Manfaat dan Keutamaan Shalat Ashar Dalam Hadits Lengkap

Manfaat dan Keutamaan Shalat Ashar – Setelah dipertemuan sebelumnya telah dibahas mengenai Niat Shalat Wajib Ashar, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk memahami tentang Keutamaan Mengerjakan Shalat Wajib Ashar itu sendiri karena tidak bisa dipungkiri bahwa Shalat Ashar merupakan termasuk kedalam Shalat Wajib Lima Waktu yang susah untuk dikerjakan oleh tiap – tiap Muslim – Muslimah. Hal itu disebabkan ketika memasuki Waktu Shalat Ashar ternyata masih banyak Masyarakat Muslim yang masih sedang Bekerja, belum pulang dari Kantor, lagi di perjalanan Pulang ke Rumah dan lain – lain, yang menjadikan mereka Enggan dan Malas untuk menunaikan Shalat Ashar.

Tetapi apapun alasan tersebut kita tetap harus mengerjakan Shalat Ashar karena sudah sangat jelas bahwa didalam Hukum Mengerjakan Shalat Ashar itu sendiri adalah Fardhu Ain (Wajib Dikerjakan) disetiap harinya karena termasuk kedalam Shalat Wajib Lima Waktu, sehingga akan mendapatkan Dosa Besar bagi Umat Mukmin yang meninggalkan dan tidak mengerjakan Shalat Ashar ini. Perintah Allah Subhanahu wa ta’ala untuk mengerjakan Shalat Lima Waktu telah banyak diterangkan didalam Al Qur’an seperti pada Surat Al Baqarah Ayat 43 yang berbunyi : ” Dan dirikanlah Shalat, tunaikanlah Zakat dan Ruku-lah bersama orang2 yg ruku (QS. Al-Baqarah, Ayat 43) ”.

Dan Firman Allah SWT didalam Surat Al-Baqarah Ayat : 110 yang berbunyi : ” Dan dirikanlah Shalat dan Tunaikanlah Zakat. Dan kebaikan apa saja yg km usahakan bagi diri km, tentu km akan memperoleh Pahala-nya pd sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa – apa yg km kerjakan (QS. Al-Baqarah, Ayat : 110) ”. Selain Firman Allah didalam Surat Al Baqarah tersebut, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam pernah bersabda tentang Rahasia Shalat Ashar yang berbunyi : ” Tidak akan masuk neraka bagi seorang pun yg menunaikan Shalat Sebelum Matahari Terbit (Shalat Subuh) dan sebelum Matahari Terbenam (Shalat Ashar) ”.

Manfaat dan Keutamaan Shalat Ashar Menurut Hadits

keutamaan - keutamaan shalat ashar lengkap

Dengan melihat ulasan diatas maka sudah bisa disimpulkan bahwa Shalat Wajib Ashar dan Shalat Wajib Lima Waktu yang lain harus selalu dikerjakan disetiap harinya. Oleh karena itu dikesempatan ini saya akan memberikan informasi mengenai Keistimewaan Shalat Ashar yang bisa kalian dapatkan ketika mengerjakan Shalat Ashar, dan semoga dengan adanya informasi ini maka bisa memberikan suatu dorongan dan semangat untuk kalian (Muslim – Muslimah) untuk selalu melakukan Shalat Wajib Ashar, karena jika kalian meninggalkannya maka akan mendapatkan Dosa Besar. Langsung saja untuk informasi mengenai Keistimewaan Mengerjakan Shalat Ashar bisa kalian lihat dibawah ini :

Akan Mendapatkan Pahala Banyak

Keutamaan Shalat Ashar Pertama adalah akan mendapatkan Pahala yang banyak dan akan terhindar dari Dosa Besar karena sekali lagi Shalat Ashar merupakan salah satu Shalat Wajib Lima Waktu, dan Shalat Wajib Lima Waktu ini telah diwajibkan atas setiap Muslim – Muslimah untuk dikerjakan disetiap harinya. Selain itu mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu disetiap hari merupakan Rukun Islam Kedua didalam Ajaran Islam sehingga jangan sampai meninggalkannya ketika tidak ada Uzur (Halangan) apapun, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa mengerjakan Shalat Ashar pahalanya akan dua kali lipat.

Dari Abu Nadrah Al Ghifari, Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam pernah mengerjakan Shalat Ashar bersama kami di salah satu lembah Hamish, beliau bersabda : ” Sesungguhnya Shalat ini pernah ditawarkan kepada orang-orang sebelum kalian, namun mereka menyiakannya. Ketahuilah bahwa barangsiapa mengerjakannya, maka akan dilipat gandakan pahalanya dua kali lipat. Dan ketahuilah tidak ada shalat setelahnya hingga kalian melihat saksi (matahari tenggelam dan mulai gelap) ”.

Akan didekatkan dengan Surga

Keutamaan Shalat Ashar Yang Kedua adalah akan dimudahkan di akhirat kelak, ketika mereka Shalat Ashar mereka akan didekatkan dengan Surga dan akan dijauhkan dari Api Neraka. Terdapat Hadits Shahih bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda berbunyi : ” Barangsiapa yg menunaikan Shalat Bardain yakni Shalat Subuh dan Shalat Ashar maka dia akan masuk kedalam Surga (Hadits Shahih Bukhari dan Muslim) ”. Dari Hadits Shahih tersebut dapat kita simpulkan bahwa Keajaiban Shalat Ashar mengandung balasan yang sangat tinggi bagi orang yang mengerjakannya.

Oleh karena itu seharusnya kita sebagai seorang Muslim – Muslimah seharusnya merasa menyesal dan merugi apabila secara sengaja atau tidak sengaja meninggalkan Shalat Ashar ini, Bahkan terdapat Hadist Shahih bagi orang yang menghalangi pelaksanaan Shalat Ashar akan diancam. Dan Hadits Shahih tersebut berbunyi : Dari Ali Ra, bahwa ia berkata Rasulullah SAW pernah bersabda pada peristiwa Ahzab yang berbunyi : ” mereka (orang-orang kafir) yang telah menyibukkan kami dari Shalat Wustha, yaitu Shalat Ashar. Semoga Allah memenuhi hati dan rumah mereka dengan api ”.

Akan Terjaga Amalan dan Hartanya

Untuk Manfaat Shalat Ashar Ketiga adalah akan dijaga Amalannya, Hartanya dan Keluarganya. Hadits Shahih bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda berbunyi : ” barangsiapa yg meninggalkan Shalat Ashar, maka seakan-akan ia telah dirampas keluarga dan hartanya ”. Artinya Hadits Shahih tersebut adalah dengan melaksanakan Shalat Ashar, maka akan terjaga keluarga dan harta kita. Selain itu ada lagi Hadits dari Buraidah bin Al Hashib bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Segeralah Shalat Ashar pada hari yg penuh mendung, karena barangsiapa yg meninggalkan Shalat Ashar maka terhapus-lah semua amalan – amalannya ”.

Sebagai Penghapus Dosa – Dosa

Keutamaan Shalat Ashar Yang Keempat adalah akan menggugurkan atau menghapuskan Dosa – Dosa (Kesalahan) yang telah kita perbuat. Dalam hal ini bisa kalian lihat didalam Hadits Riwayat Muslim, dari Utsman bin Affan berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Tidak lah seorang Mukmin saat waktunya Sholat Wajib, lalu dia membaguskan Wudhunya, dia khusyu dalam Shalatnya, dan ia menyempurnakan Ruku, melainkan itu akan menjadi Penghapus Dosa – Dosa sebelumnya, selama ia tidak melakukan Dosa Besar dan itu setiap masa semuanya (HR. Muslim, no 228) ”.

Seperti itulah pembahasan mengenai Keutamaan – Keutamaan Shalat Ashar yang bisa kalian baca dan kalian pahami, namun sebelumnya Penulis telah memberikan informasi tentang Tata Cara dan Niat Wudhu secara baik dan benar menurut hadits yg bisa kalian baca dan pahami. Akhir kata semoga ulasan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian, paling tidak bisa menjadi suatu penyemangat bagi kalian Seorang Mukmin untuk selalu mengerjakan Shalat Ashar dan Shalat Wajib Lima Waktu lainnya disetiap hari karena jika kalian meninggalkannya maka akan mendapatkan Dosa yang besar.

loading...

loading...