Rahasia dan Keutamaan Doa Qunut Dalam Shalat Subuh

Keutamaan Doa Qunut Shalat Subuh – dipertemuan sebelumnya Admin Materi Islam telah membahas secara lengkap tentang Cara dan Niat Sholat Subuh Berjamaah kepada kalian Para Pembaca Muslim – Muslimah di Website Materi Islam ini, maka dipertemuan saat ini Admin bergantian akan membahas secara detail pula tentang Keutamaan Membaca Doa Qunut Dalam Shalat Subuh Menurut Hadits Shahih karena tidak bisa dipungkiri bahwa banyak Masyarakat Muslim di Indonesia telah mengetahui bahwa Doa Qunut Dalam Shalat Subuh itu Sunnah, tetapi tidak sedikit pula Masyarakat Muslim yang belum memahami secara lebih detail tentang Doa Qunut Dalam Shalat Subuh.

Langsung saja didalam Pengertian Bacaan Doa Qunut Dalam Shalat Subuh adalah bacaan doa yang disunnahkan untuk dibacakan Menurut Madzhab Syafi’i didalam Shalat Subuh, dan Doa Qunut Saat Shalat Qunut ini dibacakan saat Seorang Muslim – Muslimah melakukan Gerakan Shalat Itidal (Sesudah Gerakan Shalat Ruku dan Sebelum Gerakan Shalat Sujud Pertama) di Rakaat Kedua Shalat Subuh. Lalu didalam Hukum Membaca Doa Qunut Dalam Shalat Subuh ialah Sunnah Ab’adh yakni Amalan Sunnah Dalam Shalat yang dituntut untuk dibacakan, dan jika tidak dibacakan baik secara sengaja maupun tidak disengaja maka disunahkan melakukan Sujud Sahwi.

Adapun di dlm membaca Doa Qunut Saat Menunaikan Shalat Subuh menurut Madzhab Syafi’i berpendapat bahwa tidak ada doa qunut di dlm Shalat Witir kecuali saat separuh akhir di Bulan Ramadhan. Dan tak ada Doa Qunut didalam Shalat Wajib Lima Waktu yang lainnya, selain Shalat Wajib Subuh dlm setiap keadaan, baik itu dlm kondisi Umat Muslim tertimpa Musibah maupun tidak tertimpa Musibah. Namun perlu kalian ketahui juga bahwa Madzhab Lainnya seperti Madzhab Maliki, Madzhab Hanafi dan Madzhab Hambali mempunyai pendapat yang berbeda dengan Madzhab Syafi’i, tetapi Keempat Madzhab tersebut tidak mengatakan bahwa membaca Doa Qunut Saat Shalat Subuh itu Bid’ah.

Rahasia dan Keutamaan Doa Qunut Dalam Shalat Subuh Sesuai Hadits

rahasia dan keutamaan doa qunut dalam shalat subuh

Kemudian terlepas dari penjelasan diatas tentang Apa Itu Doa Qunut dan Hukum Doa Qunut Saat Shalat Subuh, dibawah ini telah Admin tuliskan dan berikan kepada kalian Para Pembaca Muslim di Materi Islam tentang Keistimewaan Membaca Doa Qunut Dalam Shalat Subuh karena diluar sana masih banyak Pembaca dan Masyarakat Muslim Indonesia yang belum begitu memahami tentang Keutamaan Doa Qunut Saat Shalat Subuh.

Mendapatkan Pahala Sunnah Dalam Shalat

Langsung saja didalam Keistimewaan Doa Qunut Dalam Shalat Subuh Yang Pertama adalah akan mendapatkan Pahala Dalam Shalat tambahan yang banyak karena Doa Qunut Dalam Shalat Subuh termasuk kedalam Sunnah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam. Dan dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari Imam Ahmad bahwa Anas bin Malik Ra berkata : ” Senantiasa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam membaca Qunut saat Shalat Wajib Subuh sehingga Baginda wafat ”.

Bertawasul Meminta Petunjuk Kepada Allah SWT

Manfaat Membaca Doa Qunut Saat Shalat Subuh Yang Kedua adalah termasuk kedalam bentuk Bertawasul untuk memohon dan meminta agar selalu diberikan Petunjuk oleh Allah SWT. Hal ini dikarenakan terdapat kalimat didalam Doa Qunut yg berbunyi : ” Allahummahdinii Fii Man Hadaiit ” dan kalimat tersebut mempunyai artian bahwa seorang hamba meminta petunjuk kepada Allah SWT sehingga jika Bacaan Doa Qunut ini dibacakan secara rutin, Insa Allah akan mendapatkan Petunjuk bagi mereka yang selalu menjaga dan membaca Doa Qunut.

Akan Mendapatkan Perlindungan dari Allah SWT

Lalu Hikmah Membaca Doa Qunut Saat Mengerjakan Shalat Subuh Yang Ketiga adalah akan diberikan perlindungan oleh Allah SWT. Hal ini dikarenakan terdapat Kalimat didalam Doa Qunut yang berbunyi : ” Wa’aafinii Fii Man ‘afaiit” dan Kalimat Doa Qunut tersebut mempunyai artian seorang hamba yang memohon keselamatan dan meminta perlindungan kepada Allah SWT sehingga jika Seorang Muslim – Muslimah yang selalu menjaga dan membaca Bacaan Doa Qunut maka Insa Allah akan selalu diberikan keselamatan dan perlindungan oleh Allah SWT baik dari Musibah, Penyakit dan lain lain.

Mendapat Berkah Terhadap Nikmat Yg Diberikan

Kemudian Keutamaan Membaca Doa Qunut Dalam Shalat Subuh Yang Keempat adalah akan mendapatkan Keberkahan dalam hidup, atas apa yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada setiap Muslim – Muslimah. Hal ini dikarenakan didalam Bacaan Doa Qunut Shalat Subuh terdapat kalimat : ” Wabaariklii Fiiman A’thoiit ” dan kalimat didalam Doa Qunut tersebut mempunyai artian dalam bahasa indonesia ” Berkahilah pada ku apa yg telah Engkau Berikan ”. Untuk itu Insa Allah akan diberikan Keberkahan oleh Allah SWT bagi setiap Muslim – Muslimah yang selalu menjaga dan membaca Doa Qunut ini.

Demikianlah informasi mengenai Keutamaan Doa Qunut Dalam Shalat Subuh yang bisa kalian pahami, dan semoga saja ulasan artikel ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian Para Pembaca Muslim di Laman Website Materi Islam karena sekali lagi Penulis meyakini bahwa masih banyak Masyarakat Muslim di Indonesia yang belum begitu memahami tentang Keutamaan – Keutamaan Doa Qunut Saat Shalat Subuh sehingga dengan adanya ulasan ini Penulis sangat berharap bisa berguna bagi mereka yang membutuhkan’nya. Lalu sebagai informasi tambahan saja bahwa Bacaan Doa Qunut Dalam Sholat Subuh Bagi Seorang Imam Sholat dan Makmum Sholat Subuh, bisa kalian pahami sendiri di tautan tersebut karena disitu telah dijelaskan tentang Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Yang Benar.

loading...

loading...