Doa Sebelum Tidur dan Doa Setelah Tidur Sesuai Sunnah

Perlu dipahami terlebih dahulu bahwa didalam Bacaan Doa Sebelum Tidur dan Bacaan Doa Setelah Bangun Tidur merupakan termasuk kedalam Kategori Bacaan Doa Sehari – Hari yang bisa kalian amalkan dan bacakan sebagai Umat Muslim di setiap harinya, karena ketika Seorang Muslim akan tidur maupun ketika bangun tidur maka telah dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW supaya membaca Doa. Oleh karena itu bagi kalian Umat Muslim – Muslimah jangan sampai lupa untuk membaca Doa Sebelum dan Sesudah Tidur karena tentunya, apa yang telah dianjurkan untuk dilakukan oleh Setiap Muslim pastinya akan bermanfaat bagi mereka sendiri.

Dalil Tentang Membaca Doa Sebelum dan Setelah Tidur ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih Riwayat Imam Bukhari yang berbunyi : ” Apabila Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam hendak tidur, maka Beliau mengucapkan : ‘ Bismika Allahumma Amuutu Wa Ahya ‘.Dan apabila bangun tidur, Rasulullah SAW mengucapkan : ‘Alhamdulillahilladzii Ahyaana Ba’da Maa Amatana Wailaihi Nusyur’. (Hadits Riwayat Bukhari, No. 6324) ”. Melihat Hadits Shahih Riwayat Bukhari tersebut maka sudah bisa disimpulkan bahwa kita sebagai Seorang Muslim sangat dianjurkan untuk membaca Doa Setelah dan Sesudah Tidur karena Rasulullah SAW pun membaca dan mengamalkannya.

Apalagi kita tidak pernah bisa mengetahui kapan ajal akan menjemput kita semua sehingga sudah sangat baik jika kita mempersiapkan diri dengan membaca doa sebelum dan sesudah tidur, karena Tidur bisa dikatakan dan bisa dibilang Keadaan dimana Mati dalam beberapa Saat, sedangkan Mati ialah Tidur untuk selama – lamanya. Firman Allah didalam Al Qur’an Surat Al-An’am Ayat 60 berbunyi : ” Dan dialah yg menidurkan km di Malam hari dan Dia mengetahui apa yg km kerjakan di Siang hari, lalu Dia membangunkan km pd Siang hari untuk disempurnakan umur’mu yg tlah ditentukan. Kemudian kepada Allah’lah km kembali, lalu Dia memberitahukan pada-mu apa yg dahulu km kerjakan (QS. Al-An’am, Ayat : 60) ”.

doa sebelum tidur sesuai sunnah

Oleh sebab itu langsung saja dibawah ini Penulis Materi Islam telah memberikan Bacaan Doa Akan Tidur dan Doa Sesudah Bangun Tidur Sesuai Sunnah Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam karena Penulis sangat meyakini bahwa diluar sana masih banyak Pembaca dan Masyarakat Muslim di Indonesia yang belum begitu memahami tentang pentingnya Bacaan Doa Mau Tidur dan Doa Bangun Tidur ini.

Bacaan Doa Sebelum Tidur Sesuai Sunnah

doa sebelum tidur dan terjemahan lengkap

Bacaan Akan Tidur dan Terjemahan Lengkap diatas bisa kalian amalkan ataupun bacakan ketika kalian akan Tidur di Malam Hari, dan semoga saja apa yang telah dituliskan diatas bisa dengan mudah dibacakan oleh kalian sebagai Pembaca Muslim – Muslimah di Laman Materi Islam ini.

Dan sebagai tambahan saja bahwa selain membaca Bacaan Doa Sebelum Tidur diatas, tentunya kalian bisa membacakan doa – doa yg lain ketika akan tidur karena Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam telah menganjurkan juga untuk membaca Surat Al Ikhlas, Surat An Nass dan Surat Al Falaq sebanyak satu kali ketika kalian akan Tidur. Selain itu dianjurkan pula untuk melakukan Wudhu (Bersuci) dan memperbanyak membaca Dzikir ketika akan tidur.

Bacaan Doa Setelah Tidur Sesuai Sunnah

doa setelah bangun tidur dan terjemahan lengkap

Bacaan Ketika Bangun Tidur dan Terjemahan Arab Latin diatas bisa kalian amalkan dan bacakan ketika kalian Bangun Tidur karena dengan membaca Doa Sesudah Tidur maka kalian mengungkapkan Rasa Bersukur kepada Allah Ta’alaa dengan memperpanjang Umurmu. Selain itu tentunya kalian bisa membacakan Doa – Doa Saat Bangun Tidur lainnya, baik dengan Bahasa Arab maupun Bahasa Indonesia.

Demikianlah pembahasan mengenai Bacaan Doa Sebelum Tidur dan Doa Bangun Tidur Sesuai Sunnah, dan perlu ditekankan disini bahwa kalian jangan sampai lalai dan lupa untuk membaca Doa Sebelum dan Sesudah Tidur karena Keutamaan Membaca Doa Sebelum Tidur dan Keistimewaan Membaca Doa Bangun Tidur itu sangatlah banyak sekali sehingga jangan sampai kalian lupa untuk membacanya, dan jangan sampai malu karena bacaan doa ini itu merujuk ke Semua Orang Islam, bukan hanya ke Anak Kecil saja.

Kemudian sebagai tambahan saja kepada kalian Para Pembaca Muslim di Laman Materi Islam ini bahwa sekali lagi, sangat dianjurkan sekali bagi kalian Umat Muslim untuk Berwudhu (Bersuci) terlebih dahulu sebelum Tidur karena Keutamaan Berwudhu Sebelum Tidur itu sangatlah banyak, dan dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari Abdullah bin Umar Ra bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Barangsiapa yg Tidur dlm keadaan Suci, maka Malaikat akan bersamanya di dlm Pakaian’nya. Dia tidak akan bangun sampai Malaikat Berdoa : ‘ Ya Allah, ampunilah hamba-mu si Fulan karena Tidur dlm keadaan Suci (HR. Ibn Hibban) ”.

Seperti itulah ulasan Artikel mengenai Bacaan Doa Sebelum Tidur dan Doa Bangun Tidur. Sekali lagi semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi kalian semua yg membutuhkannya, dan sebelum mengakhiri tulisan ini selaku Penulis Materi Islam memohon maaf kepada kalian Para Pembaca Muslim di Indonesia jika terdapat tulisan didalam artikel yg salah. Namun jika menurut kalian ulasan materi ini berguna dan bermanfaat, maka diharapkan kalian bisa men’share atau membagikan artikel ini di Media Sosial milik kalian, supaya banyak Pembaca Muslim lainnya yg mengetahui dan memahami pentingnya membaca Doa Sebelum Tidur dan Sesudah Tidur.

loading...

loading...