7 Kumpulan Bacaan Doa Setelah Sholat Wajib Yang Pendek

Doa Setelah Sholat Wajib Yang Pendek – Pembahasan mengenai Doa Setelah Sholat Wajib adalah memanjatkan doa dengan maksud untuk meminta dan memohon kepada Allah Subhanahu wa ta’ala yang dilakukan setelah mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu disetiap harinya. Adapun didalam Hukum Membaca Doa Kepada Allah Subhanahu wa ta’ala itu adalah Wajib karena kita sebagai Umat Muslim – Muslimah telah diperintahkan untuk memohon dan meminta hanya kepada Allah Subhanahu wa ta’ala, untuk itu perlu ditekankan disini kepada kalian Para Pembaca Muslim bahwa jangan sesekali kalian meminta apapun selain kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Anjuran dan Perintah Membaca Doa Kepada Allah SWT bisa kalian lihat didalam Al Qur’an Surat Al-Mu’min Ayat 60 yg berbunyi : ” Dan Tuhan-mu berfirman : ” Berdoalah kepadaku, niscaya akan Kuperkenankan bagi’mu. Sesungguh-nya orang2 yg menyombongkan diri dari menyembah-ku akan masuk Neraka Jahannam dlm keadaan hina-dina (QS. Al-Mu’min, Ayat : 60) ”. Selain itu dengan membaca dan mengamalkan Doa maka kalian akan terhindar dari Murka Allah Subhanahu wa ta’ala karena Orang – Orang Beriman yang tidak pernah meminta kepada Allah Subhanahu wa ta’ala itu termasuk kedalam Orang – Orang Yg Menyombongkan diri.

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda: ” Barangsiapa yg tidak meminta pada Allah SWT maka Allah akan murka kepadanya (HR. Tirmidzi, No. 3373) ”. Lalu terdapat Hadits Lain dari At Tirmidzi bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Barangsiapa diantara kalian sudah dibukakan baginya Pintu Doa, pasti dibukakan pula baginya Pintu Rahmat, dan tidak’lah Allah diminta sesuatu yg Dia berikan lebih Dia senangi daripada diminta Kekuatan ”. Dan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda yg berbunyi : ” Sesungguhnya doa itu bermanfaat baik bagi apa yg sedang terjadi maupun yg belum terjadi, maka hendak-lah kalian berdoa (HR. Tirmidzi, No. 3548) ”.

Dengan melihat Firman Allah Subhanahu wa ta’ala dan Sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam diatas maka sudah sangat baik sekali lagi bagi kalian Umat Muslim – Muslimah untuk selalu berdoa memohon dan meminta hanya kepada Allah SWT, Tuhan satu – satunya di semesta alam. Oleh sebab itu dibawah ini Penulis Materi Islam telah memberikan kepada kalian Bacaan Doa Setelah Mengerjakan Sholat Wajib Yang Pendek karena Penulis sangat meyakini bahwa diluar sana masih banyak Pembaca Muslim dan Masyarakat Muslim yang membutuhkan Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu Yang Pendek ini.

Kumpulan Bacaan Doa Setelah Sholat Wajib Yang Pendek

doa setelah sholat wajib yang wajib

Dibawah ini telah Penulis berikan kepada kalian Para Pembaca di Materi Islam mengenai Kumpulan Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu Lima Waktu Pendek yang bisa kalian pilih sendiri untuk diamalkan dan dibacakan setelah kalian mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu Setiap harinya. Sangat dianjurkan dan disarankan sekali sebelum kalian mengamalkan doa maka diharapkan di awali dengan memperbanyak Dzikir dan membaca Bismillah, serta ditutup dengan membaca Surat Al Fatihah. Berikut ini Bacaan Doa Setelah Sholat Wajib Lima Waktu Yang Pendek didalam Islam yang bisa kalian pilih sendiri untuk di amalkan sesuai dengan Hajat kalian :

1. Doa Mohon Ampunan Untuk Diri Sendiri

doa setelah sholat wajib yang pendek sesuai sunnah

Bacaan Doa Setelah Menunaikan Sholat Wajib Yang Pendek diatas bisa kalian amalkan dan bacakan setelah kalian selesai mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu disetiap harinya karena Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam juga mengamalkan doa tersebut, ketika Beliau masih hidup.

2. Doa Mohon Ampunan Untuk Orang Tua

doa setelah mengerjakan sholat wajib yang pendek

Bacaan Doa Sesudah Mengerjakan Sholat Wajib Yang Pendek diatas bisa kalian amalkan dan bacakan ketika kalian telah selesai mengerjakan Sholat Wajib, dan maksud dari Doa Sesudah Sholat Yang Pendek tersebut ialah untuk memohon ampunan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala atas segala dosa – dosa kalian sendiri, dan dosa – dosa kedua orang tua kalian.

3. Doa Mohon Kesehatan dan Lancar Rezeki

doa setelah sholat fardhu yang pendek

Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu Yang Pendek diatas juga bisa dipilih kalian untuk dibacakan dan diamalkan ketika kalian selesai mengerjakan Sholat Wajib dan maksud dari Doa Sesudah Sholat Fardhu Yang Pendek tersebut ialah untuk memohon dan meminta kepada Allah Subhanahu wa ta’ala, agar selalu diberikan Kesehatan dan dilancarkan Rezekinya.

4. Doa Mohon Dimudahkan Segala Urusan

doa sesudah sholat yang pendek sesuai sunnah

Lalu Bacaan Doa Sesudah Sholat Wajib Yang Pendek diatas juga bisa dipilih oleh kalian Umat Muslim – Muslimah, setelah kalian selesai mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu disetiap harinya dan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam juga pernah mengamalkan doa tersebut ketika Beliau masih Hidup. Selain itu Doa Sesudah Sholat Fardhu Yang Pendek diatas mempunyai maksud untuk memohon dan meminta kepada Allah SWT agar semua urusan kalian menjadi mudah.

5. Doa Memohon Cepat Dapat Jodoh

doa sesudah sholat fardhu yang pendek

Bacaan Doa Setelah Mengerjakan Sholat Fardhu Yang Pendek diatas bisa kalian pilih untuk dibacakan dan diamalkan ketika kalian selesai mengerjakan Sholat Fardhu Lima Waktu disetiap harinya, dan maksud dari Bacaan Doa Setelah Sholat Wajib Yang Pendek diatas ialah untuk meminta kepada Allah SWT, agar cepat diberikan jodoh yang baik sebagai teman hidup.

6. Doa Agar Terhindar dari Api Neraka

doa sesudah mengerjakan sholat wajib yang pendek

Bacaan Doa Setelah Mengerjakan Sholat Fardhu Yang Pendek tersebut bisa kalian amalkan dan bacakan setelah kalian selesai mengerjakan Sholat Wajib dan Bacaan Doa Setelah Sholat Yang Pendek tersebut mempunyai maksud untuk memohon dan meminta kepada Allah SWT supaya kalian sebagai seorang Muslim – Muslimah bisa terhindar dari tempat orang – orang yg dzalim yakni terhindar dari Api Neraka.

7. Ditutup Dengan Membaca Doa Al Fatihah

doa setelah sholat yang pendek

Bacaan Doa Al Fatihah diatas bisa kalian amalkan dan bacakan sebagai Penutup Doa – Doa yang telah dipanjatkan oleh kalian setelah kalian mengerjakan Sholat Wajib. Hal tersebut dikarenakan Keutamaan Doa Al Fatihah yang sangat luar biasa dan salah satunya ialah akan mendapatkan Pahala yang banyak karena membaca Surat Al Fatihah itu seperti membaca Sepertiga Kitab Suci Al Qur’an sehingga sangat disayangkan sekali jika kalian tidak mengamalkan Doa Al Fatihah ini ketika selesai mengerjakan Sholat Wajib.

Adab dan Etika Dalam Membaca Doa Yang Baik

Setelah kalian telah memahami Kumpulan Bacaan Doa Setelah Sholat Wajib Yang Pendek diatas, maka sekarang perlu kalian pahami juga mengenai Adab Dalam Membaca Doa Yang Baik dan Benar seperti dibawah ini :

1. Dalam membaca doa maka disunnahkan untuk menghadap ke Kiblat

2. Memohon dan meminta kepada Allah SWT dengan Sungguh – Sungguh dan Khusyu

3. Mengucapkan Doa dengan Suara yang sedang yakni tidak terlalu keras dan secara lembut karena Allah SWT tidak menyukai orang – orang yg melampaui batas.

4. Memanjatkan doa dengan perasaan yg takut dan penuh harap karena Rahmat Allah itu sangat dekat dengan Orang yg berbuat kebaikan.

5. Sebelum membaca doa, sangat dianjurkan sekali untuk memperbanyak membaca Dzikir dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Selain itu didalam membaca Doa Setelah Sholat Secara Berjamaah, selepas kalian selesai mengerjakan Sholat Wajib Berjamaah itu dibolehkan dan bukan termasuk kedalam Ibadah Bid’ah. Dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Riwayat Al Thabarani bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : Tidaklah berkumpul suatu Kaum Muslim yg sebagian mereka membaca doa, dan sebagian lainnya mengamininya, kecuali Allah akan mengabulkan doa mereka (HR. Al-Thabarani).

Demikianlah pembahasan secara lebih detail mengenai Bacaan Doa Setelah Sholat Yang Pendek Dalam Islam yang telah Penulis tuliskan kepada kalian Para Pembaca Muslim di Laman Materi Islam ini. Semoga saja Bacaan Doa Setelah Sholat Wajib Yang Pendek ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian semua yang membutuhkan karena sekali lagi Penulis sangat yakin bahwa diluar sana masih cukup banyak Masyarakat Muslim di Indonesia yang membutuhkan dan mencari ulasan tentang Dzikir Setelah Sholat Yang Pendek dan Bacaan Doa Setelah Sholat Pendek Yang Lengkap didalam Ajaran Agama Islam yang bisa diamalkan oleh kalian semua sebagai Umat Muslim.

7 Kumpulan Bacaan Doa Setelah Sholat Wajib Yang Pendek | materiislam | 4.5