Bacaan Dzikir Setelah Sholat Tahajud Secara Lengkap

Dzikir Setelah Sholat Tahajud – Sholat Tahajud merupakan salah satu Sholat Sunnah yang dikerjakan di Malam Hari selepas anda mengerjakan Sholat Wajib Isya dan Waktu Sholat Tahajud ini berakhir ketika masuk Sholat Fardhu Subuh disetiap harinya. Adapun untuk Jumlah Raka’at Sholat Malam Tahajud ini bisa dilakukan dengan Jumlah Minimal Dua Raka’at dan maksimal tidak terbatas, hanya saja disetiap 2 Raka’at Shalat Tahajud terdapat 1 salam sehingga jika kalian mengerjakan Shalat Tahajud sebanyak 4 Raka’at maka terdapat 2 salam didalamnya.

Dan yang mesti kalian ketahui juga bahwa Syarat Mengerjakan Sholat Tahajud yang paling penting selain dikerjakan selepas anda mengerjakan Sholat Wajib Isya adalah harus dilakukan dengan tidur terlebih dahulu sehingga jika kalian ingin atau akan menunaikan Sholat Sunnah Malam Tahajud maka kalian harus tidur terlebih dahulu, walaupun tidur tersebut hanya sebentar saja karena jika kalian tidak tidur terlebih dahulu maka Sholat Sunnah yang dikerjakan anda itu bukan Shalat Tahajud, melainkan Sholat Sunnah Malam biasa.

Untuk Hukum Menunaikan Sholat Tahajud adalah Sunnah, bukan Wajib sehingga tidak akan berdosa bila kalian sebagai seorang Muslim tidak mengerjakan Sholat Malam Tahajud. Hanya saja perlu diberitahukan kepada kalian bahwa Allah SWT sudah memerintahkan untuk menunaikan Sholat Sunnah Malam Tahajud sebagai Ibadah tambahan bagi mu (Orang Yang Beriman), perintah Allah SWT tersebut ada didalam Al Qur’an Surat Al Isra Ayat 79 yang berbunyi : ” Dan pada sebagian Malam Hari bersembahyang Tahajud lah kamu sebagai suatu Ibadah tambahan bagi mu. Mudah – mudahan Tuhan mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji (QS. Al Isra Ayat 79) ”.

Bacaan Dzikir Setelah Sholat Tahajud dan Terjemahan

dzikir sholat tahajud secara lengkap

Setelah kalian telah mengetahui akan Pengertian dan Hukum Mengerjakan Sholat Tahajud yang seperti sudah dijelaskan diatas, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk mengetahui Bacaan Dzikir Sesudah Sholat Tahajud apa saja yang bisa kalian amalkan dan bacakan selepas selesai mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud, karena tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu waktu terbaik untuk memanjatkan doa dan mengamalkan dzikir kepada Allah SWT ialah selepas sholat tahajud yang dikerjakan di Sepertiga Malam Terakhir.

Seperti Sabda Nabi Muhammad SAW dalam Hadist Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim yang berbunyi : ” Allah SWT akan turun setiap Malam ke Langit Dunia hingga tersisa tersisa Sepertiga Malam Terakhir. Lalu Allah SWT berkata : ” Siapa yang berdoa kepada ku maka aku akan memperkenankan doa nya, siapa yang meminta kepada ku maka pasti akan ku beri. Dan siapa yang meminta kepada ku ampunan, maka pasti akan aku ampuni (Hadist Shahih Riwayat Bukhari 6321 dan Muslim 758) ”.

Bacaan Dzikir Sholat Tahajud Yang Pendek

1. Dzikir Tasbih = Subhanalloh (Maha Suci Alloh)

2. Dzikir Takbir = Allohu Akbar (Allah Maha Besar)

3. Dzikir Tahmid = Alhamdulillah (Segala Puji Bagi Allah)

4. Dzikir Tahlil = Laa ilaaha illalloh (Tidak Ada Tuhan Selain Allah)

5.┬áDzikir Istighfar = Astaghfirullohal ‘Adzim (Aku Memohon Ampun Kepada Alloh Yang Maha Agung

6. Dzikir Sholawat Nabi Muhammad SAW = Allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammad wa ‘ala ali sayyidina muhammad

Bacaan Dzikir Setelah Mengerjakan Shalat Tahajud diatas bisa kalian baca dan amalkan sebanyak 3 kali, 7 kali, 11 kali, 33 kali, 100 kali maupun sebanyak – banyaknya sesuai dengan keikhlasan kalian karena sebanyak apapun jika kalian dalam membacanya tidak ikhlas dan khusyu maka akan terasa percuma, sehingga bacalah seikhlasnya kalian.

Bacaan Dzikir Sholat Tahajud Yang Panjang

lafadz dzikir setelah sholat tahajud lengkap

lafal dzikir sesudah sholat tahajud arab latin

Bacaan Dzikir Setelah Sholat Tahajud diatas juga bisa kalian amalkan setelah kalian selesai menunaikan Sholat Sunnah Malam Tahajud karena membaca Dzikir setelah Sholat baik itu Sholat Fardhu Lima Waktu dan Sholat Sunnah sangatlah baik dan memiliki banyak sekali keutamaannya, apalagi jika membaca Dzikir dengan mendekatkan diri dan mengingat kebesaran Allah SWT di waktu seperti malam terakhir maka Insa Allah pahalanya akan semakin bertambah banyak.

Karena Nabi Muhammad SAW pernah bersabda yang dijelaskan didalam Hadist Riwayat Muslim nomor 757 yang berbunyi, ” Di Malam Hari terdapat suatu waktu yang tidak lah seorang Muslim memanjatkan doa kepada Allah SWT yang berkaitan dengan Dunia dan Akhirat -nya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah SWT akan memberikan (mengabulkan) apa yang dia minta. Hal itu berlalu disetiap Malamnya (Hadist Shahih Riwayat Muslim nomor 757) ”.

Untuk itu sangat baik sekali bagi kalian seorang Muslim dan Muslimah jika selalu membaca Doa dan Dzikir Setelah Sholat Tahajud karena walaupun Sholat Malam Tahajud Sunnah dan tidak diwajibkan untuk dikerjakan, tetapi Sholat Sunnah Malam Tahajud ini mempunyai banyak keutamaan dan keistimewaan. Apalagi Waktu Terbaik Mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud ini dilakukan di Sepertiga Malam Terakhir, yang merupakan waktu dimana sangat baik sekali untuk memanjatkan doa dan dzikir.

Mungkin seperti itu saja pembahasan mengenai Bacaan Doa Setelah Shalat Tahajud yang telah ditulis dengan sedikit penjelasan mengenai Sholat Sunnah Malam Tahajud. Semoga pembahasan ini bisa bermanfaat dan berguna bagi kalian para Pembaca Muslim dan Muslimah yang ada di Indonesia, karena sudah tugas saya sebagai penulis untuk memberikan informasi dan ilmu yang bermanfaat kepada kalian para pembaca di laman Blog Materi Islam ini.

loading...

loading...