4 Manfaat dan Keutamaan Doa Iftitah Dalam Shalat Sesuai Hadits

Keutamaan Doa Iftitah Dalam Shalat – Dikesempatan sebelumnya Penulis telah membahas tentang Doa Iftitah Pendek Dalam Shalat sehingga dipertemuan ini Penulis akan mencoba memberikan ulasan tentang Keutamaan Membaca Doa Iftitah Dalam Shalat. Namun sebelumnya perlu kalian pahami terlebih dahulu bahwa Pengertian Doa Iftitah adalah salah satu Doa yang bisa dibacakan disaat kalian (Umat Muslim) mengerjakan Shalat, dan Doa Iftitah ini dibacakan setelah Gerakan Shalat Takbiratul Ikhram (Allahu Akbar) dan sebelum kalian membaca Suratan Al Fatihah disetiap Rakaat Pertama Shalat, baik itu Shalat Wajib dan Shalat Sunnah.

Lalu perlu kalian ketahui juga bahwa Hukum Membaca Doa Iftitah didalam Shalat adalah Sunnah, dan bukan termasuk Rukun dan Syarat Sah Shalat sehingga kalian sebagai Seorang Muslim boleh membaca Doa Iftitah saat mengerjakan shalat dan tidak apa – apa (tidak membatalkan shalat) jika kalian tidak mengamalkan doa iftitah dalam shalat karena sekali lagi Doa Iftitah Dalam Shalat ini Sunnah. Hanya saja sangat dianjurkan sekali bagi Kalian (Umat Muslim) untuk selalu membacakan Doa Iftitah Saat Shalat karena Keutamaan dan Keistimewaan Doa Iftitah itu sangatlah banyak, selain itu akan menambahkan Pahala Sunnah bagi kalian sehingga lebih baik Doa Iftitah ini dibacakan daripada ditinggalkan.

Dan didalam Hukum Doa Iftitah Dalam Sholat yang Sunnah dan telah dianjurkan untuk dibacakan ini dikarenakan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam juga membaca Doa Iftitah saat Beliau mengerjakan Shalat. Dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari Abu Hurairah berbunyi : ” Biasanya Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam sesudah Bertakbir (Takhbiratul Ikhram) Saat Shalat, Beliau diam sejenak sebelum membaca Ayat (Surat Al Fatihah). Maka aku pun bertanya kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam, Wahai Rasul, kutebus Engkau dg Ayah dan Ibu Ku, Aku melihat mu berdiam diantara Takbir dan bacaan Ayat. Apa yg Engkau baca saat itu ?, Beliau menyebutkan Doa Iftitah ”.

4 Manfaat dan Keutamaan Doa Iftitah Dalam Shalat Menurut Hadits

keutamaan doa iftitah dalam shalat lengkap

Dengan melihat Hadits Shahih dari Abu Hurairah RA diatas maka bisa disimpulkan bahwa Bacaan Doa Iftitah juga dibacakan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam semasa Beliau masih hidup. Oleh karena itu sangat dianjurkan kepada kalian juga untuk dibacakan ketika kalian mengerjakan Shalat, baik itu Shalat Wajib maupun Shalat Sunnah. Untuk itu dikesempatan ini Penulis akan menuliskan tentang Keutamaan dan Manfaat Doa Iftitah secara lebih dalam kepada kalian Para Pembaca Muslim karena Penulis sangat berharap dengan adanya ulasan ini, maka sangat diharapkan bagi kalian untuk selalu membaca Bacaan Doa Iftitah Saat Mengerjakan Shalat.

Mendapatkan Pahala Amalan Sunnah

Langsung saja untuk Keutamaan Membaca Doa Iftitah Dalam Shalat Yang Pertama adalah akan mendapatkan Pahala Amalan Sunnah dalam Shalat yang banyak karena kalian telah melakukan apa yang sudah disunnahkan untuk dilakukan, dan membaca Doa Iftitah termasuk kedalam Amalan Sunnah didalam Shalat, baik itu saat mengerjakan Shalat Wajib maupun Shalat Sunnah.

Terdapat Hadits Shahih dari Amr bin Auf bin Zaid Al Muzani bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda yang berbunyi : ” Barangsiapa yg menghidupkan Satu Sunnah dari Sunnah – Sunnah ku, dan diamalkan oleh Manusia. Maka ia akan memperolehkan Pahala seperti Pahala Orang2 yg mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun (Hadits Shahih Riwayat Ibnu Majah, No. 209) ”.

Bentuk Mendekatkan Diri Pada Allah SWT

Keistimewaan Membaca Doa Iftitah Yang Kedua adalah sebagai bentuk mendekatkan diri dan bentuk kepasrahan Seorang Mukmin kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Hal ini dikarenakan Kandungan Bacaan Doa Iftitah itu sangatlah lengkap, didalamnya telah ada maksud untuk selalu memohon ampunan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala, meminta diberikan Petunjuk dan meminta diberikan keselamatan serta memohon perlindungan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Oleh karena itu sekali lagi sangat dianjurkan bagi kalian Umat Muslim – Muslimah untuk selalu membaca Doa Iftitah ini dalam Shalat, baik itu Shalat Wajib dan Shalat Sunnah.

Diangkat Doanya oleh Para Malaikat

Rahasia Membaca Doa Iftitah Saat Shalat Yang Ketiga adalah akan diangkat Doa Iftitah yang dibacakan oleh Para Malaikat kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Dan dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari Anas bin Malik RA bahwa ketika ada Seorang Laki – Laki Muslim membaca salah satu doa iftitah saat ia mengerjakan Shalat, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Aku melihat 12 Malaikat bersegera menuju kepadanya (Laki – Laki Muslim), mereka saling berlomba untuk mengangkat doa itu kepada Allah Subhanahu wa ta’ala (Hadits Riwayat Muslim, No. 1385) ”.

Dibukakan Pintu – Pintu Langit

Keutamaan Doa Iftitah Dalam Shalat Yang Keempat adalah akan dibukakan Pintu – Pintu Langit bagi yg membaca Doa Iftitah Dalam Shalat. Terdapat Hadits Shahih dari Ibnu Umar RA bahwa Ibnu Umar berkata : ” Ketika kami mengerjakan Shalat bersama Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam, ada Laki – Laki Muslim yang membaca Doa Iftitah Saat Shalat. Lalu Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Aku heran, dibukakan bagi nya Pintu – Pintu Langit ”. Dan Ibnu Umar RA pun berkata bahwa : ” Aku tidak pernah meninggalkan doa ini sejak Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam berkata demikian ”.

Demikianlah pembahasan tentang Keutamaan – Keutamaan Doa Iftitah Saat Mengerjakan Shalat, dan tentunya dengan melihat ulasan diatas maka sangat disayangkan sekali bagi kalian Umat Muslim yang tidak membacakan Bacaan Doa Iftitah Dalam Shalat. Memang Hukum Doa Iftitah Saat Mengerjakan Shalat itu Sunnah, dan bukan termasuk kedalam Syarat Wajib dan Syarat Sah Shalat, namun akan mendapatkan Pahala Amalan Sunnah Dalam Shalat dan Keutamaan Doa Iftitah yang banyak bagi mereka yang selalu mengamalkan Doa Iftitah sehingga sekali lagi sangat dianjurkan bagi kalian untuk selalu membaca Doa Iftitah Dalam Shalat ini.

Mungkin cukup sekian ulasan kali ini dan semoga ulasan ini bisa berguna serta bermanfaat bagi kalian Para Pembaca Muslim di Laman Materi Islam ini, karena Penulis sangat yakin bahwa diluar sana masih banyak Masyarakat Muslim Indonesia yang belum begitu memahami tentang Bacaan Doa Iftitah Dalam Shalat sehingga dengan adanya ulasan ini maka diharapkan bisa memberikan ilmu yang bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Lalu sebagai tambahan saja bahwa dikesempatan sebelumnya telah saya bahas pula tentang Bacaan Doa Qunut Dalam Shalat Subuh yang tentunya telah dibahas secara lebih detail pula, sehingga jika kalian ingin lebih memahami tentang bacaan doa qunut maka bisa langsung menuju ke tautan tersebut.

Incoming search terms:

  • keutamaan doa iftitah
  • faidah dari doa iftitah
  • manfaat doa iftitah
  • manfaat doa iftittah
4 Manfaat dan Keutamaan Doa Iftitah Dalam Shalat Sesuai Hadits | materiislam | 4.5