Pengertian, Contoh dan Cara Membaca Hukum Idgham Bighunnah

Hukum Idgham Bighunnah – Setelah dipertemuan sebelumnya telah membahas secara lebih detail mengenai Ilmu Tajwid Izhar Halqi didalam Al Qur’an, maka sekarang tiba saatnya bagi Penulis untuk menjelaskan mengenai Tata Cara Membaca Idgham Bighunnah kepada kalian Para Pembaca Muslim di Laman Materi Islam ini. Hal tersebut dikarenakan Penulis sangat yakin bahwa masih banyak Pembaca Muslim dan Masyarakat Muslim yang belum begitu mengenal dan belum begitu memahami tentang Bacaan Tajwid Hukum Idgham Bighunnah didalam membaca Al Qur’an.

Selain itu didalam mempelajari Ilmu Tajwid agar bisa membaca Al Qur’an dengan baik dan benar itu hukumnya Fardhu Kifayah, yakni status hukum yg wajib dilakukan oleh Setiap Muslim – Muslimah, tetapi jika sudah ada Muslim yang melakukannya maka Kewajban itu Gugur. Oleh karena itu bisa disimpulkan bahwa kalian akan mendapatkan Pahala jika mau belajar Ilmu Tajwid didalam Al Qur’an dan akan menjadi bekal ilmu yg sangat bermanfaat karena kalian sebagai Seorang Muslim bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar menurut Tajwidnya.

Pengertian Bacaan Tajwid Idgham Bighunnah

Adapun didalam Pengertian Hukum Idgham Bighunnah Dalam Al Qur’an adalah jika menggabungkan Bacaan Huruf Nun Mati atau Nun Sukun (ن) atau Huruf Tanwin (An, In dan Un) bertemu dengan salah satu dari Huruf – Huruf Idgham Bighunnah dalam 2 perkataan maka dibaca ‘Mendengung (Dengung)’ sehingga bisa disimpulkan bahwa jika kalian dalam membaca Al Qur’an, dan menemukan Ayat antara Huruf Nun Mati atau Tanwin bertemu dg salah satu Huruf Tajwid Idgham Bighunnah maka harus dibaca Mendengung, jangan dibaca Jelas dan Tegas.

cara membaca hukum Idgham Bighunnah yang baik dan benar

Hal itu dikarenakan Definisi dari Pengertian Idgham Bighunnah sendiri terdiri dari Tiga Suku Kata yakni IDGHAM, BI dan GHUNNAH. Adapun untuk Arti Kata IDGHAM sendiri mempunyai arti Memasukkan atau Meleburkan 1 huruf yg berada didepan huruf yg ada sesudahnya, dalam Bahasa Arab bisa diartikan di Tasydid-kan. Lalu untuk Kata BI sendiri mempunyai arti Dengan, dan Ghunnah mempunyai arti Mendengung (Dengung). Mungkin bisa kalian lihat penjelasan lebih lengkapnya di bagian Cara Membaca Tajwid Idgham Bighunnah dibawah ini.

Cara Membaca Hukum Idgham Bighunnah

Kemudian untuk Cara Membaca Idgham Bighunnah didalam Al Qur’an ialah dengan Mendengung (Dengung), yakni ketika Meleburkan atau Mentasydid-kan Huruf Nun Mati (Nun Sukun) atau Tanwin bertemu dengan salah satu dari Huruf – Huruf Bacaan Idgham Bighunnah yang terdiri dari 4 Huruf yakni YAA, NUN, MIM dan WAWU maka harus dibaca Mendengung, jangan dibaca dengan Tegas dan Jelas seperti saat membaca Hukum Tajwid Izhar Halqi.

Sebagai informasi saja bahwa biasanya didalam Mushaf Al-Qur’an Standar yang ada di Indonesia, biasanya saat ada Hukum Idgham Bighunnah maka telah diberikan tanda untuk Tasydid, akan tetapi tidak semuanya telah diberikan Tasydid karena terdapat juga sebagian buku-buku Wirid, Doa – Doa, Buku Yaasin dan Al Qur’an yang tidak mencamtumkan tanda Tasydid ketika terdapat Bacaan Tajwid Idgham Bighunnah didalamnya.

Macam Huruf Idgham Bighunnah Yg Benar

Sedangkan didalam Huruf Bacaan Hukum Idgham Bighunnah ini terdiri dari Empat Huruf yang antara lain Mim, Nun, Wawu dan Yaa. Mungkin bisa kalian lihat Gambar dibawah ini untuk Huruf – Huruf Idgham Bighunnah dalam Bahasa Arabnya :

macam huruf Idgham Bighunnah

Kumpulan Contoh Idgham Bighunnah Lengkap

Sekali lagi Penulis tekankan disini bahwa didalam jika Huruf – Huruf Hukum Idgham Bighunnah seperti Mim, Nun, Wawu dan Yaa (seperti gambar diatas) bertemu dengan Nun Sukun maupun Tanwin maka dibaca dengan Mendengung (Dengung). Oleh karena itu dibawah ini Penulis telah memberikan Contoh Hukum Idgham Bighunnah secara lebih lengkap, agar kalian bisa dengan mudah memahami Bacaan Tajwid Idgham Bighunnah ini.

1. Contoh Idgham Bighunnah Dg Nun Sukun

contoh Idgham Bighunnah dg nun sukun lengkap

 

Penjelasan Contoh Bacaan Tajwid Idgham Bighunnah dengan Nun Sukun di Gambar Nomor 1 diatas ialah Huruf Nun Sukun (Nun Mati) bertemu dengan Huruf Idgham Bighunnah yakni WAWU sehingga bacaan diatas dibaca seperti ini : MIW WARAA IHIM.

Penjelasan Contoh Tajwid Idgham Bighunnah dengan Nun Mati di Gambar No 2 diatas ialah Huruf Nun Mati bertemu dengan Huruf Idgham Bighunnah yakni Mim sehingga bacaan diatas dibaca Mendengung seperti ini : NAKUNM MA’AKUM.

Penjelasan Contoh Hukum Idgham Bighunnah pada Gambar No 3 ialah Huruf Nun Sukun bertemu dengan Huruf Idgham Bighunnah yakni YAA sehingga bacaan diatas dibaca mendengung seperti ini : AYYATUUB(U).

Lalu didalam Contoh Bacaan Idgham Bighunnah pada Gambar No 4 diatas ialah Huruf Nun Mati (Nun Sukun) bertemu dengan Huruf Idgham Bighunnah yakni NUN sehingga bacaan diatas harus dibaca dengan Mendengung seperti ini : MINNAA SHIRIIN(A).

2. Contoh Idgham Bighunnah dalam Al Qur’an

contoh hukum Idgham Bighunnah dalam al qur'an

Contoh Bacaan Idgham Bighunnah didalam Al Qur’an diatas merupakan salah satu Ayat didalam Surat Al Humazah Ayat 2. Dan didalam Ayat Al Qur’an Surat Al Humazah Ayat 2 tersebut terdapat Bacaan Idgham Bighunnah karena terdapat Tanwin AN bertemu dengan Huruf Idgham Bighunnah WAWU sehingga dibaca mendengung yakni : …. MAA LAW WA‘AD DADAH.

contoh bacaan Idgham Bighunnah dalam al qur'an

Lalu didalam Gambar diatas termasuk kedalam Contoh Hukum Idgham Bighunnah di Al-Qur’an pada Surat Az-Zalzalah Ayat 6 karena didalam Ayat Al Qur’an Surat Az Zalzalah Ayat 6 tersebut terdapat Tanwin IN bertemu dg Huruf Idgham Bighunnah YA sehingga dibaca Mendengung seperti : YAUMAIDZIYYASH DURUNNAASU.

Kemudian sebagai tambahan informasi saja bahwa didalam Nun Mati (Nun Sukun) ataupun Tanwin bertemu dengan Huruf – Huruf Idgham Bighunnah dalam 1 Kata maka hal tersebut harus dibaca Jelas, bukan Mendengung karena hal tersebut termasuk kedalam Bacaan Hukum Izhar Wajib. Hanya saja aturan tersebut hanya ada 4 Kata saja didalam Al Qur’an yakni Kata AD-DUNYA,  BUNYAN, SINWAN & QINWAN sehingga selain 4 Kata didalam Al Qur’an tersebut, maka termasuk kedalam Idgham Bighunnah yg harus dibaca secara Mendengung seperti pada Bacaan Hukum Ikhfa Haqiqi.

Demikianlah Materi Islam tentang Bacaan Hukum Idgham Bighunnah didalam Ilmu Tajwid Al Qur’an yg bisa Penulis Materi Islam berikan dan jelaskan kepada kalian Para Pembaca Muslim di Laman ini. Semoga saja apa yang telah dijelaskan disini bisa berguna bagi kalian semua karena sekali lagi Penulis sangat yakin bahwa diluar sana masih banyak Masyarakat Muslim yang belum begitu memahami tentang Materi Tajwid Idgham Bighunnah ini, sehingga dengan adanya ulasan ini semoga bermanfaat bagi kalian semua yg membutuhkannya.

Incoming search terms:

  • idgham bighunnah
  • hukum idgham bighunnah
  • contoh bigham bighunnah
  • kumpulan contoh idgham bighunnah
  • tulisa idgham
  • Conntoh idghom bi gunnah
  • cari hukum idghom biggunah
  • cara membaca bacaan idgam bigunnah secara singkat
  • contoh idgham bighunnah
  • contoh tajwid idgham bigunnah
Pengertian, Contoh dan Cara Membaca Hukum Idgham Bighunnah | materiislam | 4.5