Bacaan Wirid dan Dzikir Setelah Sholat Yang Pendek

Sebelum membahas terlebih jauh tentang Bacaan Wirid dan Dzikir Setelah Sholat Yang Pendek, mungkin ada baiknya jika kalian Para Pembaca Muslim untuk mengetahui terlebih dahulu tentang Apa Itu Berdzikir. Dan langsung saja Pengertian Berdzikir Dalam Islam ini ialah sebuah Aktivitas Ibadah yang bisa dilakukan oleh Setiap Muslim – Muslimah dengan maksud untuk mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta’ala, diantaranya dengan cara memuji, menyebut, mensucikan nama – nama dan sifat – sifat Allah Subhanahu wa ta’ala yang bisa dilakukan (diamalkan) ketika setelah selesai mengerjakan Shalat maupun di waktu kapanpun.

Adapun Dalil Perintah Berdzikir Bagi Setiap Orang Yang Beriman (Umat Muslim) telah dijelaskan didalam Al Qur’an Surat Al Ahzab Ayat 41 dan Ayat 42 bahwa Allah Subhanahu wa ta’ala Berfirman : ” Hai Orang-Orang yg beriman, Berdzikirlah dengan menyebut nama Allah, Dzikir yg sebanyak – banyaknya. Dan bertasbihlah kepadanya di Waktu Pagi dan Petang (QS. Al Ahzab, Ayat 41 dan Ayat 42) ”. Selain itu Firman Allah Subhanahu wa ta’ala didalam Al Qur’an Surat Al Insan Ayat 25 dan Ayat 26 yang berbunyi : ” Dan sebutlah nama Tuhan mu pada Waktu Pagi dan Petang. Dan pada Sebagian dari Malam, maka Sujud-lah kpd -nya dan bertasbih-lah kepada -nya pada bagian yg panjang di malam hari (QS. Al-Insan, Ayat : 25 dan 26) ”.

Kemudian didalam Berdzikir Setelah Mengerjakan Sholat itu merupakan salah satu Ibadah yang sangat di Sunnahkan untuk dilakukan oleh Umat Muslim dan salah satu kebiasaan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam karena Beliau (Rasulullah) Shallallahu alaihi wasallam juga melakukannya. Terdapat Hadits Shahih dari Ibnu Abbas RA berkata bahwa: ” Sesungguhnya mengeraskan Suara Dzikir saat Orang – Orang telah selesai mengerjakan Shalat Wajib merupakan suatu kebiasaan yg berlaku di Jaman Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam. ” Ibnu Abbas menambahkan bahwa, ‘ Aku mengetahui mereka selesai Shalat dg itu, apabila Aku mendengarnya (HR. Bukhari dan Muslim) ”.

Bacaan Wirid Setelah Sholat dan Dzikir Setelah Sholat Yang Singkat

wirid dan dzikir setelah sholat yang pendek

Dengan melihat Firman Allah Subhanahu wa ta’ala dan Hadits Shahih diatas maka sudah sangat baik dan dianjurkan sekali bagi kalian Umat Muslim – Muslimah untuk membaca Dzikir Setelah Mengerjakan Sholat Wajib maupun Shalat Sunnah di Setiap Harinya karena selain telah diperintahkan, Keutamaan Dzikir Setelah Sholat itu sangatlah banyak sehingga sangatlah disayangkan jika kalian Umat Muslim tidak melakukannya. Oleh karena itu dikesempatan ini Penulis akan memberikan ulasan tentang Wirid Pendek Sesudah Sholat dan Dzikir Pendek Sesudah Sholat yang bisa kalian amalkan dan lakukan ketika selesai mengerjakan Shalat, baik itu Shalat Wajib Lima Waktu maupun Shalat Sunnah.

Dzikir Pendek Istighfar Setelah Shalat

dzikir istighfar setelah sholat yang pendek

Bacaan Dzikir Pendek Setelah Sholat Istighfar diatas bisa kalian amalkan dan bacakan sebanyak – banyaknya sesuai dengan keikhlasan kalian setelah selesai mengerjakan Sholat, dan Keutamaan Dzikir Pendek Istighfar tersebut ialah untuk memohon dan meminta ampunan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala atas segala Kesalahan (Dosa) yang sudah kalian perbuat. Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Wahai sekalian manusia. Taubatlah (Beristighfar) kpd Allah karena Aku selalu bertaubat kpd Allah dlm sehari sebanyak 100 kali (Hadits Riwayat Muslim) ”

Dzikir Singkat Tahlil Setelah Sholat

Dzikir Tahlil Sesudah Sholat Yang Pendek

Lafal Dzikir Setelah Sholat Yang Singkat Tahlil (Laa ilaaha illa Allah) diatas juga bisa kalian bacakan dan amalkan sesudah kalian selesai mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu dan Sholat Sunnah di setiap harinya. Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” barangsiapa yang bertasbih sebanyak 33 kali, bertakbir sebanyak 33 kali dan bertahmid sebanyak 33 kali. Lalu mengucapkan : ” Laa ilaaha illa Allah wahdahu laa syarikalah lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli sya’in qadir, disetiap Shalat. Maka akan diampuni dosanya oleh Allah mesti sebanyak buih di lautan (Hadits Riwayat Ahmad) ”.

Dzikir Pendek Tahmid Sesudah Sholat

dzikir tahmid setelah sholat yang singkat

Lafadz Dzikir Sesudah Sholat Yang Pendek Tahmid (Hamdalah) diatas bisa kalian bacakan selepas mengerjakan Sholat karena Keutamaan Dzikir Hamdalah sangatlah banyak. Dalam hal ini bisa kalian lihat Hadits Shahih bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Ucapan yg paling Allah sukai itu adalah Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaaha illa Allah dan Allahu Akbar. Tidak ada bahaya darimanapun km memulai (HR. Muslim) ”.

Wirid Tasbih Setelah Sholat Yang Pendek

dzikir pendek tasbih setelah sholat

Bacaan Wirid Sesudah Sholat Yang Pendek Tasbih diatas juga bisa kalian amalkan setelah kalian mengerjakan Sholat, baik Sholat Wajib maupun Sholat Sunnah karena sudah tentu Keutamaan Dzikir Tasbih ini sangatlah banyak sehingga sangat disayangkan sekali jika tidak diamalkan oleh kalian. Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Setiap Kalimat Tasbih ialah Sedekah, Tabir ialah Sedekah, Tahmid ialah Sedekah dan Tahlil ialah Sedekah (Hadits Riwayat Muslim) ”.

Wirid Takbir Sesudah Sholat Yang Singkat

Dzikir Takbir Sesudah Sholat Yang Singkat

Bacaan Wirid Pendek Setelah Sholat Takbir diatas bisa kalian amalkan dan bacakan setelah selesai mengerjakan Sholat Wajib maupun Sholat Sunnah sebanyak keikhlasan kalian, karena sudah dijelaskan didalam Hadits Shahih diatas bahwa Bacaan Dzikir yang disukai oleh Allah SWT antara lain Dzikir Tasbih, Dzikir Tahmid, Dzikir Tahlil dan Dzikir Takbir sehingga kalian sebagai Seorang Muslim – Muslimah sangat dianjurkan sekali untuk membaca Keempat Dzikir tersebut setelah Sholat, dan bisa ditambahkan dengan membaca Dzikir Istighfar dan Dzikir Shalawat Nabi Muhammad SAW.

Dzikir Shalawat Nabi Setelah Sholat Yang Pendek

dzikir pendek shalawat nabi muhammad saw sesudah sholat

Bacaan Dzikir Setelah Sholat Yang Pendek Sholawat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam diatas bisa kalian bacakan dan amalkan setelah mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu dan Sholat Sunnah disetiap harinya, dan bisa dibacakan setelah kalian membaca Bacaan Dzikir – Dzikir diatas karena perlu kalian ketahui bahwa Keistimewaan Dzikir Shalawat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam sangat lah banyak sehingga sangat disayangkan jika ditinggalkan oleh kalian.

Sebagai tambahan informasi saja bahwa Keutamaan Berdzikir secara umum sangatlah banyak dan telah dijelaskan di Hadits – Hadist Shahih, seperti didalam Hadits Riwayat Ahmad dan Tirmidzi bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: ” Maukah kuberitahukan kepada km Amalan yg paling suci dan paling baik di sisi Tuhanmu, dan paling menaikan derajat km dan lebih baik bagi km daripada menginfakkan Emas dan Perak, dan lebih baik bagi km daripada berjuang melawan Musuh, km membunuh musuh maupun musuh membunuhmu ”. Lalu para Sahabat menjawab, ” Ya Rasulullah ”. Lalu Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam menjawab : ” Dzikrullah (Berdzikir) ”.

Adapun Keistimewaan Berdzikir yang lain telah dijelaskan didalam Hadits Shahih dari Abu Musa Ra bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Perumpamaan orang-orang yg Berdzikir kepada Allah dan orang-orang yg tidak Berdzikir kepada Allah adalah seperti orang yg hidup dan orang yg mati (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ”. Selain itu Hadits Shahih dari Muadz bin Jabal Ra bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Ahli Surga tidak akan pernah menyesali apapun di dunia ini kecuali atas waktu yg mereka telah lalui tanpa Dzikrullah (Berdzikir) didalamnya (Hadits Riwayat Thabrani, Baihaqi) ”.

Seperti itulah ulasan tentang Bacaan Dzikir Setelah Sholat Pendek dan Singkat yang bisa kalian amalkan dan lakukan ketika kalian Umat Muslim telah selesai mengerjakan Shalat baik itu Shalat Wajib Lima Waktu maupun Shalat Sunnah seperti Shalat Sunnah Dhuha, Shalat Sunnah Tahajud, Shalat Sunnah Hajat dan Shalat Sunnah lainnya disetiap harinya. Mungkin cukup disini saja, semoga ulasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian para Pembaca Muslim – Muslimah yang ada di Indonesia karena sudah tugas kita sesama Muslim untuk berbagi ilmu yang bermanfaat bagi sesama Muslim yang lainnya.

Incoming search terms:

  • dzikir dan doa setelah sholat fardhu singkat
  • bacaan wirid pendek
  • dzikir pendek
  • wirid pendek
  • bacaan dzikir pendek
  • dzikir singkat setelah sholat
  • dzikir singkat
  • dzikir pendek setelah sholat
  • wirid pendek setelah sholat fardhu
  • doa wirid pendek
Bacaan Wirid dan Dzikir Setelah Sholat Yang Pendek | materiislam | 4.5