Pengertian, Contoh dan Cara Membaca Hukum Iqlab Lengkap

Cara Membaca Iqlab – Sebelum membahas secara lebih detail mengenai Hukum Iqlab dalam Tajwid Al Qur’an, ada baiknya jika kalian terlebih dahulu untuk mengetahui dan memahami Perintah Membaca Al Qur’an didalam Ajaran Islam. Hal tersebut dikarenakan Al Qur’an sebagai Kitab Suci Agama Islam ini benar – benar telah diperintahkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam untuk dipahami dan dibaca bagi Orang – Orang Yg Beriman (Umat Muslim), dan dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam yg berbunyi :

” Bacalah oleh kalian Al Qur’an karna Al Qur’an akan datang di Hari Kiamat Kelak sebagai pemberi Syafa’at kepada Orang – Orang yg rajin membacanya (HR. Muslim, Nomor 804) ”. Selain itu bisa kalian lihat Perintah Membaca Al Qur’an didalam Hadits Shahih lainnya dari Ummul Mu’minin Aisyah RA bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda : ” Yg membaca Al Qur’an dan ia mahir membacanya maka dia akan bersama Para Malaikat yg mulia. Sedangkan yg membaca Al-Qur’an namun ia tak tepat dlm membaca-nya dan mengalami kesulitan, maka baginya 2 pahala (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ”.

Kemudian didalam Keutamaan Membaca Al Qur’an ini sangatlah banyak karena Al-Qur’an sebagai Kitab Allah SWT sehingga sudah tentu akan mendapatkan banyak Pahala dan Keutamaan Membaca Al Qur’an bagi Setiap Muslim yg membacanya, dan salah satunya bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: ” Siapa yg membaca 1 Huruf dari Al-Qur’an maka baginya 1 kebaikan dg bacaan tersebut, 1 kebaikan akan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya. Dan Aku tak mengatakan Bacaan الم itu 1 Huruf, melainkan Alif 1 huruf, Laam 1 huruf dan Mim 1 huruf ( HR. Tirmidzi) ”.

pengertian dan cara membaca hukum iqlab yang benar

Dengan melihat Hadits Shahih diatas maka bisa disimpulkan bahwa Keistimewaan Membaca Al Qur’an memang sangatlah banyak bagi Setiap Muslim yg mengamalkan dan membacanya. Hanya saja perlu ditekankan disini bahwa didalam Cara Membaca Al Qur’an Yang Benar itu, kalian diharuskan memahami dan mengenal Ilmu Tajwid Al Qur’an. Oleh karena itu disini Penulis akan membahas salah satu Ilmu Tajwid Dalam Al Qur’an yakni Ilmu Tajwid Hukum Iqlab didalam Al Qur’an karena Penulis sangat yakin diluar sana masih banyak Pembaca Muslim yg belum begitu memahami tentang Bacaan Hukum Iqlab ini.

Pengertian Hukum Iqlab Pada Ilmu Tajwid

Di dalam Pengertian Bacaan Tajwid Iqlab adalah salah satu dari Hukum Tajwid didalam Al Qur’an yang terjadi jika Huruf Hijaiyah Nun Mati atau Nun Sukun (نْ) dan Huruf Hijaiyah Tanwin (AN, IN & UN) bertemu dengan Huruf Iqlab (BA) sehingga nanti yang demikian Cara Membaca Bacaan Iqlab nya menjadi Suara MIM dengan merapatkan 2 bibir secara MENDENGUNG.

Adapun secara Definisi Pengertian Tajwid Iqlab ini mempunyai artian menggantikan atau menukar atau mengubah sesuatu dari bentuk aslinya. Oleh karena itu, hal tersebut telah memakili sebagai jawaban mengapa ketika Huruf Nun Mati (Nun Sukun) ataupun Tanwin, jika bertemu dengan Huruf Iqlab (BA) maka cara membaca dan mengeluarkan suaranya berubah menjadi suara MIM bukan BA.

Macam Huruf – Huruf Hukum Iqlab

macam huruf hukum iqlab

Untuk Macam Huruf Bacaan Tajwid Iqlab ini hanya mempunyai Satu Huruf Hijaiyah yakni Huruf BA, dan untuk penulisan Huruf BA didalam Bahasa Arab bisa kalian lihat pada gambar diatas.

Cara Membaca Hukum Iqlab Yang Benar

Kemudian didalam Cara Membaca Tajwid Iqlab ini sekali lagi dibacakan dengan mengeluarkan Suara MIM dengan cara merapatkan Dua Bibir dan dibacakan secara MENDENGUNG, jika Huruf Hijaiyah Nun Sukun (Nun Mati) maupun Tanwin (AN, IN & UN) bertemu dengan Huruf Iqlab yakni BA. Hal tersebut dikarenakan Pengertian Iqlab yang memiliki artian menggantikan dan merubah sesuatu dari bentuk aslinya, dan dalam hal ini bisa kalian lihat didalam kata BA diganti (diubah) menjadi kata MIM saat membaca Hukum Tajwid Iqlab.

Kumpulan Contoh Hukum Iqlab Secara Lengkap

Mungkin dalam konteks ini, kalian harus melihat Contoh Bacaan Tajwid Iqlab supaya kalian bisa lebih mudah dalam memahami dan mengetahui Tata Cara Membaca Hukum Iqlab yang merubah kata BA menjadi MIM secara Mendengung, jika Huruf Iqlab bertemu dengan Nun Sukun dan Tanwin didalam Al Qur’an.

1. Contoh Hukum Iqlab Secara Umum

contoh bacaan tajwid iqlab

Contoh Bacaan Iqlab pada Gambar A diatas yakni Huruf Nun Mati (Nun Sukun) bertemu dengan Huruf BA, dan cara membacanya dibaca seperti ini : ” AMMBUURIKA ” dan tidak boleh dibaca AN-BURIKA.

Lalu didalam Contoh Bacaan Hukum Iqlab di Gambar B diatas ketika Huruf Tanwin (AN) bertemu dengan Huruf BA maka harus dibaca dengan bacaan seperti ini : ” AMADAMMBA’IIDAN ” dan tidak boleh dibaca ” AMADAN-BA ‘IIDAN ”.

2. Contoh Bacaan Iqlab Pada Al Qur’an

contoh bacaan hukum iqlab dalam al qur'an

Untuk Contoh Hukum Iqlab Dalam Al Qur’an diatas merupakan salah satu Ayat Al Qur’an didalam Surat Al-Mulk Ayat 11. Dan di dalam Surat Al-Mulk Ayat 11 terdapat Bacaan Iqlab karena Huruf Nun Mati bertemu dengan Huruf BA (Lihat Pada Tanda Merah) dan dibaca seperti ini : ” BIDZAMMBIHIM ”.

contoh hukum iqlab dalam al qur'an

Lalu didalam Gambar diatas merupakan Contoh Bacaan Tajwid Iqlab Pada Al Qur’an Surat Yasin Ayat 69, dan disitu terdapat Huruf Nun Mati (Nun Sukun) bertemu dengan Huruf BA (Tanda Merah di Gambar Atas) sehingga ayat tersebut dibaca seperti ini : ” YAMMBAGHII ”.

Demikianlah pembahasan mengenai salah satu Bacaan Tajwid Al Qur’an yakni Hukum Iqlab dan semoga apa yang telah Penulis Materi Islam tuliskan disini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian semua Para Pembaca dan Masyarakat Muslim yang membutuhkannya karena sekali lagi Penulis Materi Islam sangat meyakini bahwa materi tentang Hukum Iqlab Dalam Al Qur’an ini termasuk kedalam Materi Tajwid Al Qur’an yang belum banyak dipahami oleh Masyarakat Muslim di Indonesia, sama halnya dengan Materi Bacaan Idgham Bilaghunnah dan Bacaan Mad Wajib Muttashil, sehingga diharapkan sekali dengan adanya ulasan ini maka bisa berguna bagi mereka yg membutuhkannya.

Incoming search terms:

  • Contoh iqlab
  • hukum iqlab
  • pengertian iqlab dalam ilmu tajwid
  • hukum iqlab dalam al quran
  • hukum iqla
  • hukum bacaan iqlab di baca
  • contoh tajwid iqlab
  • contoh kalimat iqlab dalam al quran
  • contoh iqlab dalam al quran
  • contoh huruf iqlab
Pengertian, Contoh dan Cara Membaca Hukum Iqlab Lengkap | materiislam | 4.5