Hukum Membaca Doa Iftitah Dalam Sholat Wajib dan Sunnah

Doa Iftitah Dalam Sholat Sebelum membahas terlebih detail mengenai Hukum Membaca Doa Iftitah Dalam Sholat Wajib Lima Waktu, mungkin yang perlu ditekankan sekali lagi kepada kalian para Pembaca Muslim bahwa kita sebagai seorang Muslim dan Muslimah telah diwajibkan untuk selalu menunaikan Sholat Wajib Lima Waktu disetiap harinya, hal tersebut dikarenakan kita sebagai seorang Mukmin (Orang Beriman) telah diperintahkan oleh Allah SWT untuk selalu mendirikan Sholat dan untuk selalu mengingat Allah SWT.

Firman Allah SWT dalam Al Qur’an Surat Al An’am ayat 72 yang berbunyi : ” Dan agar mendirikan Sholat serta bertaqwa kepada nya. Dan dialah Tuhan yang kepadanya lah km akan dihimpunkan (QS. Al An’am Ayat :72) ”. Dan Firman Allah SWT dalam Al Qur’an Surat An-nisa Ayat 103 berbunyi : ” Maka apabila km sudah menyelesaikan Sholat km, ingatlah Allah di waktu Berdiri, di Waktu Duduk dan di Waktu Berbaring. Kemudian apabila km sdh merasa aman, maka kerjakan Sholat itu sebagaimana Biasa. Sesungguhnya Sholat itu ialah Fardhu yg ditentukan waktunya atas orang2 yg beriman (QS. An Nisa Ayat : 103) ”.

Setelah kalian mengetahui Hukum Mengerjakan Sholat Fardhu Lima Waktu yang telah diwajibkan bagi setiap Muslim dan Muslimah, seperti yang telah dijelaskan didalam Surat Al An’am Ayat 72 dan Surat An Nisa Ayat 103 diatas. Maka sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk mengetahui dan memahami tentang Hukum Membaca Doa Iftitah didalam Sholat Fardhu dan Sholat Sunnah karena yang kita tahu bahwa Bacaan Doa Iftitah ini sering sekali dibacakan saat mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu maupun Sholat Sunnah, namun masih banyak yang belum tahu akan Hukum Membaca Doa Iftitah Dalam Sholat.

Hukum Membaca Doa Iftitah Dalam Sholat Fardhu dan Sunnah

hukum membaca doa iftitah dalam sholat

Pengertian mengenai Bacaan Doa Iftitah Dalam Sholat Fardhu dan Sholat Sunnah ini adalah salah satu Doa yang dibacakan ketika melakukan Sholat baik itu Sholat Wajib Lima Waktu maupun Sholat Sunnah, dan Doa Iftitah Dalam Sholat ini dibacakan setelah kalian melakukan Gerakan Sholat Takbiratul Ikhram (Allahu Akbar), setelah itu baru membaca Doa Iftitah dan dilanjutkan membaca Surat Al Fatihah di setiap Raka’at Pertama dalam Sholat Wajib maupun Sholat Sunnah.

Adapun untuk Hukum Membaca Bacaan Doa Iftitah Dalam Sholat menurut Para Ulama adalah Sunnah Haiat, bukan Wajib. Maksud dari Sunnah Haiat ini adalah Amalan Sunnah didalam mengerjakan Sholat jika ditinggalkan atau tidak dilakukan baik secara sengaja maupun tidak disengaja maka tidak apa apa, tidak berdosa dan tidak akan membatalkan Sholat Fardhu dan Sholat Sunnah yang sedang dikerjakan.

Namun sangat dianjurkan kepada kalian Muslim dan Muslimah untuk selalu membaca Doa Iftitah ketika mengerjakan Sholat Wajib maupun Sholat Sunnah karena walaupun Hukum Doa Iftitah Dalam Sholat itu Sunnah tetapi akan menambah banyak Pahala saat dibacakan oleh kalian disaat mengerjakan Sholat Wajib atau Sholat Sunnah, selain itu Keutamaan dan Keistimewaan Doa Iftitah sendiri sangatlah banyak sehingga sangat dianjurkan untuk selalu dibacakan oleh kalian baik saat mengerjakan Sholat Fardhu Secara Sendirian maupun secara Berjamaah (Makmum).

Keutamaan Doa Iftitah Dalam Sholat

Sekali lagi disampaikan kepada kalian bahwa walaupun Hukum Doa Iftitah Dalam Sholat itu Sunnah dan bukan Wajib, tetapi didalam Doa Iftitah saat dibacakan disaat mengerjakan Sholat Wajib maupun Sholat Sunnah mempunyai banyak sekali keistimewaannya, dan Keutamaan Doa Iftitah Dalam Sholat bisa kalian lihat dibawah ini :

Dari Ibnu Umar Ra menyebutkan bahwa pernah saat kami mengerjakan Sholat bersama Nabi Muhammad SAW, terdapat seorang Jama’ah (Makmum Sholat) bersuara dengan membaca Doa Iftitah, lalu Nabi Muhammad SAW bertanya : ” Siapa yg mengatakan Kalimat tadi ”, maka orang yang membaca Doa Iftitah tadi menjawabnya. Lalu Nabi Muhammad SAW berkata bahwa ” Saya heran dengan kalimat itu (Doa Iftitah), karena kalimat itu mampu membuat Pintu – Pintu Langit ”.

Lalu Keutamaan Membaca Doa Iftitah Dalam Sholat yang lain telah dijelaskan didalam Hadits Shahih Riwayat Muslim bahwa Nabi Muhammad SAW pernah mendengarkan ada sahabat yang membaca Doa Iftitah, kemudian Nabi Muhammad SAW berkata : ” Saya melihat ada Dua Belas Malaikat yg berebut untuk mengantarkan Doa ini kepada Allah SWT (Hadits Riwayat Muslim nomor 1385) ”.

Demikianlah pembahasan tentang Hukum Doa Iftitah Dalam Sholat Fardhu dan Hukum Doa Iftitah Dalam Sholat Sunnah. Semoga saja pembahasan mengenai Doa Iftitah Dalam Sholat ini bisa bermanfaat bagi kalian karena saya pribadi sebagai penulis sangat meyakini bahwa diluar sana masih ada Masyarakat Muslim yang ada di Indonesia yang belum begitu mengetahui dan memahami Bacaan Doa Iftitah Dalam Sholat.

loading...

loading...