Jumlah Raka’at Sholat Tahajud Menurut Hadits Shahih

Jumlah Raka’at Sholat Tahajud – Setelah dipertemuan sebelumnya telah membahas secara lebih lengkap mengenai Tata Cara dan Niat Sholat Tahajud maka kali ini Penulis akan memberikan informasi mengenai Jumlah Raka’at Mengerjakan Sholat Tahajud. Hal tersebut dikarenakan Sholat Tahajud sebagai Sholat Sunnah Malam yang sering dan banyak dikerjakan oleh Masyarakat Muslim di Indonesia sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa diluar sana masih banyak Pembaca Muslim yang belum mengetahui Berapakah Jumlah Rakaat Shalat Tahajud yang benar menurut Hadits Shahih.

Selain Keutamaan Mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud yang banyak, Sholat Sunnah Malam ini telah diperintahkan oleh Allah SWT untuk dikerjakan bagi setiap Orang Yang Beriman sebagai suatu Ibadah Tambahan. Hal ini seperti diterangkan didalam Surat Al Isra Ayat : 79 yang berbunyi : ” Dan pd sebagian Malam hari, Shalat Tahajudlah km sebagaimana Ibadah tambahan bagi km, mudah – mudahan Allah mengangkat km ketempat yg terpuji (QS. Al Isra Ayat 79) ”. Dan didalam Al Qur’an Surat Al Insan Ayat 26 berbunyi : ” Dan pd sebagian dari Malam, maka Sujud-lah kepada nya dan bertasbih-lah kpd nya pd bagian yg panjang dimalam hari (QS. Al Insan Ayat : 26) ”.

Dengan melihat Firman Allah Subhanahu wa ta’ala pada Surat Al Isra Ayat 79 dan Surat Al Insan Ayat 26 diatas maka sudah sangat baik sekali bahwa kalian sebagai seorang Muslim untuk mengerjakan Sholat Sunnah Malam sebagai suatu Ibadah Tambahan bagi kamu, sesudah mengerjakan Sholat Fardhu Lima Waktu. Namun yang mesti ditekankan disini bahwa jika kalian berniat untuk mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud maka diharuskan untuk tidur terlebih dahulu, walaupun tidurnya hanya sebentar saja karena Syarat Sah Menunaikan Sholat Sunnah Malam Tahajud ialah tidur terlebih dahulu.

Jumlah Raka’at Sholat Tahajud Yang Benar Menurut Hadits

jumlah raka'at sholat tahajud menurut hadits

Kemudian untuk Jumlah Raka’at Sholat Tahajud sejatinya bisa dikerjakan dengan Minimal sebanyak Dua Raka’at dan bisa dikerjakan sebanyak – banyaknya. Hanya saja didalam menunaikan Sholat Sunnah Malam Tahajud ini disetiap 2 Raka’at terdapat 1 salam, sehingga jika kalian akan mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud sebanyak 4 Raka’at maka dikerjakan sebanyak 2 kali dan jika dikerjakan dengan 6 Raka’at maka dikerjakan sebanyak 3 kali.

Terdapat Hadits Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda berbunyi : ” Sholat Malam (Tahajud) itu 2 Raka’at 2 Raka’at. Jika salah seorang dari kalian khawatir akan masuk Waktu Shalat Subuh, hendaklah dia menunaikan Sholat 1 Raka’at sebagai Sholat Sunnah Witir (Penutup) bagi Sholat yang sudah dilaksanakannya sebelumnya (Hadits Riwayat Bukhari no 990 dan Muslim no 749) ”.

Lalu didalam Hadits Riwayat Muslim menerangkan dari Zaid bin Kholid Al Juhani berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Aku pernah memperhatikan Sholat Malam yg dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Beliau pun mengerjakan 2 Raka’at Ringan, setelah itu menunaikan Sholat 2 Raka’at yg panjang2. Setelah itu Beliau mengerjakan Sholat 2 Raka’at yg lebih ringan dari sebelumnya.

Setelah itu Beliau mengerjakan Sholat 2 Raka’at lagi yg lebih ringan dari sebelumnya. Lalu Beliau pun mengerjakan Sholat 2 Raka’at yg lebih ringan dari sebelumnya. Kemudian Beliau Mengerjakan Sholat 2 Raka’at yg lebih ringan dari sebelumnya. Lalu terakhir Beliau mengerjakan Witir 1 Raka’at sehingga Beliau mengerjakan Sholat Malam ketika itu sebanyak 13 Raka’at (Hadits Riwayat Muslim no 765) ”. Kemudian didalam Hadits Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim menerangkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yang berbunyi : ” Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam biasa melaksanakan Sholat Malam sebanyak 13 Raka’at (HR. Bukhari nomor 1138 dan Muslim nomor 764) ”.

Dengan melihat Hadits Shahih diatas bahwa Nabi Muhammad SAW dalam mengerjakan Sholat Sunnah Malam sebanyak 13 Raka’at. Namun sekali lagi bahwa Jumlah Raka’at Sholat Tahajud itu minimal bisa dikerjakan sebanyak Dua Raka’at dengan Satu Salam, tetapi jika kalian ingin mengerjakan Sholat Sunnah Malam seperti apa yang telah di lakukan oleh Nabi Muhammad SAW, maka kalian bisa mengerjakan Sholat Tahajud sebanyak 12 Raka’at yang dilakukan sebanyak 6 kali dan ditutup dengan Sholat Witir Satu Raka’at.

Sebagai tambahan saja bahwa Sholat Sunnah Tahajud ini dilakukan di malam hari, namun didalam Waktu Sholat Tahajud Terbaik itu dikerjakan di Seperti Tiga Malam Terakhir karena sudah terdapat Hadits Shahih yang menerangkan bahwa di Waktu Sepertiga Malam Terakhir itu merupakan Waktu Malam yang terbaik untuk memanjatkan doa dan meminta ampunan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Namun kalian harus tidur terlebih dahulu sebelum mengerjakan Sholat Sunnah Tahajud ini karena sekali lagi Syarat Sah Sholat Tahajud itu harus tidur terlebih dahulu.

loading...

loading...