Pengertian, Contoh dan Cara Membaca Hukum Idzhar Syafawi

Cara Membaca Hukum Idzhar Syafawi – Sebelum membahas secara lebih detail mengenai salah satu Bacaan Tajwid Al Qur’an Izhar Syafawi, ada baiknya jika kalian sebagai Pembaca Muslim Materi Islam untuk mengetahui terlebih dahulu tentang Keutamaan Membaca Al Qur’an. Hal tersebut dikarenakan, Penulis sangat yakin bahwa diluar sana masih cukup banyak Pembaca Muslim dan Masyarakat Muslim di Indonesia yang belum begitu memahami tentang Keutamaan – Keutamaan Membaca Al Qur’an sebagai Kitab Allah Subhanahu wa ta’ala yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam.

Salah satu Keistimewaan Membaca Al Qur’an bisa kalian baca didalam Al Qur’an Surat Fatir Ayat 29 berbunyi : ” Sesungguhnya orang2 yg selalu membaca Kitab Allah dan mengerjakan Sholat dan menafkahkan sebagian dari Rizki yg Kami anugerahkan pada mereka dg diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yg tak akan merugi (QS. Fatir, Ayat 29) ”. Selain itu bisa kalian lihat didalam Sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi : ” Bacalah Al Qur’an karena Al Qur’an akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi Syafa’at kepada Para Ahlinya (Hadits Shahih Riwayat Muslim) ”.

Sedangkan Dalil Keutamaan Membaca Al Qur’an lainnya, dari Aisyah Ra bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: ” Seseorang yg lancar dalam membaca Al-Qur’an maka akan bersama Para Malaikat yg Mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yg membaca Al Qur’an dan terbata – bata didalamnya dan sulit atasnya bacaan itu, maka baginya 2 Pahala (HR. Muslim) ”. Dengan melihat Sabda Nabi Muhammad SAW ini, maka ada baiknya bagi kalian untuk mulai mempelajari membaca Al Qur’an yang benar sesuai Tajwidnya karena membaca Al Qur’an secara lancar akan lebih baik daripada membaca Al Qur’an secara terbata-bata.

cara membaca hukum idzhar syafawi

Oleh sebab itu ada baiknya bagi kalian Pembaca Muslim untuk mulai mempelajari salah satu Ilmu Tajwid Al Qur’an yakni Hukum Izhar Syafawi, karena salah satu Ilmu Tajwid Al Qur’an ini merupakan Hukum Ilmu Tajwid yang sering muncul (ditemui) didalam Ayat – Ayat Al Qur’an. Dengan alasan itulah Penulis Materi Islam akan menjelaskan dan menuliskan Hukum Idzhar Syafawi ini secara lebih detail kepada kalian Para Pembaca Muslim di Laman Materi Islam, karena Penulis juga sangat yakin diluar sana masih ada Pembaca Muslim yg belum begitu mengetahui dan memahami tentang Bacaan Tajwid Idzhar Syafawi ini.

Pengertian Hukum Idzhar Syafawi Lengkap

Langsung saja didalam Pengertian Bacaan Tajwid Idzhar Syafawi adalah salah satu Hukum Tajwid Mim Mati didalam Ilmu Tajwid Al Qur’an yang harus dibacakan secara Terang dan Jelas di bibir dengan posisi Mulut tertutup, jika seluruh Huruf Hijaiyah (Selain Huruf Hijaiyah MIM dan BA) bertemu dengan Huruf Hijaiyah Mim Mati atau Mim Sukun ( مْ ).

Selain itu Definisi Dua Kata antara Idzhar Syafawi mempunyai artian Idzhar berarti tidak mendengung (Terang dan Jelas), Syafawi mempunyai artian Bibir (bertemunya bibir dibagian atas dan bibir dibagian bawah) sehingga jika disimpulkan bahwa Pengertian Idzhar Syafawi ini adalah harus dibacakan secara Jelas dan Terang (Tidak Mendengung), jika Huruf Hijaiyah Izhar Syafawi bertemu dengan Mim Mati (Mim Sukun).

Contoh Macam Huruf Idzhar Syafawi Lengkap

Adapun untuk Jumlah Huruf Idzhar Syafawi ini totalnya ada 24 Huruf Hijaiyah, atau jika diingat secara lebih mudah bahwa Huruf Bacaan Tajwid Idzhar Syafawi ialah semua yang ada didalam Huruf Hijaiyah selain huruf MIM dan huruf BA. Mungkin bisa kalian lihat Contoh Gambar Huruf Idzhar Syafawi dibawah ini, agar kalian bisa dengan mudah memahaminya.

macam huruf idzhar syafawi lengkap

Cara Membaca Hukum Idzhar Syafawi Yang Benar

Kemudian untuk Tata Cara Membaca Bacaan Tajwid Idzhar Syafawi ini ialah harus dibacakan secara Jelas dan Terang dengan Mulut Tertutup di Bibir, jika salah satu dari Huruf Idzhar Syafawi (Seperti di Gambar atas) bertemu dengan Mim Mati atau Mim Sukun. Dan Cara Membaca Idzhar Syafawi ini harus lebih Jelas dan Terang jika Mim Mati (Mim Sukun) bertemu dengan Huruf Fa (ف) dan Huruf Wawu (و).

Mungkin ada baiknya jika kalian lihat salah satu Contoh Bacaan Hukum Idzhar Syafawi baik secara Sederhana maupun Contoh Idzhar Syafawi di dalam Al Qur’an. Tujuannya agar kalian bisa lebih mudah memahami Bacaan Tajwid Idzhar Syafawi ini karena bisanya jika diterapkan dengan contohnya, maka akan Mudah dalam memahaminya.

Kumpulan Contoh Hukum Idzhar Syafawi Lengkap

Sekali lagi dibawah ini Penulis telah memberikan Contoh Idzhar Syafawi baik secara Sederhana maupun Contoh Idzhar Syafawi yang ada didalam Al Qur’an, supaya kalian bisa dengan mudah memahami Bacaan Ilmu Tajwid Al Qur’an ini.

1. Contoh Hukum Idzhar Syafawi Sederhana

contoh hukum idzhar syafawi

2. Contoh Hukum Idzhar Syafawi Dalam Al Qur’an

contoh bacaan idzhar syafawi di al qur'an

Contoh Bacaan Idzhar Syafawi di dalam Al Qur’an diatas merupakan contoh idzhar syafawi yang ada di Surat Al Ikhlas Ayat 3 dan Ayat 4, bisa kalian lihat pada Huruf Merah Cetak Tebal diatas. Selain ada didalam Surat Al Ikhlas Ayat 3 dan Ayat 4, sudah tentu masih ada banyak lagi Contoh – Contoh Hukum Idzhar Syafawi didalam Surat Al Qur’an. Namun yang terpenting jika kalian menemui Huruf Hijaiyah Mim Mati (Mim Sukun) bertemu dengan salah satu dari Huruf Idzhar Syafawi maka harus dibaca secara Jelas dan Terang, tidak boleh dibaca Mendengung.

Seperti itulah pembahasan mengenai Cara Membaca Hukum Idzhar Syafawi dan Contohnya yang bisa Penulis Materi Islam berikan kepada kalian Para Pembaca Muslim. Semoga saja apa yang telah diterangkan disini tentang Bacaan Tajwid Izhar Syafawi ini bisa bermanfaat dan berguna bagi kalian Para Pembaca Muslim, khususnya Para Pelajar Muslim diberbagai Tingkat Sekolah (SD, SMP dan SMA).

Hal tersebut dikarenakan sebagai Penulis sangat meyakini bahwa diluar sana masih banyak Pembaca Pelajar Muslim dan Masyarakat Muslim yang belum begitu memahami dan belum begitu mengetahui tentang Bacaan Tajwid Mim Mati dan Bacaan Tajwid Al Qur’an yang lainnya seperti Bacaan Tajwid Idzhar Syafawi, Bacaan Idgham Bilaghunnah, Bacaan Idgham Bighunnah, Bacaan Mad Wajib Muttashil dan Bacaan Tajwid Ikhfa Syafawi sehingga dengan adanya ulasan ini semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi Para Pembaca Muslim, khususnya dalam mempelajari Hukum Idzhar Syafawi didalam Al Qur’an.

Pengertian, Contoh dan Cara Membaca Hukum Idzhar Syafawi | materiislam | 4.5