Pengertian, Contoh dan Hukum Ikhfa (Ikhfa Haqiqi) Lengkap

Ilmu Tajwid Hukum Ikhfa – Kitab Suci Al Qur’an adalah Kitab Allah Subhanahu wa ta’ala yg diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam melalui Malaikat Jibril, dan perlu kalian ketahui juga bahwa Kitab Al-Qur’an ini merupakan Kitab Allah SWT yang terakhir setelah Kitab Taurat (Nabi Musa), Kitab Zabur (Nabi Daud) dan Kitab Injil (Nabi Isa) sehingga setelah diturunkan Kitab Al-Qur’an ke Nabi Muhammad SAW maka sudah tidak ada lagi Kitab yg diturunkan oleh Allah SWT dan bersamaan dengan itu Nabi Muhammad SAW juga Nabi Terakhir sehingga tidak ada lagi Nabi setelah Nabi Muhammad SAW.

Al Qur’an ini merupakan Kitab Suci Agama Islam dan tidak bisa dipungkiri bahwa Setiap Umat Muslim telah diperintahkan untuk membaca Al Qur’an karena Keutamaan Membaca Al-Qur’an sudah tentu sangatlah banyak. Hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari Abu Umamah Al Bahili RA bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Bacalah oleh kalian Al-Qur’an karena Al-Qur’an akan datang di Hari Kiamat kelak sebagai pemberi Syafa’at bagi Orang – Orang yg rajin membacanya (HR. Muslim) ”. Selain itu Sabda Rasulullah lainnya berbunyi : ” Sebaik-baik kalian ialah yg mempelajari Al-Qur’an & mengajarkan-nya (HR. Bukhari)”.

Melihat Sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam diatas maka sudah sangat dianjurkan bagi kalian Para Pembaca Muslim untuk mempelajari dan membaca Kitab Suci Al Qur’an ini karena sekali lagi Keistimewaan Membaca Al Qur’an itu sangatlah banyak, dengan alasan itulah disini Penulis akan memberikan pembahasan mengenai salah satu Ilmu Tajwid Al Qur’an yakni Bacaan Tajwid Ikhfa atau bisa juga disebut Bacaan Hukum Ikhfa Haqiqi. Hal tersebut dikarenakan didalam Cara Membaca Al Qur’an yang baik dan benar itu harus mengetahui dan memahami Ilmu Tajwid Al Qur’an dan salah satunya harus memahami Bacaan Tajwid Ikhfa ini.

cara membaca hukum ikhfa yang baik dan benar

Pengertian Ikhfa dan Ikhfa Haqiqi

Langsung saja didalam Pengertian Hukum Ikhfa ini adalah termasuk kedalam Ilmu Tajwid didalam Al Qur’an jika salah satu dari Huruf Hijaiyah Ikhfa bertemu dengan Nun Sukun atau Sun Mati (نْ) dan Huruf Hijaiyah Tanwin (Fathah Tanwin, Kasrah Tanwin dan Dhomah Tanwin) maka harus dibaca dengan MENYAMARKAN. Hal tersebut dikarenakan Definisi Kata dari Pengertian Bacaan Tajwid Ikhfa ini mempunyai artian Menyamarkan atau bisa diartikan juga Menyembunyikan, dan Bacaan Tajwid Ikhfa ini juga biasa disebut dengan Ikhfa Haqiqi.

Macam – Macam Huruf Ikhfa dan Ikhfa Haqiqi

Adapun untuk Macam Macam Huruf Hijaiyah Ikhfa itu mempunyai 15 Huruf Hijaiyah dan Lima Belas Macam Huruf Hukum Ikhfa ini bisa kalian lihat Tulisan Arabnya dibawah ini :

macam huruf ikhfa di dalam ilmu tajwid

Itulah 15 Macam Huruf Ikhfa didalam Ilmu Tajwid Al Qur’an dan jika salah satu dari lima belas huruf ikhfa tersebut bertemu dengan Nun Mati (Nun Sukun) dan Tanwin (An, In dan Un) maka harus dibacakan Samar (Disamarkan) karena hal tersebut termasuk kedalam Hukum Bacaan Tajwid Ikhfa (Ikhfa Haqiqi).

Cara Membaca Hukum Ikhfa Dalam Al Qur’an

Kemudian didalam Tata Cara Membaca Tajwid Ikhfa ini adalah dibacakan SAMAR (MENYAMARKAN) jika salah satu dari Huruf Hijaiyah Ikhfa bertemu dengan Nun Sukun dan Huruf Hijaiyah Tanwin (AN, IN dan UN). Adapun cara membaca hukum ikhfa yang menyamarkan ini, dengan mengeluarkan suara Nun Mati atau Tanwin (An, In dan Un) masih tetap terdengar Samar tetapi Samar-nya ini antara Tajwid Idhar dan Idghom, setelah itu masih terus bersambung dengan Makhroj Huruf berikutnya sehingga kedengarannya berbunyi seperti ”NG” atau ”NG”.

Mungkin ada baiknya jika kalian sebagai Pembaca Muslim di Materi Islam ini untuk melihat Kumpulan Contoh Cara Membaca Hukum Ikhfa yang baik dan benar dibawah ini karena dengan melihat langsung contoh hukum ikhfa maka Insya Allah akan lebih mudah dan lebih memahami tentang Bacaan Tajwid Ikhfa ini.

Kumpulan Contoh Bacaan Ikhfa Terlengkap

Dibawah ini beberapa Contoh Hukum Ikhfa secara lebih sederhana dan yang ada didalam Al Qur’an, agar kalian bisa dengan mudah memahami tentang Bacaan Tajwid Ikhfa ini.

1. Contoh Bacaan Ikhfa Yg Sederhana

contoh bacaan tajwid ikhfa

Contoh Bacaan Ikhfa pada Gambar nomor 1 diatas Tidak Boleh Dibaca ” MINKUM ” tetapi harus dibaca seperti ini : ” MINGKUM ” karena Suara Nun Sukun (Nun Mati) bersambung dengan salah satu Huruf Ikhfa yakni KAAF dan Mendengung. Untuk Contoh Hukum Ikhfa di Gambar nomor 2 diatas, Tidak Boleh Dibaca ” LIMAN SYAAA ” tetapi harus dibaca seperti ini : ” LIMANNY-SYAA ”.

Untuk Contoh Bacaan Ikhfa Haqiqi didalam Gambar nomor 3 diatas, tidak boleh dibaca ” MIN-THIIN ” tetapi harus dibaca seperti ini : ” MINN – THIIN ”. Untuk Contoh Hukum Tajwid Ikhfa pada Gambar nomor 4 diatas, tidak boleh dibaca ” AN-JAA ” tetapi harus dibaca seperti ini : ” ANNY – JAAA ”.

2. Contoh Bacaan Ikhfa Dalam Al Qur’an

Setelah kalian cukup memahami Contoh Bacaan Tajwid Ikhfa secara sederhana seperti diatas, maka dibawah ini bisa kalian lihat beberapa Contoh Hukum Ikhfa didalam Al Qur’an :

contoh hukum ikhfa haqiqi dalam al qur'an

Salah satu Contoh Hukum Tajwid Ikhfa didalam Al Qur’an diatas terdapat pada Surat Al-Lahab Ayat 3 dan mempunyai artian dalam Bahasa Indonesia : ” Kelak dia akan masuk kedalam Api yg bergejolak (QS. Al-Lahab Ayat 3) ”.

contoh hukum ikhfa dalam al qur'an

Lalu Contoh Hukum Ikhfa Haqiqi didalam Al Qur’an pada Gambar diatas merupakan salah satu Ayat Al Qur’an didalam Surat Ar-Rahman Ayat 62 dan mempunyai artian dalam Bahasa Indonesia : ” Dan selain dari 2 Surga itu ada 2 Surga lagi (QS. Ar Rahman Ayat 62) ”.

Mungkin hanya seperti itu saja pembahasan mengenai Bacaan Hukum Ikhfa Dalam Al Qur’an dan semoga saja apa yang telah dituliskan disini bisa bermanfaat bagi kalian Para Pembaca Muslim di Laman Materi Islam ini. Hal tersebut dikarenakan sebagai Penulis sangat meyakini bahwa diluar sana masih cukup banyak Para Pembaca Muslim dan Masyarakat Muslim di Indonesia yang belum begitu memahami dan belum begitu mengerti akan salah satu Ilmu Tajwid Ikhfa ini, sehingga dengan adanya pembahasan mengenai Hukum Ikhfa ini maka diharapkan sekali bisa bermanfaat dan berguna bagi Pembaca Muslim yang membutuhkannya.

loading...

loading...