Hikmah dan Keutamaan Malam Nisfu Sya’ban Dalam Islam

Keutamaan Malam Nisfu Sya’ban – Sebelumnya mungkin ada baiknya bagi kalian Para Pembaca Muslim untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu malam nisfu syaban didalam ajaran Islam karena Penulis sangat yakin bahwa diluar sana masih ada beberapa Masyarakat Muslim yang ada di Indonesia yang belum begitu memahami tentang Malam Nisfu Sya’ban. Dan langsung saja didalam Pengertian Malam Nisfu Sya’ban adalah salah satu Malam yang terjadi di Pertengahan Bulan Sya’ban dalam Kalender Hijriyah (Kalender Islam), dan Bulan Syaban ini terjadi sesudah Bulan Rajab dan sebelum Bulan Ramadhan dalam Kalender Islam (Kalender Hijriyah).

Secara umum Bulan Syaban didalam Kalender Hijriyah merupakan Bulan yang mulia karena Bulan dimana amalan akan dinaikkan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala, dan dalam hal ini bisa kalian lihat Sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam berbunyi : ” Bulan Syaban adalah Bulan diantara Bulan Rajab dan Bulan Ramadhan, dimana di Bulan Syaban disaat Manusia Lalai. Bulan ini adalah Bulan dinaik’kan nya berbagai amalan kepada Allah SWT, Rabb Semesta Alam. Oleh karena itu, Aku amatlah suka untuk Berpuasa ketika amalanku di naikkan  (Hadits Riwayat An Nasa’i No. 2359) ”. Maksud dari Berpuasa ketika amalanku di naikkan adalah Berpuasa di Bulan Syaban.

Selain itu Malam Nisfu Sya’ban (Malam di Pertengahan Bulan Sya’ban) sendiri termasuk kedalam salah satu Malam yang banyak berkah dan kebaikan, serta telah dianjurkan sekali di Malam Nisfu Syaban bagi Setiap Muslim – Muslimah untuk memperbanyak mengerjakan Shalat Sunnah Malam, Berdzikir dan Memohon Ampunan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih Abu Bakar bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Allah Subhanahu wa ta’ala turun ke Bumi di Malam Nisfu Syaban. Allah akan mengampuni Segala Sesuatu kecuali Dosa Musyrik dan Orang yg didlm hatinya tersimpan kebencian atau kemunafikan (HR. Al – Baihaqi) ”.

Hikmah dan Keutamaan Malam Nisfu Sya’ban Menurut Hadits

keutamaan malam nisfu sya'ban dalam islam

Setelah kalian cukup memahami tentang Malam Nisfu Sya’ban yang merupakan Malam Pertengahan di Bulan Syaban dalam Kalender Hijriyah (Kalender Islam), maka sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk mengetahui Keutamaan – Keutamaan Malam Nisfu Syaban karena sebagai Penulis masih meyakini bahwa diluar sana masih ada beberapa Masyarakat Muslim yang belum begitu mengetahui ataupun memahami tentang Hikmah Malam Nisfu Sya’ban. Padahal didalam Hadits Shahih telah dijelaskan bahwa di Bulan Sya’ban dan Malam Pertengahan Bulan Sya’ban telah dianjurkan untuk memperbanyak Berpuasa Sunnah, Mengerjakan Shalat Wajib dan memperbanyak Shalat Sunnah Malam, Berdzikir dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Allah SWT Akan Mengampuni Dosa Hambanya

Langsung saja didalam Keistimewaan Malam Nisfu Sya’ban Yang Pertama adalah Allah Subhanahu wa ta’ala akan mengampuni Dosa Semua Makhluknya. Dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari Aisyah Ra bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Sesungguhnya Allah turun ke Langit Dunia di Malam Nisfu Syaban, dan Allah akan mengampuni lebih dari Jumlah Bulu Domba Bani Kalb ”. Selain itu terdapat Hadits Shahih lainnya, dari Abu Musa Al Asy’ari bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Sesungguhnya Allah melihat pd Malam Pertengahan Syaban. Maka Allah akan mengampuni Semua Makhluknya, kecuali Orang Musyrik dan Orang Yg Bermusuhan ”.

Akan Diangkat Semua Amalan ke Allah SWT

Lalu untuk Keutamaan Malam Nisfu Sya’ban Yang Kedua adalah akan diangkat semua Amalan Ibadah kepada Allah Subhanahu wa ta’ala karena Bulan Syaban merupakan Bulan dimana Amalan Ibadah akan diangkat kepada Allah SWT dan Malam Nisfu Sya’ban ada di Bulan Syaban. Sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam berbunyi : ” Bulan Syaban adalah Bulan diantara Bulan Rajab dan Bulan Ramadhan, dimana di Bulan Syaban disaat Manusia Lalai. Bulan ini adalah Bulan dinaik’kan nya berbagai amalan kepada Allah SWT, Rabb Semesta Alam. Oleh karena itu, Aku amatlah suka untuk Berpuasa ketika amalanku di naikkan  (Hadits Riwayat An Nasa’i No. 2359).

Menjadi Lebih Mendekatkan Diri Ke Allah SWT

Untuk Manfaat Malam Nisfu Sya’ban Yang Ketiga adalah bisa menjadikan pribadi kita menjadi lebih mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta’ala karena di saat Malam Nisfu Sya’ban, Setiap Mukmin telah dianjurkan untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah dengan cara seperti memperbanyak Berdzikir, mengerjakan Shalat Sunnah Malam, memperbanyak membaca Dua Kalimat Syahadat, membaca Al Qur’an dan memperbanyak memohon Ampunan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Oleh karena itu Kita Sebagai Seorang Muslim – Muslimah berkesempatan mendapatkan Pahala yang banyak ketika Bulan Syaban dan Malam Nisfu Syaban tiba karena kita memperbanyak melakukan atau mengerjakan Ibadah, selain Ibadah Shalat Wajib Lima Waktu.

Termasuk Malam Mulia dan Berkah

Keutamaan Malam Nisfu Sya’ban Yang Keempat adalah merupakan salah satu Malam yang Mulia, Berkah dan Malam dimana akan diampuni Dosa Setiap Hambanya karena dalam hal ini telah dijelaskan oleh Hadits Shahih dari Abu Musa Al Asy’ari bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Sesungguhnya Allah melihat pd Malam Pertengahan Syaban. Maka Allah akan mengampuni Semua Makhluknya, kecuali Orang Musyrik dan Orang Yg Bermusuhan ”. Selain itu di Bulan Sya’ban ini kita bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi Bulan Ramadhan karena selain telah dianjurkan untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT, di Bulan Sya’ban sendiri telah dianjurkan untuk memperbanyak Berpuasa Sunnah.

Seperti itulah pembahasan mengenai Keutamaan – Keutamaan Malam Nisfu Sya’ban, yang merupakan Malam Pertengahan Bulan Sya’ban dalam Kalender Islam (Kalender Hijriyah). Semoga saja ulasan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian Para Pembaca Muslim, dan semoga saja pembahasan ini bisa menjadi suatu Ilmu baru bagi Pembaca Muslim yang belum begitu mengetahui ataupun memahami tentang Malam Nisfu Sya’ban. Dan sebagai tambahan informasi saja bahwa jika kalian ingin mengetahui tentang Niat Shalat Sunnah Tahajud bisa kalian lihat ulasannya di tautan tersebut, karena tentunya Penulis telah menuliskan secara lebih detail dan dalam di Laman Website Materi Islam ini.

loading...

loading...