolong di bantu untuk Meng Share Artikel ini kepada teman – teman Muslim kalian supaya mereka lebih memahami tentang Kedua Gerakan Sholat ini.

loading...

loading...