6 Manfaat dan Keutamaan Dzikir Setelah Sholat Sesuai Hadits

Keutamaan Dzikir Setelah Sholat – Dipertemuan sebelumnya Penulis telah menjelaskan secara lengkap tentang Bacaan Iftitah Pendek yang bisa kalian amalkan dan bacakan ketika mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu dan Shalat Sunnah disetiap harinya, maka sekarang tiba saatnya bagi Penulis untuk menjelaskan kepada kalian Para Pembaca Muslim di Laman Materi Islam tentang Keutamaan Membaca Dzikir Setelah Sholat Wajib Lima Waktu dan Sholat Sunnah disetiap harinya, karena Penulis sangat yakin bahwa diluar sana masih banyak Pembaca Muslim yang belum begitu memahami tentang keutamaan dzikir Setelah Mengerjakan Sholat.

Namun sebelum menuju ke ulasan tersebut, ada baiknya jika kalian terlebih dahulu mengetahui bahwa Hukum Membaca Dzikir Setelah Sholat itu adalah Sunnah sehingga boleh dibacakan dan boleh ditinggalkan (tidak dibacakan) oleh kalian Umat Mukmin. Hanya saja sangat dianjurkan sekali bagi Umat Muslim untuk membaca Dzikir Setelah Mengerjakan Sholat karena selain akan mendapatkan Pahala Tambahan yang sangat baik, ternyata membaca Dzikir Setelah Sholat itu telah diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala untuk dilakukan bagi para hambanya, dan untuk Perintah Membaca Dzikir ini bisa kalian lihat didalam Surat – Surat Al Qur’an.

Salah satunya didalam Al Qur’an Surat Al Ahzab Ayat 41 dan Ayat 42, bahwa Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman: ” Hai Orang-Orang yg beriman, Berdzikirlah dg menyebut nama Allah, Dzikir yg sebanyak-banyaknya. Dan bertasbilah kepadanya diwaktu pagi dan petang (QS. Al-Ahzab, Ayat 41 dan Ayat 42) ”. Selain itu Firman Allah Subhanahu wa ta’ala didalam Al Qur’an Surat An-Nisa, Ayat 103 berbunyi: ”Maka apabila km sudah menyelesaikan Sholat-Mu, ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan diwaktu berbaring. Kemudian apabila km sdh merasa aman, maka dirikanlah Sholat itu (Sebagaimana biasa). Sesungguhnya Sholat itu ialah Fardhu yg ditentukan waktu-nya atas orang2 yg beriman (QS. An-Nisa, Ayat 103) ”.

6 Manfaat dan Keutamaan Dzikir Setelah Sholat Menurut Hadits

manfaat dan keutamaan dzikir setelah sholat

Dengan melihat Kedua Suratan didalam Al Qur’an diatas maka sudah bisa disimpulkan bahwa kalian sebagai Umat Muslim sangat dianjurkan sekali untuk membaca Wirid dan Dzikir Setelah Mengerjakan Sholat, karena selain Suratan Al Qur’an diatas tentunya masih banyak sekali Surat – Surat Al Qur’an lainnya yang membahas tentang perintah membaca dzikir untuk mengingat Allah Subhanahu wa ta’ala. Oleh karena itu di kesempatan ini Saya akan memberikan ulasan tentang Keutamaan Membaca Dzikir Sesudah Sholat Menurut Hadits Shahih, yang tentunya bisa menjadi suatu Motivasi bagi kalian untuk selalu membaca dzikir setelah sholat.

1. Akan Mendapatkan Pahala Yg Banyak

Keistimewaan Dzikir Setelah Sholat Yang Pertama adalah akan mendapatan Pahala banyak karena Dzikir termasuk kedalam Ibadah yang telah diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala untuk dilakukan. Firman Allah SWT didalam Al Qur’an Surat Al Ahzab Ayat 35 berbunyi : ” Sungguh, Pria dan Wanita Muslim, Pria dan Wanita Mukmin, Pria dan Wanita yg tetap dlm ketaatannya, Pria dan Wanita yg benar, Pria dan Wanita yg sabar, Pria dan Wanita yg khusyuk, Pria dan Wanita yg bersedekah, Pria dan Wanita yg berpuasa, Pria dan Wanita yg banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan ampunan dan pahala yg besar (QS. Al-Ahzab, Ayat 35) ”.

2. Salah Satu Penyebab Masuk Surga

Lalu Keistimewaan Membaca Dzikir Sesudah Sholat Yang Kedua adalah salah satu penyebab Umat Mukmin masuk kedalam Surga. Dan bisa kalian lihat didalam Hadits tentang Keutamaan Berdzikir Setelah Sholat ini, bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Barangsiapa mengucapkan Dzikir ini di Siang hari dlm keadaan yg penuh keyakinan, lalu Dia Mati di Hari tersebut sebelum Sore Hari, maka dia termasuk kedalam Penghuni Surga. Dan barangsiapa yg membacanya di malam hari dlm keadaan penuh keyakinan, lalu dia Mati sebelum Subuh maka dia termasuk kedalam penghuni surga (Hadits Shahih Riwayat Bukhari) ”.

3. Amalan Yang Baik Daripada Emas dan Perak

Kemudian Rahasia Membaca Dzikir Setelah Sholat Ketiga adalah merupakan amalan yang terbaik dari Emas dan Perak. Terdapat Hadits Shahih Riwayat Tirmidzi dan Ahmad bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Maukah Aku beritahukan Amalan mu yg terbaik, yg paling tinggi dlm derajat-mu, paling bersih disisi Tuhan mu dan lebih baik daripada menerima Emas dan Perak, dan lebih baik bagi km daripada berperang dg musuh mu yg km potong leher-nya maupun mereka yang memotong lehermu ?. Lalu Para Sahabat menjawab pertanyaan Rasulullah SAW tersebut : ‘ Ya Rasul ‘. Lantas Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam berkata : ” Zikrullah (Berzikir) ”.

4. Akan Diampuni Dosanya Walaupun Banyak

Manfaat Membaca Dzikir Setelah Sholat Yang Keempat adalah salah satu cara yang dapat menghapus dosa – dosa kita, walaupun sebanyak buih dilautan. Terdapat Hadits tentang Manfaat Dzikir Setelah Sholat ini, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Barangsiapa yg membaca Dzikir Subhanallah disetiap Shalat Wajib sebanyak 33 kali, dan membaca Dzikir Alhamdulillah sebanyak 33 kali, dan membaca Dzikir Takbir (Allahu Akbar) sebanyak 33 kali dan untuk menyempurnakannya membaca Dzikir ‘ La ilaha illallahu wahdahu la syarikalah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ala kulli syai’in qadir sebanyak 33 kali, maka akan diampuni dosa – dosa nya walaupun dosanya sebanyak Buih di lautan (HR. Muslim) ”.

5. Semakin Mendekatkan Diri Ke Allah SWT

Lalu Keutamaan Dzikir Sesudah Sholat Yang Kelima adalah sebagai salah satu cara untuk mendekatkan diri dan diingat oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Firman Allah Subhanahu wa ta’ala didalam Al Qur’an, Surat Al-Baqarah Ayat 152 yang berbunyi : ” Karena itu, ingat-lah km kepada-ku niscaya Aku ingat pula kepada-mu, dan bersyukur-lah kepada-Ku dan janganlah km mengingkari nikmat-ku (QS. Al-Baqarah, Ayat : 152) ”. Lalu didalam Al Qur’an Surat Al Fath Ayat 9 berbunyi : ” Agar km sekalian beriman kepada Allah dan Rasul-nya, menguatkan agama -nya, membesarkan -nya. Dan bertasbih kepada -nya di Waktu Pagi dan Petang (QS. Fath, Ayat : 9) ”.

6. Dzikir Itu Termasuk Kedalam Sedekah

Kemudian untuk Keutamaan Dzikir Dalam Sholat Yang Keenam adalah termasuk kedalam Sedekah yang akan menyukupi segala kebutuhan kalian. Dalam hal ini bisa kalian lihat Hadits Shahih dari Abu Zar RA bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Disetiap Ruas Tulang (Persendian) Manusia itu ada kewajiban untuk bersedekah setiap Paginya. Tiap tiap Bacaan Tasbih itu adalah Sedekah, tiap tiap Bacaan Tahmid itu adalah Sedekah, tiap tiap Bacaan Tahlil itu adalah Sedekah, tiap tiap Bacaan Takbir itu adalah sedekah, dan memerintahkan kepada kebaikan juga sedekah, mencegah dari perbuatan kemungkaran itu juga termasuk sedekah….. (Hadits Riwayat Muslim) ”.

Demikianlah pembahasan tentang Keutamaan Dzikir Sesudah Mengerjakan Sholat, baik Shalat Wajib Lima Waktu dan Shalat Sunnah Menurut Hadits – Hadits Shahih dan didalam Al Qur’an. Lalu setelah melihat ulasan Keutamaan Berdzikir Setelah Sholat maka tentunya bagi kalian Umat Muslim sangat diharapkan sekali untuk selalu membaca Dzikir dan jangan meninggalkan Dzikir Setelah Sholat ini karena jika kalian tidak membaca Dzikir Setelah Sholat, maka sudah tentu kalian akan melewatkan begitu saja Keutamaan – Keutamaan Dzikir Setelah Menunaikan Sholat, baik itu Sholat Wajib maupun Sholat Sunnah disetiap harinya.

Dan sebagai rujukan saja bahwa kalian bisa membaca Bacaan Dzikir Pendek Setelah Sholat seperti Bacaan Dzikir Tahlil, Dzikir Tahmid, Dzikir Takbir dan Dzikir – Dzikir Pendek Lainnya yang bisa dibacakan sebanyak menurut dengan keikhlasan hati kalian, namun sangat dianjurkan sekali jika dibacakan masing – masing dzikir sebanyak 33 kali dan lebih baik lagi jika dibacakan lebih dari itu. Mungkin cukup sekian pembahasan dari Penulis tentang Dzikir Setelah Shalat ini, dan semoga ulasan ini bisa bermanfaat dan berguna bagi kalian Para Pembaca Muslim yang ada di Laman Materi Islam ini.

Incoming search terms:

  • keutamaan dzikir setelah sholat
  • manfaat dzikir sesudah sholat
  • manfaat umat islam dlam membaca wirid setelah sholat fardhu
  • pahala dzikir setelah sholat
  • faedah membaca wirid setelah salat
  • pahala wirid setelah sholat
  • fadhilah wiridan setelah solat
  • dzikir setelh sholt paedah nya
  • dzikir setelah sholat wajib dan keutamaanya
  • Bacaan wirid stelah solat fardu dan manfaae nya
6 Manfaat dan Keutamaan Dzikir Setelah Sholat Sesuai Hadits | materiislam | 4.5