Tata Cara, Niat dan Doa Sujud Syukur Yang Benar

Cara dan Doa Sujud Syukur – Pengertian Sujud Syukur didalam Ajaran Islam adalah Aktivitas Gerakan Sujud seperti Sujud saat mengerjakan Shalat yg dibarengi dengan membaca Doa Sujud Syukur, dengan tujuan untuk Bersyukur (Berterima Kasih) kepada Allah Subhanahu wa ta’ala atas Segala Nikmat yang telah diberikan kepada Kalian. Dan perlu kalian ketahui bahwa didalam Sujud Syukur ini termasuk kedalam Ibadah Sunnah yang bisa kalian lakukan sehingga akan mendapatkan Pahala Sunnah dan Keutamaan Sujud Syukur bagi Setiap Muslim yang melakukannya, tetapi tidak berdosa jika Setiap Muslim tidak melakukan Sujud Syukur ini.

Mungkin perlu kalian lihat Dalil Hadits Dianjurkan Melakukan Sujud Syukur, dari Abu Bakrah mengatakan : ” Sesungguhnya apabila datang kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam kabar gembira atau sesuatu yang menggemberikan, maka Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam langsung Sujud berterima kasih kepada Allah Subhanahu wa ta’ala (Hadits Riwayat Abu Daud dan Tirmidzi) ”. Selain itu bisa kalian lihat juga didalam Al Qur’an Surat Al-Baqarah, bahwa Allah Subhanahu wa ta’ala Berfirman : ” Karena itu, ingat lah km kepada Ku niscaya Aku ingat pula kepada Mu, dan Bersyukur-lah kepada Ku, dan jangan-lah km mengingkari Nikmat Ku (QS. Al-Baqarah, Ayat : 152) ”.

Oleh karena itu dengan melihat Hadits Shahih dan Surat Al-Baqarah Ayat 152 diatas tentang Perintah Agar Selalu Bersyukur Kepada Allah Subhanahu wa ta’ala atas segala Nikmat yang telah diberikan kepada Kita Umat Islam, maka sudah seharusnya Setiap Muslim – Muslimah untuk selalu Bersyukur kepada Allah Subhanahu wa ta’ala atas semua Nikmat yang telah kalian dapatkan. Hanya saja perlu kalian ketahui bahwa Ibadah Sunnah Sujud Syukur ini dilakukan ketika ada Sebabnya, dan Sebab – Sebab Sujud Syukur ialah terhindar atau selamat dari Suatu Bencana seperti Gempa Bumi dan Selamat dari Musibah seperti Kecelakaan Kendaraan dan lain – lain.

Sebab Melakukan Sujud Syukur kedua adalah ketika mendapatkan Kenikmatan yang besar seperti diberikan Momongan (Anak), Diberikan Kesembuhan dari Sakit Parah, Diterima Masuk Sekolah, Universitas dan Pekerjaan yang diinginkan dan diberikan Nikmat – Nikmat Besar lainnya dari Allah Subhanahu wa ta’ala. Menurut Ulama Syafi’i dan Hambali berpendapat bahwa tidak diSunnahkan melakukan Sujud Syukur untuk Nikmat yg sifatnya terus – menerus seperti Nikmat Hidup, Nikmat Kesehatan dan Nikmat Lainnya karena hal itu semua bisa diganti dengan Bersyukur mengucapkan Dzikir Hamdalah dan memperbanyak Dzikir mengingat Allah SWT, tanpa harus melakukan Sujud Syukur.

Bacaan Niat Sujud Syukur dan Terjemahannya

tata cara dan doa sujud syukur didalam islam

Kemudian setelah kalian cukup memahami penjelasan tentang Ibadah Sunnah Sujud Syukur diatas, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian ingin mengetahui tentang Bacaan Niat Melakukan Sujud Syukur karena ditekankan sekali lagi bahwa Sujud Syukur itu termasuk kedalam Ibadah Sunnah sehingga didalamnya terdapat Syarat dan Rukun Sujud Syukur yang harus kalian penuhi, lalu Niat Sujud Syukur ini termasuk kedalam Rukun Melakukan Sujud Syukur.

niat sujud syukur dan terjemahan lengkap

Bacaan Niat Sujud Syukur dan Terjemahan Arab, Latin dan Indonesia diatas bisa kalian amalkan dan bacakan, baik secara lirih di mulut maupun didalam hati karena sekali lagi Niat Bersujud Syukur termasuk kedalam Rukun Sujud Syukur yang harus ada dan dipenuhi oleh Setiap Muslim yang akan melakukan Sujud Syukur.

Bacaan Doa Sujud Syukur dan Terjemahannya

Dibawah ini Lafadz Doa Melakukan Sujud Syukur yang kalian bacakan ketika sedang melakukan Sujud Sekali didalam Ibadah Sunnah Sujud Syukur dengan maksud untuk Bersyukur kepada Allah SWT atas Nikmat yang telah diberikan kepada kalian, dan Lafadz Doa Saat Sujud Syukur tersebut tentunya telah dibuat dengan terjemahan lengkap agar kalian bisa dengan mudah membaca dan menghafalkan nya.

doa sujud syukur dan terjemahan lengkap

Tata Cara Sujud Syukur Yang Baik dan Benar

Setelah kalian mengetahui Niat dan Doa Mengerjakan Sujud Syukur, sekarang tinggal kalian memahami tentang Tata Cara Melakukan Sujud Syukur Yang Benar karena Sujud Syukur ini termasuk kedalam Ibadah Sunnah dan dilakukan seperti Sujud dalam Shalat, bukan melakukan Sujud biasa. Lalu Tata Cara Sujud Syukur dan Langkah – Langkah Melakukan Sujud Syukur ini diawali dengan membaca Niat Mengerjakan Sujud Syukur baik dibacakan dimulut secara lirih maupun cukup didalam hati.

Setelah membaca Niat Sujud Syukur, maka dilanjutkan dengan melakukan Gerakan Takbiratul Ikhram yang dibarengi dengan membaca ‘Allahu Akbar’. Setelah selesai Takbiratul Ikhram dan mengucapkan Takbir, diteruskan dengan langsung turun untuk Sujud Sekali yang dibarengi dengan membaca Doa Sujud Syukur (Gerakan Sujud ini sama seperti Sujud didalam Shalat) dan setelah selesai membaca Doa Sujud Syukur maka Bangun dari Sujud (Berdiri Lagi) dan diteruskan dengan Salam, dan Tata Cara Sujud Syukur ini dilakukan secara Berurutan (Tertib) serta dikerjakan secara Thuma’ninah.

Syarat – Syarat Sujud Syukur

1. Suci dari Hadats Kecil, Hadats Besar dan Najis

2. Menghadap Ke Arah Kiblat (Arah Ka’bah Mekkah)

3. Menutup Aurat Seperti Mengerjakan Shalat

Syarat – Syarat Melakukan Sujud Syukur diatas harus dilakukan ketika kalian Sebagai Seorang Muslim – Muslimah akan melakukan Sujud Syukur karena sekali lagi Sujud Syukur merupakan termasuk kedalam Ibadah Sunnah sehingga dalam melakukannya tidaklah asal, dan terdapat Syarat dan Rukunnya.

Rukun – Rukun Sujud Syukur

1. Mempunyai Niat Sujud Syukur

2. Takbiratul Ikhram, dibarengi membaca Takbir

3. Sujud Sekali, dibarengi membaca Doa Sujud Syukur

4. Salam

5. Tertib (dilakukan berurutan)

Sebagai tambahan saja bahwa Keutamaan Melakukan Sujud Syukur ini antara lain akan mendapatkan Pahala Sunnah yang banyak karena kalian sebagai seorang Muslim – Muslimah telah selalu ingat kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dan telah melakukan Sunnah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam. Dan dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Barangsiapa yg menghidupkan Satu Sunnah, dari Sunnah-SunnahKu. Dan kemudian diamalkan oleh Manusia, maka ia akan mendapatkan Pahala seperti Pahala Orang2 yg mengamalkan -nya, dg tidak mengurangi pahala mereka sedikitpun ”.

Mungkin hanya seperti itu saja pembahasan tentang Tata Cara dan Doa Sujud Syukur yang bisa Penulis berikan kepada kalian Para Pembaca Muslim. Dan semoga saja ulasan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian Para Pembaca Muslim yang ada di Indonesia, karena Penulis sangat meyakini bahwa diluar sana masih banyak Masyarakat Muslim Indonesia yang belum begitu memahami dan mengetahui tentang Sujud Syukur, padahal Sujud Syukur ini termasuk kedalam Ibadah Sunnah sehingga sangat penting sekali bagi Setiap Muslim – Muslimah untuk memahami dan mengetahuinya.

Incoming search terms:

  • niat sujud syukur
  • doa sujud syukur
  • cara sujud syukur yang benar
  • bacaan sujud syukur
  • tata cara sujud syukur
  • niat sholat syukur
  • sholat syukur
  • cara melakukan sujud syukur
  • Tata cara sholat syukur
  • bacaan sujud syukur yang benar
Tata Cara, Niat dan Doa Sujud Syukur Yang Benar | materiislam | 4.5