Pengertian, Contoh dan Cara Membaca Hukum Idzhar Wajib

Hukum Idzhar Wajib – Al Qur’an adalah Kitab Suci Ajaran Islam yg merupakan Firman (Wahyu) Allah Subhanahu wa ta’ala diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam dengan perantara Malaikat Jibril, yang digunakan sebagai pedoman dan petunjuk bagi Seluruh Umat Manusia karena Al Qur’an merupakan Kitab Suci Terakhir yg diturunkan oleh Allah SWT setelah Kitab Suci Taurat kepada Nabi Musa, Kitab Suci Zabur Kepada Nabi Daud, Kitab Suci Injil dibawa oleh Nabi Isa dan yg terakhir Kitab Suci Al Qur’an kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam.

Adapun didalam Keutamaan Membaca Al Qur’an sangatlah banyak sehingga telah dianjurkan sekali bagi kalian Para Pembaca Muslim untuk sering membaca Al Qur’an karena selain akan mendapatkan Pahala yg banyak, ternyata sering membaca Al Qur’an termasuk kedalam salah satu sebab masuk kedalam Surga di Hari Kiamat kelak. Hanya saja perlu ditekankan disini bahwa didalam Tata Cara Membaca Al Qur’an Yang Baik dan Benar itu harus mengerti Bacaan Hukum Tajwid Al Qur’an seperti : Hukum Tajwid Idzhar Halqi, Idgham Bighunnah, Idgham Bilaghunnah, Idzhar Wajib dan Hukum Tajwid Al Qur’an lainnya.

Oleh karena itu di kesempatan ini Penulis Materi Islam akan memberikan ulasan secara lebih detail mengenai salah satu Hukum Tajwid Dalam Al Qur’an yakni Hukum Tajwid Idzhar Wajib, hal tersebut dikarenakan Penulis Materi Islam sangat yakin bahwa diluar sana masih banyak sekali Para Pembaca Muslim dan Masyarakat Muslim yang belum begitu memahami tentang Bacaan Tajwid Idzhar Wajib ini sehingga Penulis sangat berharap dengan adanya ulasan ini maka bisa berguna dan bermanfaat bagi Pembaca Muslim yang membutuhkannya.

cara membaca hukum Idzhar Wajib yang baik dan benar

Apa Itu dan Pengertian Hukum Idzhar Wajib

Langsung saja didalam Pengertian Idzhar Wajib (Idzhar Mutlaq) ialah termasuk kedalam salah satu dari Hukum Idzhar didalam Ilmu Tajwid Al Qur’an yang harus dibaca dengan Jelas dan Terang, jika Nun Sukun atau Nun Mati (ن) atau Tanwin (AN, IN & UN) bertemu dengan Huruf – Huruf Idzhar Wajib dalam 1 Perkataan, dan Huruf Idzhar Wajib terdiri dari 4 Huruf Idzhar Wajib yakni MIM, NUN, WAWU & YAA.

Dan bisa dikatakan disini bahwa Huruf – Huruf Idzhar Wajib ini sama persis dengan Huruf – Huruf Idgham Bighunnah, karena memang didalam Bacaan Huruf dan Cara Penerapan Hukum Idzhar Wajib dengan Hukum Idgham Bighunnah itu sama. Hanya saja terdapat perbedaan didalam Cara Membaca Hukum Idzhar Wajib yg harus dibaca dengan Tegas dan Jelas dalam 1 Perkataan, dan Cara Membaca Hukum Idgham Bighunnah yg harus dibaca Mendengung (Dengung) dalam 2 Perkataan.

Macam Huruf – Huruf Idzhar Wajib

macam huruf Idzhar Wajib

Sekali lagi perlu diketahui bahwa didalam Macam Huruf Idzhar Wajib dengan Macam Huruf Idgham Bighunnah itu sama, yakni mempunyai Empat Macam Huruf Tajwid yakni MIM, WAWU, NUN & YAA. Hanya saja perbedaannya dari Kedua Hukum Tajwid Al Qur’an ini terdapat didalam Cara Membacanya sehingga bisa kalian lihat didalam penjelasan Cara Membaca Idzhar Wajib secara lebih lengkapnya dibawah ini :

Cara Membaca Hukum Idzhar Wajib

Didalam Cara Membaca Bacaan Tajwid Idzhar Wajib ini harus dibacakan secara Tegas dan Jelas, yakni jika Nun Mati (Nun Sukun) atau Tanwin bertemu dengan salah satu Empat Huruf Idzhar Wajib (MIM, WAWU, NUN & YAA) dalam 1 Perkataan. Oleh karena itu sangat perlu ditekankan sekali lagi kepada kalian Para Pembaca Muslim bahwa Huruf Idzhar Wajib dan Huruf Idgham Bighunnah memang sama (MIM, WAWU, NUN & YAA), namun Cara Membaca Hukum Tajwid Al Qur’an tersebut berbeda.

Hal tersebut dikarenakan jika Huruf Nun Sukun atau Tanwin bertemu dengan salah satu dari 4 Huruf Idzhar Wajib (MIM, WAWU, NUN & YAA) dalam 1 Perkataan maka harus dibaca secara TEGAS & JELAS karena hal tersebut termasuk kedalam Bacaan Hukum Idzhar Wajib. Akan tetapi jika Empat Huruf Idzhar Wajib dan Huruf Idgham Bighunnah (MIM, WAWU, NUN & YAA) bertemu dengan Nun Sukun atau Tanwin dalam 2 Perkataan maka harus dibaca secara MENDENGUNG (DENGUNG) karena itu termasuk kedalam Hukum Idgham Bighunnah. Perbedaan ini bisa kalian lihat contoh dibawah ini :

Contoh Bacaan Idzhar Wajib

Pada Gambar Nomor 1 diatas harus dibaca secara Jelas dan Tegas, yakni dibaca QINWAANUN karena terdapat Huruf Nun Sukun (Nun Mati) bertemu dengan WAWU dalam 1 Perkataan sehingga termasuk kedalam Bacaan Tajwid Idzhar Wajib yang harus dibaca secara Tegas dan Jelas.

Sedangkan pada Gambar No 2 diatas harus dibaca secara Mendengung yakni dibaca IUW WAHABAT karena terdapat Nun Sukun bertemu dengan WAWU dalam 2 Perkataan sehingga termasuk kedalam Bacaan Tajwid Idgham Bighunnah yg harus dibaca secara Mendengung.

Kumpulan Contoh Hukum Idzhar Wajib Lengkap

Setelah kalian telah cukup memahami tentang Pengertian dan Cara Membaca Bacaan Idzhar Wajib diatas, maka dibawah ini Penulis telah memberikan Kumpulan Contoh Bacaan Idzhar Wajib secara lebih jelas, supaya kalian bisa semakin paham dan mengerti tentang Bacaan Tajwid Idzhar Wajib ini.

1. Contoh Hukum Idzhar Wajib Yg Wajib

Contoh Hukum Idzhar Wajib

Contoh Bacaan Tajwid Idzhar Wajib didalam Al Qur’an itu hanya terdapat Empat Suku Kalimat (dlm bahasa latin) seperti diatas yakni hanya ada DUNYA, SHINWAA, BUNYAA & QINWAA.

2. Contoh Hukum Idzhar Wajib Dalam Al Qur’an

Contoh Bacaan Tajwid Idzhar Wajib dalam Al Qur'an

Pada Gambar Diatas merupakan salah satu Ayat Al Qur’an Surat As-Saffat Ayat 6, dan didalam Surat As-Saffat Ayat 6 diatas terdapat Sun Sukun bertemu dengan salah satu Huruf Idzhar Wajib yakni YAA (ADDUNYAA) dalam 1 Perkataan sehingga harus dibaca Tegas dan Jelas.

Contoh Tajwid Bacan Idzhar Wajib

Pada Gambar diatas salah satu Bacaan Tajwid Hukum Idzhar Wajib didalam Al Qur’an yakni didalam Surat As-Saff Ayat 4, dan didalam Al Qur’an Surat As-Saff Ayat 4 tersebut terdapat Nun Sukun (Nun Mati) bertemu dengan YAA (BUNYAANUN) dalam 1 Perkataan sehingga harus dibaca dengan Tegas dan Jelas.

Mungkin hanya seperti itu saja pembahasan mengenai Bacaan Hukum Idzhar Wajib didalam Ilmu Tajwid Al Qur’an yang bisa Penulis berikan dan tuliskan kepada kalian Para Pembaca Muslim di Laman Materi Islam ini. Sekali lagi semoga ulasan ini bermanfaat bagi kalian yang membutuhkannya karena Penulis sangat meyakini bahwa diluar sana masih banyak sekali Masyarakat Muslim yang belum mengerti akan Bacaan Tajwid Al Qur’an seperti Bacaan Tajwid Idzhar Wajib, Bacaan Idzhar Syafawi, Bacaan Ikhfa Syafawi dan Bacaan Idgham Bighunnah didalam Ilmu Tajwid Al Qur’an, sehingga dengan dituliskan ulasan ini semoga bisa memberikan manfaat yang banyak bagi kalian Pembaca Muslim di Indonesia.

Incoming search terms:

  • contoh contoh idh har wajib
  • contoh idzhar wajib dalam al quran yang tanwin
  • definisi pengertian contoh dari idhar mutlak
Pengertian, Contoh dan Cara Membaca Hukum Idzhar Wajib | materiislam | 4.5