Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu Dalam Islam

Doa Sesudah Wudhu – Dipertemuan sebelumnya telah saya jelaskan tentang Cara Wudhu Sebelum Sholat dan sekarang tiba saatnya untuk saya memberikan pembahasan mengenai Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu. Langsung saja untuk Pengertian Wudhu dalam Islam menurut Wikipedia Indonesia adalah salah satu cara untuk menyucikan anggota tubuh dengan Air yang Suci lagi Mensucikan, yang dilakukan oleh setiap Muslim sebelum melakukan Ibadah Sholat Wajib, Sholat Sunnah, Thawaf di Ka’bah dan sebelum membaca Kitab Suci Al Qur’an.

Adapun untuk Hukum Berwudhu sebelum mengerjakan Sholat baik itu Ibadah Sholat Fardhu Lima Waktu dan Sholat Sunnah adalah Wajib bagi tiap tiap Muslim, dan hal ini seperti dijelaskan didalam Al Qur’an Surat Al Maidah Ayat 6 bahwa Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman yang berbunyi, ” Hai orang – orang yg beriman, apabila kamu akan menunaikan Sholat maka cucilah muka muka km dan tangan tangan mu sampai ke Siku, usaplah kepala km dan cucilah kaki – kaki kalian sampai Kedua Mata Kaki (QS. Al Maidah Ayat 6) ”.

Didalam Hadist Hadist yang shahih sendiri telah menerangkan bahwa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam telah memerintahkan kita sebagai Umatnya untuk Berwudhu sebelum sholat. Dari Ibnu Abbas ra berkata, bahwa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam bersabda yang berbunyi ” Sesungguhnya aku diperintah oleh Allah untuk Berwudhu, apabila aku akan mengerjakan Shalat ”. Lalu Sabda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam yang lainnya telah diterangkan dari Ibnu Umar ra bahwa Nabi bersabda yang berbunyi ” Allah tidak akan menerima Sholat yg dilakukan tanpa bersuci (berwudhu) ”.

Oleh karena itu sudah sangat baik sekali bagi kalian untuk mengetahui atau memahami tentang Doa Sebelum Wudhu dan Doa Sesudah Wudhu karena dengan melihat Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala didalam Al Qur’an Surat Al Maidah Ayat 6 dan Sabda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam diatas tentang perintah melakukan Wudhu sebelum Sholat, maka bisa disimpulkan bahwa Berwudhu sangatlah penting sekali karena termasuk kedalam Syarat Sah Sholat Wajib dan Sholat Sunnah.

Bacaan Doa Sebelum Wudhu dan Terjemahannya

doa sebelum wudhu dan terjemahan lengkap

Langsung saja bahwa diatas merupakan Lafadz Doa Sebelum Berwudhu yang telah buatkan kepada kalian secara lengkap karena didalamnya sudah ada Terjemahan Bahasa Arab, Terjemahan Latin dan Artian dalam Bahasa Indonesia sehingga diharapkan Doa Sebelum Wudhu ini bisa dengan mudah dipahami dan dihafalkan oleh kalian pembaca Muslim Indonesia.

Dan yang perlu kalian ketahui bahwa Bacaan Doa Sebelum Wudhu tersebut merupakan Niat Sebelum Wudhu Sebelum Sholat, dan niat ketika akan berwudhu karena Allah Ta’ala itu harus kalian miliki (punyai) karena segala sesuatu Ibadah itu dinilai dari Niatnya sehingga kalian bisa melafalkan atau mengucapkan Bacaan Doa dan Niat Berwudhu tersebut baik secara lisan maupun hanya didalam hati saja karena yang terpenting kalian sudah memiliki niat untuk melakukan Wudhu dan jangan sampai lupa dibarengi atau diawali dengan membaca Basmallah (Bismillah Hirrahman Nirrahim).

Bacaan Doa Sesudah Wudhu dan Terjemahannya

doa sesudah wudhu dan terjemahannya

Jika kalian sebagai seorang Muslim merasa kesulitan dalam membaca atau menghafalkan Bacaan Doa Sesudah Berwudhu diatas, maka kalian bisa membaca Doa Dua Kalimat Syahadat sebagai pengganti doa diatas setelah kalian selesai melakukan wudhu. Lalu sebagai saran saja kepada kalian bahwa setelah selesai Berwudhu maka dianjurkan sekali bagi kalian untuk langsung masuk ke Masjid dan mengerjakan Sholat, hal tersebut agar kalian tidak terkena Hadast Kecil ataupun mengalami hal – hal yang bisa membatalkan Wudhu anda baik yang disengaja maupun tidak disengaja.

Adapun untuk Perkara dan Hal – Hal Yang Bisa Membatalkan Wudhu yang telah disepakati oleh kalangan ulama yang mesti kalian tau antara lain Tertidur baik yang disengaja maupun tidak disengaja, hilangnya akal karena pingsan, gila maupun mabuk, memakan daging unta, menyentuh kemaluan manusia dengan telapak tangan bagian dalam, menyentuh kawasan sekitar dubur dan Keluarnya sesuatu dari Lubang Kelamin dan Anus Manusia seperti keluarnya Air Kencing, Air Mani, Buang Air Besar (BAB), Kentut, keluarnya darah haid dan nifas bagi seorang perempuan setelah melahirkan.

Kemudian sebagai tambahan bahwa didalam Rukun – Rukun Melakukan Wudhu Sebelum Sholat yang harus kalian ketahui sebagai seorang Muslim antara lain Mencuci Wajah, Mencuci Kedua Tangan Sampai Siku, Mengusap Rambut Kepala, Mencuci dan Membasuh Kedua Kaki Sampai Mata Kaki dan Tertib. Sedangkan untuk Sunnah – Sunnah Dalam Wudhu yang mesti kalian ketahui antara lain Mencuci Kedua Tangan sampai pergelangan tangan kalian sebelum melakukan wudhu, berwudhu sebanyak 3 kali di tiap tiap anggota badan, membersihkan sela sela jari kaki dan jari tangan dalam wudhu, mendahulukan berwudhu tangan dan kaki sebelah kanan terlebih dahulu baru sebelah kiri.

Demikianlah pembahasan yang bisa saya berikan kepada kalian pembaca muslim yang ada di Indonesia tentang Doa Sebelum Wudhu dan Doa Setelah Wudhu, yang telah ditambahkan pula dengan ulasan yang lain terkait Wudhu seperti Rukun, Sunnah dan Hal Yang Bisa Membatalkan Wudhu. Semoga saja dengan adanya artikel tentang Wudhu yang lebih lengkap ini bisa memberikan manfaat dan berguna bagi kalian para pembaca karena saya yakin bahwa diluar sana masih ada Masyarakat Muslim yang masih belum memahami ataupun lupa tentang Wudhu Sebelum Sholat.

loading...

loading...