5 Keutamaan Membaca Sholawat Nabi Muhammad SAW

Rahasia dan Keutamaan Membaca Sholawat Nabi – Pengertian Sholawat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam didalam Ajaran Islam adalah salah satu Amalan Ibadah yang dapat dilakukan dengan cara berdoa dan menjunjung Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam sebagai bukti rasa hormat dan rasa cinta kita sebagai Umatnya kepada Beliau Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, karena nanti saat di Hari Kiamat kita akan bertemu dengan Rasulullah dan Syafa’at Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam dapat menyelamatkan kita sebagai Umat nya dari Siksa di Hari Kiamat Kelak.

Oleh karena itu sudah sangat baik sekali bagi kalian Para Pembaca Muslim – Muslimah untuk senantiasa memperbanyak membaca Sholawat Nabi Muhammad SAW disetiap harinya, dan sangat baik pula jika diamalkan dibarengi dengan membaca Dzikir Pendek Setelah Sholat, baik ketika selesai mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu maupun Sholat Sunnah. Selain itu Allah Subhanahu wa ta’ala juga telah memerintahkan bagi Orang – Orang Yang Beriman (Umat Muslim) untuk Bersholawat Nabi dan dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Firman Allah Subhanahu wa ta’ala dalam Al Qur’an Surat Al Ahzab Ayat 56 berbunyi :

” Sesungguhnya Allah dan Malaikat2-nya Bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yg beriman, bersholawatlah km untuk nabi dan ucapkan-lah salam penghormatan kepadanya (QS. Al-Ahzab, Ayat : 56) ”. Selain itu terdapat Hadits Shahih dari Abu Hurairah RA bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda yang berbunyi: ” Janganlah kalian menjadikan Rumah2 kalian kuburan, dan jangan-lah kalian menjadikan kuburan’ku sebagai tempat perayaan. Bershalawat-lah kepada’ku karna sesungguh-nya ucapan shalawat kalian akan sampai kepada’ku dimanapun kalian berada (Hadits Riwayat Abu Daud, No. 2044 dengan Sanad Hasan) ”.

Bisa dilihat Dalil Keutamaan Membaca Sholawat Nabi Muhammad SAW didalam Hadits Riwayat An-Nasa’i bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Malaikat Jibril datang kepada’ku dan berakta, ‘Sangat menyenangkan untuk km ketahui wahai Muhammad bahwasanya untuk 1 Sholawat dari seseorang umat mu akan ku imbangi dengan 10 doa untuknya dan 10 salam bagi’ku akan kubalas dg 10 salam baginya (Hadits Shahih Riwayat An-Nasai) ”. Selain itu Hadist Lain Rasulullah SAW bersabda: ” Jika Orang Bersholawat kepada’ku, maka Malaikat jg akan mendoa’kan keselamatan bagi-nya, untuk itu bersholawatlah baik sedikit maupun banyak (HR. Thabrani dan Ibnu Majah) ”.

5 Rahasia dan Keutamaan Membaca Sholawat Nabi Muhammad SAW

keutamaan membaca sholawat nabi menurut hadits lengkap

Dengan melihat Firman Allah Subhanahu wa ta’ala dan Sabda – Sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam diatas maka sudah bisa disimpulkan bahwa kita semua Umat Muslim – Muslimah sangat dianjurkan sekali untuk membaca dan mengamalkan Sholawat Nabi Muhammad SAW disetiap harinya. Oleh karena itu dibawah ini Admin Website Materi Islam telah menuliskan tentang Keutamaan dan Keistimewaan Bersholawat Nabi Muhammad SAW Menurut Hadits Shahih kepada Para Pembaca Materi Islam, tujuannya ialah agar bisa dijadikan sebagai Motivasi bagi kalian untuk selalu mengamalkan Sholawat Nabi disetiap harinya.

1. Mendapatkan Syafa’at Kelak di Hari Kiamat

Langsung saja didalam Manfaat Membaca Sholawat Nabi Muhammad SAW Pertama adalah akan mendapatkan Syafa’at Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam di hari Kiamat Kelak bagi mereka yang selalu menjaga Sholawat Nabi. Dan dalam hal ini seperti diterangkan didalam Hadits Shahih dari Abdullah bin Amr bahwa Rasulullah SAW bersabda : ” Barangsiapa yg membaca Shalawat kepada’ku dan meminta supaya memperoleh wasilah dari’ku, maka ia berhak memperoleh Syafa’atku dihari kiamat kelak ”.

2. Dekat Dengan Rasulullah di Hari Kiamat Kelak

Lalu Rahasia Membaca Sholawat Nabi Muhammad SAW Yang Kedua selain diatas adalah akan paling dekat dengan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bagi setiap Muslim – Muslimah yang banyak membaca Sholawat Nabi di Hari Jum’at. Dan penjelasan ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih Riwayat Baihaqi bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Perbanyak’lah Bershalawat kepada’ku pada Setiap Hari Jum’at karna Sholawat umat’ku akan diperlihatkan pada’ku di Hari Jum’at. Barangsiapa yg banyak bershalawat kepada-ku dia-lah yg paling dekat dengan’ku besok di hari kiamat kelak (HR. Baihaqi dlm Sunan Al-Kubro) ”.

3. Akan Mendapatkan Pahala Yang Banyak

Untuk Keistimewaan Membaca Sholawat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam Yang Ketiga adalah akan dibalas oleh Allah Subhanahu wa ta’ala dengan Pahala Yang Banyak dan akan digugurkan (hapuskan) dosanya bagi mereka yang banyak Bersholawat Nabi. Penjelasan ini bisa kalian lihat didalam Hadits Shahih dari Anas bin Malik RA berkata bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda yang berbunyi: ” Barangsiapa yg membaca Shalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan membalasnya 10 kali dan akan digugurkan dosanya sebanyak 10 kali dan ditinggikan derajatnya di Surga Kelak ”.

4. Mengabulkan Hajat Di Dunia dan Akherat

Hikmah Membaca Sholawat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam Yang Keempat adalah membuat hajat kalian akan dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala, baik Hajat di Dunia maupun di Akherat. Pernyataan ini seperti yang ada didalam Sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi : ” Barangsiapa yg membaca Sholawat untuk’ku di Suatu Hari sebanyak 100 kali, maka Allah akan memenuhi 10 hajat’nya, 70 diantaran’nya nanti di Akherat dan 30 ada di dunia ”. Selain itu bisa kalian lihat bahwasanya Umar bin Khattab RA berkata: ” Saya mendengar bahwa doa itu ditahan antara langit dan bumi, tak akan bisa naik sehingga dibacakan Sholawat atas Nabi Muhammad SAW ”.

5. Sholawat Dapat Membersihkan Dosa

Kemudian untuk Keutamaan Membaca Sholawat Nabi Muhammad SAW Yang Kelima adalah Sholawat Nabi Muhammad SAW dapat membersihkan dan menghapuskan dosa – dosa. Dan dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi : ” Bacalah Sholawat atasku karna sesungguhnya Sholawat atasku dapat membersihkan dosa-dosa’mu, dan mintalah pada Allah untuk’ku wasilah ”. Lalu Para Sahabat bertanya: ‘ Apakah Wasilah itu Ya Rasul ‘. Rasulullah SAW menjawabnya : ” Derajat yg paling tinggi di Surga yg hanya seorang saja yg akan mendapatkan’nya ”.

Demikianlah pembahasan tentang Lima Keutamaan Membaca Sholawat Nabi Muhammad SAW Menurut Hadits – Hadits Shahih dan tentu saja masih banyak lagi Keutamaan – Keutamaan Membaca Sholawat Nabi Muhammad SAW bagi Setiap Muslim – Muslimah yang menjaga dan membacanya disetiap hari. Dan Bacaan Sholawat Nabi Muhammad SAW ini sendiri sangat baik sekali jika diamalkan ketika selesai mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu disetiap harinya karena sekali lagi harus diingat bahwa Bersholawat Nabi itu termasuk kedalam Amalan Ibadah yang telah dianjurkan dan diperintahkan oleh Allah SWT untuk diamalkan bagi Orang – Orang Yg Beriman (Umat Muslim).

loading...

loading...