Pengertian, Contoh dan Cara Membaca Hukum Mad Wajib Muttashil

Hukum Mad Wajib Muttashil – Sebelum membahas secara lebih dalam mengenai Cara Membaca Mad Wajib Muttashil, ada baiknya bagi kalian Para Pembaca Muslim di Materi Islam ini untuk memahami terlebih dahulu tentang Dalil Perintah dan Keutamaan Membaca Al Qur’an menurut hadits – hadits shahih. Tujuannya agar kalian tau bahwa membaca Al Qur’an itu sangatlah banyak keistimewaannya sehingga dengan mengetahui keutamaan – keutamaan al qur’an ini, maka kalian bisa semakin termotivasi dan semakin semangat dalam mempelajari, mengamalkan dan membaca Al Qur’an di kehidupan kalian.

Dari Hadits Riwayat Muslim, bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : Bacalah Al Qur’an karna Al Qur’an akan datang di Hari Kiamat sebagai pemberi Syafaat kepada para ahlinya (HR. Muslim) ”. Selain itu Hadits Shahih lainnya Riwayat At Tirmidzi bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Siapa saja yg membaca 1 huruf dari Kitab Allah (Al Qur’an), maka baginya 1 kebaikan, dan 1 kebaikan itu akan dibalas dg 10 kai lipatnya (HR. At-Tirmidzi) ”. Lalu Keutamaan Membaca Al Qur’an selain akan mendapatkan Pahala yg banyak ialah akan bersama Malaikat bagi mereka yg mahir membaca Al Qur’an.

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Orang yg mahir dalam membaca Al Qur’an kelak akan mendapatkan tempat di Surga bersama para utusan yg mulia lagi baik. Sedangkan Orang yg membaca Al Qur’an dan masih terbata-bata, dan merasa berat (Susah) maka ia akan memperoleh 2 pahala. Oleh karena itu dengan melihat Hadits tersebut maka sudah sangat bijak sekali bagi kalian untuk mulai belajar supaya bisa membaca Al Qur’an dengan baik dan benar menurut Bacaan Tajwid Al Qur’annya, dan dibawah ini bisa kalian pelajar salah satu dari Bacaan Tajwid Al Qur’an yakni Bacaan Tajwid Mad Wajib Muttashil secara lebih dalam.

cara membaca hukum mad wajib muttashil lengkap

Pengertian Hukum Mad Wajib Muttashil Lengkap

Langsung saja didalam Pengertian Bacaan Mad Wajib Muttashil ini adalah salah satu dari bagian Hukum Tajwid Mad Far’i, yang sering disebut juga dengan Mad Wajib maupun Mad Muttashil. Secara etimologi bahwa Mad Wajib Muttashil ini terbagi menjadi 3 Suku Kata yakni MAD artinya Panjang Bacaan, WAJIB artinya Harus dan MUTTASHIL artinya Bersambung.

Adapun Pengertian Mad Wajib Muttashil secara lebih dalamnya ialah Bacaan Tajwid Al Qur’an apabila ada Huruf Hijaiyah Mad Thobi’i bertemu dengan Huruf Hijaiyah HAMZAH yang berharakat Kasrah, harakat Fathah ataupun harakat Dhammah ( ءَ /  ءً – ءِ / ءٍ – ءُ / ءٌ ) dalam Satu Kata, maka harus dibaca dipanjangkan sampai 2 1/2 Alif atau 5 Harakat atau 2 1/2 kali panjang dari Bacaan Mad Thobi’i.

Cara Membaca Hukum Mad Wajib Muttashil Yang Benar

Sekali lagi untuk Cara Membaca Bacaan Mad Wajib Muttashil ini wajib dipanjangkan sampai 2 1/2 Alif atau 5 Harakat atau 2 1/2 kali panjang dari Bacaan Mad Thobi’i, jika terdapat Huruf Hijaiyah Mad Thobi’i bertemu dengan Huruf Hijaiyah HAMZAH yang berharakat Kasrah, harakat Fathah ataupun harakat Dhammah ( ءَ /  ءً – ءِ / ءٍ – ءُ / ءٌ ) dalam Satu Kata.

Perlu kalian ketahui juga bahwa Bacaan Mad Wajib Muttashil didalam Kitab Suci Al Qur’an, biasanya ditandai dengan Garis yg melengkung Tebal dan tanda Mad Wajib Muttashil ini mirip seperti Gambar Pedang, yang terletak diatas dari Huruf Mad Thobi’i atau terletak diantara Huruf Hijaiyah Mad Thobi’i serta Huruf Hijaiyah Hamzah.

Kumpulan Contoh Mad Wajib Muttashil dalam Al Qur’an

Dibawah ini Penulis Materi Islam telah memberikan beberapa Contoh Bacaan Mad Wajib Muttashil dalam Juz Amma dan Contoh Hukum Mad Wajib Muttashil dalam Al Qur’an, dan semoga saja bisa memudahkan kalian dalam memahami Bacaan Tajwid Mad Wajib Muttashil ini.

1. Contoh Mad Wajib Muttashil Sederhana

contoh bacaan mad wajib muttashil lengkap

2. Contoh Mad Wajib Muttashil Dalam Al Qur’an

contoh hukum mad wajib muttashil lengkap
contoh mad wajib muttashil dalam al qur'an

Contoh Hukum Mad Wajib Muttashil diatas ada didalam Ayat Al Qur’an Surat Ad Dhuha Ayat 10 dan Surat Al jinn Ayat 16. Selain itu sudah tentu masih banyak Contoh Bacaan Mad Wajib Muttashil didalam Surat – Surat Al Qur’an, sehingga dengan adanya Contoh Mad Wajib Muttashil diatas bisa memudahkan kalian dalam mengenali dan memudahkan kalian dalam membaca Bacaan Tajwid Mad Wajib Muttashil di Surat – Surat Al Qur’an.

Mungkin hanya seperti itu saja pembahasan mengenai salah satu Hukum Tajwid Al Qur’an Mad Wajib Muttashil, dan semoga saja ulasan ini bisa berguna bagi kalian Para Pembaca Muslim di Laman Materi Islam karena sebagai Penulis sangat meyakini bahwa diluar sana masih banyak sekali Masyarakat Muslim di Indonesia yang belum begitu memahami tentang Bacaan Tajwid Al Qur’an seperti Bacaan Mad Wajib Muttashil, Bacaan Idzhar Halqi, Bacaan Ghunnah, Bacaan Ikhfa Syafawi, Bacaan Iqlab, Bacaan Idzhar Syafawi dan Bacaan Tajwid lainnya.

Oleh karena itu sekali lagi dengan adanya ulasan Bacaan Mad Wajib Muttashil ini diharapkan berguna dan bermanfaat bagi kalian Para Pembaca Muslim yang belum begitu mengerti dan memahami tentang Hukum Mad Wajib Muttashil ini, dan tak lupa Penulis memohon maaf jika terdapat Penulis Kata dan Kalimat didalam Artikel ini. Semoga bermanfaat dan berguna.

Pengertian, Contoh dan Cara Membaca Hukum Mad Wajib Muttashil | materiislam | 4.5