Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Subuh Dalam Islam

Sebelum masuk kedalam ulasan Lafadz Dzikir dan Doa Setelah Sholat Subuh secara lebih detail, mungkin ada baiknya jika kalian para pembaca untuk mengetahui terlebih dahulu tentang Sholat Wajib Subuh didalam Islam karena Sholat Subuh ini merupakan termasuk kedalam Sholat Fardhu Lima Waktu yang ditunaikan sebanyak Dua Raka’at dan dikerjakan di Pagi Hari, lebih tepatnya untuk Waktu Sholat Subuh ini diawali dari Munculnya Cahaya Putih (Fajar Shaddiq) yang melintang di Ufuk Timur dan berakhir ketika Matahari Terbit.

Kemudian untuk Hukum Mengerjakan Sholat Subuh adalah Fardhu Ain yakni wajib dikerjakan oleh setiap Muslim dan Muslimah yang sudah memenuhi Syarat dan Ketentuan dalam mengerjakan Sholat. Oleh sebab itu jika seorang Muslim tidak mengerjakan Sholat Subuh disetiap harinya maka akan mendapatkan Dosa, tetapi jika mengerjakannya maka akan mendapatkan Pahala dan Keutamaan Sholat Subuh yang banyak, karena dalam hal ini telah dijelaskan oleh Hadits – Hadits Shahih akan Keistimewaan Sholat Subuh yang banyak baik saat dikerjakan sendiri maupun secara berjamaah.

Keistimewaan dan Keutamaan Sholat Subuh ini telah dijelaskan didalam Al Qur’an Surat Al Isra Ayat 78 : ” Kerjakanlah Sholat dari Sesudah Matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan kerjakanlah pula Sholat Subuh. Sesungguhnya Sholat Subuh itu disaksikan oleh Malaikat (QS. Al Isra Ayat : 78) ”. Lalu didalam Sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi : ” Barangsiapa yg mengerjakan Sholat Subuh dan Sholat Ashar maka ia akan masuk kedalam Surga (HR. Bukhari 574 dan Muslim 635) ”. Dan dalam Hadits Shahih Bukhari dan Muslim lainnya yang menerangkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Dan para Malaikat Malam dan Malaikat Siang berkumpul pada Shalat Subuh (HR. Bukhari 137 dan Muslim 632) ”.

Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Subuh Secara Lengkap

lafadz dzikir dan doa setelah sholat subuh lengkap

Selain Keutamaan Mengerjakan Sholat Subuh yang banyak, saat dan setelah mengerjakan Sholat Subuh dan Sholat Fardhu yang lain juga merupakan termasuk kedalam salah satu waktu terbaik untuk memanjatkan Dzikir dan Doa. Dalam hal ini telah dijelaskan didalam Al Qu’an Surat An Nisa yang berbunyi : ” Maka apabila km sudah selesai mengerjakan Shalat mu, ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan diwaktu berbaring …  (QS. An Nisa Ayat : 103) ”. Lalu Nabi Muhammad SAW juga bersabda yang ditulis didalam Hadits Muslim berbunyi : ” Seorang hamba berada paling dekat dg Rabbnya ketika dia sedang bersujud. Maka dari itu perbanyak lah kalian berdoa ketika itu (HR. Muslim No 482) ”.

Oleh karena itu dengan melihat Firman Allah SWT didalam Al Qur’an Surat An Nisa Ayat 103 dan Hadits Shahih Riwayat Muslim diatas, maka dibawah ini telah saya buatkan dan tuliskan beberapa Bacaan Dzikir Setelah Sholat Subuh dan Bacaan Doa Setelah Sholat Subuh yang bisa kalian bacakan dan amalkan setelah kalian selesai mengerjakan Sholat Fardhu Subuh baik memakai Doa Qunut ataupun tidak.

Dzikir Sesudah Sholat Subuh Yang Pendek

dzikir setelah sholat subuh lengkap

Bacaan Dzikir Setelah Mengerjakan Sholat Subuh yang pendek diatas bisa kalian bacakan dan amalkan oleh kalian semua setelah selesai mengerjakan Sholat Wajib Subuh, karena sekali lagi dengan melihat Kandungan Al Qur’an Surat An Nisa Ayat 103 maka kita sebagai seorang Muslim sudah diperintahkan untuk selalu mengingat (Berdzikir) kepada Allah SWT setelah selesai menunaikan Shalat.

Selain itu terdapat Hadits Shahih Riwayat Muslim yang menerangkan bahwa Dzikir Tahmid, Tasbih dan Tahlil termasuk kedalam Sedekah, dalam hal ini Nabi Muhammad SAW bersabda yang berbunyi : ” Bukanlah Allah sudah menjadikan untukmu sesuatu yg dapat disedekahkan ? seperti setiap kali membaca Tasbih merupakan Sedekah, setiap membaca Tahmid merupakan Sedekah, setiap Tahlil merupakan Sedekah dan menyuruh kepada kebaikan juga merupakan kebaikan…. (Hadits Riwayat Muslim) ”.

Oleh karena itu sangat dianjurkan kepada kalian Muslim dan Muslimah bahwa setelah kalian selesai mengerjakan Sholat Fardhu Lima Waktu, termasuk Sholat Fardhu Subuh maka jangan terburu – buru meninggalkan Tempat Sholat kalian karena sangat baik sekali dan dianjurkan sekali bagi kalian untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara membaca Dzikir Setelah Sholat baik itu membaca Dzikir Tahmid, Dzikir Takbir, Dzikir Tasbih, Dzikir Tahlil, Dzikir Istighfar dan Dzikir Sholawat Nabi Muhammad SAW.

Bacaan Doa Sesudah Sholat Subuh Lengkap

doa setelah mengerjakan sholat subuh memohon ampunan

Bacaan Doa Setelah Mengerjakan Sholat dengan meminta Ampunan atas segala Dosa – Dosa yang telah kita perbuat dan Ampunan atas Dosa – Dosa Orang Tua kita diatas bisa kalian amalkan dan bacakan setelah kalian selesai mengerjakan Sholat Subuh.

Lafadz Doa Sholat Subuh Yang Lain

doa sesudah sholat subuh dimudahkan sesuatu

Bacaan Doa Setelah Sholat Subuh Lainnya

doa sholat subuh lengkap

Ketiga Bacaan Doa Setelah Mengerjakan Sholat Subuh diatas bisa kalian pilih untuk diamalkan dan dibacakan setelah kalian selesai menunaikan Sholat Fardhu Subuh, dan tentunya bagi kalian seorang Muslim boleh untuk membaca dan mengamalkan Bacaan Doa Setelah Sholat Subuh yang lain menurut dengan Hajat kalian kepada Allah SWT seperti, memanjatkan doa agar selalu diberikan kesehatan dan keselamatan dunia akherat atau doa supaya cepat diberikan jodoh atau berdoa supaya cepat diberikan keturunan ataupun membaca doa yang lainnya.

Hal ini dikarenakan pada hakekatnya tidak ada doa khusus yang harus dibacakan setelah selesai mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu, namun Nabi Muhammad SAW sudah memerintahkan kita untuk memanjatkan Doa kepada Allah SWT. Seperti yang diterangkan didalam Hadits Riwayat Tirmidzi bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yang berbunyi : ” Barang siapa yg tidak meminta kepada nya, maka Allah akan marah kepada nya (Hadits Riwayat Tirmidzi) ”.

Oleh karena itu dengan melihat Hadits Shahih tersebut maka sudah bisa disimpulkan bahwa kita sebagai seorang Muslim dan Muslimah harus selalu meminta dengan berdoa memohon segala sesuatu hanya kepada Allah SWT, jangan kepada yang lain karena itu bisa menimbulkan Perkara Musyrik yang akan merugikan diri kita sebagai seorang Muslim.

loading...

loading...