Pengertian, Contoh dan Cara Membaca Hukum Ikhfa Syafawi

Cara Membaca Hukum Ikhfa Syafawi – Hukum Ikhfa Syafawi ini termasuk kedalam Ilmu Tajwid didalam Al Qur’an dan kalian sebagai Pembaca Muslim harus bisa memahami tentang salah satu Bacaan Tajwid Al Qur’an ini, karena perlu ditekankan disini bahwa didalam membaca Al Qur’an yang baik itu harus benar – benar dibaca sesuai dengan Tajwid-nya. Oleh sebab itu dengan mengetahui Tajwid Al Qur’an maka kalian dapat semakin bagus (semakin sempurna) dlm membaca Al Qur’an dan akan terhindar dari kesalahan bacaan (Lahn) saat membaca Al Qur’an karena jika terjadi kesalahan bacaannya maka wajib untuk memperbaikinya.

Selain itu Pahala dan Keutamaan Membaca Al Qur’an sendiri sangatlah banyak, dalam konteks ini kalian sebagai Pembaca Muslim bisa melihat hadits shahih dari Aisyah Ra bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : ” Seseorang yg lancar dalam membaca Al-Qur’an akan bersama Para Malaikat yg mulia dan akan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yg membaca Al-Qur’an dan terbata-bata (tidak lancar) didalam-nya & sulit atas-nya bacaan tersebut maka baginya 2 pahala (Hadits Riwayat Muslim) ”. Selain itu bisa kalian lihat juga Hadits Shahih dari Abdullah bin Mas’ud bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda berbunyi :

” Siapa yg membaca 1 huruf dari Al Qur’an maka baginya akan diganjar dengan 1 kebaikan dg bacaan tersebut, 1 kebaikan itu dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya, dan aku tak mengakatan الم  satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf (HR. Tirmidzi) ”. Oleh karena itu dg melihat Hadits Shahih diatas maka sudah sangat dianjurkan bagi kalian (Umat Muslim) agar selalu mempelajari dan membaca Al Qur’an ini karena akan diganjar dg Pahala yg sangat banyak, dan dg alasan itulah disini Penulis akan menjelaskan secara lebih dalam tentang salah satu Ilmu Tajwid Al Qur’an yakni Bacaan Tajwid Ikhfa Syafawi.

cara membaca hukum ikhfa syafawi dengan baik dan benar

Pengertian Hukum Ikhfa Syafawi Lengkap

Langsung saja didalam Pengertian Bacaan Tajwid Ikhfa Syafawi adalah salah satu Bacaan Tajwid Al Qur’an yang masuk kedalam Hukum Mim Mati, bukan Nun Sukun atau Tanwin sehingga jika Huruf Hijaiyah Mim Mati (مْ) bertemu dengan Huruf Hijaiyah Ikhfa Syafawi (Ba = ب) maka itu masuk kedalam Hukum Ikhfa Syafawi dan harus dibaca dengan suara Samar – Samar di Bibir dan Didengungkan.

Hal tersebut dikarenakan Defisini Kata Ikhfa yang memiliki artian Menyembunyikan atau Menyamarkan dan Syafawi yang mempunyai artian Bibir sehingga Pengertian Ikhfa Syafawi ialah harus dibacakan secara samar samar di bibir dan didengungkan. Selain itu perlu kalian ketahui juga bahwa didalam Macam Huruf Ikhfa Syafawi ini hanya mempunyai 1 Huruf Hijaiyah saja yakni ” BA ”, dan bisa kalian lihat Huruf Hukum Ikhfa Syafawi BA dalam tulisan Bahasa Arab dibawah ini :

huruf ikhfa syafawi

Cara Membaca Hukum Ikhfa Syafawi

Sekali lagi bahwa didalam Tata Cara Membaca Bacaan Tajwid Ikhfa Syafawi ini adalah dibaca dengan nada suara Samar – Samar (Dengung) diantara pertemuan Bibir Bawah dan Bibir Atas, jika Huruf Hijaiyah Mim Mati bertemu dengan Huruf Ikhfa Syafawi yakni Huruf BA (seperti pada gambar Ayat Arab diatas).

Selain itu perlu kalian tahu bahwa Hukum Ikhfa Syafawi ini sangat berbeda dengan Hukum Iqlab dan Hukum Ikhfa Haqiqi karena untuk Ikhfa Syafawi ini didalam Al Qur’an tidak diberikan tanda tasydid ataupun tanda yg lainnya. Akan tetapi didalam Hukum Ikhfa Syafawi ini harus tetap dibawa secara Dengung sekitar 2 sampai 3 harakat karena jika didalam Hukum Tajwid Ikhfa Syafawi tidak dibaca secara Mendengung maka akan berubah menjadi Hukum Izhar.

Kumpulan Contoh Hukum Ikhfa Syafawi Lengkap

Adapun untuk memudahkan kalian sebagai Pembaca Muslim dalam memahami Cara Membaca Ikhfa Syafawi ini, maka bisa kalian lihat Kumpulan Contoh Bacaan Tajwid Ikhfa Syafawi dibawah ini. Hal tersebut dikarenakan Penulis Materi Islam telah memberikan beberapa Contoh Ikhfa Syafawi secara sederhana dan beberapa contoh yang ada didalam Ayat – Ayat Al Qur’an untuk kalian Para Pembaca Muslim di Laman Materi Islam ini.

1. Contoh Ikhfa Syafawi Secara Sederhana

contoh bacaan tajwid ikhfa syafawi

Contoh Bacaan Tajwid Ikhfa Syafawi diatas harus dibaca secara mendengung yakni seperti ini : ” TARMII-HIMMNG BIHIJAAROTIN ” dan tidak boleh dibaca seperti : ” TARMII HIM BIHIJAAROTIN ”.

contoh hukum tajwid ikhfa syafawi

Adapun didalam Contoh Hukum Ikhfa Syafawi diatas harus dibaca secara Mendengung pula, yakni seperti ini : ” WA MAA HUMMM BIKHOORIJIINA ” dan tidak boleh dibaca seperti ini : ” WA MAA HUM BIKHOORIJIINA ”.

2. Contoh Ikhfa Syafawi didalam Al Qur’an

 

contoh hukum ikhfa syafawi dalam al qur'an

Contoh Hukum Ikhfa Syafawi Dalam Al Qur’an diatas terdapat didalam Surat Al-Alaq Ayat 14, dengan artian dalam bahasa indonesia : ” Tidaklah ia mengetahui bahwa sesungguhnya Allah melihat segala perbuatannya ? (QS. Al Alaq, Ayat 14) ”.

contoh bacaan tajwid ikhfa syafawi dalam al qur'an

Lalu Contoh Bacaan Tajwid Ikhfa Syafawi Dalam Al Qur’an merupakan Surat Al Fil Ayat 4, dengan artian dalam Bahasa Indonesia : ” Yang melempari mereka dengan batu (berasal) dri Tanah yg terbakar (QS. Al Fil, Ayat : 4) ”.

Demikianlah pembahasan mengenai Bacaan Hukum Ikhfa Syafawi didalam Ilmu Tajwid Al Qur’an yang telah dibahas dan ditulis di Artikel ini secara lebih detail dan dalam. Semoga saja apa yang telah dituliskan dan dijelaskan disini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian Para Pembaca Muslim di Laman Materi Islam ini, khususnya bagi Anak – Anak karena biasanya yang membutuhkan informasi mengenai Ilmu Tajwid Al Qur’an kebanyakan dari kalangan Anak – Anak dan Pelajar Muslim.

Namun terlepas dari itu, Penulis juga sangat meyakini bahwa diluar sana masih banyak Masyarakat Muslim yang belum begitu memahami dan belum begitu mengerti akan Bacaan Tajwid Al Qur’an seperti Bacaan Idzhar Syafawi, Idzhar Haqiqi, Bacaan Mad Wajib Muttashil dan Bacaan Hukum Ikhfa Syafawi ini sehingga Penulis sangat berharap dengan adanya tulisan ini, maka bisa berguna bagi semua yang membutuhkannya karena sekali lagi Ilmu Tajwid Ikhfa Syafawi cukup sering ada didalam Ayat – Ayat Al Qur’an sehingga sudah sangat pantas dan bijak bagi kalian Para Pembaca Muslim untuk mempelajari Ilmu Tajwid Ikhfa Syafawi ini.

Incoming search terms:

  • apa yang kalian ketahui dengan bacaan Ikhfa Syafawi
  • Cara Membaca Ikhfa Syafawi adalah
  • contoh hukum bacaan ikhfa syafawi
  • hukum ikhfa dalam alquran dan cara membaca
Pengertian, Contoh dan Cara Membaca Hukum Ikhfa Syafawi | materiislam | 4.5