Pengertian, Contoh dan Cara Membaca Hukum Izhar Halqi

Cara Membaca Hukum Izhar Halqi – Sebelum membahas terlebih dalam mengenai Hukum Idzhar Halqi, ada baiknya jika kalian sebagai Pembaca Muslim di Materi Islam ini untuk memahami terlebih dahulu tentang Apa Itu Hukum Izhar Halqi. Hal tersebut dikarenakan sebagai Penulis di Laman Materi Islam sangat meyakini bahwa diluar sana masih banyak Pembaca Online Muslim dan Masyarakat Muslim yang belum begitu mengenal dan belum memahami tentang salah satu Ilmu Tajwid Izhar Halqi Dalam Al Qur’an ini.

Langsung saja didalam Pengertian Hukum Izhar Halqi didalam Ajaran Islam adalah salah satu hukum bacaan didalam Ilmu Tajwid dalam Al Qur’an yang masuk kedalam Hukum Nun Sukun dan Tanwin. Perlu kalian ketahui bahwa Izhar Halqi ini termasuk kedalam Bacaan Hukum Nun Sukun (Mati) dan Tanwin yg sering muncul didalam Ayat Al Qur’an, padahal didalam Bacaan Hukum Nun Sukun dan Tanwin ini terdiri dari Lima Bacaan Hukum Tajwid yg antara lain Izhar Halqi, Idgham Bighunnah, Idgham Bilaghunnah, Iqlab dan Ikhfaa.

Cara Membaca Hukum Izhar Halqi

Lalu didalam Cara Membaca Hukum Tajwid Izhar Halqi ini ialah harus jelas, terang dan pendek sehingga ketika kalian menemui Bacaan Ayat Al Qur’an yang Berhukum Izhar Halqi maka harus dibacak dengan Suara yang jelas dan terang, tidak samar – samar dan tidak mendengung, karena sudah sangat jelas bahwa Pengertian Izhar sendiri mempunyai Arti Tegas atau Jelas, dan Halqi mempunyai arti Kerongkongan karena Makhroj (tempat keluarnya Suara Huruf) nya ialah dari Kerongkongan (Tenggorokan).

belajar hukum Izhar Halqi secara lengkap

Oleh karena itu bisa disimpulkan bahwa Cara Membaca Bacaan Tajwid Idzhar Halqi dibacakan secara Jelas dan Tegas, dengan huruf (ayat) yang dikeluarkannya dari Tenggorokan (Kerongkongan). Kemudian kapan kalian bisa menemukan Bacaan Tajwid yang termasuk kedalam Bacaan Idzhar Halqi yang dibacakan secara Tegas dan Jelas ini didalam Ayat – Ayat Al Qur’an ?. Jawabannya ialah ketika kalian menemukan Huruf Ayat Nun Sukun ( نْ ) atau Tanwin ( ٌ ٍ ً ) bertemu dengan Bacaan Huruf Izhar Halqi didalam Al Qur’an.

Huruf – Huruf Bacaan Izhar Halqi

Sekali lagi yang termasuk kedalam Bacaan Izhar Halqi ialah ketika Huruf Nun Sukun ( نْ ) dan Tanwin ( ٌ ٍ ً ) bertemu dengan salah satu dengan Huruf – Huruf Bacaan Hukum Izhar Halqi. Dan didalam Macam – Macam Huruf Idzhar Halqi ini sebanyak Enam yang antara lain Hamzah, Haa’, ‘Ain, Khaa, Ghoin dan Khoo.

huruf bacaan hukum Izhar Halqi

Perlu ditekankan sekali lagi kepada kalian Para Pembaca Muslim bahwa Bacaan Izhar Halqi diatas makhrojnya (tempat keluarnya suara huruf) dari Tenggorokan, dan Cara Membaca Bacaan Izhar Halqi ini pun harus jelas, tegas dan pendek.

Contoh Bacaan Izhar Halqi Secara Lengkap

Kemudian dibawah ini bisa kalian lihat sendiri Contoh Hukum Tajwid Izhar Halqi yang bisa menjadi media belajar kalian, agar bisa lebih memahami mengenai Hukum Izhar Halqi ini secara lebih dalam.

1. Contoh Bacaan Izhar Halqi Dg Nun Sukun

contoh bacaan Izhar Halqi

Penjelasan Contoh Bacaan Izhar Halqi nomor 1 ialah Huruf Nun Sukun (Nun Mati) bertemu dengan Huruf Izhar Halqi yakni Hamzah sehingga didalam contoh nomor 1 harus dibaca Tegas dan Jelas yakni ‘ MIN AJ ‘ dan jangan dibaca secara mendengung seperti ‘ MINN AJ ‘.

Lalu penjelasan Contoh Huruf Izhar Halqi nomor 2 diatas ialah Huruf Nun Sukun (Nun Mati) bertemu dengan Huruf Bacaan Izhar Halqi yakni Haa’ sehingga dibacanya harus tegas dan jelas, yakni seperti ini : ‘ MIN HUMA ‘.

2. Contoh Bacaan Idzhar Halqi Dg Tanwin

contoh huruf Izhar Halqi dengan tanwin

Contoh Huruf Tajwid Idzhar Halqi diatas ialah Huruf Tanwin (An) bertemu dengan Huruf Izhar Halqi yakni Hamzah sehingga contoh diatas harus dibaca dengan Tegas dan Jelas, yakni dibaca seperti ini : ‘ KUFUWAN ACHAD ‘.

3. Contoh Bacaan Izhar Halqi Dalam Al Qur’an

contoh Izhar Halqi di dalam al qur'an

Contoh Bacaan Hukum Izhar Halqi di dalam Al-Qur’an diatas merupakan salah satu ayat yang ada didalam Surat Al-Kautsar Ayat 2, dan didalam Bacaan Al Kautsar Ayat 2 tersebut terdapat Bacaan Hukum Tajwid Izhar Halqi yakni ketika Nun Sukun (Nun Mati) bertemu dengan Huruf Izhar Halqi yakni Ha (ح) sehingga dibaca dengan Jelas yakni WANHAR.

contoh bacaan Izhar Halqi dalam al qur'an

Lalu Contoh Hukum Izhar Halqi diatas merupakan Surat Al-Falaq Ayat 3 dan didalam Bacaan Surat Al Falaq Ayat 3 tersebut terdapat Bacaan Hukum Tajwid Izhar Halqi yakni ketika Tanwin (AN) bertemu dg Huruf Izhar Halqi Hamzah sehingga dibaca dengan Jelas yakni GHOSIQIN IDZAA WAGOB (A).

Demikianlah pembahasan mengenai Bacaan Hukum Tajwid Izhar Halqi yang bisa Penulis Materi Islam berikan kepada kalian Para Pembaca Muslim di Laman Materi Islam ini, dan semoga saja apa yang telah diulaskan disini mengenai Bacaan Tajwid Izhar Halqi ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian Para Pembaca Muslim karena Penulis sekali lagi sangat yakin bahwa diluar sana masih banyak Pembaca Muslim dan Masyarakat Muslim di Indonesia yang belum begitu memahami dan mengetahui tentang Bacaan Izhar Halqi ini, padahal Bacaan Tajwid Izhar Halqi cukup banyak ada didalam Ayat – Ayat Al Qur’an.

Oleh karena itu sangat diharapkan dengan adanya ulasan tentang Bacaan Tajwid Izhar Halqi ini, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi kalian Masyarakat dan Pembaca Muslim yang membutuhkan. Lalu sebagai tambahan informasi saja bahwa jika kalian ingin mempelajari dan memahami tentang Bacaan Tajwid Al Qur’an Lengkap maka kalian bisa membeli Buku Pelajaran Tajwid Penerbit dari Apollo Lestari (Surabaya) karena didalam Buku tersebut telah dituliskan dan dijelaskan secara lebih jelas dan lengkap mengenai Bacaan Tajwid Al Qur’an.

Incoming search terms:

  • apa yang dimaksud izhar halqi dan contohnya
  • pengertian idzhar halqi
  • izhar halqi contah surat huruf ain
  • idzhar hal
  • huruf izhar halqi
  • Contoh tajwid izhar di alquraan
  • contoh idzhar halqi dalam al quran
  • Contoh bacaan idzar halqi
  • bagaimanakah cara membaca hukum bacaan izhar halqi
  • yang dimaksud izhar
Pengertian, Contoh dan Cara Membaca Hukum Izhar Halqi | materiislam | 4.5