5 Keutamaan Berwudhu Sebelum Tidur Menurut Hadits

Manfaat dan Keutamaan Berwudhu Sebelum Tidur – Pengertian mengenai Wudhu didalam Ajaran Islam adalah salah satu cara untuk Mensucikan Anggota Tubuh dengan Air Yang Suci Lagi Mensucikan dari Hadats – Hadats Kecil dan melakukan Wudhu telah diwajibkan bagi setiap Muslim – Muslimah ketika akan mengerjakan Ibadah Thawaf di Ka’bah, ketika akan menyentuh dan membaca Al Qur’an dan ketika akan mengerjakan Shalat, baik itu Shalat Wajib Lima Waktu dan Shalat Sunnah karena Berwudhu sudah menjadi salah satu Syarat Sah Mengerjakan Shalat sehingga tidak akan sah Shalat nya jika tidak melakukan Wudhu (Berwudhu).

Namun Berwudhu bersifat Sunnah dan telah di Sunnahkan ketika akan melakukan aktivitas seperti berikut ini Berwudhu sebelum melakukan Mandi Wajib, Berwudhu Sebelum Tidur, Berwudhu ketika akan melanjutkan Adzan dan Iqamah, Berwudhu ketika akan ke Makam Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam dan Berwudhu ketika akan mengulangi Hubungan Badan bersama Suami atau Istri. Oleh karena itu jika kalian melakukan Wudhu (Berwudhu) ketika melakukan Aktivitas tersebut maka kalian akan mendapatkan Pahala dan Keutamaannya karena kalian telah melakukan apa yang di Sunnahkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam.

Sunnah dan Perintah Berwudhu Sebelum Tidur bisa kalian baca didalam Hadits dari Al-Barra bin Azib Ra mengatakan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda: ” Apabila km hendak akan Tidur, Berwudhulah sebagaimana Wudhu ketika akan Shalat. Kemudian berbalinglah miring ke Kanan dan Bacalah…… (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ”. Selain itu terdapat Hadits Shahih Al Imam Ibnu Hibban meriwayatkan dari Ibnu Umar Ra berkata bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Barangsiapa yg tidur dlm keadaan Suci (Berwudhu) maka Malaikat akan bersamanya di dlm pakaian-nya. Dan tidaklah dia bangun melainkan Malaikat Berdoa: ‘ Ya Allah, Ampunilah Hamba Mu si Fulan karena dia Tidur dlm keadaan Suci (Berwudhu) ”.

5 Manfaat dan Keutamaan Berwudhu Sebelum Tidur Menurut Hadits

manfaat dan keutamaan berwudhu sebelum tidur lengkap

Dengan melihat Anjuran Menjaga Wudhu Sebelum Tidur dlm Hadits Shahih diatas, maka sudah sangat jelas bahwa Berwudhu Ketika Akan Tidur sangatlah penting dan sangat dianjurkan sekali dilakukan. Untuk itu dalam kesempatan ini Penulis akan menjelaskan Keutamaan Menjaga Wudhu Sebelum Tidur Menurut Hadits – Hadits Shahih secara lebih dalam dan detail, karena Penulis sangat meyakini bahwa masih banyak Masyarakat Muslim Indonesia diluar sana yg belum begitu memahami dan mengerti akan Keutamaan Berwudhu Ketika Akan Tidur sehingga dg ada-nya pembahasan ini diharapkan bisa menjadi suatu Motivasi Pembaca Muslim untuk selalu Menjaga Wudhu Sebelum Tidur.

Akan Mendapatkan Pahala Sunnah

Untuk Keistimewaan Berwudhu Sebelum Tidur Menurut Hadits Yang Pertama adalah akan mendapatkan Pahala Sunnah banyak karena Kalian telah melakukan dan menghidupkan apa yg sudah menjadi Perintah dan Sunnah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam, dan sekali lagi melakukan Wudhu Sebelum Tidur merupakan salah satu Sunnah Nabi Muhammad SAW kepada Umat Muslim. Dari Amr bin Auf bin Zaid Al-Muzani Ra berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: ” Barangsiapa yg menghidupkan Satu Sunnah dari Sunnah2 Ku, lalu diamalkan oleh Manusia maka dia akan mendapatkan Pahala seperti Pahala Orang2 yg mengamalkan-nya dg tidak mengurangi Pahala mereka Sedikit pun ”.

Akan di Doakan Oleh Malaikat

Lalu Rahasia Berwudhu Sebelum Tidur Menurut Hadits Yang Kedua adalah akan didoakan oleh Para Malaikat karena saat Muslim – Muslimah melakukan Wudhu Sebelum Tidur maka Malaikat akan mengikuti dan mendoakan kepada Allah SWT supaya di Ampuni Dosa – Dosa Mereka (Muslim – Muslimah) yang Menjaga Wudhu Ketika Akan Tidur. Hadits Shahih Al Imam Ibnu Hibban meriwayatkan dari Ibnu Umar Ra berkata bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Barangsiapa yang tidur dlm keadaan Suci (Berwudhu) maka Malaikat akan bersamanya di dalam pakaian-nya. Dan tidaklah dia bangun melainkan Malaikat Berdoa: ‘ Ya Allah, Ampunilah Hamba Mu si Fulan karena dia Tidur dlm keadaan Suci (Berwudhu) ”.

Akan Dianggap Mati Syahid

Untuk Keutamaan Berwudhu Sebelum Tidur Yang Ketiga adalah akan dianggap Mati Syahid ketika kalian sebagai Seorang Muslim – Muslimah meninggal saat Tidur dalam keadaaan masih Terjaga Wudhunya. Dalam Kitab yg dituliskan oleh Syekh Muhammad bin Umar An. Nawawi Al Mantany dlm bukunya menjelaskan bahwa Seseorang yg melakukan Wudhu sebelum Tidur dan ketika Dia meninggal maka dianggap Mati Syahid. Lalu dalam Hadits Shahih Umar bin Harits bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda: ” Barangsiapa Tidur dlm Keadaan Terjaga Wudhunya, maka apabila Mati disaat Tidur maka Matinya dlm Keadaan Syahid di sisi Allah SWT ”.

Dapat Melepaskan Ikatan Setan Saat Tidur

Untuk Hikmah Berwudhu Sebelum Tidur Menurut Hadits Yang Keempat adalah akan melepaskan Ikatan Setan ketika Seorang Muslim – Muslimah sedang Tidur karena Setan akan selalu mengikuti dan mengganggu Manusia sampai saat mereka Tidur. Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda: ” Setan akan datang mengikat ujung kepala kalian ketika sedang tidur dg 3 ikatan. Pada setiap ikatan setan akan membisikkan ‘Km masih memiliki malam yg panjang, maka tidurlah’. Jika Km bangun dan mengingat Allah SWT maka akan terlepas-lah ikatan pertama-mu, lalu jika Km berwudhu, lepas lah ikatan kedua, jika Km mengerjakan Shalat, lepaslah ikatan ketiga (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim) ”.

Wajah Menjadi Bersih, Segar dan Bercahaya

Lalu Manfaat Berwudhu Sebelum Tidur Yang Kelima adalah akan membuat Wajah menjadi Segar dan Bersih karena dengan Wudhu maka Anggota Badan seperti Muka, Kedua Tangan, Kepala dan Kedua Kaki akan terkena dan dibersihkan oleh Air yang digunakan untuk Berwudhu sehingga ketika Kalian Rajin Berwudhu maka akan terlihat Bersih dan Segar. Selain itu Keutamaan Wudhu juga dapat membuat Anggota Tubuh tersebut Bercahaya di Akhirat Kelak, dijelaskan didlm Hadits Shahih bahwa Rasulullah SAW bersabda: ” Sesungguhnya umatku akan dipanggil pada Hari Kiamat nanti dalam keadaan Dahi (Muka), Kedua Tangan dan Kaki mereka Bercahaya karena bekas Wudhu (HR. Bukhari dan Muslim) ”.

Seperti itulah pembahasan tentang Keutamaan – Keutamaan Berwudhu Sebelum Tidur Menurut Hadits yang bisa saya berikan kepada kalian Para Pembaca Muslim yang ada di Indonesia, dan semoga dengan adanya pembahasan ini Penulis sangat berharap jika ulasan ini dan ulasan tentang Cara dan Niat Wudhu bisa berguna bagi kalian dan bisa menjadi sebuah Motivasi untuk kalian agar selalu menjaga Wudhu Sebelum Tidur karena tidak bisa dipungkiri sekali lagi bahwa Keutamaan Berwudhu Sebelum Tidur sangatlah banyak dan telah di Sunnahkan untuk dilakukan oleh setiap Muslim – Muslimah sehingga sangat baik sekali jika Berwudhu Sebelum Tidur ini dilakukan oleh kalian Umat Muslim di Setiap Malam ketika akan Tidur.

loading...

loading...