Hukum Membuat Istri Menangis Bagi Suami di Ajaran Islam

Apa Hukum Membuat Istri Menangis – Pertanyaan pertanyaan seperti itu sudah tentu banyak sekali ditanyakan oleh Umat Muslim dan Muslimah yang sudah Menikah, karena memang tidak bisa dipungkiri bahwa didalam pernikahan pastinya tidak akan selalu Langgeng dan Mulus terus, pastinya akan terjadi suatu Permasalahan – Permasalahan didalam Rumah Tangga. Hal tersebut dikarenakan didalam sebuah Hubungan Rumah Tangga ini terdiri dari Dua Orang, Dua Pemikiran dan Dua Pola Pikir yang pastinya berbeda antara Suami dan Istri.

Sehingga sangatlah wajar dan umum sekali, jika didalam sebuah Rumah Tangga terdapat Perdebatan, Permasalahan dan Beda Pendapat. Hanya saja Permasalahan – Permasalahan didalam Rumah Tangga, sebaiknya dihadapi dengan kepala dingin dan kesabaran antara kedua pihak (Suami dan Istri) karena memang didalam Ajaran Islam sendiri telah memerintahkan kepada Setiap Muslim – Muslimah yang sudah Menikah untuk selalu menjaga Hubungan Pernikahan dan jangan sampai Pernikahan yang telah dibina bersama itu Kandas ditengah Jalan (Bercerai).

Selain itu antara Suami dan Istri harus benar – benar sadar dan saling meyadari tentang Kewajiban Seorang Suami Kepada Istri dan Kewajiban Seorang Istri Kepada Suami, karena dengan saling menyadari Tugas dan Kewajiban masing – masing maka Insa Allah Pernikahan yang kalian jalani tersebut akan selalu Nyaman, Tentram dan Langgeng. Kemudian kembali ke pertanyaan diatas bahwa Apa Hukumnya Suami Membuat Istri Menangis dan Apakah Berdosa Jika Suami Membuat Istri Menangis ?. Dalam konteks ini bisa kalian lihat penjelasannya dibawah ini.

Hukum Membuat Istri Menangis Untuk Suami Menurut Hadits

hukum membuat istri menangis dalam islam

Langsung saja bahwa didalam Hukum Membuat Menangis Istri Bagi Seorang Suami ialah tidak dibolehkan, tidak dibenarkan dan malahan akan terjerumus mendapatkan Dosa, apalagi jika Seorang Istri tidak membuat Kesalahan maka Seorang Suami tidak berhak untuk membuat Seorang Istri Menangis, karena kewajiban Seorang Suami atas Istrinya ialah menyayangi dan menjaga Istrinya dengan baik dan penuh kasih sayang. Dalam hal ini bisa kalian lihat beberapa Dalil dan Hadits tidak dibolehkan Suami Membuat Istri Menangis, dibawah ini :

1. Al Qur’an Surat An Nisa Ayat 19

Firman Allah SWT didalam Al Qur’an Surat An-Nisa Ayat 19 berbunyi : ” Hai orang2 yg beriman, tidak halal bagi km mempusakai Wanita dg jalan Paksa dan jangan-lah km menyusahkan mereka karna hendak mengambil kembali sebagian dari apa yg sdh km berikan kepada-nya, terkecuali bila mereka melakukan pekerjaan keji yg nyata. Dan Pergaulilah Istrimu dengan BAIK, kemudian bila km tdk menyukai mereka, (maka bersabarlah) karna mungkin km tak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yg banyak (QS. An Nisa Ayat 19) ”.

2. Al Qur’an Surat Al Ahzab Ayat 58

Firman Allah SWT didalam Al Qur’an Surat Al Ahzab Ayat 58 berbunyi : ” Dan Orang-Orang yg menyakiti Orang-Orang yg Muslim dan Muslimah tanpa kesalahan yg mereka perbuat, maka sesungguhnya mereka sudah memikul kebohongan dan dosa yg nyata (QS. Al Ahzab Ayat 58) ”. Oleh karena itu dengan melihat Firman Allah SWT tersebut, maka Hukum Menyakiti Hati Istri sampai Menangis bagi kalian (Suami), tidak dibolehkan dan akan mendapatkan Dosa jika membuat Menangis Istri nya tanpa sebab, apalagi jika Istrinya tidak melakukan Kesalahan apa pun.

3. Sabda Nabi Muhammad SAW

Kemudian terdapat Sabda Nabi Muhammad SAW tentang seorang Suami tidak boleh Memukul dan Menyakiti Hati Seorang Istri, yang diriwayatkan dalam Hadits Abu Daud berbunyi : ” Kewajiban seorang Suami kepada Istrinya adalah Suami harus memberikan Makan kepada-nya, jika dia makan dn memberi pakaian kepada-nya, jika dia berpakaian dan tidak boleh memukul muka-nya, dan tidak boleh memperolokkan dia, dan juga tidak boleh meninggalkan-nya kecuali di tempat tidur ketika Istrinya membangkang (HR. Abu Daud) ”.

Demikianlah pembahasan mengenai Hukum Membuat Istri Menangis Sesuai Hadits Shahih di Ajaran Islam, dan secara kesimpulannya ialah Sang Suami tidak boleh dan tidak berhak untuk menyakiti Hati Istri dan membuat Istri Menangis, jika Istrinya Taat dan Tidak melakukan Kesalahan apapun terhadap Suaminya. Tetapi jika Seorang Istri membangkang dan tidak Taat kepada Suaminya, maka Sang Suami boleh meninggalkannya sendirian di Tempat Tidur dan jika perlu pukullah mereka, tetapi dengan Pukulan Yang Tidak Melukai, itu pun jika Seorang Istri benar – benar tidak Taat dan Membangkan terhadap Suaminya.

Perlu kalian ketahui juga bahwa membahagiakan Istrinya maka akan mendapatkan Pahala dan dapat menggugurkan Dosa – Dosa. Dalam Hadits disebutkan bahwa : ” Barangsiapa yg membuat gembira Hati Istrinya, maka seakan – akan dia menangis takut kepada Allah SWT. Barangsiapa menangis karena Takut kepada Allah SWT, maka Allah akan mengharamkan tubuh-nya masuk kedalam Neraka. Sesungguhnya ketika Suami Istri saling memperhatikan, maka Allah akan memperhatikan mereka berdoa dg penuh Rahmat. Saat Suami memegang telapak tangan Istri-nya, maka Bergugur-lah Dosa2 Suami Istri tersebut lewat Sela2 Jari mereka (HR. Maisarah bin Ali) ”.

Incoming search terms:

  • berdosakah istri tak jalani kewajiban karena duami tak memperhatikanya
  • hadits tentang tanggung jawab dan kewajiban suami
  • hukum membuat istri menangis dalam islam
Hukum Membuat Istri Menangis Bagi Suami di Ajaran Islam | materiislam | 4.5