Manfaat dan Keutamaan Shalat Hajat Menurut Hadits

Manfaat dan Keutamaan Shalat Hajat – Kemarin telah dibahas secara lengkap tentang Tata Cara dan Niat Shalat Hajat, maka sekarang tiba saatnya bagi kalian untuk memahami Keutamaan Mengerjakan Shalat Hajat. Namun ada baiknya jika kalian terlebih dahulu untuk mengetahui apa itu Shalat Hajat didalam Agama Islam, dan langsung saja bahwa Shalat Hajat ini adalah salah satu Shalat Sunnah yang dapat dikerjakan dan dianjurkan untuk dilaksanakan oleh setiap Muslim – Muslimah ketika ia memiliki suatu Hajat atau Keinginan. Oleh karena itu ketika kalian memiliki Hajat dan Hajatnya ingin terwujud dan ingin dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala maka dianjurkan untuk melaksanakan Shalat Hajat, sebagai bentuk permohonan dan ikhtiar kepada Allah SWT.

Adapun untuk Waktu Mengerjakan Shalat Sunnah Hajat ini bisa dilakukan kapan pun karena boleh dikerjakan di Pagi Hari, Siang Hari dan Malam Hari kecuali tidak boleh dilakukan dan dikerjakan ketika memasuki Waktu – Waktu Yang Dilarang Untuk Melakukan Shalat Sunnah. Namun sebagai saran saja bahwa didalam Waktu Terbaik Shalat Sunnah Hajat ini sebaiknya dilakukan di Malam Hari setelah kalian selesai mengerjakan Shalat Wajib Isya karena diwaktu tersebut telah diterangkan didalam Hadits Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim bahwa Allah SWT akan turun ke Langit Dunia setiap malam sampai tersisa Sepertiga Malam Terakhir.

Hadits Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim tersebut berbunyi, dari Abu Hurairah Ra bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: ” Rabb kita tabaroka wa ta’ala (Allah SWT) turun disetiap Malam ke Langit Dunia sampai tersisa di Sepertiga Malam Terakhir, lalu Allah berkata: ” Siapa yg berdoa kepada Ku, maka Aku akan memperkenankan doanya. Siapa yg meminta kepada Ku, maka pasti akan Ku beri. Dan siapa yg meminta Ampun kepada Ku, maka pasti akan Ku ampuni ”. Oleh karena itu dengan melihat Hadits ini maka dianjurkan bagi kalian untuk mengerjakan Shalat Sunnah Hajat di Malam Hari, setelah menunaikan Shalat Wajib Isya.

Manfaat Shalat Hajat dan Keutamaan Shalat Hajat Lengkap

manfaat dan keutamaan shalat hajat lengkap

Setelah kalian sedikit memahami tentang Shalat Sunnah Hajat ini, maka sekarang tiba saatnya untuk kalian mengetahui tentang Keutamaan – Keutamaan Shalat Sunnah Hajat karena tidak bisa dipungkiri bahwa selain telah di Sunnah kan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam untuk dikerjakan oleh Umat Mukmin ketika sedang memiliki Hajat (Kebutuhan), Shalat Sunnah Hajat ini memiliki Keistimewaan dan Manfaat lainnya yang banyak sehingga sangat baik sekali bagi kalian untuk mengetahui dan memahami apa saja Keistimewaan Shalat Hajat yang tentunya telah di jelaskan lengkap di bawah ini :

Mendapat Pahala & Terhindar Sifat Musyrik

Keutamaan Shalat Hajat Yang Pertama adalah akan mendapatkan Pahala Shalat Sunnah karena kalian sudah mengerjakan Shalat yang telah di Sunnahkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Telah dijelaskan didalam Hadits Shahih bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Siapa yg Berwudhu dan sempurna Wudhunya, lalu Shalat Dua Raka’at (Sholat Hajat) dan sempurna Raka’atnya maka Allah akan berikan apa yg dia minta cepat maupun lambat (Hadits Riwayat Ahmad) ”.

Selain akan mendapatkan Pahala Shalat Sunnah yg banyak, kalian akan terhindar dari Perbuatan Musyrik yg Berdosa Besar. Hal tersebut dikarenakan dengan mengerjakan Shalat Sunnah Hajat ketika kalian mempunyai suatu Hajat (Keinginan dan Kebutuhan), dan hanya meminta dan berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta’ala untuk mengabulkan atau mewujudkan Hajat tersebut maka kalian terhindar dari Perbuatan Musyrik karena Pengertian dari Musyrik itu sendiri adalah perbuatan yang menyekutukan Allah SWT, dan ketika kalian meminta sesuatu selain kepada Allah SWT maka itu salah satu Perbuatan Musyrik.

Akan di Kabulkan Permintaannya (Hajat)

Untuk Keutamaan Menunaikan Shalat Hajat Kedua adalah akan dikabulkan permintaan atau hajat seseorang jika mengerjakan Shalat Sunnah Hajat ini dengan Khusyu dan meminta (Berdoa) kepada Allah SWT, baik dikabulkan secara Cepat maupun secara Lambat. Firman Allah Subhanahu wa ta’ala didalam Surat Al Baqarah Ayat 45 berbunyi : ” Jadikanlah Sabar dan Shalat sebagai penolong km. Dan sesungguhnya yg demikian itu sungguh berat, kecuali orang-orang yg khusyu (QS. Al-Baqarah, Ayat : 45) ”.

Lalu terdapat Hadits Riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah yg menerangkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda tentang Keajaiban Shalat Hajat dapat dikabulkan suatu Hajat Seseorang oleh Allah SWT, dan Sabda Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam itu berbunyi : ” Barangsiapa yg memiliki Hajat kepada Allah atau salah seorang Manusia dari Anak Cucu Adam, maka Berwudhu lah dg sebaik-baiknya. Lalu Shalat Dua Raka’at (Shalat Hajat), lalu memuji kepada Allah, mengucapkan Sholawat Nabi Muhammad SAW…… (Hadits Riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah) ”.

Selain itu, terdapat Hadits Riwayat Tirmidzi lainnya yg berbunyi : ” Ada Seseorang yg Matanya Buta dan menemui Nabi Muhammad SAW, lalu Dia mengatakan ” Sesungguhnya Aku mendapatkan Musibah pada mata saya, maka Berdoalah kepada Allah SWT untuk kesembuhan ku. Lalu Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Pergilah, lalu Berwudhu, lalu Sholatlah Dua Raka’at (Dua Raka’at). Sesudah itu, Berdoalah… ”. Dalam waktu yg singkat, Seseorang (Laki – Laki) itu terlihat kembali seperti tidak pernah Buta Matanya. Kemudian Nabi Muhammad SAW bersabda, ” Jika kalian mempunyai Hajat (Kebutuhan) maka lakukanlah seperti itu (HR. Tirmidzi) ”.

Demikianlah Keutamaan – Keutamaan Shalat Hajat paling utama menurut hadits shahih dan tentunya masih banyak sekali Manfaat Mengerjakan Shalat Hajat yang bisa kalian dapatkan, walaupun Shalat Hajat ini merupakan Shalat Sunnah. Lalu sebagai tambahan informasi saja bahwa ketika kalian mempunyai suatu Hajat (Kebutuhan) maka bisa di mintakan (Berdoa) kepada Allah SWT ketika kalian selesai mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu karena yang paling utama adalah Shalat Wajib Lima Waktu dulu, baru kemudian Shalat Sunnah Hajat.

Incoming search terms:

  • manfaat dan keutamaan sholat hajat
Manfaat dan Keutamaan Shalat Hajat Menurut Hadits | materiislam | 4.5