Hukum Membaca Doa Qunut Saat Sholat Subuh Menurut Ulama

Hukum Membaca Doa Qunut Sholat Subuh – Sebelumnya Penulis telah menjelaskan secara lebih dalam tentang Lafadz Doa Qunut Sholat Subuh, maka dipertemuan kali ini Penulis akan memberikan ulasan penting lainnya yakni tentang Hukum Doa Qunut Sholat Subuh Menurut Para Ulama. Hal ini dikarenakan Penulis sangat yakin bahwa diluar sana masih banyak Pembaca Muslim yang ada di Indonesia yang belum begitu memahami tentang Doa Qunut Saat Sholat Subuh, apalagi jika melihat fakta bahwa Mayoritas Masyarakat di Indonesia adalah Muslim (Beragama Islam) sehingga semakin menguatkan Opini saya sebagai Penulis di Laman Materi Islam ini.

Namun sebelumnya, mesti kalian ketahui terlebih dahulu tentang Apa Itu Doa Qunut, dan langsung saja didalam Pengertian Doa Qunut Sholat Subuh adalah bacaan doa yang dibacakan disaat Gerakan Sholat I’tidal (Sesudah Gerakan Shalat Ruku dan Sebelum Gerakan Shalat Sujud Pertama) di Rakaat Kedua Sholat Subuh. Adapun Keutamaan Doa Qunut ini adalah untuk meminta Kebaikan, Petunjuk, Keselamatan dan memohon agar terhindar dari Musibah dan Bencana kepada Allah Subhanahu wa ta’ala karena Isi Kandungan didalam Doa Qunut mempunyai artian Seorang Hamba yang meminta Petunjuk, Keselamatan dan memohon Ampunan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Kemudian didalam Pembagian Doa Qunut sendiri terbagi menjadi Dua Macam Doa Qunut yang antara lain (Pertama) Doa Qunut Sholat Subuh yang dibacakan didalam Sholat Subuh saat Gerakan Sholat I’tidal di Rakaat Kedua, dan (Kedua) adalah Doa Qunut Nazilah yakni Doa Qunut yang dapat dibacakan didalam Sholat Wajib Subuh dan Sholat Wajib Lainnya karena Kandungan (Makna) Doa Qunut Nazilah ini lebih kepada memohon perlindungan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dari Marabahaya. Lalu Bacaan Doa Qunut pertama kali dibacakan dan dilakukan Menurut Ukramah ialah ketika Bani Sulaim terkena musibah, dan dalam hal ini bisa kalian lihat Hadits Shahih dari Ibnu Abbas RA berkata bahwa :

” Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam membaca Doa Qunut dalam Satu Bulan berturut – turut di saat Waktu Sholat Wajib Dzuhur, Sholat Ashar, Sholat Maghrib, Sholat Isya dan Sholat Subuh yang ditempatkan (dibacakan) di akhir semua Sholat jika sesudah berkata سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ (Saat Gerakan Shalat I’tidal) di Rakaat Terakhir, mereka berdoa atas kehidupan dari Bani Sulaim atas Ri’al, Zukwan, Ushbah dan Orang Yg Beriman sesudahnya (Hadits Riwayat Abu Dawud dan Ahmad) ”. Oleh karena itu dikesempatan ini Penulis akan memberikan informasi mengenai Hukum Membaca Doa Qunut Saat Sholat Subuh Menurut Empat Madzhab yakni Madzhab Syafi’i, Madzhab Hambali, Madzhab Hanafi dan Madzhab Maliki.

Hukum Membaca Doa Qunut Dalam Sholat Subuh di Ajaran Islam

hukum membaca doa qunut sholat subuh

Menurut Madzhab Imam Syafi’i dan Maliki

Hukum Doa Qunut Saat Sholat Subuh Menurut Madzhab Imam Syafi’i dan Madzhab Maliki adalah tidak ada Qunut didalam Shalat Wajib Lima Waktu lainnya selain pada Shalat Wajib Subuh dalam setiap Keadaan, baik itu Keadaan (Kondisi) Kaum Muslim tertimpa Bencana (Musibah) ataupun tidak. Tetapi membaca Doa Qunut boleh dibacakan di Sholat Subuh dan Sholat Wajib Lainnya jika Kaum Muslimin terkena Musibah dan Bencana, dalam hal ini membaca Doa Qunut Nazilah. Sehingga bisa disimpulkan bahwa Menurut Ulama Syafi’i dan Maliki terdapat Doa Qunut didalam Sholat Subuh dlm keadaan apapun.

Pendapat tentang Hukum Doa Qunut Dalam Sholat Subuh dari Kedua Madzhab ini (Madzhab Syafi’i dan Madzhab Maliki) didasarkan oleh Hadits Shahih seperti Hadits Shahih dari Anas bin Malik bahwa : ” Sesungguhnya Anas bin Malik ditanya oleh Para Sahabat, ‘ Apakah Nabi AS membaca Qunut disaat Sholat Subuh ?’, Maka Anas bin Malik menjawabnya : ‘ YA ‘. Lalu Sahabat bertanya lagi kepada Anas : ‘ Apakah sebelum Ruku ataupun Sesudah-nya ? ‘, lalu Anas menjawabnya : ‘ Sesudah Ruku ‘. Dan sebagaimana diriwayatkan oleh Ahmad, bahwa Anas berkata : ‘ Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam, tidak pernah berhenti membaca doa qunut disaat Sholat Subuh sampai Rasulullah Wafat ”.

Menurut Madzhab Hanafi dan Hambali

Sedangkan Hukum Membaca Qunut Dalam Sholat Subuh Menurut Madzhab Hanafi dan Madzhab Hambali adalah tidak disyariatkan membaca Doa Qunut disaat Sholat lainnya, selain disaat Waktu Nawaazil yakni ketika Kaum Muslim sedang tertimpa Bencana (Musibah) dan membaca Doa Qunut Nazilah disaat Sholat Wajib Subuh, dan yang membaca Doa Qunut Nazilah ini adalah Imam Sholat Subuh yang diamini oleh Jama’ah (Makmum Sholat Subuh) dan tidak ada Doa Qunut jika Sholat Subuhnya Sendirian. Untuk Pendapat Hukum Membaca Qunut Saat Sholat Subuh Menurut Madzhab Hanafi dan Madzhab Hambali ini didasari oleh Hadits Shahih yang diriwayatkan oleh Zubair bahwa : ” Khulafaur Rasyidin yang tiga yakni Abu Bakar Ash-Shiddiq, Umar bin Khattab dan Utsman bin Affan, sesungguhnya Mereka tidak membaca Doa Qunut didalam Sholat Subuh ”.

Demikianlah Pendapat Keempat Madzhab (Ulama) tentang Hukum Membaca Doa Qunut Saat Shalat Subuh, dan di Indonesia sendiri Mayoritas Masyarakat Muslim di Indonesia ada yang mengamalkan (membaca) Doa Qunut Ketika Sholat Subuh baik dikondisi apapun dan dalam hal ini biasanya Mayoritas Masyarakat Muslim Nahdlatul Ulama. Tetapi ada juga yang tidak mengamalkan (tidak membaca) Doa Qunut ini di Sholat Subuh, hanya saja boleh dibacakan ketika sedang ada Kaum Muslim yang terkena Musibah (Bencana) dengan membaca Doa Qunut Nazilah di Sholat Subuh, dan biasanya hal ini dilakukan oleh Masyarakat Muslim Muhammadiyah.

Mungkin hanya seperti itu saja penjelasan yang bisa Penulis sampaikan terkait Hukum Membaca Doa Qunut, dan semoga saja ulasan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian Para Pembaca Muslim yang ada di Indonesia karena tidak bisa dipungkiri bahwa diluar sana masih banyak sekali Masyarakat Muslim – Muslimah di Indonesia yang belum begitu memahami dan mengerti akan Doa Qunut Sholat Subuh sehingga diharapkan dengan adanya ulasan ini bisa berguna bagi mereka yang membutuhkan. Lalu sebagai informasi tambahan saja bahwa jika kalian ingin mengetahui Tata Cara Sholat Subuh Dengan Qunut baik itu Secara Berjamaah maupun Secara Sendirian, kalian bisa langsung menuju tautan tersebut karena disitu telah dijelaskan secara lengkap Tata Cara dan Niat Mengerjakan Sholat Subuh Dengan Qunut di Ajaran Islam.

Incoming search terms:

  • hukum membaca doa qunut setelah sholat subuh menurut imam hanafi
  • Subway subuh dari awal squishy Bu dari awal squishy buah dari awal
Hukum Membaca Doa Qunut Saat Sholat Subuh Menurut Ulama | materiislam | 4.5